Technology Tips dan Trik

6 Cara Mudah Mengecilkan File JPG

mengecilkan file jpg
Written by Umam

Mengecilkan file JPG dalam kehidupan sehari-hari seringkali diperlukan. Dimana kita sering diminta untuk mengunggah file JPG atau JPEG untuk memenuhi suatu persyaratan. Namun, yang cukup sering jadi hambatan yaitu dalam mengunggah file adalah file yang memiliki ukuran terlalu besar, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan sebuah cara untuk mengecilkan file JPG atau JPEG tersebut.

JPG atau JPEG dalam sebuah program komputer merupakan jenis file gambar yang umumnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan website. Alasan penggunaannya tidak lain dan tidak bukan adalah karena ukurannya yang cenderung lebih kecil dibandingkan berbagai jenis file yang lain. Namun, di zaman sekarang yang mengharuskan visual yang mantap dan jelas mengakibatkan banyak file JPG yang memiliki ukuran yang masih terlalu besar.

Nah, artikel ini akan memberikan penjelasan terkait bagaimana cara mengecilkan file JPG maupun JPEG, tentu cara ini bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas file tersebut. Tidak hanya itu, artikel ini juga akan memuat pembahasan tentang sebuah alasan mengapa penggunaan file JPG yang berukuran kecil dapat sangat bermanfaat untuk pengembangan website.

A. 6 Cara Mengecilkan File JPG

Dikarenakan banyak kebutuhan seseorang dalam mengecilkan file JPG, hal itu membuat cara untuk mengecilkan atau biasa disebut kompres file JPG menjadi sangat banyak dan beragam. Berikut ini adalah enam cara mengecilkan atau mengkompres foto dan gambar yang memiliki format JPG, di antaranya adalah:

1. Cara mengecilkan ukuran foto dengan iLoveIMG secara Online
2. Cara resize atau membuat bentuk baru Foto dengan TinyJPG secara Online
3. Cara mengkompres foto dengan menggunakan Adobe Photoshop melalui komputer
4. Cara mengecilkan ukuran foto dengan Microsoft Paint melalui Komputer
5. Cara mengecilkan ukuran foto JPG dengan Photo & Picture Resizer melalui Android
6. Cara Mengecilkan ukuran JPG dengan Photo Compress and Resize melalui Android

Dalam mengecilkan atau mengkompres file JPG, berikut ini adalah penjelasan dari setiap enam cara tersebut. Sebelumnya, enam cara tersebut dapat digunakan secara aman tanpa memberikan distorsi pada foto atau gambar yang akan dikecilkan. Artikel ini akan menjadi pemandu agar memahami betul cara mengecilkan file JPG sekaligus mempertahankan juga kualitas file JPG yang dihasilkan.

B. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dan Gambar JPG Secara Online

Cara untuk mengecilkan ukuran foto atau gambar dengan format file JPG atau JPEG bisa dilakukan secara online. Artinya, dalam mengecilkan ukuran foto, Anda tidak perlu memiliki aplikasi apapun, baik di laptop maupun di perangkat seluler, kecuali web browser. Maka dari itu, cara ini merupakan cara mengecilkan file JPG secara online.

Beberapa website yang bisa digunakan untuk membantu mengecilkan file JPG dengan mudah dan cepat adalah seperti iLoveIMG dan TinyJPG. Selain itu juga, kedua tool atau website tersebut sudah mendukung untuk diakses melalui komputer hingga perangkat seluler.

C. Cara Mengecilkan Size Foto dengan iLoveIMG

Sebagai aplikasi online yang digunakan untuk mengecilkan ukuran file JPG, baik itu foto atau gambar, iLoveIMG memberikan layanan dengan beragam tool tersebut. Tidak hanya itu, di dalam iLoveIMG juga menyediakan tool untuk mengedit gambar dari compress hingga resize.

Berikut ini adalah panduan untuk menggunakan aplikasi ini, khususnya untuk melakukan kompres pada sebuah gambar atau mengecilkan file JPG, di antaranya yaitu:

1. Langkah pertama, memilih file yang ingin dikecilkan terlebih dahulu. Anda dapat membuat perintah dengan klik pada tombol Select Images. Ditambah lagi, iLoveIMG memberikan layanan yang mewah untuk mengecilkan file atau gambar secara bersamaan.

2. Setelah itu, Anda tinggal memberikan instruksi untuk klik pada Compress Images. File foto atau gambar yang telah dimasukkan pada langkah pertama, ketika selesai melakukan proses mengecilkan file, file akan secara langsung akan diunduh dan disimpan secara otomatis ke komputer atau perangkat seluler.

D. Memperkecil Ukuran Foto dengan TinyJPG

Aplikasi yang menyediakan layanan untuk mengecilkan file JPG secara sangat banyak, selain iLoveIMG, ada juga aplikasi TinyJPG. TinyJPG bisa juga digunakan sebagai alternatif cara untuk mengecilkan file JPG seperti foto dan gambar. TinyJPG bisa dikatakan sangat sederhana, pengguna hanya perlu melakukan upload file JPG yang ingin diperkecil.

Nah, selanjutnya adalah panduan cara mengecilkan file JPG secara online dengan menggunakan aplikasi TinyJPG, di antaranya yaitu:

1. Pertama, pilih terlebih file atau gambar yang ingin Anda kecilkan ukurannya secara online. Berikan perintah berupa klik pada area “Drop Your .png or .jpg files here!”. Hampir mirip dengan iLoveIMG, dengan TinyJPG Anda juga dapat mengecilkan lebih dari satu gambar dengan satu klik pada aplikasi ini.

2. Selanjutnya, proses mengecilkan gambar akan berjalan secara otomatis, apabila telah selesai Anda bisa mengunduh gambar hasil kompres dengan cara klik tombol download yang terletak di sebelah kanan ikon unduh.

E. Cara Mengecilkan Ukuran Foto JPG dengan Aplikasi Komputer

Aplikasi komputer yang menyediakan fitur untuk mengecilkan file JPG sangat beragam. Artikel ini akan mencoba membahas dua opsi aplikasi komputer yang kemungkinan besar hampir selalu ada di dalam perangkat komputer, yaitu Microsoft Paint dan Adobe Photoshop.

1. Microsoft Paint

Microsoft Paint merupakan salah satu aplikasi bawaan di setiap perangkat Windows. Apabila Anda menggunakan sistem operasi Windows, dapat dipastikan Anda bisa mengoperasikan dikarenakan aplikasi ini sangat sederhana. Selain itu, aplikasi ini juga bisa jadi alternatif utama untuk mengecilkan file JPG selain aplikasi edit foto yaitu Photoshop.

a. Pertama, untuk memulai cara mengecilkan file JPG atau foto atau gambar dengan Microsoft Paint, Anda tinggal melakukan klik pada ikon File >> Open, kemudian Anda dapat memilih file JPG mana akan dikecilkan.

b. Selanjutnya, Anda bisa memberikan perintah klik pada tombol Resize dalam kolom image.

c. Kemudian, Anda hanya perlu mengurangi dimensi file atau gambar sesuai dengan kebutuhan. Ketika sudah selesai menentukan ukuran file yang diinginkan, klik OK.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

d. Terakhir, setelah sudah melakukan langkah-langkah seperti di atas. Anda bisa menyimpan file hasil kompres dengan klik File >> Save as >> JPEG Picture.

2. Adobe Photoshop

Selain Microsoft Paint sebagai aplikasi bawaan dari Sistem Operasi Windows. Untuk mengecilkan file JPG, Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop sebagai aplikasi edit foto terpopuler saat ini. Adobe Photoshop menjadi salah satu aplikasi unggulan mengedit foto dan membuat desain grafis. Namun, mayoritas orang yang tidak biasa mengedit foto akan menganggap Adobe Photoshop ini sebagai tool yang terlalu rumit. Hal itu mengakibatkan aplikasi ini dianggap malah membingungkan untuk mengerjakan hal-hal sepele seperti untuk mengecilkan ukuran file JPG. Tetapi, Adobe Photoshop sebenarnya sangat mudah digunakan untuk mengecilkan file JPG.

Nah, berikut ini adalah cara melakukan kompres foto atau file JPG dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, di antaranya yaitu:

a. Pertama, bukalah aplikasi Adobe Photoshop di komputer Anda. Untuk mengecilkan file JPG, Anda bisa memberikan klik pada ikon File >> Open supaya bisa memilih file foto atau gambar yang ingin dikecilkan ukurannya.

b. Selanjutnya, Anda dapat membuka menu File sekali lagi. Namun, kali ini Anda harus menekan klik untuk Export >> Save for Web. Setelah memberikan perintah tersebut, akan muncul pop-up window pada Adobe Photoshop.

c. Kemudian, dalam pop-up window yang telah terbuka tersebut telah terdapat berbagai pengaturan yang sangat kompleks dan terlihat sangat rumit. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah tiga hal, yaitu: Quality, Preset, dan Image Size. Ketiga pengaturan tersebut terletak di bagian kanan dari pop up window.

d. Pada saat berada di pop-up window, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan Preset yang Anda gunakan adalah “JPG Medium” dengan Quality medium. Kemudian, Anda dapat melakukan pengaturan pada Image Size atau dimensi gambar sesuai dengan keinginan. Dalam panduan ini, kami melakukan pengurangan dimensi hingga menjadi 1920 x 1282. Setelah itu, lakukan klik pada tombol Save dan simpan di folder yang diinginkan.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Sebelum Anda menyimpan gambar yang ingin dikecilkan, Anda dapat melihat terlebih dahulu estimasi ukuran file yang akan disimpan. Untuk melihat estimasi ukuran file tersebut, dapat pada deskripsi file yang terletak di bagian kiri bawah dari pop-up window.

Sebagai catatan, panduan ini berdasarkan penggunaan pada Adobe Photoshop CC 2019. Sementara, pada versi Photoshop sebelum CC 2015, menu Save for Web dapat dengan mudah ditemukan karena terletak setelah klik pada menu File.

F. Cara Mengecilkan File JPG dengan Aplikasi Android

Setelah mengetahui cara untuk mengecilkan file JPG melalui aplikasi online dan aplikasi yang tersedia di komputer. Selanjutnya, kita akan membahas cara mengecilkan file JPG dengan menggunakan aplikasi android. Kita tahu sendiri, sekarang kebanyakan orang malas membawa komputer karena terlalu besar. Oleh karena itu, dalam android juga banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran gambar atau foto. Sebenarnya, aplikasi untuk melakukan kompres file di android sangat melimpah, namun, artikel ini hanya akan membahas dua aplikasi yang paling banyak digunakan, yaitu Photo & Picture Resizer dan Photo Compress & Resize.

1. Photo & Picture Resizer

Aplikasi untuk mengecilkan file JPG di android yang pertama adalah Photo & Picture Resizer. Photo & Picture Resizer merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fungsi utama untuk memperkecil ukuran file JPG dengan sangat sederhana.

Nah, berikut ini adalah panduan untuk mengecilkan file JPG dengan aplikasi Photo & Picture Resizer, di antaranya adalah:

a. Pertama, setelah Anda membuka aplikasi, akan ada banyak pilihan yang tersedia, baik untuk memilih foto maupun mengambil foto dengan kamera smartphone Anda secara langsung hingga sejenisnya.

b. Selanjutnya, dari enam opsi yang disediakan tersebut, Anda bisa memilih Select photos untuk membuka file gambar yang diinginkan di perangkat seluler. Lalu, klik tombol resize yang berada di tab paling atas aplikasi untuk mengecilkan gambar tersebut.

c. Kemudian, Anda bisa menentukan pilihan untuk mengatur dimensi gambar pada pop up yang tersedia. Anda dapat menggunakan pilihan ukuran Custom agar dapat memasukkan dimensi yang telah digunakan pada kedua aplikasi sebelumnya, yaitu 1920 x 1282.

d. Setelah Anda menentukan pilihan untuk dimensi yang diinginkan, file JPG atau gambar yang telah dikecilkan ukurannya akan diubah secara otomatis untuk disimpan di dalam perangkat Android Anda.

2. Photo Compress & Resize

Seperti aplikasi Photo & Picture Resizer sebelumnya, aplikasi android yang bernama Photo Compress & Resize ini juga dapat digunakan untuk memperkecil ukuran file JPG. Photo Compress & Resize memiliki fungsi yang lebih sederhana yaitu hanya untuk mengecilkan file JPG dan juga memotong file JPG.

Hanya saja, aplikasi ini memiliki dua istilah yang dapat membingungkan bagi beberapa penggunanya, yaitu compress dan resize. Oleh karena itu, untuk lebih memahami tool dalam aplikasi ini, berikut ini adalah cara mengecilkan file JPG dengan aplikasi android Photo Compress & Resize, di antaranya yaitu:

Pada dasarnya, kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama. Perbedaan kedua istilah tersebut dapat dilihat pada perlakuan Anda terhadap dimensi gambar.

Ketika ingin mengecilkan ukuran terhadap sebuah file JPG, Anda hanya perlu melakukan pengurangan pada ukuran file tanpa mengurangi dimensi atau kualitas gambar tersebut. Tetapi, Anda juga perlu untuk mempertimbangkan kualitas gambar yang dihasilkan dari proses ini. Proses kompresi gambar dapat dilakukan berulang kali, tetapi Anda perlu berhenti saat gambar tersebut menampilkan semacam distorsi.

Sementara itu, resize memiliki arti untuk mengubah dimensi gambar, hal itu berati mengubah ukuran file juga. Beberapa aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengecilkan ukuran file JPG juga diperbolehkan untuk melakukan compress otomatis ketika penggunanya melakukan resize.

Nah, aplikasi Photo Compress & Resize menawarkan dua opsi yang bisa Anda gunakan. Apabila Anda ingin memilih opsi compress, Anda akan diminta untuk menentukan ukuran atau kualitas dari gambar yang dikompres. Anda tinggal menentukan ukuran file atau kualitas gambar yang diinginkan. Agar dapat lebih memastikan bahwa dimensi gambar tidak berubah, Anda bisa memilih slider yang terletak di sebelah kanan teks “Maintain Resolution”. Setelah itu, pilih tombol Start Compressing. File yang sudah berubah menjadi lebih kecil tersebut akan secara langsung tersimpan di perangkat seluler Anda.

Opsi yang kedua adalah resize, resize dapat Anda gunakan untuk menentukan dimensi gambar dan melakukan proses kompresi secara bersamaan.

G. Kesimpulan

Artikel ini telah menjelaskan cara mengecilkan file JPG dengan aplikasi online, aplikasi di komputer, hingga aplikasi di android. Cara yang dibahas dari yang sangat mudah hingga cara yang paling kompleks. Setelah ini, Anda sudah bisa menggunakan foto tersebut untuk mengupload gambar tersebut ke situs yang anda inginkan tadi, karena gambar anda yang awalnya berukuran besar (diatas 1 MB) sekarang gambar tersebut sudah berukuran menjadi kecil (100 KB bisa lebih kecil dari ini)

Rekomendasi Buku & Artikel Mengecilkan File JPG

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien