Kesehatan

8+ Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Written by Laeli Nur Azizah

Manfaat Oatmeal  – Bagi orang-orang Indonesia, nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat utama yang akan mereka pilih untuk mengisi ulang energi. Jika bukan nasi, sebagian besar orang Indonesia akan beralih ke sumber karbohidrat lain seperti roti atau kentang. Padahal, jenis sumber karbohidrat masih banyak dan tidak kalah baik untuk kesehatan, seperti oatmeal. Tapi sayangnya, karena rasa dan juga teksturnya masih asing di lidah orang Indonesia dan dianggap terlalu hambar, maka seringkali masyarakat menolak atau bahkan tidak suka makan oatmeal.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengganti sarapan, dari yang tadinya nasi putih diganti dengan oatmeal. Sebab, selain mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan, oatmeal juga mempunyai kandungan nutrisi yang sangat berlimpah dan dibutuhkan oleh tubuh. Dengan semangkuk oatmeal hangat sebagai menu sarapan, kamu akan siap menjalani semua aktivitas dengan lebih semangat dan penuh energi. Karena mengandung banyak nutrisi penting, jadi jangan heran jika oatmeal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi di Dalam Oatmeal

Oatmeal memang dikenal sebagai salah satu makanan yang sehat. Dimana oatmeal merupakan tepung kasar yang dibuat dari biji gandum kemudian digiling kasar. Di dalam oatmeal ini, setidaknya ada banyak jenis nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin kompleks, kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, dan juga kalium. Selain itu, mineral dan juga vitamin juga sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang diri, sekaligus menjaga tulang agar tetap sehat, jaringan tubuh, metabolisme, sistem daya tahan tubuh, dan juga berbagai macam proses metabolisme lain yang ada di dalam tubuh.

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam oat hampir sebagian besar berasal dari pati atau tepung halus. Kemudian untuk kandungan serat yang ada di oat juga merupakan sebuah serat yang biasanya disebut dengan beta-glucan. Jenis serta yang satu ini mempunyai peran untuk menurunkan kadar gula, kolesterol jahat, dan juga insulin di dalam darah. Tidak hanya kaya akan serat, mineral dan vitamin, oat juga mengandung banyak antioksidan yang diklaim bisa melindungi tubuh dari bahaya penyakit sistem kardiovaskular termasuk jantung.

Z1 Sd/Mi Kl.V Tema 3 Makanan Sehat K/13 Ed.Rev.2017

Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh

Mayoritas tren makanan sehat datang dan pergi karena mungkin tidak banyak diminati. Akan tetapi, tidak dengan oatmeal, makanan yang satu ini seakan sepanjang masa dan tidak akan lenyap karena perputaran tren. Makanan yang mengandung gandum utuh ini dikemas dengan kandungan nutrisi yang baik serta citarasa yang cocok untuk berbagai generasi. Apabila rutin mengonsumsi oatmeal saat sarapan, maka kamu akan mendapatkan beberapa manfaatnya yang baik untuk tubuh, antara lain:

1. Kaya Akan Gizi

Makanan yang satu ini memang kaya akan kandungan gizi yang seimbang. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, dijelaskan bahwa oat mengandung karbohidrat dan juga serat yang tinggi, termasuk serat beta glucan yang cenderung kuat. Selain itu, oat juga mengandung protein yang tinggi dan lemak dibandingkan dengan jenis biji-bijian lain. Gandum ini juga kaya akan mineral, vitamin, dan juga senyawa antioksidan. Kandungan yang ada di dalam oatmeal membuat makanan ini padat nutrisi dan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

2. Tinggi Antioksidan

Manfaat oatmeal untuk kesehatan berikutnya didapatkan dari kandungan antioksidan dan juga polifenol yang ada di dalam oatmeal. Zat antioksidan yang paling menonjol yaitu avenanthramides, yang mana hampir seluruhnya bisa ditemukan di dalam gandum. Menurut sebuah penelitian di jurnal Nutrition Reviews, avenanthramides bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Zat yang satu ini bisa membantu dalam pelebaran pembuluh darah dan juga menghasilkan peningkatan aliran darah. Tak hanya itu saja, avenanthramides juga mempunyai sifat anti-inflamasi dan juga anti-gatal. Oat juga memiliki kandungan asam ferulic dengan konsentrasi yang tinggi. Zat yang satu ini juga jenis lain dari antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

3. Kaya Akan Serat yang Mudah Larut

Oatmeal ini juga mengandung beta-glucan yang tinggi, yakni sejenis serat yang mudah larut. Ketika masuk ke dalam usus, beta-glukan ini sebagian akan larut dalam air dan membentuk larutan kental seperti gel. Berbagai macam manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari serat beta-glukan ini antara lain:

a. Bisa menurunkan kadar LDL dan juga kolesterol.
b. Bisa menurunkan gula darah dan juga respons insulin.
c. Meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Penurunan kadar kolesterol juga termasuk salah satu manfaat oatmeal untuk kesehatan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa oatmeal mengandung beta-glukan. Zat ini bisa meningkatkan ekskresi empedu yang kaya akan kolesterol. Sehingga akan membantu menurunkan kadar kolesterol yang bersirkulasi dalam darah. Selain itu, dipercaya juga bahwa kandungan antioksidan yang ada di dalam gandum ini akan bekerjasama dengan vitamin C untuk mencegah oksidasi dari kolesterol LDL. Jenis kolesterol jahat ini diklaim bisa bereaksi dengan radikal bebas. Apabila dibiarkan begitu saja, hal tersebut akan menyebabkan peradangan arteri. Sehingga akan meningkatkan risiko serangan jantung dan juga stroke.

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat oatmeal untuk kesehatan selanjutnya yaitu bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut tentu sangat baik untuk seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau yang menderita diabetes tipe 2. Oatmeal ini dipercaya bisa membantu terkait sensitivitas insulin. Efek tersebut terutama dihubungkan dengan kemampuan beta-glukan dalam membentuk gel tebal yang bisa menunda pengosongan lambung dan penyerapan glukosa ke dalam darah.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat oatmeal berikutnya adalah bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Hal tersebut disebabkan karena serta yang ada di dalam makanan ini bisa meningkatkan keteraturan usu dan membantu mencegah sembelit. Pemecahan dan juga fermentasi serat beta-glucan oat bisa meningkatkan keragaman mikrobiota usus. Dengan demikian, manfaat yang dapat diperoleh yaitu membantu masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan juga sindrom iritasi usus besar.

7. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan serat yang ada di dalam oatmeal sangat baik untuk menurunkan risiko kanker usus besar. Seseorang yang mengonsumsi makanan dengan serat yang tinggi, biasanya kesehatan pencernaannya akan lebih terjaga. Setiap tambahan 10 gram serat bisa menurunkan risiko kanker usu besar 10 persen.

8. Mengontrol Berat Badan

Ada pula manfaat oatmeal untuk diet. Dimana makanan sehat yang satu ini bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Disebutkan bahwa beta-glucan, yakni senyawa yang ditemukan di dalam oatmeal bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan. Cara kerjanya sendiri yaitu dengan meningkatkan hormon pelawan rasa lapar cholecystokinin. Ketika sedang menjalani diet, pastikan untuk mengonsumsi oatmeal secara rutin.

Sd/Mi Pr Buku Interaktif Kl.5 Tema 3 Makanan Sehat Rev.2022

Alasan Mengapa Oatmeal Baik Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal setiap hari.

1. Praktis dan Penuh Nutrisi

Oatmeal dapat menjadi menu sarapan yang mudah untuk dibuat dan mempunyai gizi seimbang. Hal itulah yang membuat manfaat oatmeal sangat baik untuk kesehatan. Di dalam secangkir oatmeal, ada sekitar 150 kalori, 4 gram serat, dan juga 6 gram protein. Apabila kamu ingin menambahkan protein dalam menu oatmeal, kamu bisa mencampurkan mentega almond pada oatmeal kamu. Dengan menambahkan protein lain di dalam oatmeal, maka rasa kenyang akan bertahan lama hingga siang hari. Hal tersebut pastinya sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan dan terhindar dari jajan sembarangan.

2. Bebas Gluten

Oat adalah makanan yang bebas gluten. Manfaat oatmeal yang satu ini akan menjadi kabar baik untuk orang-orang yang alergi dengan gluten. Mereka dapat memanfaatkan oatmeal sebagai sumber makanan pokok ataupun sekadar untuk camilan. Supaya manfaat oatmeal didapatkan secara optimal, alangkah lebih baik periksa dulu kemasan olahan oatmeal yang akan kamu beli. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa produk tersebut bebas gluten dan dibuat oleh perusahaan yang terpercaya dan berkualitas.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tak hanya kolesterol dan gula darah, tekanan darah juga bisa lebih stabil apabila kamu rutin mengonsumsi oatmeal. Manfaat oatmeal untuk menurunkan tekanan darah ini didapatkan dari salah satu kandungannya yakni antioksidan. Antioksidan ini bisa meningkatkan produksi nitric oxide yang diklaim sangat penting untuk mengatur pembuluh darah dalam tubuh.

4. Kulit Lebih Awet Muda

Oatmeal sendiri kaya akan vitamin, antioksidan, dan juga mineral. Oleh karena itu, manfaat oatmeal sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain bisa dikonsumsi langsung, oatmeal juga bisa dijadikan skincare dalam bentuk masker. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan manfaat oatmeal untuk kesehatan kulit dengan maksimal.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Oatmeal sangat kaya akan kandungan serat, yang mana proses pencernaannya memerlukan waktu yang cukup lama. Hal tersebut akan membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Sehingga akan mencegah keinginan untuk makan dalam porsi yang banyak ataupun sering. Dengan begitu, berat badan akan menjadi lebih terjaga dan kamu pun bebas dari masalah obesitas atau berat badan berlebih.

6. Mengurangi Risiko Asma

Asma adalah salah satu kondisi yang umum berkembang selama masa anak-anak. Makanan tertentu bisa menjadi faktor risiko untuk mengembangkan masalah asma tersebut. Sementara oatmeal merupakan salah satu makanan yang bisa mengurangi risiko asma. Jadi, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin, terlebih untuk kamu yang memiliki riwayat asma.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi dengan Oatmeal

Selain bisa dikonsumsi langsung secara langsung sebagai healthy food, oatmeal juga sering digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit. Misalnya saja dengan dibuat masker wajah atau pembersih kulit wajah. Walaupun oatmeal memiliki banyak manfaat dan sangat menyehatkan, namun banyak juga orang yang tidak menyukainya. Hal ini karena rasa oatmeal yang hambar dan kurang enak. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan buah-buahan segar sesuai selera. Misalnya, seperti apel, stroberi, blueberry, atau pisang ketika menyantapnya.

Sd/Mi Kl.5 Pr Tematik Makanan Sehat Tema 3 Smt.1 Kur.2013

Efek Samping Mengonsumsi Oatmeal Terlalu Banyak

Mengonsumsi oatmeal memang tidak pernah salah jika dimakan dalam jumlah yang pas sesuai takaran dan tetap mengimbangi dengan makanan lain. Hal ini karena oatmeal mengandung nutrisi gandum yang seimbang dan sumber karbohidrat dan serat yang baik, termasuk juga beta-glucan yang kuat. Selain itu, oatmeal juga mengandung antioksidan yang disebut dengan avenanthramides yang mana zat ini bisa menurunkan tekanan darah.

Walaupun begitu, ternyata oatmeal mempunyai fakta yang jarang sekali diketahui. Akan menjadi berbahaya efek sampingnya karena dapat meningkatkan berat badan sampai lonjakan gula darah jika oatmeal dikonsumsi dengan takaran dan cara yang salah. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang akan kamu rasakan jika terlalu banyak makan oatmeal.

1. Kehilangan Massa Otot

Mengutip dari Eat This, mengonsumsi oatmeal memang bisa membuat kenyang lebih lama, namun terlalu banyak mengonsumsinya dapat menimbulkan efek samping. Hal ini karena ketika kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama, dapat menurunkan massa otot karena beberapa nutrisi yang diperlukan tubuh menjadi tidak terpenuhi akibat tubuh kehilangan nafsu makan.

2. Bisa Sebabkan Kembung

Menurut ahli gizi Lisa Young, PhD, RDN, oatmeal mengandung serat, glukosa dan juga pati yang tinggi, yang akan dikonsumsi oleh bakteri dalam usus dan dapat menyebabkan gas atau kembung. Apabila kamu baru mengenal oatmeal, maka makanan tersebut bisa menyebabkan kembung, jadi alangkah lebih baik untuk dikonsumsi dalam jumlah kecil.

3. Beberapa Oatmeal Mengandung Gluten

Beberapa orang mungkin saja bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, tapi sebagian lainnya mungkin saja tidak bisa. Perlu diketahui bahwa tidak semua merk oatmeal mengandung gluten, tapi ternyata ada. Hal ini karena protein tersebut dapat menyebabkan risiko kesehatan bagi sebagian orang jika dimakan terlalu banyak. Menurut Journal Chemistry of Gluten Proteins 2007, gluten bisa menyebabkan masalah pencernaan pada orang-orang tertentu karena struktur asam amino yang unik bisa menghambat enzim pencernaan dalam usus.

4. Menyebabkan Peningkatan Berat Badan Jika Salah Konsumsi

Mengonsumsi oatmeal ternyata bisa meningkatkan berat badan, jika oatmeal dimakan dengan buah atau biji-bijian yang mengandung kalori dan juga protein yang tinggi. Maka hal tersebut bisa meningkatkan berat badan kamu. Misalnya saja kacang almond, walnuts, buah kering, dan juga madu. Dalam jurnal The Importance of Energy Balance 2013, bahan-bahan bergizi dan padat kalori ini bisa meningkatkan total asupan kalori harian dan membantu mencapai surplus kalori untuk kenaikan berat badan.

Pastinya, hal ini tidak akan menjadi masalah untuk kamu yang sedang ingin menaikkan berat badan. Namun sebaliknya, untuk kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan, sebaiknya konsumsi oatmeal dalam jumlah yang cukup.

5. Bisa Berbahaya Untuk Penderita Diabetes

Mengutip dari Healthline, untuk kamu yang memiliki risiko atau penyakit diabetes, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal secara berlebihan. Hal ini karena oatmeal bisa meningkatkan kadar gula darah, terlebih untuk oatmeal instan yang sudah mengandung gula tambahan, akan menjadi bahaya saat kamu mengonsumsi terlalu banyak dalam sekali makan. Untuk menghindari risiko tersebut, kamu dapat mengonsumsi oatmeal dengan menambahkan buah-buah favorit, seperti beri-berian, stroberi, pisang, anggur, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai manfaat oatmeal dan beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Perlu diingat bahwa segala sesuatu yang sehat atau baik untuk tubuh bisa saja berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai takaran. Jadi, pastikan untuk memahami dulu takaran konsumsi oatmeal yang pas untuk kamu sebelum mengonsumsinya ya.

BACA JUGA:

  1. 20 Manfaat Mengonsumsi Sayur Bayam
  2. 10 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan
  3. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Singkong
  4. 14 Manfaat Daun Ungu dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh
  5. 20 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien