Technology

Pengertian Internet: Sejarah, Manfaat, dan Dampak Negatifnya

apa itu internet
Written by Wida Kurniasih

Pengertian Internet – Di zaman yang serba modern ini, internet hampir menjadi kebutuhan primer setiap orang. Tak hanya para remaja saja, namun orang tua bahkan anak-anak sudah banyak menggunakan internet.

[algolia_carousel]

Baik itu untuk berkomunikasi, belanja, bermedia sosial, bermain game, maupun untuk kepentingan lainnya. Keberadaan internet memang memberikan kemudahan bagi setiap individu untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Maka tak heran jika kebutuhannya terus saja meningkat. Namun tahukah Anda apa sebenarnya pengertian internet ? Jika belum, maka simak ulasan berikut untuk mengetahui tentang internet lebih jauh lagi.

Pengertian Internet

pengertian internetInternet merupakan sebuah jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media lainnya. Jaringan komunikasi inilah yang akan mentransfer data secara tepat dan cepat melalui frekuensi tertentu. Adapun standar global penggunaan internet sendiri telah memakai Internet Protocol atau Transmission Control Protocol (IP/TCP).

Jika belum tahu, istilah tersebut adalah bentuk protokol pertukaran paket, yang mana telah dipakai secara global. Kemudian, proses menghubungkan rangkaian internetnya disebut internetworking. Pengertian internet dijelaskan salah satu ahli IT, Onno W Purbo sebagai suatu media yang digunakan untuk mengefisiensikan proses komunikasi memakai aplikasi. Sementara itu, berikut adalah pengertian internet dari beberapa ahli lain:

1. Menurut Allan (tahun 2005) 

Menurut Allan, internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang terhubung satu dengan lainnya, yang dapat membaca dan menerapkan berbagai protokol komunikasi atau yang biasa dikenal dengan istilah IP dan TCP. Masih menurut Allan, protokol tersebut adalah sebuah spesifikasi sederhana tentang bagaimana komputer saling terhubung satu sama lain dan berinteraksi.

2. Menurut Turban, Potter, dan Rainer (tahun 2005) 

Selanjutnya internet menurut Turban, Potter, dan Rainer yaitu sebuah jaringan besar yang bisa menghubungkan komputer. Mulai dari menghubungkan jaringan antar organisasi sekolah, pemerintah, bisnis, dan lembaga lainnya secara cepat.

3. Menurut Harjono (2009) 

Pengertian internet selanjutnya disampaikan oleh Harjono, yang diartikan sebagai kumpulan beberapa komputer, bahkan bisa sampai ribuan komputer di dunia yang saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain. Dalam menghubungkan komputer-komputer tersebut, dibutuhkan sebuah media, seperti kabel, satelitt, serat optik, maupun sambungan telepon. Dengan media tersebut, setiap komputer dapat berinteraksi satu dengan lainnya.

4. Menurut Sarwono (2012) 

Menurut Sarwono, internet adalah kumpulan jaringan dengan skala global. Pada awalnya, internet hanya dipakai dalam ranah militer saja, namun saat ini internet telah digunakan oleh masyarakat umum. Semua kalangan pun telah dengan mudah mengoperasikannya. Dan menurut Sarwono, tak ada yang bertanggung jawab untuk memakai internet.

5. Menurut Supriyanto (2006) 

Kelima, internet menurut Supriyanto adalah sebuah hubungan antar beberapa komputer melalui jaringan yang ada di dunia dan memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda-beda. Hubungan tersebut dapat  terjadi dengan memanfaatkan telepon atau satelit yang memakai protokol standar dalam komunikasi.

6. Menurut Sibero (2011) 

Selanjutnya menurut Sibero, internet merupakan Interconnected Network, yaitu sebuah jaringan komputer yang saling menghubungkan antar komputer secara global. Internet mampu bekerja karena adanya jaringan komputer, baik jaringan lokal maupun jaringan dengan jangkauan global yang lebih luas. Selain itu, internet juga memakai protokol komunikasi yang sama, yaitu IP atau TCP.

7. Menurut Berners Lee

Kemudian menurut Berners Lee, internet yaitu sebuah jaringan yang memiliki beberapa jaringan di dalamnya. Konsep dari Berners Lee tersebut dapat diartikan bahwa adanya jaringan komputer lokal yang terhubung dengan jaringan lainnya.

8. Menurut O’Brien

Internet menurut O’Brien merupakan sebuah jaringan komputer yang berkembang pesat. Di mana keberadaan dan perkembangan internet itu sendiri bisa memberikan dampak positif bagi berbagai bidang kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, pemerintahan, dan bidang lainnya.

Sejarah dan Perkembangan Internet di Dunia

sejarah internetInternet memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sebuah jaringan yang kemudian diberi nama ARPANET melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA).

Nantinya, ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal dari munculnya jaringan internet. Kemudian, sekitar tahun 1980 an, teknologi jaringan telah dipakai oleh beberapa kampus, meskipun masih sangat terbatas dan hanya dipakai oleh beberapa kalangan saja.

Adapun protokol standar IP atau TCP baru dipublikasikan pada tahun 1982. Lalu di tahun 1986, barulah didirikan National Science Foundation Network (NSFNET). NSFNET inilah yang muncul sebagai pengganti ARPANET dalam mewadahi riset serta penelitian yang ada di Amerika. Setelah beberapa tahun, yaitu sekitar tahun 1990, ARPANET diturunkan.

Sebagai gantinya, CERN mengenalkan layanan baru bernama World Wide Web (WWW). Hingga pada tahun 1993, mulailah dikembangkan Internic, yang fungsinya untuk mendaftarkan nama domain dari publik. Lalu di Indonesia, internet mulai masuk sekitar tahun 1994. Di tahun tersebut, orang-orang yang bergelut di bidang IT mulai memperkenalkan internet kepada masyarakat.

Semenjak ditemukannya jaringan, internet mulai berkembang. Perkembangan internet pun mengalami banyak perubahan yang cukup signifikan, baik dalam hal cakupan, kecepatan, transmisi, maupun penggunaannya. Cakupan lebih mengarah pada jangkauan wilayah yang bisa memakai internet.

Hingga sampai saat ini, masih banyak negara yang berlomba-lomba untuk berusaha memenuhi dan memperluas jangkauannya menggunakan satelit. Sebab dengan satelit lah jangkauan internet akan dapat diperluas.

Lalu pada bagian transmisi paket data, dari tahun ke tahun juga terus mengalami perubahan. Transmisi data saat ini tentu sudah berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sesuai dengan konsep dan pengertian internet, serta dukungan teknologi yang semakin modern, transmisi paket data internet pun menjadi semakin baik.

Begitu juga pada bagian kecepatannya. Berbagai industri teknologi kini berupaya untuk terus mengembangkan jaringan. Dari yang awalnya 2G, 3G, 4G, sampai dengan yang terbaru saat ini, yaitu 5G. Semakin besar teknologi jaringan internet yang hendak dipakai, tentu saja resources yang Anda butuhkan cukup besar pula bagi negara.

Penggunaan internet juga terus mengalami perkembangan. Bahkan bisa dibilang, perkembangan internet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia itu terus mengalami perubahan. Mulai dari perubahan informasi, komunikasi, maupun perangkat yang dipakai. Dulu memang internet hanya dipakai oleh pihak militer saja. Namun saat ini, dengan semakin berkembangnya kegunaan internet, masyarakat bisa memakainya secara pribadi.

Hampir setiap pekerjaan saat ini membutuhkan internet sebagai bagian dari proses kerjanya. Tak hanya di ranah pekerjaan saja, internet juga merambah ke bidang-bidang lainnya, seperti politik, ekonomi, informasi, pendidikan, komunikasi, dan masih banyak bidang lainnya. Semakin berkembang internet , maka cakupan dan kegunaannya pun akan merambah ke lebih banyak bidang kehidupan.

Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-hari

manfaat internetInternet memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk melakukan banyak hal. Tak hanya anak-anak, namun berbagai kalangan juga sangat terbantu dengan keberadaan internet. Internet telah masuk ke berbagai ranah kehidupan, dan memberikan manfaat di dalamnya. Lalu apa saja manfaat internet yang bisa diperoleh di berbagai bidang kehidupan? Berikut jawabannya:

1. Manfaat di bidang pendidikan

Internet sangat membantu kegiatan para peserta didik di ranah pendidikan. Tak hanya para mahasiswa yang telah menuntut ilmu di perguruan tinggi saja, namun mereka yang masih duduk di jenjang SD, SMP, SMA juga sangat terbantu dengan adanya internet.

Begitu juga bagi mereka yang tidak bersekolah dan memilih home schooling di rumah masing-masing. Ada banyak hal yang bisa didapatkan melalui internet sebagai sarana belajar. Setiap anak atau siswa dapat mengakses jutaan informasi melalui internet. Sehingga sangat membantu mereka dalam mengembangkan pengetahuan yang dimiliki.

Selain itu, melalui internet setiap orang juga dapat mengembangkan keterampilan masing-masing. Melalui banyaknya fitur yang bisa diakses dengan internet, mereka dapat mencari dan terus mengembangkan keterampilan.

Dengan jaringan yang baik dan cepat, Anda dapat menemukan berbagai hal baru. Jadi akan sangat mudah bagi siapapun mengakses dan menguji ketrampilan yang dimiliki. Fitur pencarian dan audio visualnya, akan sangat membantu Anda untuk belajar tentang apapun yang ada di dunia ini.

2. Manfaat di bidang kesehatan

Di bidang kesehatan, internet juga memberikan banyak manfaat. Anda bisa mengakses informasi kesehatan dengan bantuan jaringan komputer. Bahkan informasi kesehatan tersebut sudah sangat banyak ditemui, sampai-sampai Anda lah yang harus berhati-hati ketika mencari informasi tersebut.

Dengan internet pula, orang-orang menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan para dokter. Beberapa website kini telah menawarkan konsultasi kesehatan secara online dengan para dokter yang memang ahli di bidang kesehatan tertentu. Melalui internet pula, Anda dapat mengakses berbagai hal untuk menjaga kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat, cara mengelola kesehatan, makanan yang bagus dikonsumsi atau dihindari, rekomendasi rumah sakit, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Manfaat di bidang bisnis

Lalu di bidang bisnis, internet juga memudahkan para pebisnis dalam meraih keuntungan finansial. Bagi para pengusaha, Anda bisa membuat website usaha, e-commerce, industri kreatif, atau bisnis startup. Yang penting diperhatikan pula, ketika memutuskan untuk menggunakan internet dalam kegiatan bisnis, maka jangkauan yang Anda miliki akan jauh lebih luas. Dengan begitu, bisnis juga akan lebih mudah berkembang.

Why? Content Creator - Kreator Konten

Why? Content Creator – Kreator Konten

Beli Buku di GramediaMenjadi seorang content creator adalh profesi yang paling moncer saat ini. Hanya bermodalkan internet dan ponsel pintar, Grameds bisa meraup untung di bisnis digital. Buku “Why Content Creator” akan memandu si kecil  untuk menjadi seorang content creator sejak dini.

BACA JUGA: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Masa Kini

4. Manfaat di bidang komunikasi informasi

Selanjutnya manfaat internet juga bisa didapatkan di bidang komunikasi dan informasi. Saat ini, tentu Anda telah merasakan betapa mudahnya untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya cukup jauh. Komunikasi baik melalui audio, visual, maupun audio visual saat ini amat mudah dilakukan. Anda bisa melihat dan mengetahui keadaan orang lain yang jauh dari jangkauan. Hal ini menunjukkan pesatnya perkembangan komunikasi dengan internet.

banner-promo-gramedia

Begitu juga dalam bidang informasi, di mana setiap orang dapat mengakses jutaan informasi melalui mesin  pencarian di internet. Informasi apapun telah tersedia di sana, dan Anda bisa mendapatkannya hanya dengan sekali klik.

Bahkan, informasi dari negara lain yang jaraknya sangat jauh pun sudah bisa dinikmati dalam hitungan menit. Hal ini sesuai dengan pengertian internet yang mana media elektronik pada abad ke 21 dapat memberikan akses jaringan dengan lebih cepat dan jangkauan yang lebih luas.

Berkembangnya internet juga telah memberikan variasi baca buku melalui eBook. Kelebihan eBook yaitu pembaca bisa membaca di mana saja melalui ponsel atau tablet, menghemat penggunaan kertas, buku yang diunduh tersimpan di dalam cloud, dan membaca lebih praktis dan efisien.

https://www.gramedia.com/products/full-premium-package?queryID=4e94db1f2b5b60b8db29a9d6f2475402

Gramedia Digital merupakan apps yang dikembangkan oleh Kompas Gramedia untuk meningkatkan minat baca dengan menghadirkan buku, majalah, tabloid yang berkualitas dan ternama. Grameds bisa membaca sepuasnya hanya berlangganan mulai 89 ribu/bulan.

5. Manfaat di bidang sosial dan hiburan

Hal penting lain yang sangat diuntungkan dari adanya internet adalah mudahnya setiap orang untuk mendapat hiburan. Ada banyak platform yang memberikan kesempatan bagi siapapun untuk bersosial di media dan mendapatkan hiburan.

Kehadiran media sosial selain membuat setiap orang mudah berinteraksi satu sama lain juga memberikan akses hiburan. Baik itu dengan melihat foto-foto yang lucu maupun jutaan video yang dapat dipilih sendiri. Dengan akses yang mudah, semua orang pun dapat memperoleh hiburan kapanpun dan dimanapun.

Jadi Youtuber A-Z (Update Version)

Jadi Youtuber A-Z (Update Version)

Beli Buku di GramediaDampak Negatif Keberadaan Internet

dampak negatif internetKemunculan internet di tengah masyarakat tentu memberikan angin segar. Sebab berbagai ranah kehidupan dan aktivitas masyarakat menjadi lebih mudah dilakukan. Meski begitu, tanpa kontrol yang tepat, internet dapat menjelma menjadi simalakama. Lalu apa saja dampak negatif internet yang perlu dihindari? Berikut ulasannya:

1. Maraknya ujaran kebencian

Internet memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk berbagi informasi. Hal ini termasuk pula untuk memberikan kritik kepada siapapun lewat media sosial. Melalui media, masih banyak orang yang menyalahgunakannya untuk mengungkapkan berbagai ujaran kebencian.

Tentu saja karena belum adanya filter di internet terkait ujaran kebencian tersebut, membuat setiap orang terutama publik figur masyarakat sangat mudah menerima komentar maupun kritik pedas yang cenderung menyakiti hati.

Maka dari itu, ketika hendak mencari informasi, sangat disarankan untuk pandai dalam memilih dan memilah. Jangan sampai informasi yang Anda konsumsi berisi berita palsu dan ujaran kebencian.

2. Banyaknya konten ilegal

Dampak negatif kedua adalah munculnya banyak konten ilegal. Konten video menjadi yang paling berbahaya. Sebab video yang berisi hal-hal tidak pantas juga mulai banyak diproduksi. Baik yang berisi tindakan asusila, kriminalitas, maupun video pornografi yang tidak ramah anak-anak. Mudahnya menyebarkan berbagai konten membuat setiap orang dewasa perlu melakukan kontrol terhadap anak-anak yang menggunakan internet.

Sebab tanpa kontrol dari orang dewasa, anak-anak akan lebih mudah mengakses apapun. Sekali mereka menemukan konten yang tidak pantas, maka mereka akan terus mendapatkan rekomendasi yang serupa. Pengarahan dari orang tua terhadap anak juga amatlah penting. Supaya anak bisa memperoleh manfaat positif dari keberadaan internet.

3. Munculnya cyber crime

banner-promo-gramedia

Dampak negatif terakhir adalah munculnya cyber crime atau kejahatan cyber. Semakin mudah setiap orang membagikan apapun, semakin mudah pula bagi orang lain untuk mengomentari dan mengemukakan pendapat. Padahal, tidak semua hal yang dikatakan di media dapat diterima oleh semua orang.

Sehingga sangat mungkin bagi setiap pengguna internet, terutama yang menggunakan media sosial, untuk mendapatkan kritik negatif atas apa yang mereka upload. Tak hanya di ranah media saja, kejahatan cyber juga merambah pada banyaknya penipuan yang dilakukan secara online.

Selain itu, masih ada pula kejahatan lain seperti hacking, cracking, maupun spamming. Maka dari itu lah,  internet yang telah memberikan kemudahan dan manfaat, perlu digunakan dengan lebih baik lagi. Supaya kemudahan tersebut benar-benar memberikan dampak positif, bukan dampak negatif.

Nah, itulah tadi pengertian internet dan juga seluk beluknya. Mulai dari pengertian para ahli, sejarahnya, perkembangannya, manfaat, dan juga dampak negatif yang diperoleh dengan penggunaan internet. Tanpa filter yang baik, maka internet dapat memberikan petaka bagi penggunanya.

Judul : Internet, Gawai, dan Remaja

Internet Gawai dan Remaja : Menjadi Remaja Kekinian, Produktif dan Tangguh

Internet Gawai dan Remaja : Menjadi Remaja Kekinian, Produktif dan Tangguh

Beli Buku di Gramedia

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien