Agama Islam

Manfaat Sholat Tahajud Bagi Kehidupan

manfaat sholat tahajud
Written by Elsya Islamay

Manfaat Sholat Tahajud – Sholat dalam ajaran hukum dan agama islam memiliki peran yang penting dalam mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sholat merupakan salah satu hal yang wajib atau fardhu ain untuk dilakukan bagi seorang umat muslim yang telah akil baligh dan berakal (tidak mengalami gangguan kejiwaan). Sholat juga digunakan sebagai pendekatan dalam mewujudkan ikatan dan jiwa kerohanian kepada Allah Swt.

Adapun, bermacam-macam jenis sholat wajib dan sunnah dalam hukum islam. Sholat wajib atau fardhu ain yang harus dilakukan umat muslim, yaitu sebanyak lima kali dalam sehari yang meliputi, sholat subuh 2 rakaat, dzuhur 4 rakaat, ashar 4 rakaat, maghrib 3 rakaat, dan isya 4 rakaat.

Sedangkan, sholat sunnah meliputi sholat rawatib, sholat tahiyatul masjid, sholat taubat, sholat istikharah, sholat fajar, sholat witir, sholat dhuha, sholat tahajud, sholat hajat, sholat tasbih, dan lain sebagainya.

Pada satu artikel berikut ini tidak akan membahas secara keseluruhan tentang sholat wajib dan sholat sunnah tersebut. Maka dari itu, simaklah ulasan hingga akhir artikel di bawah ini tentang salah satu manfaat dari sholat sunnah, yakni sholat tahajud.

Dalam ajaran islam, umat muslim dapat melakukan salah satu sholat sunnah tahajud yang telah ditegaskan dalam Al-Quran surah Al-Isra ayat 79 yang berbunyi:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا
Artinya: “Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79)

Adapun, dalam sebuah riwayat hadits yang dikemukakan oleh Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda:
“Bahwasanya Rasulullah saw ditanya orang, “Sholat manakah yang paling utama setelah salat yang diwajibkan (salat lima waktu)?” Rasulullah saw menjawab, “Sholat tahajud.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Tidak hanya itu, terdapat surat lain yang menerangkan bahwa bangun tengah malam untuk melaksanakan sholat tahajud dan membaca Al-Quran dengan khusyuk maka akan membuat iman menjadi kuat dan membina diri pribadi menjadi lebih baik lagi. Allah Swt berfirman dalam surat Al-Muzzammil ayat 1-6 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الْمُزَّمِّلُۙ (١) قُمِ الَّيْلَ اِلَّا قَلِيْلًاۙ (٢) نِّصْفَهٗٓ اَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيْلًاۙ ( ٣) اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ (٤) اِنَّا سَنُلْقِيْ عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيْلًا (٥) اِنَّ نَاشِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْـًٔا وَّاَقْوَمُ قِيْلًاۗ ( ٦)

Artinya:  “Wahai orang yang berselimut (Muhammad)! Bangunlah (untuk salat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil, (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu, atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan perkataan yang berat kepadamu. Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan pada waktu itu) lebih berkesan.” (Q.S 73:1-6).

Grameds juga tidak perlu khawatir ya, karena kamu dapat membaca salah satu rekomendasi buku yang satu ini untuk mengetahui lebih luas lagi tentang pengetahuan sholat tahajud atau sholat-sholat sunah lainnya. Langsung saja klik di bawah ini ya grameds!

beli sekarang

Nah, grameds telah mengetahui beberapa hadits dan surat Al-Quran tentang sholat tahajud melalui pembahasan di atas ya. Selanjutnya, kamu akan mengetahui apa saja sih manfaat sholat tahajud bagi kehidupan sehari-hari. Yuk, simak informasi di bawah ini hingga akhir artikel ya!

Berikut ini adalah beberapa manfaat sholat tahajud bagi kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut:

1. Mendapatkan Ridha Allah Swt

Bagi umat muslim yang dapat menjalankan sholat sunnah tahajud secara rutin maka akan mendapatkan salah satu manfaat, yaitu mendapatkan ridha dari Allah Swt. Hal ini telah tercantum dalam hadits berikut ini yang berbunyi:

“Tiga orang yang diridhai Allah Swt. yaitu seorang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah.”  (HR. Abu Ya’la).

2. Dikabulkan Doanya dan Diampuni Dosa-dosanya

Manfaat berikutnya yang didapatkan apabila melakukan sholat tahajud, yakni dapat dikabulkan doa-doanya dan diampuni dosa-dosanya. Hal ini telah diriwayatkan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Pada tiap malam, Tuhan kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, “Barangsiapa yang menyeru-Ku, akan ku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Mendapatkan Tempat Terpuji di Sisi Allah Swt

Diketahui dalam surat Al-Isra bahwa Allah Swt berfirman tentang salah satu manfaat sholat tahajud, yaitu dapat meninggikan derajat umat manusia di sisi Allah Swt. Maka dari itu, kamu akan mendapatkan tempat terpuji dan senantiasa akan dilindungi oleh Allah Swt dari bahaya dan kesulitan. Hal ini juga dapat memberikan keselamatan di dalam kehidupan dunia ataupun akhirat.

Kamu juga bisa membaca salah satu buku berikut ini tentang bagaimana dahsyatnya jika melakukan sholat tahajud secara rutin dalam kehidupan sehari-hari. Klik di bawah ini ya!


beli sekarang

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

4. Menjaga Kesehatan Rohani

Manfaat sholat tahajud selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan rohani. Apabila kamu dapat melakukan ibadah sholat sunnah secara rutin di malam hari, maka amalan ibadah paling utama akan mendapatkan keistimewaan dalam hidup yang salah satunya adalah kesehatan rohani yang akan selalu terjaga setiap harinya.

Hal ini telah jelas ditegaskan oleh Allah Swt bahwa seseorang yang rutin melakukan sholat tahajud di malam hari maka akan selalu mempunyai sifat ramah dan rendah hati serta memiliki refleksi ketenangan di dalam jiwanya untuk memulai kehidupan sehari-hari.

Allah SWT telah berfirman yang berbunyi:
“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

5. Menjembatani Masuk Surga

Sebuah hadits menyatakan bahwa manfaat sholat tahajud yang sangat mengagumkan bagi umat muslim apabila dapat menjalankannya dengan tekun, rutin, dan penuh keikhlasan maka akan didapatkan manfaat, yaitu menjembatani dalam masuk ke surga.

Berikut ini adalah bunyi hadits yang dikatakan oleh Rasulullah SAW di kala itu kepada Abdullah Ibnu Muslim yang berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud yang berbunyi:
“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkanlah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Buku yang satu ini juga bisa menemani kamu dalam mengetahui manfaat-manfaat lainnya yang didapatkan apabila melakukan sholat tahajud. Karena kamu akan mendapatkan kemuliaan yang begitu banyak di dalam hidup jika dapat melakukanya dengan baik dan secara rutin serta ikhlas.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

beli sekarang

Baca Juga:

Nah, itulah pembahasan pada satu artikel ini tentang beberapa manfaat sholat tahajud bagi kehidupan sehari-hari. Semoga setelah membaca artikel ini grameds yang beragama muslim dapat melakukan kewajiban sholatnya dengan baik. Tidak terkecuali dengan sholat sunnah yang dilakukan secara rutin sehingga mendapatkan manfaat yang baik bagi kehidupan. Selain itu, artikel ini juga dapat menambah pengetahuan tentang manfaat sholat tahajud yang belum kamu ketahui ya grameds.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat tentang sholat tahajud atau sholat-sholat yang lainnya kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien