in ,

18 Inspirasi Desain Rooftop Rumah Kecil yang Membuat Rumah Nyaman

Sumber: Pixabay

Rooftop rumah kecil – Jika sobat Grameds berada di daerah perkotaan, tentunya memiliki keterbatasan lahan ‘kan? Atau Sobat Grameds hanya punya rumah kecil? Eits, tak perlu khawatir dan panik begitu. Sebab keberadaan itu bisa dibuat yang mengesankan dan indah, sehingga rasa nyaman pun bisa diperoleh.

Salah satunya cara untuk membuat rumah tingkat nyaman adalah dengan membuat atap rooftop sebagai area bersantai. Dengan adanya rooftop, pemilik rumah bukan hanya bisa menjemur pakaian saja, tetapi bisa juga berkebun atau bersantai menikmati matahari pagi dan sore, sehingga pikiran pun menjadi lebih rileks.

Selain sebagai area untuk bersantai, rooftop juga sebagai atap pelindung rumah dan multifungsi. Namun, apabila dijadikan sebagai pelindung rumah harus memiliki rancangan yang tepat dengan memaksimalkan area rooftop walaupun itu di rumah kecil, bukan menjadi masalah.

Justru disitulah kreativitas bisa diciptakan dan akan menghasilkan kenyamanan. Jika Anda punya rumah kecil atau tinggal di perkotaan, maka buat saja rooftop tak usah berpikir Panjang. Untuk itu, Anda tak usah bingung dengan gambaran mau dibuat seperti apa.

Cukup dengan beberapa desain rooftop rumah kecil dalam artikel ini bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk membuat rooftop yang penuh dengan kenyamanan sekaligus mempercantik rumah. Nah penasarankan, pastinya? Yuk, simak tulisan ini sampai akhir ya!

Manfaat Rooftop

Rooftop itu sendiri bukan hanya dibuat begitu saja, tetapi ternyata dibuatnya rooftop memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Sebagai Tempat Berkebun

Manfaat pertama dari dibuatnya rooftop adalah dapat dijadikan sebagai tempat berkebun. Dengan menanam atau berkebun di bagian atap rumah, maka rumah akan terasa lebih sejuk. Biasanya rooftop akan diberi tanaman-tanaman hias, sehingga bukan hanya membuat udara rumah menjadi sejuk, tetapi membuat rumah akan terlihat lebih unik.

2. Sebagai Ruangan Tambahan

Rooftop bisa juga bermanfaat sebagai ruangan tambahan, sehingga tempat untuk bersantai semakin banyak. Apalagi ketika bersantai di rooftop, kamu akan bisa melihat langit dan awan atau melihat matahari terbit dan tenggelam. Dengan adanya rooftop, bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk bekerja selama kamu Work From Office (WFO).

3. Sebagai Tempat Untuk Bersantai Menikmati Angin

Manfaat berikutnya dari dibuatnya rooftop adalah dapat dijadikan sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati angin yang sejuk. Dengan bersantai di rooftop, maka pikiran akan menjadi lebih tenang. Bukan hanya pikiran menjadi tenang saja, tetapi rooftop bisa juga membuat hati menjadi lebih damai karena merasa seperti sedang dekat dengan alam.

4. Sebagai Tempat Berkumpul

Pada umumnya, rooftop itu memiliki lahan yang cukup luas, sehingga seringkali dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul. Dalam hal ini, bukan hanya sebagai tempat berkumpul keluarga, tetapi bisa juga dijadikan sebagai tempat berkumpul teman-teman. Dengan begitu, rumah akan semakin ramai dan di sisi lainnya tali pertemanan dan kekeluargaan pun menjadi lebih erat.

5. Sebagai Tempat Untuk Melakukan Aktivitas Tambahan

Jika kamu memiliki rooftop di rumah, maka bisa dijadikan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas tambahan. Dalam hal ini, aktivitas tambahan yang dimaksud bisa berupa olahraga. Melakukan olahraga di rooftop, pastinya akan terasa sangat beda, sehingga olahraga pun menjadi lebih semangat. Dengan begitu, tubuh pun akan menjadi lebih bugar dan sehat.

Desain Rooftop Rumah Kecil

1. Rooftop Monokrom Minimalis

Rooftop rumah kecil
Sumber: Today.line.me

Tahukah Grameds, untuk model rooftop rumah minimalis ini merupakan tampilan paling diminati banyak orang, lho! Pasalnya, desain ini mampu menghadirkan nuansa sederhana sekaligus modern, bahkan pada ruang kecil sekalipun. Umumnya, model minimalis menggunakan warna-warna monokrom pada furnitur maupun lantai, seperti abu-abu dan putih.

Agar lebih tampak segar dan menyejukkan, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hijau di sudut rooftop beserta kursi dan meja untuk bersantai. Setelah melakukan itu, dijamin, rasa penat setelah seharian bekerja dapat berkurang seketika.

2. Rooftop Mewah dengan Aksen Kayu

Rooftop rumah kecil
Sumber: Pinhome.id

Melansir Homedesignlover, desain rooftop rumah yang satu ini tampil sangat mewah. Hal ini dikarenakan sebagian dari materialnya berbahan dasar kayu, baik pada lantai, dinding, dan kursi. Dengan desain seperti ini, dijamin kamu bakal betah hingga berlama-lama untuk menghabiskan waktu di sini. Aksen kayu kini memang cukup populer dan telah banyak digunakan sebagai pelengkap desain rumah. Rooftop dengan aksen kayu dapat membuat rooftop Anda terlihat minimalis modern. Aksen kayu dapat membuat rooftop semakin memiliki vibes yang tinggi untuk bersantai.

Anda dapat memberikan aksen kayu pada bagian lantai atau dinding pembatas rooftop. Jangan lupa untuk meletakkan kursi atau sofa pada rooftop agar kegiatan bersantai semakin menyenangkan. Supaya rooftop rumah semakin terlihat keren, Grameds dapat membuat atap semi transparan sebesar setengah rooftop untuk melindungi Anda bersantai di rooftop saat hujan.

3. Rooftop dengan Tanaman Dan Lampu Gantung

Rooftop rumah kecil
Sumber: Archify.com

Bila Anda memang tidak memiliki seorang anak kecil, maka rooftop tersebut bisa disulap menjadi sebuah kebun mini. Ya, bukan hanya sekedar area bersantai. Rooftop nyatanya juga dapat dijadikan tempat multifungsi. Apalagi jika Anda hobi berkebun namun tidak mempunyai cukup lahan di luar. Well, desain rooftop rumah sederhana merupakan solusinya.

Inspirasi rooftop rumah seperti ini, memang sengaja dikelilingi tanaman untuk menjaga privasi kamu saat beraktivitas di sana. Alhasil, area tersebut makin sejuk dan indah. Selain itu, lampu gantung yang berderet akan sangat berfungsi baik untuk menambah penerangan.

4. Rooftop Garden

Rooftop rumah kecil
Sumber: Mustikaland.co.id

Rooftop Garden di area atas pun bisa menjadi pilihan menarik karena memberikan kesan yang menyejukkan. Tempat ini bisa berfungsi sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau teman sambil menyantap makanan. Desain teras rooftop rumah kecil ini bisa kamu pertimbangkan dengan baik.

5. Rooftop dengan Tanaman Hias

Rooftop rumah kecil
Sumber: Rumahkuunik.com

Kamu hobi tanaman hias? Yuk, simpan tanaman tersebut di teras atas rumahmu. Banyaknya tanaman hias di rooftop membuat suasana menjadi lebih segar. Selain itu, terdapat kursi kayu yang di desain mengelilingi, sehingga rooftop tampak lebih cantik.

6. Rooftop Air Mancur Pada Taman

Beberapa penghuni memang menyukai suara gemericik dari air mancur yang membuat suasana hunian lebih tenang. Desain taman yang terletak pada rooftop dengan air mancur bisa menambah ketenangan dalam bersantai lho! Bekerja maupun membaca buku dengan udara bebas dan tampilan hijau dari ragam taman, membuat kamu betah berlama-lama disini. Selain itu, buatlah tampilan tamanmu kian menarik dengan penataan tanaman yang tepat ya!

7. Rooftop Ala Café

Rooftop rumah kecil
Sumber: muliaarsite.com

Rooftop rumah kecil selanjutnya adalah rooftop minimalis ala cafe. Ya, meski anda memiliki keterbatasan lahan, rooftop tetap bisa disulap menjadi rooftop ala cafe yang cantik. Grameds bisa membuat lantai rooftop dengan material kayu agar menambah kesan modern.

Jangan lupa, untuk menambahkan lampu-lampu gantung yang panjang agar membuat rooftop terasa seperti kafe. Tambahkan kursi dan meja kayu atau sofa agar menghabiskan waktu di rooftop pada sore hari semakin terasa seperti menghabiskan waktu di rooftop kafe. Anda juga bisa menambahkan tanaman hias atau tanaman gantung, sehingga membuat suasana rooftop lebih hidup.

8. Rooftop untuk Melindungi Dari Hujan

Rooftop rumah kecil
Sumber: artikelrumah123.com

Desain seperti ini akan melindungi kamu dari panas dan hujan. Hal ini dikarenakan ada sebuah kanopi yang disesuaikan dengan furnitur. Kamu bisa berlama-lama di sana meskipun pada siang dan saat hujan.

Lahan teras atas rooftop kecil? Jangan khawatir, desain rooftop rumah sederhana ini bisa ditiru. Meskipun kecil, tetapi tetap bisa kamu buat senyaman mungkin.

9. Rooftop dengan Ruang Makan

Sumber: Rumah.com

Untuk memaksimalkan penggunaan lahan, Anda bisa coba desain teras rooftop rumah kecil satu ini. Yup, menjadikan rooftop sebagai tempat makan bersama keluarga sekaligus merupakan ide menarik yang patut Anda pertimbangkan.

Sambil menyantap makanan, Anda dan keluarga dapat berbincang menikmati akhir pekan bersama. Letakkan saja sebuah meja outdoor dengan hiasan lampu pada bagian atasnya, dijamin teras rooftop Anda terasa kian nyaman dan keren.

10. Rooftop dengan Bale Bambu

Rooftop rumah kecil
Sumber: Prospeku.com

Bila ingin menghadirkan desain rooftop rumah keren dan unik, cobalah gunakan bale bambu sebagai spot berkumpul yang teduh serta menyenangkan. Kombinasikan saja dengan sebuah kursi ayun agar tempat tersebut semakin nyaman digunakan untuk menghabiskan waktu kosong bersama keluarga.

11. Cozy Rooftop

Rooftop rumah kecil
Sumber: rumah.com

Inspirasi desain rooftop rumah selanjutnya adalah cozy rooftop. Pada desain rooftop yang satu ini, akan membuat Anda dan keluarga betah untuk menghabiskan waktu di rooftop. Terdapat beberapa komponen yang perlu dilakukan agar rooftop bisa terasa cozy. Pertama, Grameds bisa menggunakan sofa panjang dengan beberapa bantal sofa bulu yang tentunya akan membuat Anda nyaman saat duduk.

Jangan lupa untuk menyediakan meja agar barang-barang saat bersantai bisa diletakkan dengan mudah. Anda juga bisa menambahkan karpet pada bagian lantai dan beberapa bantal bulu agar rooftop semakin terasa cozy. Gunakan beberapa tanaman hias seperti kaktus untuk menghiasi setiap bagian sudut rooftop.

12. Rooftop Minim Perabotan

Model rooftop rumah minimalis sangat cocok bila hanya menggunakan sedikit peralatan. Pasalya, barang yang terlalu banyak terkadang membuat area menjadi lebih sempit atau terasa begitu penuh. Oleh karena itu, ada baiknya Anda hanya meletakkan perabotan penting saja, seperti karpet, lampu, dan beberapa hiasan lain untuk memperindah tampilan.

13. Rooftop dengan Kolam Renang

Rooftop rumah kecil
Sumber: Sweetrip.id

Jika Anda memiliki budget lebih, maka desain rooftop rumah mewah dengan sebuah kolam ikan mini juga bisa menjadi pilihan menarik. Supaya rooftop makin cantik dan menawan, tambahkan sejumlah tanaman hias di sekitarnya. Lalu, letakkan kursi goyang beserta meja kecil untuk digunakan sebagai tempat bersantai di kala sore hari.

14. Rooftop dengan Kursi Rotan

Selain kursi goyang atau kayu biasa, Anda dapat menciptakan kenyamanan serta kehangatan dengan menggunakan kursi rotan. Lalu, kombinasikan kursi tersebut bersama lantai parket kayu agar meningkatkan nuansa hangat di dalamnya. Dijamin, desain rooftop rumah kecil ini akan membuat Anda menghabiskan banyak waktu di rooftop.

15. Rooftop Bergaya Industrial

Rooftop rumah kecil
Sumber: pixabay

Desain rooftop rumah kecil ini adalah rooftop bergaya industrial. Desain rooftop sangat cocok bagi Grameds yang suka dengan desain rumah modern. Anda bisa meletakkan kanopi semi transparan yang menutupi sebagian area rooftop. Tambahkan beberapa sofa atau kursi dan meja yang dapat membuat kegiatan bersantai semakin nyaman.

Jangan lupa untuk meletakkan tanaman hias pada sudut-sudut rooftop agar suasana semakin asri dan alami. Anda bisa menambahkan pagar pembatas berbahan besi dengan warna gelap agar rooftop aman dan tetap tampak minimalis modern.

16. Rooftop Taman Bermain

Rooftop rumah kecil
Sumber: Medium.com

Ingin memiliki desain rooftop rumah keren? Cobalah ide berikut ini, menjadikan area rooftop sebagai taman bermain anak merupakan salah satu pilihan cocok untuk Anda yang mempunyai si buah hati.
Caranya, gunakan karpet rumput sintetis sebagai alas lantai, lalu padukan dengan sebuah tenda mini. Jangan lupa sediakan beberapa kursi serta tanaman cantik di sekitar agar spot bermain semakin nyaman.

17. Rooftop dengan Rumput Sintetis

Rooftop rumah kecil
Sumber: Brilio.net

Ide menarik lainnya sebagai desain taman di rooftop rumah kecil adalah dengan pemakaian rumput sintetis. Rumput berbahan plastik satu ini sangat menarik dan tentunya perawatannya pun lebih mudah.

Selain itu, menghadirkan desain taman kekinian, kamu hanya perlu menambahkan beberapa tanaman hidup yang simpel sebagai pelengkap. Disini aku bisa menikmati udara pagi hari dengan paparan sinar matahari sambil olahraga maupun rebahan.

18. Hammock di Area Rooftop

Desain rooftop rumah keren yang terakhir adalah menggantungkan hammock di sisi area. Hal ini ditujukan untuk bersantai-santai menghilangkan penat sembari membaca buku atau sekadar menikmati udara segar. Dijamin, Anda akan sangat betah berjam-jam di sana.

Rekomendasi Buku Desain Rumah Minimalis

Rumah Minimalis

Home Ideas Rumah Minimalis
Home Ideas Rumah Minimalis

Saat ini, hampir setiap orang menginginkan rumah dengan desain minimalis, sehingga tak jarang ketika ingin membeli rumah di perumahan umumnya modelnya minimalis. Namun, bagi kamu yang ingin mendesain ulang rumahnya dengan desain minimalis, maka bisa dapatkan inspirasinya melalui buku Rumah Minimalis. Di dalam buku ini, kamu akan menemukan berbagai macam desain rumah minimalis yang sudah mengalami transformasi dan pastinya lebih modern.

Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Inspirasi Desain Rumah Minimalis
Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Hampir semua orang akan merasa bahagia apabila memiliki rumah dengan desain yang modern. Saat ini, rumah dengan desain modern adalah rumah minimalis dan biasanya tidak ada pagarnya. Rumah minimalis ini memiliki banyak sekali desainnya, sehingga kamu akan bingung untuk menentukan desain rumah minimalis. Tenang saja, melalui buku Inspirasi Desain Rumah Minimalis, kamu akan mendapatkan inspirasi untuk menentukan desain rumah minimalis sekaligus rumah akan terlihat lebih kekinian.

Siapa Bilang Bikin Desain Rumah Minimalis 3D itu Sulit?

Siapa Bilang Bikin Desain Rumah Minimalis 3D Itu Sulit?
Siapa Bilang Bikin Desain Rumah Minimalis 3D Itu Sulit?

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa mendesain rumah, pastinya akan terasa sulit ketika mendesain rumah apalagi kalau harus didesain dengan 3D. Bagi para pemula, sebenarnya bisa belajar agar terbiasa mendesain rumah, salah media belajar itu adalah dengan buku mendesain rumah. Buku yang berjudul Siapa Bilang Bikin Desain Rumah Minimalis 3D itu Sulit? Sangat pas untuk dijadikan sebagai panduan bagi para pemula yang ingin belajar mendesain rumah minimalis 3D karena bahasa yang digunakan mudah dipahami, sehingga panduannya pun sangat mudah dipahami.

Rumah Modern Minimalis

Rumah Modern Minimalis
Rumah Modern Minimalis

Bicara soal rumah modern memang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya rumah minimalis. Bagi Grameds yang belum memiliki gambaran tentang desain rumah minimalis, maka bisa menemukannya dalam buku Rumah Modern Minimalis. Bagaimana Grameds, apakah tertarik untuk membeli buku ini? Caranya mudah tinggal klik tombol “Beli Sekarang”, buku tinggal di tunggu di tempat tujuan.

28 Ide Desain Rumah Minimalis Hemat Biaya & Energi

28 Ide Desain Rumah Minimalis Hemat Biaya & Energi
28 Ide Desain Rumah Minimalis Hemat Biaya & Energi

Saat ini, sudah banyak orang yang menyadari bahwa pentingnya menghemat energi agar bumi kita tidak cepat rusak, salah satu cara yang dilakukan adalah mendesain rumah minimalis yang hemat biaya dan energi. Untuk menemukan desain rumah seperti itu, kamu bisa menemukannya pada buku 28 Ide Desain Rumah Minimalis Hemat Biaya & Energi. Segera dapatkan buku ini dengan klik tombol “Beli Sekarang”.

Nah, itulah inspirasi-inspirasi mengenai desain rooftop, tentu saja desain di atas ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan sobat Grameds masing-masing, ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu dalam mencapai pembuatan rooftop yang diinginkan. Bersama Gramedia, kamu bisa mendapatkan informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mochamad Aris Yusuf

Baca juga:

Written by M. Hardi