Kewirausahaan

Rekomendasi Buku Kepemimpinan yang Perlu Kamu Baca

Written by Restu

Rekomendasi Buku Kepemimpinan – Kita sebagai manusia tak akan pernah tahu di kemudian hari akan menjadi apa. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita berusaha untuk selalu merencanakan segala sesuatu. Perencanaan yang matang akan membuat diri kita lebih siap untuk menghadapi berbagai macam hal dan siap untuk menjadi apa saja. Dalam hal ini, yang dimaksud “menjadi apa saja” adalah sebuah jabatan atau tanggung jawab yang harus dipegang.

Pernahkah kamu berpikir akan menjadi seorang pemipin di kemudian hari? Untuk menjadi seorang pemimpin bukan hanya bisa dimiliki oleh seorang laki-laki saja, tetapi seorang perempuan juga bisa menjadi pemimpin. Di dunia ini, sudah banyak perempuan yang “sukses” menjadi pemimpin, mulai dari perempuan dari bangsa Indonesia hingga perempuan luar negeri. Baik itu laki-laki atau perempuan yang menjadi seorang pemimpin tidak masalah asalkan sanggup untuk mengembang tanggung jawab seorang pemimpin.

Pada umumnya, pemimpin itu sering diartikan sebagai seseorang yang berkaitan dengan dunia politik, seperti pemimpin suatu daerah (gubernur, bupati, dan sebagainya). Namun, kenyataannya, menjadi pemimpin bukan hanya terjadi di dalam dunia politik saja, tetapi di dalam dunia kerja kita juga bisa menjadi pemimpin, seperti direktur, manager, dan sebagainya. Dimanapun dan kapanpun menjadi pemimpin tak ada bedanya karena sama-sama memiliki tanggung jawab yang cukup besar.

Tidak hanya memegang tanggung jawab besar saja yang harus dipegang oleh seorang pemimpin, tetapi seorang pemimpin harus terus mengembangkan dirinya. Hal ini perlu dilakukan agar seorang pemimpin dapat menjadi contoh bagi para anak buahnya. Dalam mengembangkan kemampuan, seorang pemimpin harus bisa mempelajari dan mendalami berbagai macam hal agar pengetahuan dan wawasannya bertambah.

Untuk memegang tanggung jawab yang besar dan mampu terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dibutuhkan persiapan yang matang agar setiap tanggung jawab dapat dijalani dengan optimal. Maka dari itu, sebaiknya kita harus melatih diri kita untuk menjadi seorang pemimpin karena siapa tahu saja dikemudian hari kita akan menjadi seorang pemimpin.

Nah, supaya kamu memiliki persiapan yang matang untuk menjadi seorang pemimpin, maka kamu bisa membaca buku-buku tentang kepemimpinan di bawah ini. Buku-buku di bawah ini sangat cocok untuk menambah wawasan tentang kepemimpinan serta bisa mengembangkan kemampuan kamu yang sangat berpengaruh dalam kepemimpinan.

9 Buku-Buku Kepemimpinan

1. Ignite Millennial Leadership. 6 Langkah Untuk Memaksimalkan Potensi Pemimpin Generasi Berikutnya

beli sekarangDi abad ke-21 ini, perubahan dunia selalu mengalami perubahan dengan sangat cepat, sehingga kita perlu beradaptasi dengan cepat juga. Apabila kita sulit untuk beradaptasi dengan perkembangan dunia, maka kemungkinan besar akan tertinggal dengan individu-individu lain. Pada umumnya, hampir semua kegiatan yang ada di abad ke-21 menggunakan teknologi, seperti laptop, handphone, komputer, dan sebagainya. Oleh sebab itu, abad ke-21 sering dikenal dengan era digital.

Banyaknya generasi millenial dalam memengaruhi perkembangan zaman turut mengubah gaya kepemimpinan seseorang. Kepemimpinan di abad ke-21 sangat dipengaruhi dengan perkembangan teknologi, sehingga para pemimpin atau calon pemimpin harus menyesuaikan dirinya agar bisa menjadi pemimpin yang penuh tanggung jawab. Jika, pemimpin tidak bisa memaksimalkan potensi di dalam dirinya, maka ia tidak akan bisa mengarahkan para karyawannya dengan baik.

Bagi kamu yang ingin menjadi calon pemimpin di abad ke-21 atau pada masa generasi millenial perlu mengetahui langkah-langkah agar menjadi pemimpin yang dapat bekerja dengan optimal. Buku Ignite Millenial Leadership, 6 Langkah untuk Memaksimalkan Potensi Pemimpin Generasi Berikutnya sangat cocok untuk dijadikan bahan bacaan bagi para calon pemimpin dan pemimpin.

Dengan membaca buku karya Andrew Senduk ini, kamu akan mengetahui 6 langkah jitu agar bisa menjadi pemimpin di era digital. Bahasa yang ada di dalam buku ini akan sangat mudah untuk dipahami karena menggunakan bahasa yang lebih kekinian. Kamu akan tercerahkan dan bersemangat untuk membaca buku ini. Jadi, tunggu apalagi segera beli buku ini di gramedia.com

2. Strategic Leadership

beli sekarangKetika menjadi seorang pemimpin bukan hanya memegang jabatannya saja, tetapi harus memegang tanggung jawab dari setiap tugas atau pekerjaan seorang pemimpin. Selain itu, seorang pemimpin harus bisa menangani atau menyelesaikan berbagai macam masalah, baik itu permasalahan internal atau eksternal. Hal ini harus dilakukan seorang pemimpin agar setiap anggota tim yang dipimpin dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, sehingga bisa memberikan dampak baik bagi perusahaan.

Maka dari itu, untuk menjadi seorang pemimpin, kita harus memiliki strategi agar setiap tugas dapat diselesaikan dengan baik dan bisa menjadi pemimpin yang bertanggung jawab. Ingin mengetahui strategi untuk menjadi seorang pemimpin? Kamu bisa membaca buku Strategic Leadership karya AB Susanto. Buku ini berisi banyak hal tentang dunia kepemimpinan, bahkan di dalam buku ini terdapat berbagai contoh kepemimpinan di perusahaan, lembaga pemerintahan, hingga negara.

Kamu akan menemukan berbagai macam strategi yang sesuai dengan karakter diri kamu setelah membaca buku ini. Meskipun buku ini terdiri dari banyak sekali bab, tetapi tak akan mengurangi poin-poin penting untuk mendapatkan strategi kepemimpinan.

3. Public Speaking for Transformational Leadership

beli sekarangDalam dunia kepemimpinan, public speaking harus diperhatikan dengan baik karena dengan kekuatan dan kemampuan berbicara, maka bisa memengaruhi banyak orang. Selain dapat memengaruhi banyak orang, seorang pemimpin yang bijak harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang diberikan, sehingga integritas seorang pemimpin tetap terjaga.

Dengan demikian, public speaking bukan hanya asal berbicara di depan orang banyak, tetapi bisa digunakan untuk menunjukkan integritas seorang pemimpin terutama para pemimpin yang memiliki jabatan negara atau jabatan daerah. Bagi seseorang yang ingin menjadi pemimpin atau sedang menjadi pemimpin mempunyai kemampuan public speaking merupakan hal yang wajib. Dengan kemampuan public speaking, nada bicara seorang pemimpin akan terlihat meyakinkan serta selalu berbicara secara efektif dan efisien.

Buku public speaking yang cocok dijadikan bahan bacaan calon pemimpin dan pemimpin adalah buku Public Speaking for Transformational Leadership karya Ricky Arnold Nggili. Dengan membaca buku ini, para pemimpin akan mengetahui cara untuk menyusun pidato hingga cara untuk memenangkan hati banyak orang. Tak hanya itu, kamu juga akan mengetahui cara mengatasi rasa takut ketika berbicara dihadapan orang banyak.

4. Youth Leadership: Kiat Pemuda dalam Menanam Jiwa Kepemimpinan Sejak Usia Dini

beli sekarangSeseorang yang ingin menjadi pemimpin harus mempunyai jiwa kepemimpinan karena dengan jiwa itulah integritas seorang pemimpin dapat terlihat. Selain itu, mempunyai jiwa kepemimpinan merupakan hal yang patut dibanggakan karena hanya beberapa orang saja yang memiliki jiwa itu. Bahkan, dengan adanya jiwa kepemimpinan, seseorang bisa dipercaya oleh suatu perusahaan untuk memimpin para karyawannya.

Ingin memiliki jiwa kepemimpinan di usia muda? Tak perlu khawatir karena kamu bisa memiliki jiwa itu walaupun masih berusia muda. Untuk mendapatkan jiwa kepemimpinan, maka kamu perlu mempersiapkan diri dan membuat rencana agar jiwa kepemimpinan tertanam di dalam diri.

Kamu bisa membaca buku yang berjudul Youth Youth Leadership: Kiat Pemuda dalam Menanam Jiwa Kepemimpinan Sejak Usia Dini. Buku ini berisi tentang cara-cara yang bisa diterapkan supaya mempunyai jiwa kepemimpinan. Pembaca akan mudah untuk memahami setiap isi buku yang ditulis oleh Alwan Hafizh karena bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami.

Uniknya lagi, pembaca akan disuguhkan 3 pembahasan utama dalam buku ini, yaitu sebelum menjadi pemimpin, saat menjadi pemimpin, dan setelah menjadi pemimpin. Buku ini sangat direkomendasikan bagi para pemuda yang ingin memiliki jiwa kepemimpinan. Dengan membaca buku ini, kita sebagai anak muda akan bersemangat untuk menjadi seorang pemimpin.

5. 18 Praktik Kepemimpinan Transformatif

beli sekarangSeorang pemimpin harus sudah siap untuk menghadapi berbagai macam kasus yang sedang dihadapi walaupun kasus itu sangat sulit. Apabila seorang pemimpin tidak dapat menghadapi berbagai macam kasus dan memilih menyerah, maka bisa dibilang seorang pemimpin tersebut tidak bisa beradaptasi dengan baik. Oleh karena itu, bagi seorang pemimpin harus bisa menemukan berbagai macam solusi untuk menyelesaikan suatu masalah.

Buku yang ditulis oleh Imam Wijoyo dengan judul 18 Praktik Kepemimpinan Transformatif berisi berbagai macam cara agar bisa menjadi pemimpin yang transformatif. Bagi kamu yang sedang menjadi pemimpin atau akan menjadi seorang pemimpin, buku ini perlu kamu miliki karena akan memberikan panduan atau arahan agar tidak bingung ketika menghadapi berbagai macam masalah yang berkaitan dengan kepemimpinan.

Isi dari buku ini bisa dibilang cukup mudah untuk dipahami karena penulis membaginya menjadi 6 bagian dan setiap bagiannya selalu membahas tentang kepemimpinan. Jadi, bagi kamu yang sangat ingin berkecimpung di dunia kepemimpinan buku ini bisa dijadikan sebagai pedoman. Jadi, jangan tunda lagi segera dapatkan buku ini di gramedia.com

6. Digital Mastery, Membangun Kepemimpinan Digital untuk Memenangkan Era Disrupsi

beli sekarangPerkembangan teknologi yang semakin maju dan modern hingga dikenal sebagai era digital mengharuskan para pemimpin perusahaan untuk mengembangkaan usahanya ke arah digital. Terlebih lagi, bagi pemimpin perusahaan yang usahanya bergerak secara konvensional, mau tidak mau harus meninggalkan cara konvensional dan beralih ke digital. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan dapat terus berkembang mengikuti arus zaman.

Oleh karena itu, kepemimpinan era digital hingga saat ini masih dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Dengan adanya pemimpin yang mampu berkembang di era digital, maka suatu perusahaan bisa bersaing dengan kompetitor. Pada dasarnya, kepemimpinan era digital bisa dimiliki oleh siapa saja, tak terkecuali diri kamu. Namun, untuk menjadi pemimpin di era digital sangat dibutuhkan kemampuan untuk memahami budaya digital dan pola pikir digital.

Jika berbicara tentang kepemimpinan era digital, budaya digital, dan pola pikir digital, maka kamu bisa menemukannya di dalam satu buku yang berjudul Digital Mastery, Membangun Kepemimpinan Digital untuk Memenangkan Era Disrupsi karya Priyantono Rudito dan Mardi F.N. Sinaga.

Buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan bacaan bagi seseorang yang ingin menjadi pemimpin di era digital. Buku yang membahas tentang kepemimpinan era digital bukan hanya menyajikan teori-teori saja, tetapi juga menyajikan sebuah kasus kepemimpinan era digital, sehingga pembaca akan semakin mudah untuk memahami isi dari buku ini.

7. Effective Leadership Communication

beli sekarangSudah bukan hal asing lagi, jika komunikasi menjadi salah satu kunci paling penting dalam menjalin sebuah kerja sama terutama kerja sama antara pemimpin dengan bawahannya. Bagi seorang pemimpin komunikasi yang efektif harus bisa dilakukan agar orang lain dan para karyawan dapat menerima pesan yang telah disampaikan, sehingga tugas atau pekerjaan para karyawan dapat diselesaikan dengan maksimal.

Bagi kamu yang sangat ingin menjadi seorang pemimpin, sebaiknya melatih diri kamu untuk berkomunikasi dengan efektif. Namun, bagi yang belum tahu bagaimana melatih diri agar dapat berkomunikasi secara efektif, maka bisa membaca buku karya Dasep Suryanto yang berjudul Effective Leadership Communication.

Buku ini berisi tentang berbagai macam cara berkomunikasi secara efektif dan mudah untuk diterapkan. Lebih uniknya lagi, buku ini bukan hanya bisa dibaca oleh para calon pemimpin, tetapi pemimpin bisnis, pemimpin organisasi, tokoh politik, pejabat negara, dan lain-lain bisa membaca buku ini agar bisa mendapatkan hati banyak orang. Jadi, tunggu apalagi segera beli buku ini agar kamu bisa melakukan komunikasi yang efektif.

8. Sukses Memimpin

beli sekarangIngin menjadi seorang pemimpin yang dihargai oleh rekan kerja dan para bawahannya? Bagi kamu yang sedang menjadi pemimpin harus bisa memberikan arahan kepada bawahannya, menjadi penyeimbang dalam sebuah tim yang dipimpin, dapat membangkitkan rasa motivasi kepada bawahannya, dan sebagainya. Hal-hal seperti itu tak akan mudah untuk dilakukan karena harus membutuhkan beberapa keahlian khusus. Sederhana, menjadi pemimpin itu sangatlah susah.

Meskipun sangat susah, tetapi bukan berarti tidak akan ada jalan untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses. Sebuah buku yang di mana berisi tentang kiat-kiat agar bisa menjadi pemimpin yang sukses sangat direkomendasikan untuk dibaca terutama bagi seseorang yang ingin menjadi pemimpin yang sukses. Buku tersebut berjudul Sukses Memimpin karya Dale Carnegie.

Kiat-kiat menjadi pemimpin yang sukses akan dihadirkan di dalam buku ini, mulai dari meningkatkan keahlian, mengembangkan kinerja individu atau anggota tim, dan masih banyak lagi. Buku yang ditulis seorang bernama Dale Carnegie bisa dibaca oleh para pemimpin dari berbagai macam profesi.

9. Pemimpin: Menciptakan Budaya Unggul Generasi Milenial 

beli sekarangDewasa ini, bisa dikatakan bahwa hampir semua sektor diisi oleh generasi millenial, seperti sektor bisnis, sektor pemerintahan, dan sebagainya. Banyaknya generasi millenial ini membuka peluang untuk menjadi seorang pemimpin lebih besar. Pemimpin yang berasal dari generasi millenial dianggap memiliki kemampuan untuk memberikan rasa motivasi terhadap sebuah tim yang sedang dipimpinnya.

Bagi kamu yang lahir sebagai generasi millenial, sebaiknya mencari cara untuk menambah wawasan supaya dapat menjadi pemimpin yang bijaksana dan bertanggung jawab. Buku Pemimpin: Menciptakan Budaya Unggul Generasi Milenial karya Heri Soesanto sangat pas untuk dijadikan pedoman agar bisa menjadi pemimpin yang dihormati dan dihargai oleh para bawahannya.

Terlebih lagi, buku karya Heri Soesanto ini berisi menggambarkan sebuah iklim kerja dan budaya kerja, sehingga pembaca akan mudah untuk menerapkan pengetahuan yang ada di dalam buku ini ke dalam lingkungan perusahaan yang sedang ditempati. Jadi, bagi para generasi millenial yang ingin menjadi pemimpin, sebaiknya segera beli buku ini dan terapkan cara-cara untuk menjadi pemimpin di perusahaan saat ini kamu bekerja.

Itulah beberapa rekomendasi buku tentang kepemimpinan yang perlu kamu miliki terutama bagi para calon pemimpin dan seseorang yang sedang menjadi pemimpin. Semua isi buku-buku itu akan menjadi lebih berarti lagi apabila diterapkan di dunia kerja atau organisasi.

Rekomendasi Buku & Artikel

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien