in

5 Hari Besar Agama Kristen, Beserta Fakta Tentang Agama Kristen!

Sumber: Pexels

Hari besar agama Kristen – Setiap agama dan kepercayaan umumnya memiliki sejumlah hari raya keagamaan atau hari besar keagamaan yang diperingati secara rutin setiap tahunnya. Banyak yang beranggapan juga bahwa hari besar agama katolik sama dengan hari besar yang dirayakan di agama kristen, namun keduanya memiliki perbedaan loh Grameds.

Beberapa hari besar ini juga tercatat di dalam kalender liturgi dan beberapa diantaranya ditetapkan sebagai libur nasional. Tidak hanya natal, agama Kristen memiliki perayaan lainnya dan makna di setiap perayaannya.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut penjelasan hari besar agama Kristen yang bisa kamu simak.

Hari Besar Agama Kristen

1. Hari Raya Paskah

hari besar agama Kristen
Sumber: Pexels

Paskah adalah salah satu perayaan terbesar agama Kristen. Hari raya paskah atau bisa dikatakan hari kebangkitan Yesus dari kematian. Pada hari raya ini selalu jatuh pada hari minggu. Setelah Yesus disalibkan dan mati di kayu salib, Ia kemudian dikuburkan di kuburan baru milik seorang kaya yaitu Yusuf Arimatea.

Yusuf Arimatea merupakan salah satu anggota Mahkamah Agama Yahudi yang juga termasuk murid Yesus. Yusuf Arimatea meminta izin kepada Pilatus untuk menurunkan mayat Yesus dan memakamkannya sebagaimana jenazah orang Yahudi.

Murid-Murid Yesus yang lain dan para wanita yang menyaksikan penyaliban Yesus juga menyaksikan penguburan Yesus (Lukas 23 : 50-55). Pada hari minggu pagi tepat pada hari ketiga, ketika para wanita mendatangi kubur Yesus, ternyata kubur telah kosong.

Yesus Telah Bangkit. Kebangkitan Yesus ini diperkuat oleh kesaksian dua malaikat yang hadir di Kubur Yesus (Lukas 24 : 1-12). Bukti lain dari kebangkitan Yesus adalah Ia terus menampakkan diri kepada para muridNya selama 40 hari untuk menunjukkan bahwa Ia hidup.

Sebelum memperingati Hari Raya Paskah, umat kristiani akan mengikuti ibadah Tri Hari Suci dan berpuasa daging dan telur. Kemudian pada Hari Raya Paskah semua bergembira dan bersorak-soreai.

2. Hari Pentakosta

hari besar agama Kristen
Sumber: Pexels

Hari raya pentakosta juga bisa dikatakan hari raya pencurahan roh kudus. Hari raya pencurahan roh kudus ini diperingati 50 hari setelah hari Paskah atau 10 hari setelah Yesus naik ke Surga. Pentakosta dalam bahasa Yunani memiliki arti ke-50. Hari raya pentakosta ini selalu jatuh pada hari minggu.

Dalam bahasa Ibrani, pentakosta berarti shavuot yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti minggu-minggu. Di dalam perjanjian lama, pentakosta dikatakan sebagai perayaan atas pencurahan rahmat tuhan dalam kehidupan manusia. Berkat tersebut diwujudkan secara spiritual melalui Taurat. Secara jasmaniah, berkat yang diberikan oleh Allah diwujudkan melalui hasil panen gandum yang didapatkan oleh bangsa Israel.

Sebelum Yesus naik ke surga, ia sudah memerintahkan kepada para muridnya untuk tidak meninggalkan kota Yerusalem sebelum mereka diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi. Yaitu maksudnya adalah dipenuhi dengan kuasa Roh Kudus seperti yang dijanjikan oleh Bapa (Lukas 24 : 49 ; Kisah Para Rasul 1 : 4).

Kemudian hal itu diikuti oleh para murid dan ketika mereka kembali dari bukit Zaitun tempat dimana Yesus naik ke surga di kota Yerusalem mereka naik dan berdoa di tempat mereka menumpang di Yerusalem. Saat itu jumlah mereka ada 120 orang. (Kisah Para Rasul 1 : 12 -15).

Pada hari ke 10 mereka berdoa yaitu hari ke 50 saat setelah Yesus bangkit, maka turunlah Roh Kudus atas mereka dalam bentuk lidah-lidah api dan mereka dipenuhi dengan Roh Kudus.

Kemudian Petrus berkhotbah di hadapan banyak orang dan sekitar 3000 orang bertobat (Kisah Para Rasul 2).

3. Hari Raya Natal

hari besar agama Kristen
Sumber: Pexels

Kata Natal berasal dari bahasa Portugis yang berarti kelahiran. Hari Raya Natal atau Hari kelahiran Yesus kristus. Hari Raya ini dapat dikatakan sebagai hari raya Kristen yang paling meriah karena biasanya pada hari raya natal dekorasi lampu, kado, pohon natal, dan santa claus hadir menghiasi gereja dan setiap rumah keluarga yang merayakan. Hingga dekorasi-dekorasi di beberapa area di pusat Kota.

Banyak tradisi yang dijalankan pada hari raya natal seperti mengirim kartu ucapan selamat natal, tukar kado, menghias pohon natal, membuat kue natal dan membagikannya. Momen berkumpul dan beribadah membuat Hari Natal ditetapkan sebagai libur nasional.

Hari Raya Natal umumnya diperingati setiap tanggal 25 Desember atau bagi gereja-gereja ortodoks pada tanggal 7 Januari yang memakai kalender Julian. Namun ini hanya sebagai peringatan, karena tidak ada yang tahu pasti kapan Yesus lahir di dunia. Yesus dilahirkan di Betlehem, Yudea, Israel.

Orang tua Yesus adalah Yusuf dan Maria. Tetapi Yesus lahir bukan karena hubungan suami istri antara Yusuf dan Maria melainkan Roh Kudus (Lukas 1 : 34-35). Yesus lahir di betlehem ketika Yusuf dan Maria sedang pulang ke Betlehem. Pada waktu itu tidak ada rumah penginapan yang mau menerima mereka untuk menetap, hingga pada akhirnya Yesus lahir di kandang domba.

Yesus adalah Tuhan yang datang ke bumi dan menjadi manusia untuk memberikan nyawaNya bagi tebusan dosa manusia.

4. Hari Raya Jumat Agung

hari besar agama Kristen
Sumber: Pexels

Hari Jumat Agung bisa dikenal juga sebagai peringatan akan hari kematian Yesus. Jumat Agung diperingati sebagai kematian Yesus di kayu salib dalam menebus dosa manusia.

Hari raya jumat agung selalu diperingati setiap hari jumat dan menjadi hari libur nasional atau tanggal merah. Penyaliban dan kematian Yesus dicatat oleh para sejarawan terkemuka pada masa Yesus seperti Flavius Yosefus, sejarawan yahudi dan tacitus, sejarawan romawi.

Penyaliban dan kematian Yesus adalah suatu fakta yang tak terbantahkan yang benar-benar terjadi secara historis, di tempat dan waktu tertentu sebagaimana dicatat oleh Alkitab dan pada sejarawan dunia.

Penyaliban Yesus terjadi karena tuduhan palsu orang Yahudi namun hal ini dipakai Allah untuk menggenapi rancanganNya yang besar dalam menyelamatkan manusia berdosa.

5. Hari Raya Kenaikan Yesus ke Surga

hari besar agama Kristen
Sumber: Pexels

Hari raya kenaikan Yesus ke surga diperingati 40 hari setelah hari Kebangkitan Yesus atau Hari Raya Paskah. Selama 40 hari menampakkan diri kepada murid-muridNya, maka Yesus naik ke surga meninggalkan murid-muridNya.

Kenaikan Yesus terjadi setelah Ia terlebih dahulu memberi perintah kepada murid-muridnya untuk memberitakan Injil kepada segala bangsa (Matius 28 : 19-20).

Tuhan Yesus naik ke surga dari atas bukit Zaitun di pinggir kota Yerusalem (Kisah Para Rasul 1 : 9;12). Saat Ia naik ke surga, para muridnya menyaksikannya. Setelah ia naik ke surga, Alkitab menggambarkan bahwa Yesus duduk di sebelah kanan Allah (Markus 16 : 19). Makna istilah duduk di sebelah kanan Allah memiliki arti maka otoritas dan perkenanan.

Di Indonesia, Hari Raya ini juga menjadi salah satu hari libur nasional lho.

Nah itu dia adalah hari besar agama Kristen, Selain itu ada banyak fakta tentang agama Kristen yang perlu kita ketahui loh. Agama Kristen atau bisa disebut gereja Kristen memiliki banyak aliran seperti Protestan, Ekumenikal, Injili, Baptis, Metodis, Advent, Pentakosta, Karismatik dll. Ada beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang agama Kristen. Berikut adalah Fakta tentang agama Kristen.

Kebebasan Seorang Kristen

https://www.gramedia.com/products/conf-kebebasan-seorang-kristen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-kebebasan-seorang-kristen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Fakta Agama Kristen

1. Agama Kristen Berpangkal pada Pribadi, Ajaran, dan Karya Yesus.

Kata Kristen berasal dari bahasa Yunan, Christianos yang artinya pengikut Kristus. Kristus sendiri adalah Yesus yang artinya adalah Yang diurapi. Berarti Kristen artinya adalah pengikut atau murid Yesus Kristus.

Orang Kristen meyakini bahwa Yesus dulu di dunia bukan hanya hidup dan mengajar tetapi rela mati di kayu salib demi pengampunan dosa manusia. Jadi agama kristen tidak hanya percaya pada Yesus dan ajarannya tetapi juga karyanya di Kayu salib.

2. Agama kristen adalah Penggenapan Agama Yahudi yang berdasarkan Alkitab Perjanjian Lama

Agama Kristen memiliki keterkaitan dengan agama Yahudi, tetapi agama Kristen bukanlah agama Yahudi. Agama Yahudi merupakan agama yang kitab sucinya adalah Alkitab Perjanjian Lama. Sedangkan Agama kristen memiliki kitab suci yaitu Alkitab Perjanjian Lama yang ditambah dengan Alkitab Perjanjian Baru. Karena Perjanjian Baru adalah penggenapan Perjanjian Lama, maka dapat dikatakan bahwa agama Kristen adalah penggenapan agama Yahudi. Bagi agama Kristen, Mesias adalah Yesus Kristus.

3. Agama Kristen Mengakui Yesus adalah Tuhan, Satu dari Tiga Pribadi Allah Tritunggal

Agama Kristen percaya bahwa Yesus adalah Tuhan tetapi bukan menyembah tiga Allah, melainkan menyembah satu Allah dalam tiga pribadi atau biasa disebut Allah Tritunggal. Dalam agama kristen Yesus bukan hanya pusat iman, tetapi juga sebagai Tuhan yang menjadi manusia. Orang Kristen tetap menyembah satu Tuhan yaitu Allah Bapa, Allah Putra (Yesus) dan Allah Roh Kudus.

Ajaran tentang Allah tritunggal, satu Allah dalam tiga pribadi merupakan salah satu ciri khas agama Kristen yang membedakan dengan agama-agama lain.

4. Agama Kristen Telah Mengalami Keselamatan dan Berkarya di Bumi karena Telah Diselamatkan Bukan Agar Diselamatkan.

Agama Kristen telah mengalami keselamatan di dalam Yesus, tidak lagi mencari keselamatan itu sendiri. Agama kristen percaya bahwa mereka telah diselamatkan oleh Yesus dari dosa-dosa mereka dan diberikan hidup yang kekal yaitu surga.

Dengan kata lain, Orang Kristen meyakini bahwa mereka adalah orang-orang yang telah ditentukan masuk surga bukan karena perbuatan baik/amal baik mereka tetapi karena kara Yesus di Kayu Salib.

Segala yang dilakukan oleh orang Kristen di dunia bukan lagi agar mereka diselamatkan dan masuk surga, melainkan sebagai rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan karena mereka telah diberi masuk surga.

Jadi orang Kristen melakukan perbuatan baik, dan mempelajari ajaran-ajaran agama sebagai tambahan kepada imannya (iman yang disertai dengan perbuatan). Agama kristen melihat keselamatan masuk surga merupakan karya Allah sendiri dalam diri Yesus yang diberikan kepada siapa saja yang percaya kepadaNya.

5. Ciri Khas Ajaran Agama Kristen adalah Kasih, Pengampunan dan Perdamaian

Ajaran khas agama Kristen adalah kasih, pengampunan dan perdamaian. Hal ini dapat dilihat dalam Alkitab, bahwa semua manusia telah jatuh dalam dosa yang disebabkan oleh jatuhnya manusia pertama, yakni Adam dan Hawa ke dalam dosa.

Hukuman yang selayaknya diterima manusia atas dosanya adalah kematian kekal atau hukuman kekal di neraka. Namun Allah kepada manusia maka Tuhan sendiri datang menjadi manusia yaitu Yesus serta mati di kayu salib. Maka manusia yang percaya pada Yesus yang telah mati bagi mereka akan diselamatkan.

Karena Allah mengasihi manusia yang berdosa dan mengampuni dosa-dosa mereka maka Allah juga mengharapkan manusia untuk mengasihi sesamanya serta mengampuni atau memaafkan kesalahan mereka. Agama Kristen tidak pernah mengajarkan kebencian, permusuhan, balas dendam atau pembunuhan kepada manusia lain baik sesama agama kristen maupun yang bukan penganut agama Kristen.

Dogmatika Kristen

https://www.gramedia.com/products/dogmatika-kristen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dogmatika-kristen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

6. Agama Kristen Terutama bukan Masalah Lahiriah Tetapi Masalah Batiniah

Banyak orang yang mengatakan bahwa agama Kristen bukan hanya sebuah agama tetapi identik dengan berbagai aturan dan ritual ibadah, melainkan sebuah gaya hidup yang berlandaskan pada nilai-nilai Alkitab.

hal-hal yang berupa ritual dan seremonial keagamaan memang perlu diadakan tetapi bukan itu yang menjadi tolak ukur tetapi esensi dari ritual-ritual itu. Hal ini karena agama kristen adalah agama pertobatan dan kelahiran baru yang dikerjakan oleh Roh Kudus di dalam hidup mereka.

Sebagai contoh agama Kristen tidak menjalani sunat secara jasmani tetapi yang penting adalah hatinya yang perlu disunat. Begitu pula dengan makanan haram, najis dan tahir, berbagai acara kurban keagamaan serta berbagai hari keagamaan seperti sabat yang terdapat dalam agama Yahudi tapi tidak diajarkan dalam agama Kristen. karena semua sudah digenapi oleh Yesus Kristus.

7. Agama Kristen adalah Agama yang Misioner

Agama Kristen merupakan agama yang misioner, yang diperintahkan untuk bermisi memberitakan Injil. Agama kristen diajarkan untuk memberitakan Injil kepada semua bangsa, serta menjadikan mereka sebagai murid Yesus. Injil sendiri merupakan kabar baik bahwa Yesus datang ke dunia dan mati untuk menebus dosa manusia. Dengan demikian mereka yang percaya kepadaNya diselamatkan serta menjadi Murid-Nya.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada paksaan untuk menerima Injil. Orang Kristen hanya diperintahkan untuk memberitakan Injil bukan untuk menobatkan manusia apalagi mengkristenkan mereka.

8. Agama Kristen adalah Agama Terbesar di Dunia

Dari segi banyaknya jumlah penganut, agama kristen adalah agama terbesar di dunia. Sejak pertobatan Kaisar Romawi, Konstantinus pada tahun 312 agama kristen menjadi agama resmi kekaisaran romawi dan menjadi agama yang besar. Sejak Kaisar Romawi Theodosius menjadikan agama resmi kekaisaran Romawi pada tahun 380 Masehi maka hingga saat ini agama Kristen menjadi agama terbesar di dunia. Ditambah ketika benua Eropa dan Amerika berhasil dikristenkan, Agama kristen menjadi semakin besar meski bukan agama mayoritas dunia.

9. Agama Kristen adalah Agama yang Paling Berpengaruh di Dunia

Agama Kristen bukan hanya sebagai agama terbesar di dunia tetap sebagai agama yang paling berpengaruh di dunia hingga saat ini. Banyak ilmuwan dunia, para penemu, tokoh terkenal dunia memiliki dan menganut agama Kristen. Pengaruh agama kristen ini banyak yang merupakan penerapan dari nilai-nilai Alkitab.

10. Agama Kristen Pernah Mempunyai Masa-Masa Kegelapan Paling Suram

Agama kristen memiliki masa-masa kegelapan dimana terjadi pada abad pertengahan dan di abad modern ini. Pada abad pertengahan agama Kristen pernah terjerembab pada kehidupan gereja yang tidak benar sehingga memicu adanya reformasi gereja yang akhirnya melahirkan gereja Protestan yang terpisah dari Gereja Katolik.

Perang Katolik dan Protestan memakan banyak sekali korban jiwa di Eropa, Perang-perang salib dengan kaum muslim, perbudakan di Amerika serta penjajahan turut memberi stigma negatif pada agama Kristen.

Masa suram ini sebagai peringatan bagi gereja segala zaman, bahwa gereja/ agama kristen bukan organisasi politik yang berpusat pada hal-hal duniawi tetapi ajaran kristiani yang menekankan kasih.

Inti Pengajaran Agama Kristen, Eksposisi Katekismus Heidelberg Penghiburan

https://www.gramedia.com/products/inti-pengajaran-agama-kristen-eksposisi-katekismus-heidelberg?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/inti-pengajaran-agama-kristen-eksposisi-katekismus-heidelberg?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Nah Grameds itu dia penjelasan mengenai hari besar agama Kristen yang dan fakta unik agama Kristen yang perlu kamu ketahui.

Jika Grameds ingin mencari tahu lebih banyak tentang Kristen atau hari-hari besar agama lain, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi