Technology

Contoh Alamat Email serta Cara Membuatnya

Written by Alisa

Contoh Alamat Email dan Cara Membuatnya – Kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan pekerjaan atau hal-hal yang berkaitan dengan sekolah. Hal ini terlihat dari kemudahan untuk berkirim surat melalui internet. Jika dahulu harus menunggu berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk berkirim kabar atau mengirim surat melalui pos.

Sekarang, berkirim surat dan kabar lebih mudah melalui email. Setiap orang dapat saling terhubung hanya dengan mengetahui alamat email. Tentu dengan email, pekerjaan-pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Tentu dengan hadirnya email dapat menghemat waktu untuk menunggu kedatangan surat.

Lalu, sejak kapan email mulai muncul dan digunakan? Bagaimana cara membuatnya? Dan, contoh alamat email yang mudah? Grameds dapat menyimak penjelasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai laman di internet.

Konsep dan Sejarah Email

Email atau disebut juga sebagai surat elektronik merupakan suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jaringan komputer dan internet. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat elektronik dimaknai sebagai pos elektronik.

Dalam laman Jatikom.com, email didefiniskan oleh beberapa ahli sebagai berikut.

1. Ali Zaki dan Smitdev Community

Email merupakan surat elektronik yang memungkinkan semua orang dapat saling berkirim pesan dengan jaringan internet.

2. Happy Chandraleka

Email yakni surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer.

3. Jasmadi dan E-media Solusindo

Email ialah singkatan dari electronic mail. Secara singkat, email merupakan metode berkirim pesan secara elektronik dengan atau melalui internet.

4. Tyas Vanneza

Email ialah layanan yang bisa digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik.

5. Darma, Jarot S, Shenia A

Email ialah singkatan dari electronic mail, mempunyai prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja dengan internet, bukan melalui pos.

6. Erima Oneta dan Yosep. S

Email merupakan salah satu fasilitas di internet yang sangat populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan menggunakan email, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat, dan aman.

7. Indar Kertarajasa Furqon

Email ialah singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia artinya surat elektronik. Sesuai dengan namanya email digunakan untuk melakukan kegiatan surat-menyurat dengan jaringan internet.

8. Jack Popo

Email ialah salah satu sarana untuk berbagi foto melalui internet. Yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini ialah tentu saja koneksi ke internet dan sebuah account email yang masih aktif.

Strategi Jitu Beriklan di Google, YouTube, Email, dan Facebook

Melansir dari laman Blog.opencloud.id, email ditemukan oleh Raymond Tomlison, seorang programmer asal Amerika pada 1971. Email pertama kali digunakan oleh Raymond hanya berisikan tulisan “QWERTYUIOP” pada komputernya. Ia juga menggunakan simbol @ dengan tujuan untuk menghubungkan email sekaligus menjadi pembeda dari mesin pengirim pesan lainnya. Oleh sebab itu, sejak saat itu, standar penggunaan email menjadi nama_pengguna@nama_komputer.

Raymond Tomlison berkerja di Bolt Beranek and Newman Inc, salah satu perusahaan kontraktor di ARPANET. Perusahaan tersebut merupakan cikal bakal pengembang jaringan internet Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS).

Sebelum menciptakan email, Raymond telah menggunakan sistem operasi bernama TENEX. TENEX juga melingkupi program kontrol ARPANET. Ia juga menulis program CPYNET yang berupa program transfer file dengan menerapkan jarangin ARPANET.

Awalnya, Raymond menggunakan email dengan sistem kerja yang sangat sederhana. Seperti meninggalkan pesan di meja orang lain. Caranya, pengguna komputer meletakkan pesan di pengguna komputer lainnya. Namun, ketika itu, email hanya dapat dikirim dan diterima melalui jaringan komputer yang berada dalam rangkaian Local Area Network (LAN) saja.

Email mengalami perkembangan yang cukup pesat dari waktu ke waktu. Perkembangannya tidak berhenti di era Raymond saja. Hal tersebut terbukti, pada 1975, ketika software pengaturan email ditemukan oleh John Vital. Karenanya, email dapat digunakan oleh masyarakat hingga memenuhi lalulintas internet sebanyak 75%.

Email pertama yang penting digunakan oleh Ratu Elizabeth II. Kala itu, ia mengirim email melalui ARPANET dari Royal Signals and Radar Establishment di Inggir pada 26 Maret 1976. Kemudian, disusuk pada musim gugur tahun 1976, email digunakan pertama kalinya untuk kampanye presiden Jimmy Carter.

Email terus berkembang sampai penggunaannya berbayar. Pengguna email dapat menggunakan email dengan tarif hitungan setiap menit. Hal tersebut dilakukan karena email telah menggunakan fitur-fitur yang rapi dan menerapkan sistem email komersial berupa Eudora. Sistem Eudora sendiri ditemukan oleh Steve Dorner pada tahun 1988.

Kemudian, ditemukan World Wide Web (WWW) oleh tim Bernes-Lee pada tahun 1991. Ia menyediakan email secara gratis dan dengan antarmuka yang lebih ramah. Kemudian, layanan ini disediakan oleh penyedia jasa email seperti Hotmail dan Yahoo.

Cara Kerja Email

Email bekerja dengan cara-cara yang cukup sederhana. Grameds dapat membayangkan cara kerja email sama dengan ketika menulis surat kepada orang lain. Melansir dari laman Maxmanroe.com, berikut cara kerja email.

  1. Pemilik email membuka emailnya dan kemudian menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
  2. Selanjutnya, pengguna email tersebut memberikan instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lainnya.
  3. Email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan. Terkadang sebuah email dikirim melalui beberapa email server, tergantung rute yang dilaluinya.
  4. Ketika pesan email terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di email server hingga si penerima membukanya.
  5. Saat penerima membuka pesan di kotak pos/inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.
  6. Selanjutnya, penerima email dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.

Jenis-Jenis Email

Email memiliki beragam jenis berdasarkan cara kerjanya. Berdasarkan laman Maxmanroe.com, email diklasifikasikan menjadi tiga jenis sebagai berikut.

1. POP Mail

Post Office Protocol (POP Mail) merupakan jenis email yang didapatkan oleg pengguna ISP yang menjadi langgana atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.

2. Webmail

Webmail merupakan email berbasis website. Pengguna email hanya dapat membuka email miliknya dengan membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.

3. Forward Mail

Forward mail merupakan layanan email yang meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email lainnya. Email jenis ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang sering berganti alamat email.

Tingkatkan Omzet Bisnis dengan Email Marketing

Manfaat Menggunakan Email

Email memiliki beragam manfaat bagi penggunanya. Melansir dari laman Maxmanroe.com, email memiliki berbagai manfaat sebagai berikut.

1. Mengirim dan Menerima Pesan

Pada umumnya, email digunakan untuk mengirim dan menerima oesan. Pesan-pesan tersebut dapat dikirim dengan waktu yang sangat singkat. Namun, kecepatan pengiriman juga bergantung pada kekuatan jaringan internet pada pengirim dan penerima email.

2. Mengirim dan Menerima File

Email juga digunakan untuk mengirim berbagai jenis file dan dokumen digital. Namun, dibatasi oleh ukuran file baik foto, video, teks, dan lain sebagainya. Biasanya file tersebut ditambahkan pada lampiran (attachment) di email.

3. Sebagai Identitas Diri

Email dapat dijadikan sebagai identitas diri di internet yang mana orang lain dapat menghubungi melalui alamat email yang kita gunakan. Dalam beberapa aspek, penggunaan email bagi seseorang menjadi sebuah kewajiban. Tidak jarang, email digunakan sebagai syarat mutlak proses aktivasi berbagai layanan digital. Misalnya untuk aktivasi gawai, layanan berlanggaanan surat, dan lain sebagainya.

4. Email untuk Mendaftar di Berbagai Situs

Sebagian besar aplikasi, website, software, dan situs lainnya menggunakan email sebagai syarat menggunakannya. Misalnya di layanan sosial media, e-commarce, game online, situs forum, dan berbagai layanan lainnya. Berbagai situs tersebut membutuhkan verifikasi dari penggunanya melalui alamat email yang valid.

5. Email sebagai Media Pemasaran

Di masa serba online, membuat sistem pemasaran pun harus turut beradaptasi. Perusahaan atau pelaku usaha dapat memanfaatkan email untuk measarkan produk atau jasanya. Ia menjadi salah satu jenis pemasaran yang paling tua. Namun, tetap efektif dilakukan di masa sekarang.

Cara Membuat Email       

Alamat email yang sering digunakan adalah Yahoo dan Gmail. Berikut cara membuat akun email menggunakan Yahoo dan Gmail.

1. Cara Membuat Email Baru Yahoo Mail

Berikut cara membuat email di Yahoo Mail.

  • Ketik Yahoo Mail Indonesia pada Kemudian pilih Yahoo—sign in—Yahoo mail
  • Klik daftar untuk account
  • Kemudian, ketikkan beberapa hal berikut ini.

1: Nama depan

2: Nama pengguna (misal : namaanda ) tidak usah menulis @yahoo.com lihat gambar dibawah

3: Kata sandi (mohon gabungkan huruf besar dan huruf kecil begitu juga angka misal : 1985koMputer) : kata sandi tidak boleh ada ada spasi, dan minimal karakter berjumlah 7.

4: Nomor Handpone anda yang masih aktif dan sedang anda pegang/ dekat dengan anda (+62) merupakan kode wilayah indonesia yang berarti angka 0 misal : +6285782645966

5: Tanggal lahir

6: pilih klik perempuan atau laki-laki. Nomor pemulihan tidak usah diisi

7: Klik buat account jika sudah selesai

  • Setelah selesai klik buat account
  • Masukkan kode yang muncul dalam layar sesuai dengan besar dan kecilnya huruf.
  • Tidak jarang verifikasi kode dilakukan melalui kode yang dikirim di gawai. Ketika kode telah diterima maka harus dimasukkan ke dalam kolom yang telah disediakan.
  • Setelah itu, lewati tahapan konfigurasi.
  • Email telah siap digunakan, untuk mengirim pesan Grameds dapat mengklik tulis dan isikan email tertuju.

2. Cara Membuat Email Baru Gmail

Masyarakat Indonesia biasanya menggunakan alamat email Gmail. Berikut cara membuat akun Gmail.

  • Ketik Gmail Indonesia di kolom pencarian Google. Kemudian, pilih Gmail.
  • Kemudian pilih create an account.
  • Lalu, isi setiap kolom yang muncul di layar sebagai berikut.

1: nama depan

2: nama belakang

3: username anda misal jatiinformasi (tidak usah pakai @gmail.com)

4: kata sandi (mohon gabungkan huruf besar dan huruf kecil begitu juga angka misal : 1985koMputer) : kata sandi tidak boleh ada ada spasi, dan minimal karakter berjumlah 9.

5: konfirmasi kata sandi (harus sama seperti sandi yang diatas)

6: tanggal lahir misal september 06 1985

7: gender male = pria female = wanita

8: nomor handpone anda yang masih aktif dan sedang anda pegang/dekat dengan anda (+62) merupakan kode wilayah indonesia yang berarti angka 0 misal : +6285782645966

9: kode konfimasi 1513

10: klik jika sudah diisi

11: klik Next step jika sudah selesai

  • Pada bagian your current email address kosongkan saja. Kemudian, prove you’re not robot lewati saja.
  • Tidak jarang Grameds harus melewati kode verifikasi.
  • Setelah semuanya selesai. Kemudian, Grameds akan mengirim email maka cukup klik tulis dan isikan pesan baru.

Membangun Email Server di Windows Server 2003

Contoh Alamat Email

Salah satu cara mudah membuat email adalah menggunakan nama pribadi. Berikut, beberapa contoh referensi membuat email yang dilansir dari laman Berita.99.co.

  • ayu@gmail.com
  • kaesang_pangarep@gmail.com
  • rakabuming87@gmail.com
  • prabowo1984@gmail.com
  • mawargeni190@gmail.com
  • widodo01@yahoo.com
  • amin01@yahoo.com
  • prabowo_subianto02@yahoo.com
  • sandiaga_uno02@yahoo.com
  • kalla@yahoo.com
  • yudhoyono@outlook.com
  • sputri@hotmail.com
  • habibie@live.com
  • soeharto@aol.com
  • 01@icloud.com
  • juniana@abcpresident.com
  • purnamasari@adyawinsa.com
  • recruitment@framas.co.id
  • marito_sitompul@ferron-pharma.com
  • putri@hoyu.co.id
  • esra@maxmanroe.com
  • brian@maxmanroe.com
  • johanes@gmail.com
  • blog@yahoo.com
  • photographer@live.com
  • desainer@hotmail.com
  • olshop@outlook.com
  • brian@gmail.com



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien