Technology

Memahami Apa Itu Mock Up Beserta Fungsi dan Contohnya

Written by Laeli Nur Azizah

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia desain, istilah mockup tentu sudah tidak asing lagi ya. Biasanya, sebelum desain dibuat, para desainer grafis akan mengawalinya dengan membuat sebuah mockup. Lalu, apa sih pengertian mock up? Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas secara lebih rinci mengenai mock up, mulai dari pengertian, fungsi, dan lain sebagainya.

Pembuatan mock up sendiri sangat penting untuk menunjang desain yang akan dibuat untuk para klien. Dari mock up tersebut, nantinya para klien bisa melihat gambaran umum dari sebuah desain saat diimplementasikan ke dalam bidang yang nyata. Secara umum, mock up adalah bentuk visualisasi yang merepresentasikan desain dari sebuah produk sebelum nantinya direalisasikan. Umumnya, mock up akan digunakan ketika melakukan presentasi ataupun pitching di depan klien. Sederhananya, mock up akan membantu mereka untuk lebih memahami informasi dan juga konsep desain yang akan dibuat.

Pembuatan mock up ini dapat digunakan di hampir semua jenis produk, baik itu website, aplikasi, atau produk kemasan makanan. Lalu, seperti apa contoh dari mock up itu sendiri? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mock Up Adalah

Mock up adalah sebuah rancangan ataupun model desain produk yang dibuat sebagai acuan sebelum direalisasikan. Dengan kata lain, mock up adalah visualisasi untuk memudahkan desainer dalam mengeksekusi produk jadi. Umumnya, mock up akan ditampilkan ketika proses presentasi, sehingga orang lain bisa memperoleh gambaran produk. Berhubungan dengan hal tersebut, mock up merupakan kunci yang paling penting untuk menentukan apakah sebuah konsep desain bisa diterima atau tidak, terlebih bila berhadapan dengan atasan di pekerjaan atau klien. Adanya mock up ini juga bisa memudahkan desainer ataupun pihak terkait dalam menerima saran.

Mock up sendiri terdiri dari dua kategori, yakni low fidelity dan juga high fidelity. Kategori low fidelity mock up ini merupakan sebuah rancangan desain yang masih sangat sederhana. Sementara untuk yang high fidelity mock up merupakan rancangan yang sudah cukup kompleks dalam menampilkan produknya.

Desain Grafis Komplet Single Edition

Fungsi Mock Up

Mengacu pada pengertiannya, maka dapat dikatakan bahwa fungsi dari mock up itu sendiri adalah untuk mempermudah proses eksekusi dari rancangan produk. Sebuah desain yang sederhana mungkin sudah cukup membantu untuk menyampaikan ide rancangan, namun mock up merupakan sebuah gambaran nyata dari produk dan yang paling realistis untuk menyerupai produk akhir. Oleh sebab itu, mock up mempunyai peran yang cukup penting dalam proses perilisan produk baru. Berikut ini adalah beberapa fungsi mock up, antara lain:

1. Memberikan Gambaran Nyata Produk

Rancangan mock up ini merupakan representasi realistis dari sebuah produk. Oleh sebab itu, adanya mock up ini akan membantu para pihak terkait, seperti misalnya UI/UX designer untuk mengamati setiap elemen yang ada di dalam produk. Rancangan tersebut bisa menjadi acuan untuk memperoleh hasil yang sesuai dan tepat. Selain itu, rancangan mock up ini lebih mudah untuk disampaikan dibandingkan hanya sekadar tampilan desain biasa atau bahkan berupa tulisan.

2. Menghemat Biaya

Fungsi mock up adalah menghemat anggaran untuk perilisan suatu produk karena setiap kekurangan atau kesalahan yang mungkin saja terjadi bisa diatasi dalam proses presentasi mock up ini. Umumnya, desainer akan menyampaikan rancangan desain mock up mereka dan kemudian orang lain akan menyampaikan kritik, pendapat, dan saran mereka. Hal itulah yang dianggap bisa menghemat biaya dengan meminimalisir adanya revisi ketika proses pembuatan produk jadi. Sehingga, apabila ada beberapa hal yang harus diubah, maka tidak perlu adanya pembiayaan ulang untuk membuat produk serupa.

3. Efektivitas Waktu

Selain bisa menghemat biaya, fungsi dari mock up yaitu meningkatkan efektivitas waktu pengerjaan. Apabila kesalahan bisa diminimalisir ketika proses perancangan mock up, maka waktu yang diperlukan juga akan lebih cepat untuk memperbaiki kesalahan. Hal tersebut pastinya berbeda bila produk sudah siap pasar tapi masih ada kesalahan yang harus diperbaiki. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat mock up pastinya akan jauh lebih singkat bila dibandingkan dengan membuat ulang sebuah produk jadi. Oleh sebab itu, apabila ada perbaikan atau penambahan dari saran atau pendapat klien, maka prosesnya akan lebih cepat.

4. Media Untuk Presentasi

Selain beberapa fungsi yang sudah disebutkan di atas, mock up adalah media visualisasi yang dipakai desainer untuk menyampaikan rancangan desain mereka. Tanpa adanya mock up, penyampaian ide ataupun informasi akan jauh lebih sulit karena gambaran setiap orang pasti akan berbeda.

5. Memudahkan Proses Revisi

Selain bisa menghemat banyak waktu, mock up tentu akan memudahkan dalam melakukan perbaikan produk. Seperti yang kita pahami bahwa di dunia desain, revisi merupakan hal yang cukup umum dilakukan. Bahkan, revisi untuk sebuah produk bisa terjadi berulang kali. Misalnya saja, dalam pembuatan website, terdapat beberapa proses coding yang perlu dilakukan untuk menambahkan fitur, memperbaiki tampilan, dan lain sebagainya. Saat ingin memperbaiki website yang sudah melalui proses penulisan kode, maka dibutuhkan anggaran dan juga waktu yang lebih untuk melakukannya. Perbaikan mock up dari awal akan lebih mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan harus memperbaiki produk yang sudah dalam tahap final.

Smk/Mak Kls. Xii Desain Media Interaktif Multimedia Kur. 13

Mengapa Mock Up Itu Penting?

Berdasarkan fungsi dari mock up itu sendiri, ada beberapa alasan mengapa mock up itu penting untuk dibuat sebelum merealisasikan sebuah produk. Berikut adalah penjelasannya.

1. Menarik Perhatian Investor

Mock up adalah tahapan awal perancangan sebuah produk yang juga berguna untuk meyakinkan orang lain, termasuk juga mendatangkan investor. Mengapa demikian? Investor pastinya tidak akan menginvestasikan modal pada sesuatu yang tidak jelas dan tidak menjanjikan. Keberadaan mock up ini merupakan salah satu cara untuk memberikan gambaran desain kepada para investor dengan detail, menarik, dan terperinci. Dalam pengembangan sebuah produk, baik itu berupa aplikasi ataupun produk barang dana investor, pastinya penting untuk menunjang perkembangan bisnis.

2. Estimasi Waktu Pengerjaan

Rancangan mock up adalah salah satu acuan yang digunakan untuk memperkirakan waktu pengerjaan dan juga pengembangan dari sebuah produk. Walaupun hanya berupa desain dua dimensi, mock up akan memberikan gambaran detail setiap elemen pada produk. Hal itu tentunya akan memudahkan pihak pengembang untuk merencanakan rentang waktu dan juga bagian mana saja yang harus segera dikerjakan.

3. Memudahkan Proses Coding

Apabila kita membicarakan tentang rancangan mock up dari sebuah aplikasi atau website, rancangan tersebut tentu bertujuan untuk mempermudah para pengembang untuk mempersiapkan elemen apa saja yang diperlukan. Selain itu, mock up juga akan memudahkan proses coding karena alur kerja ataupun algoritma aplikasi juga sudah terpetakan dalam rancangan.

Anatomi Mock Up

Dalam sebuah desain, terdapat beberapa aspek yang perlu kita perhatikan. Setiap jenis desain mempunyai anatomi mockup masing-masing. Berikut ini adalah beberapa aspek yang ada di dalam anatomi mock up yang perlu dipahami, antara lain:

1. Layout

Layout pada mockup merupakan gambaran penempatan konten yang akan ditampilkan pada sebuah desain. Beberapa contoh layout yaitu F-shape, Z-shape, single column, split screen dan lain sebagainya.

2. Warna

Warna merupakan salah satu komponen yang ada di dalam mockup. Penggunaan warna dapat mempengaruhi perasaan pengguna terhadap produk. Hal tersebut akan memberikan pengaruh terhadap kenyamanan pengguna ketika memakai produk kamu. Oleh karena itu, penentuan warna memang sangat penting saat ingin mendesain sebuah produk.

3. Kontras

Sama pentingnya dengan warna, kontras juga sangat berpengaruh untuk kenyamanan pengguna. Hal tersebut karena jika kontras dalam tampilan website ataupun aplikasi kurang bagus, maka pengguna akan kesulitan untuk membaca teks yang ditampilkan. Oleh karena itu, kontras adalah komponen yang perlu diperhatikan oleh setiap desainer.

4. Tipografi

Tipografi atau tipe font adalah salah satu komponen anatomi mockup. Sebab, penggunaan jenis font, ukuran, dan juga spacing pada teks yang tepat akan membuat sebuah desain menjadi lebih menarik dan juga nyaman untuk dilihat.

5. Spacing

Sebuah desain tidak harus selalu penuh dan padat. Adanya ruang kosong yang ada di sebuah desain justru akan mempercantik tampilan. Bahkan, ruang kosong ataupun space merupakan elemen yang bagus. Space ini akan membuat pengguna lebih mudah untuk membaca konten yang ditampilkan.

6. Navigasi

Navigasi merupakan salah satu komponen anatomi mockup. Dengan adanya navigasi yang tepat, pengguna bisa dengan mudah menjelajahi situs atau aplikasi yang dikembangkan. Sama halnya dengan mendesain layout, perancangan navigasi di sebuah produk akan membuat semua komponen atau elemen yang ada di dalam desain bisa digunakan dengan baik oleh pengguna.

Desain Grafis Dengan Canva Untuk Pemula

Aplikasi Mockup

Pada dasarnya, rancangan mock up ini bisa dibuat secara manual. Akan tetapi, di era sekarang ini, ada banyak aplikasi mockup yang bisa kita gunakan. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi mockup yang perlu diketahui, antara lain:

1. Figma

Aplikasi Figma akan membantu kamu untuk melakukan wireframing. Selain gratis, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur dan juga kemudahan untuk para web designer untuk membuat desain mockup mereka. Tak hanya itu saja, tampilan dan juga fitur Figma juga cukup sederhana. Sehingga sangat cocok untuk digunakan para pemula.

2. Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi mockup paling populer karena kemudahannya dalam digunakan. Terdapat berbagai macam template yang tersedia untuk membantu kamu untuk membuat prototipe website ataupun sebuah produk. Beberapa aset yang tersedia di Canva bisa digunakan secara gratis dan berbayar.

3. Mockflow

Mockflow adalah salah satu aplikasi mockup yang memungkinkan kamu untuk membuat wireframes yang interaktif dan prototipe UI. Selain itu, Mockflow ini juga memungkinkan kamu untuk saling berkolaborasi dalam proses pengerjaan.

4. Proto.io

Proto.io adalah sebuah platform prototyping yang dirancang khusus untuk membuat mockup aplikasi mobile. Terdapat berbagai fitur yang tersedia untuk menunjang proses pembuatan mockup yang menarik dan juga kompleks, Proto.io ini juga bisa diakses di banyak jenis perangkat, seperti iPad, iPhone, dan juga Android.

5. Wirefy

Wirefy adalah salah satu software wireframing online yang dibuat khusus untuk proses pembuatan website dan pengembangan alat. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu bisa mempercepat proses desain karena software ini akan menciptakan transisi yang lebih halus antara sketsa awal dan hasil kerjanya.

Contoh Mockup

Setelah memahami apa itu mockup, manfaat, fungsi, dan juga contoh aplikasinya. Sekarang, untuk melengkapi pemahaman kita mengenai mock up, berikut adalah beberapa contoh mockup dari berbagai macam produk, antara lain:

1. Mockup Website atau Aplikasi

Dalam pembuatan website ataupun aplikasi, dibutuhkan rancangan mockup untuk melihat bagaimana konsep yang sedang kita susun. Hal tersebut berguna supaya setiap tim dan juga klien dapat memahami gambaran secara nyata mengenai produk, seperti apa tampilannya, warna, penggunaan tipografi, navigasi, dan elemen lainnya yang bisa menunjang kenyamanan pengguna.

2. Mockup Logo

Selain berguna untuk pembuatan website atau aplikasi, mockup juga bisa digunakan dalam pembuatan logo sebuah perusahaan atau bisnis tertentu. Biasanya, desainer akan diminta untuk membuat rancangan logo yang dibutuhkan perusahaan. Lalu, logo tersebut akan ditempatkan untuk beberapa benda, misalnya saja pada kop surat, kartu nama, bannner, atau barang-barang merchandise perusahaan seperti tas, kaos, dan lain sebagainya.

3. Mockup Kemasan

Contoh mockup lainnya yaitu pada produk berbentuk fisik, yaitu kemasan produk. Berbeda dengan produk digital, produk fisik mempunyai bentuk, ukuran, dan volume yang bisa dipegang. Oleh karena itu, barang-barang tersebut memerlukan mockup untuk bisa menampilkan kemasan produk. Sehingga dapat dibayangkan oleh klien.

Dari penjelasan di atas, bisa kita pahami bahwa mock up adalah visualisasi ataupun rancangan konsep desain yang akan diterapkan di sebuah produk. Dalam dunia UI/UX desain, mock up adalah rancangan konsep yang meliputi elemen tampilan visual, tipografi, warna, dan juga navigasi pada sebuah produk.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien