in

Jenis Ikan Cupang Yang Mahal dan Harganya

Jenis Ikan Cupang Yang Mahal Sampai Murah dan Harganya – Ikan cupang merupakan ikan yang banyak difavoritkan bagi para pecinta ikan hias air tawar, selain bentuknya yang cantik, ikan cupang juga tegolong mudah untuk dirawat. Berbicara mengenai ikan cupang, kira-kira jenis ikan cupang yang mahal sampai dengan yang murah apa saja ya? dan berapa harga dari jenis ikan cupang tersebut. Yuk disimak.

 

Jenis Ikan Cupang yang Mahal Sampai Yang Murah

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang paling populer. Mereka sangat disukai karena berbagai bentuk dan warna. Ada banyak sekali variasi ikan cupang yang biasanya diklasifikasikan menurut warna, corak dan jenis ekornya.

Ikan cupang bisa belajar mengenali pemiliknya. Ada berbagai cara untuk mengklasifikasikan ikan cupang. Ekornya bisa dilihat mulai dari bentuknya yang panjang dan mengalir sampai ada juga ekor pendek dan rapi. Pola tubuh juga memiliki banyak variasi, mulai dari campuran berbagai warna hingga pola satu warna.

Bagaimanapun juga warna dari ikan cupang adalah ciri khas yang paling mencolok. Berikut adalah jenis-jenis ikan cupang.

 

Jenis ikan cupang berdasarkan bentuk ekor

1. Ikan cupang crowntail

cupang crowntail

sumber: pinterest.com

Ikan cupang crowntail adalah salah satu jenis ikan cupang yang paling populer. Spesies ini tergolong muda, pertama kali dikembangbiakkan oleh Ahmad Yusuf sekitar 25 tahun lalu. Sirip dari spesies ini memiliki tampilan seperti mahkota yang panjang. Dalam spesies ini ikan cupang jantan memiliki warna yang mencolok sedangkan ikan cupang betina memiliki warna yang lebih terang dan ekornya sedikit lebih pendek dibanding ikan cupang jantan Harga cupang crowntail Rp. 125.000 / ekor

 

2. Ikan cupang veiltail

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=sTTLwAfM16Q&ab_channel=Cupanghiasjogja

Ikan cupang veiltail adalah jenis yang paling umum dan banyak dijumpai. Ikan cupang jantan dalam variasi ini memiliki ekor yang panjang dan menukik ke bawah. Ikan cupang jantan veiltail hadir dalam berbagai variasi warna dan penampilannya yang luar biasa. Jika kamu ingin membudidayakan ikan cupang, jenis ekor ini adalah yang paling dominan dibandingkan jenis lainnya. Betina veiltail sangat berbeda dibanding dengan yang jantan. Betina veiltail cenderung memiliki warna yang lebih muda dan sirip serta ekornya yang pendek. Harga cupang veiltail mulai dari 100rb sampai jutaan tergantung layer warna.

3. Ikan cupang plakat

ikan cupang plakat

sumber: pikiran-rakyat.com

Ikan cupang plakat berbeda dengan kebanyakan ikan cupang. Ikan cupang plakat mempunyai ekor yang bulat dan pendek. Sirip ikan cupang plakat juga cukup pendek dibandingkan dengan variasi cupang lainnya. Namun, ikan cupang jantan plakat memiliki warna yang sangat bagus dibanding yang betina. Jenis cupang ini dianggap sebagai bentuk tradisional yang ditemukan di alam liar. Nama plakat sendiri berasal dari bahasa thailand yang memiliki arti ikan petarung atau ikan cupang. Harga ikan cupang plakat mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 70.000

4. Ikan cupang halfmoon

Ikan cupang halfmoon

sumber: .idntimes.com

Ikan cupang halfmoon memiliki ekor yang besar dan bentuknya seperti setengah lingkaran mirip dengan bentuk setengah bulan, seperti namanya halfmoon. Jenis ikan cupang yang satu ini dikembangbiakkan di penangkaran secara ketat, ikan jenis ini tidak bisa ditemukan di alam liar. Ikan cupang halfmoon biasanya dibiakkan di antara para ahli untuk dipamerkan dalam pameran ikan cupang. Ikan cupang halfmoon pertama kali dibiakkan pada tahun 1980. Ikan cupang jenis ini agak sulit dalam berkembang biak dan memiliki perilaku yang agresif. harga mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 300.000

 

Jenis ikan cupang berdasarkan warna

1. Ikan Cupang Biru

sumber: shopee.co.id

Ikan cupang biru memiliki corak warna yang bermacam-macam. Warna yang paling umum adalah warna biru yang hampir keabu-abuan.

2. Ikan cupang black orchid

Ikan cupang black orchid

sumber: carousell.com

Ikan cupang black orchid memiliki warna keseluruhan yang gelap. Terkadang ada sedikit warna ungu atau biru di sepanjang tubuhnya. Ada tiga variasi dari ikan cupang jenis ini, ada melano, black lace dan metalik. Harga Ikan cupang black orchid mulai dari Rp. 150.000

 

3. Ikan cupang merah

ikan cupang merah

sumber: shopee.co.id

Ikan cupang merah adalah warna yang paling dominan. Biasanya ikan jenis ini muncul dengan warna merah yang mencolok di seluruh tubuhnya. Terkadang warna merahnya juga terlihat seperti warna merah yang luntur.

4. ikan cupang pink

ikan cupang pink.

sumber pinterest.com

Ikan cupang merah jambu atau pink terkadang tampak seperti bisa tembus cahaya. Ikan cupang ini tampak transparan yang sering kali mirip dengan ikan cupang warna albino.

 



5. Ikan cupang kuning

Ikan cupang kuning.

sumber: sociolla.com

Ikan cupang kuning juga merupakan warna yang sangat umum ditemukan. Ikan cupang kuning umumnya memiliki warna kuning di sekujur tubuhnya. Variasi ini memiliki banyak corak kuning yang berbeda, dari warna yang tebal sampai ke warna yang paling lembut.

 

Jenis ikan cupang berdasarkan corak

1. Ikan cupang dragon scale

Ikan cupang dragon scale

sumber: pinterest.com

Ikan cupang dragon scale adalah corak yang relatif baru. Ikan cupang jenis ini dibiakkan dengan sangat selektif. Ikan cupang dragon scale sangat populer karena warna metaliknya yang terang. Ikan cupang dragon scale memiliki sisik tubuh yang menyerupai sisik kadal atau naga.

2. Ikan cupang butterfly

Ikan cupang butterfly

sumber: tokopedia.com

Ikan cupang butterfly biasanya memiliki warna tubuh yang solid dan memanjang hingga ke pangkal sirip dan ekor. Biasanya ikan cupang jenis ini memiliki sirip dan ekor yang berwarna putih atau transparan.

3. Ikan cupang marble

Ikan cupang marble

sumber: tokopedia.com

Ikan cupang marble adalah salah satu corak yang cukup populer karena mereka memiliki variasi warna yang unik. Hal terbaik dari jenis ini adalah mereka bisa mengembangkan warnanya seiring waktu. Harga Ikan cupang marble dikisaran Rp. 100.000-Rp. 150.000

4. Ikan cupang koi

Ikan cupang koi



Ikan cupang koi adalah variasi jenis marble. Seperti namanya, jenis ini dibiakkan menyerupai ikan hias koi yang sangat populer. Harga Ikan cupang marble dikisaran Rp. 60.000-Rp. 150.000

Baca juga : Cara Merawat Ikan Cupang

Jenis Ikan Cupang Bernilai Tinggi

Berikut ini adalah tambahan update mengenai jenis-jenis ikan cupang

1. Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan Cupang Kachen Worachai
Jenis ikan cupang ini diambil dari nama pemiliknya yaitu Kachen Worachai yang berasal dari Bangkok, Thailand.

Disebut-sebut negara ini merupakan asal muasal keberadaan ikan cupang. Ikan Cupang Kachen sendiri banyak diperbincangkan sejak tahun 2016 karena dilelang secara online dengan harga yang sangat mahal yaitu US$1.530 atau setara Rp 20 juta.

Hal ini dikarenakan keunikan motifnya yaitu biru tua, putih dan merah seperti warna bendera Thailand. Setelahnya menyusul ikan cupang blue rim, yang dibandrol dengan harga Rp. 60 Juta/ekornya.

2. Ikan Cupang Fancy

Ikan Cupang Fancy
Ikan cupang dengan harga termahal lainnya ditempati oleh jenis ikan cupang Fancy dengan ukuran sirip yang tidak sebesar ikan cupang halfmoon, namun dilengkapi dengan warna yang sangat cantik dan gradasi warna yang beragam hingga 3 dimensi.

Ikan cupang fancy sendiri terkenal dengan kombinasi warnanya yang bergradasi seperti lukisan. Untuk harganya, ikan ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal tergantung pada seberapa unik corak warna yang dimilikinya yaitu berkisar antara Rp 100.000/ekor, sementara untuk ikan cupang fancy juara mencapai harga Rp 2.000.000/ekornya.

3. Ikan Cupang Betta Coccina

Betta Coccina
Ikan Cupang Betta Coccina berasal dari Provinsi Sumatera tepatnya adalah di Riau dan Jambi serta Johor Malaysia merupakan salah satu ikan cupang dengan jenis atau ukuran terkecil. Umumnya memiliki ciri-ciri warna merah atau coklat dengan ciri khas titik pada bagian di punggungnya serta warna matanya yang biru cerah dan sangat menarik. harga Ikan Cupang Betta Coccina mulai dari Rp. 100.000-Rp. 250.000

4. Ikan Cupang Betta imbellis

Betta imbellis
Ikan Cupang Betta imbellis atau Slugger’s Betta merupakan sejenis cupang yang berasal dari provinsi Medan Indonesia dan Malaysia dengan ciri khasnya terletak pada bentuk tubuh silinder dan warna tubuh hijau tua atau biru cemerlang, kepalanya sendiri memiliki bentuk bulat panjang dengan warna hitam legam. Sirip insangnya dilengkapi dengan warna hitam yang transparan. Namun kerap dijumpai juga sirip insang berwarna merah.Harga Ikan Cupang Betta imbellis Rp. 60.000 – Rp. 150.000

5. Ikan Cupang Double Tail

Double Tail
Ikan cupang double trail memiliki karakteristik pada ekor yang terlihat seperti terbelah dua dengan warna yang berbeda. Secara bentuk ikan ini sangat mirip dengan cupang halfmoon atau ikan bulan sepotong.

Karena karakteristiknya ikan ini kemudian dinamakan double tail atau ikan ekor ganda. Ikan cupang double trail juga memiliki variasi warna yang beragam serta cukup langka di pasaran, ikan cupang double tail biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dari ikan cupang lainnya sebab kesulitannya saat dibudidayakan.

Untuk harga ikan cupang double tail anakan biasanya berkisar di antara Rp 100.000 dan ikan cupang double tail juara berkisar antara Rp 2.000.000 per ekornya.

 

6. Ikan Cupang Betta Smaragdina

Betta Smaragdina
Ikan Cupang Betta Smaragdina atau Emerald Betta merupakan ikan cupang yang berasal dari negara kamboja. Tubuhnya umumnya berbentuk pipih dan berwarna hijau kehitaman dengan kepala pendek berwarna kehitaman pula. Sirip insang juga didominasi oleh warna hitam yang transparan. harga Ikan Cupang Betta Smaragdina mulai dari Rp. 60.000 – Rp. 200.000

 

7. Ikan Cupang Giant

Giant
Merupakan persilangan dari berbagai jenis cupang dan memiliki ukuran yang lebih besar dibanding banyak ikan cupang pada umumnya. Bahkan, ikan cupang giant ini memiliki panjang mencapai 10-15 cm.

Ikan cupang giant akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai ikan cupang aduan karena bentuk tubuhnya yang besar dan lebih agresif. Karena ukurannya yang lebih besar ria dibandrol dengan lebih mahal. Dibandrol dengan harga anakan Rp 50.000 hingga ikan cupang giant petarung di kisaran Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000/ekornya.

 

8. Ikan Cupang Big Ear

Big Ear
Terakhir adalah ikan cupang big ear sebagai jenis ikan cupang yang juga cukup mahal karena ciri khasnya pada area sirip yang disebut-sebut sebagai telinga gajah sebab ukurannya yang cukup besar.

Ikan cupang big ear ini merupakan jenis cupang persilangan dengan warna dominan orange dan kuning serta warna putih pada area sirip dan ekornya. Harga ikan cupang big ear sekitar Rp 400 ribu/Ekornya. Makanannya sendiri diantaranya Jentik nyamuk, Cacing sutra, Cacing Darah dan Kuning Telur. Dibutuhkan ketekunan dalam merawat ikan cupang big ear ini.

Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Adu

Lalu apa perbedaan antara ikan cupang hias dan ikan cupang adu? Ikan hias tentunya dapat dengan mudah dilihat dari bentuknya dibanding ketangguhannya, memiliki ciri bentuk sirip dan ekor yang lebih Panjang dibandingkan ikan cupang pada umumnya, selain itu terdapat juga bentuk struktur yang khas pada bagian tulang sirip dan ekornya, warna tubuh ikan cupang juga umumnya sangat terang dan atraktif, Gerakan cupang hias biasanya lebih tenang jika dibandingkan ikan cupang petarung.

Pada bagian sirip dan ekor ikan hias akan terkembang sempurna menunjukkan bentuk yang khas. Beberapa jenis ikan cupang yang masuk dalam kategori ikan cupang hias diantaranya Ikan Cupang Betta splendens,

Ikan Cupang serit (crown tail), Ikan Cupang cagak (double tail), Ikan Cupang bulan separuh (halfmoon). Sementara pada ikan cupang adu atau ikan cupang petarung biasanya berasal dari jenis Ikan Cupang Betta imbellis, Ikan Cupang Betta mahachai, Ikan Cupang Betta splendens, dan variasi silangannya.

Ciri-ciri ikan petarung diantaranya terletak pada Bentuk tubuhnya yang relatif besar, Gerakan Ikan Cupang petarung juga cenderung lebih agresif dan tidak anggun seperti pada ikan hias, saat marah Ikan Cupang petarung pada area sirip-siripnya akan mengembang secara sempurna saat berhadapan dengan musuh. Demikian informasi mengenai ikan cupang. Semoga bermanfaat

 

Buku Rekomendasi Panduan Budidaya Ikan Cupang

Jika masih bingung dan menginginkan panduan lengkap dalam bentuk buku baik buku cetak maupun digital, Berikut adalah beberapa rekomendasi buku tentang ikan cupang dari gramedia:

 

Cetak Cupang Kualitas Ekspor oleh Mirza Ghulam Ahmad, M.Pd.

Siapa sangka jika cupang bisa menembus pasar ekspor dari Asia hingga ke Amerika dan Eropa? Padahal, ikan yang terkenal dengan label ‘murah’ ini lebih sering ditemui di penjual ikan pinggir jalan daripada di toko ikan. Dengan buku ini, ada beberapa poin penting yang akan Anda dapatkan.

 

Meraup Uang dari Cupang oleh Syaiful Huda

Buku ini berisi tentang jawaban dari kebutuhan bagi mereka yang ingin berhasil membudidayakan ikan cupang dan meraih keuntungan dari usaha budidaya ikan cupang. Selain itu,l buku ini juga berisi tentang pengetahuan dasar ikan cupang, cara-cara merawatnya, cara mengembakbiakkan beserta kalkulasi usaha yang terperinci yang bisa dijadikan sebagai acuan. Di halaman terakhir dalam buku ini juga tersedia beberapa alamat agen ikan cupang, pembudidaya, serta asosiasi pembudidaya ikan cupang dan ikan hias yang sangat bermanfaat.

 

Budi Daya, Bisnis, & Kontes Cupang

Ikan cupang (Betta splendens) merupakan salah satu ikan hias air tawar paling populer di dunia, baik di dalam negeri, negara-negara Asia, maupun benua Amerika dan Eropa. Banyak alasan hobiis memelihara ikan cupang. Namun, alasan utama mayoritas hobiis menyukai ikan hias yang memiliki habitat alami di negara-negara Asia Tenggara ini adalah variasi dan keindahannya, terutama bentuk sirip dan warnanya.

Di dalam buku ini dibahas mengenai ikan cupang hibrida dan ikan cupang alam (wild betta). Dari perjalanan tren ikan cupang, pengenalan jenis-jenis cupang hibrida dan cupang alam, pemeliharaan, hingga pemijahan cupang. Tidak lupa pembahasan ringkas seputar kontes ikan cupang.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy