in

Aneka Kerajinan Kayu Bernilai Tinggi untuk Dekorasi Rumahmu

unsplash.com

Kerajinan Kayu – Indonesia sebagai negara kreatif memiliki beragam kerajinan tangan sebagai satu di antara keunggulannya. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, baik bagi turis lokal maupun mancanegara.

Kerajinan tangan ini juga tak hanya digunakan sebagai hiasan, tapi juga sebagai souvenir untuk kerabat terdekat. Dengan banyaknya kerajinan tangan lokal yang sangat menarik, salah satu jenis kerajinan yang cukup populer dan diminati adalah kerajinan kayu.

Kayu menjadi sangat diminati karena kemudahan dalam mengubahnya menjadi berbagai benda. Seseorang yang bekerja di bidang ini sendiri kemudian dapat disebut juga sebagai pengrajin kayu hingga mampu menghasilkan berbagai macam kerajinan tangan dan karya yang indah.

Keunggulan Kerajinan Kayu

Kerajinan Kayu
bp-guide.id

Kerajinan kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan yang menarik di rumah sekaligus menciptakan suasana yang natural pada rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu banyak.

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari kerajinan kayu yang perlu dikembangkan.

[algolia_carousel]
  1. Kerajinan kayu umumnya memiliki daya tahan yang sangat tinggi. Berbeda dengan kaca atau kristal yang bisa pecah dan membahayakan jika terjatuh, kayu memiliki ketahanan yang baik terhadap benturan serta aman untuk diletakkan di setiap sudut rumah.
  2. Di balik harganya yang tergolong cukup mahal, kerajinan kayu sendiri memiliki kualitas pembuatan yang sangat baik. Pengrajin ini sendiri biasanya akan sangat teliti dalam membuat setiap produknya sehingga konsumen kemudian mendapatkan kerajinan tangan dengan hasil yang maksimal.
  3. Kerajinan kayu biasanya diproduksi secara manual serta memiliki berbagai nilai keunikan yang sangat tinggi. Tak akan ada produk kerajinan yang dibuat 100% sama dengan kerajinan yang akan kamu miliki serta menjadikannya sebagai salah satu benda yang sangat menarik untuk dimiliki.
  4. Dekorasi yang terbuat dari kerajinan kayu merupakan sebuah tren yang tengah naik daun. Kamu dapat menciptakan rumah dengan tampilan natural dan minimalis sehingga dengan mudah kemudian memanfaatkan beberapa hiasan atau benda yang terbuat dari kayu.
  5. Kayu sebagai salah satu bahan utama yang dapat didaur ulang sehingga dalam proses produksinya tak akan mencemari lingkungan. Kerajinan yang tidak dipakai juga dapat didaur ulang kembali menjadi sesuatu yang baru atau kamu dapat menguburkannya di dalam tanah sehingga saat kayu melapuk kemudian akan hancur secara alami.
  6. Proses pembuatan kerajinan kayu memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan membutuhkan skill khusus. Penggunaan materi kayu sebagai kerajinan ini bernilai estetik tinggi sehingga tak heran jika harganya menjadi sangat mahal.

Jenis-Jenis Kayu untuk Kerajinan Kayu

Tahukah kamu bahwa tidak semua jenis kayu dapat digunakan sebagai bahan utama kerajinan kayu? Kayu yang digunakan sebagai bahan kerajinan haruslah dari jenis kayu yang tahan lama, kuat serta tidak mudah lapuk jika terkena kelembaban yang tinggi.

Apalagi ada banyak pengrajin yang masih memilih kayu sebagai bahan pembuatan berbagai jenis kerajinan, karena lebih kuat jika dibanding dengan produk lainnya. Tergantung pada tingkat kesulitan serta jenis kayu yang digunakan untuk menentukan harga, mulai dari kayu dengan harga yang terjangkau hingga kayu dengan harga ratusan juta rupiah.

Jenis kayu yang digunakan untuk kerajinan kayu juga memiliki jenis yang beragam. Masing-masing kayu memiliki keunikan tersendiri, mulai dari serat, tekstur, berat, serta daya tahan. Berikut ini beberapa jenis kayu yang kerap digunakan untuk kerajinan kayu.

Kerajinan Kayu
Pexels.com

1. Kerajinan Kayu Snorkeling

Rosewood atau Kayu Sonokeling memiliki serat-serat yang sangat unik dan khas. Warnanya juga tampak lebih hitam yang kemudian menjadikan kayu ini mampu diolah menjadi karya tangan yang menarik untuk dilihat sebab serat yang indah dan tampak mewah.

Dengan warna gelap dan kualitasnya yang tinggi, jenis kayu ini kerap dipilih sebagai bahan furniture. Untuk Pengolahannya sendiri akan lebih baik jika menggunakan mesin, sebab akan cukup sulit dikerjakan jika dipahat dengan menggunakan tangan.

2. Kerajinan Kayu Akasia

Kayu Akasia jika diamati sekilas sesungguhnya memiliki serat dan warna menyerupai kayu jati. Perbedaan utamanya adalah pada tekstur dari kayu yang jauh lebih lembut serta mudah dibentuk menjadi berbagai kerajinan kayu.

3. Kerajinan Kayu Trembesi

Meski jarang terdengar, kayu trembesi cukup banyak digunakan sebagai bahan utama kerajinan dari kayu. Keunikan kayu ini berada pada perpaduan warna coklat gelap dengan warna keputihan pada bagian daging kayu sehingga kemudian akan menciptakan gradasi pada benda.

4. Kerajinan Kayu Jati

Jenis kayu lainnya adalah Kayu Teakwood atau kayu jati. Kayu ini biasanya lebih awet dan kuat dari kayu lainnya. Dengan corak warna coklat muda hingga kehijauan. Kerajinan kayu jati memiliki nilai dekoratif yang tinggi, sehingga tak heran jika harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan kayu lainnya.

Kayu jati juga memiliki serat yang harus dengan tekstur kasar sehingga lebih mudah dalam pengerjaannya. Banyak digunakan untuk kerajinan tangan hingga benda-benda dekorasi rumah, jenis kayu ini umumnya sangat diminati karena memiliki kekuatan yang baik serta tahan terhadap rayap sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama.

5. Kerajinan Kayu Mahoni

Kayu mahoni kerap digunakan untuk berbagai alat pembuatan olahraga, mebel, serta alat musik. Jenis kayu ini kemudian memiliki tingkat keawetan serta ketahanan yang sangat baik. Kayu Mahoni sebagai kayu dengan tekstur yang lembut dan mudah dibentuk.

Sayangnya, kayu mahoni tak tahan terhadap rayap. Kayu mahoni seringnya memiliki karakteristik warna merah muda yang pucat. Sehingga sebagian lainnya berwarna merah tua dan menandakan umurnya yang lebih dari 25 tahun. Meski memiliki ketahanan yang tidak sebaik kayu jati, pola yang dimilikinya menjadikan kayu ini terlihat sangat indah dan menarik.

6. Kerajinan Kayu Akasia

Kayu akasia jika dilihat secara sekilas sangat mirip bentuknya dengan kayu jati. Kayu ini juga memiliki warna coklat yang khas dengan serat-serat yang halus, sehingga mudah dalam pengerjaannya. Umumnya kayu akasia kemudian digunakan sebagai bahan kertas dan dengan kian lama semakin banyak juga yang menjadikannya sebagai aneka barang kerajinan.

Kayu ini juga biasanya lebih rapuh dan rentan terhadap jamur serta rayap. Lebih berat serta lebih keras jika dibanding dengan kayu jati. Meski demikian harga kayu akasia sesungguhnya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jati.

12 Produk Kerajinan Kayu untuk Dekorasi Rumah

Terdapat banyak sekali jenis kerajinan tangan dari kayu yang dapat kamu pilih dan miliki untuk di rumah. Kerajinan tangan ini sendiri tidak harus selalu yang berukuran besar, karena terdapat banyak sekali kerajinan tangan dengan ukuran kecil dan sederhana yang dapat kamu miliki.

Di bawah ini terdapat 12 contoh produk kerajinan kayu untuk dekorasi rumah yang dapat menjadi inspirasi bagimu dalam mendekorasi rumah.

Kerajinan Kayu
kanalwisata.com

1. Vas Bunga Kayu

Vas bunga kayu seringkali digunakan untuk menciptakan suasana rumah yang lebih segar, terutama jika dikombinasikan dengan bunga-bunga yang berwarna-warni dan lebih indah. Kamu juga dapat menggunakan vas bunga kayu ini untuk semakin mempertegas suasana yang lebih natural pada rumah.

2. Bingkai Foto Kayu

Terdapat banyak sekali jenis bingkai foto yang dapat kamu gunakan di rumah, salah satunya adalah bingkai foto kayu. Bingkai yang terbuat dari kayu sendiri umumnya memiliki kelebihan yakni lebih mudah jika dipadukan dengan berbagai warna cat tembok yang berbeda-beda.

3. Lampu Hias

Memilih lampu hias untuk ruangan di rumah sendiri tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika kamu salah memilih maka ruangan akan menjadi terlihat tidak menarik dan tampak tidak senada.

Lampu hias yang terbuat dari kayu sendiri dapat dikombinasikan dengan desain ruangan yang berbeda-beda dengan mudah, sehingga kamu tidak perlu pusing untuk menyesuaikannya dengan desain suatu ruangan.

4. Kalender Balok Kayu

Kalender hias yang terbuat dari balok kayu sangatlah menarik. Kalender dari balok kayu akan membuat tampilan suatu ruangan menjadi lebih futuristik. Kerajinan kayu unik ini juga akan membuat suasana ruangan menjadi lebih menarik.

5. Backdrop Tembok Kayu

Tembok yang polos tentunya akan membuat ruangan menjadi membosankan. Hias ruangan dengan menggunakan backdrop dari kayu. Backdrop di rumah juga dapat menjadi sebuah tempat yang menarik untuk kamu melakukan swafoto Bersama dengan teman atau keluarga.

6. Mainan Hias

Saat ini sudah banyak sekali mainan hias yang terbuat dari kayu. Kerajinan kayu unik lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai dekorasi rumah yang menarik selanjutnya adalah mainan hias dari kayu. Mainan hias ini kemudian dapat menjadi sebuah dekorasi yang indah, kamu dapat mencoba untuk memajangnya di meja atau lemari di hunian.

7. Gantungan Kunci

Banyak yang menyepelekan penggunaan gantungan kunci. Padahal jika kamu memilih gantungan kunci yang terbuat dari kayu maka kamu bisa lebih teliti dan meminimalisir kemungkinan kunci terselip atau hilang.

8. Rak Dinding atau Wall Organizer

Terdapat banyak sekali jenis-jenis rak dinding atau wall organizer yang dapat kamu gunakan di rumah. Rak dinding yang terbuat dari kayu sendiri kemudian akan membuat tampilan rumah menjadi berbeda dan akan membuat suasana rumah menjadi lebih hidup.

[algolia_carousel page=2]

9. Nampan Kayu

Salah satu tata caranya menyajikan minuman atau makanan ringan kepada tamu adalah dengan menggunakan nampan. Selain dapat menjadi barang dekoratif, nampan dari kayu kemudian akan memberikan kesan futuristik.

10. Alat Makan Kayu

Bosan dengan peralatan makan yang itu-itu saja? Coba ganti peralatan makan di rumah dengan menggunakan alat makan yang terbuat dari materi kayu. Alat makan dari kayu sendiri sangatlah eksotis serta akan membuat suasana di ruang makan menjadi lebih mewah.

11. Cermin

Kamu dapat mengakali ruangan yang sempit dengan menggunakan cermin. Penempatan cermin di hunian kemudian akan menciptakan efek ruangan terlihat lebih luas. Kamu juga dapat menggunakan cermin dengan frame yang terbuat dari kayu akan kian mempertegas tampilan dari cermin serta ruang menjadi lebih futuristik.

12. Asbak Rokok Kayu

Meskipun di rumah tidak ada yang merokok, kamu tetap dapat menyiapkan sebuah asbak rokok kayu di ruang tamu untuk kemudian menjadi barang dekoratif yang lebih bermanfaat. Asbak kayu dengan tampilan yang simpel bisa membuat ruang tamu lebih estetik dan tidak terlihat kosong.

13. Kerajinan Kayu Radio Jadul

Dengan era ini telah ada teknologi radio yang kemudian diaplikasikan di smartphone, namun jangan salah bahwa radio dari kayu yang kemudian ternyata cukup banyak peminatnya. Dengan pasarnya kerajinan radio dari kayu ini kemudian memiliki nilai seni yang tinggi dan mampu memberikan kesan antik.

Dari segi bentuknya yang terlihat kecil dan unik membuat kerajinan radio kayu tak hanya dijadikan sebagai alat penghibur saja, melainkan juga mampu mempercantik setiap sudut ruangan. Kisaran harga radio jadul ini mulai dari Rp500.000 hingga jutaan rupiah.

Demikian beberapa contoh kerajinan kayu unik yang dapat digunakan sebagai dekorasi rumah serta memiliki manfaat sehingga kamu dapat menggunakannya dengan mudah. Usahakan juga untuk selalu menjaga kerajinan yang kamu miliki di rumah supaya tetap memiliki warna yang cerah serta tidak rusak karena memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.

Rekomendasi Buku Terkait Kerajinan Kayu

1. Untung Berlipat Dari Kayu Jati

Kerajinan Kayu

Jati merupakan salah satu jenis kayu yang sangat diburu oleh para produsen, pedagang, dan konsumen produk berbahan dasar kayu. Bahkan, perburuannya sudah dilakukan sejak dahulu karena tergolong kayu yang kuat dengan tekstur menarik, sehingga bernilai jual tinggi. Jati di Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik sehingga permintaannya pun tidak hanya dari pasar lokal, tetapi juga pasar internasional.

Namun, lamanya waktu panen jati membuat hanya segelintir orang yang membudidayakannya. Dengan demikian, ketersediaan jati di alam semakin menipis dan di satu sisi harganya semakin meningkat dari hari ke hari. Jadi, jumlah pasokan jati yang ada belum mampu memenuhi permintaan konsumen.

Nah, kehadiran jati unggul bisa menjawab permasalahan tersebut. Jati unggul bisa dipanen dalam waktu lebih singkat. Dalam 10 tahun, sudah bisa dipanen jati berdiameter 30 cm dan 45 cm dalam 15 tahun. Beberapa jati unggul yang sudah ada antara lain jati emas, jati solomon, jati jati super gama, dan jati perhutani. Bahkan. jati bisa ditanam secara polikultur. Ingin hasilkan jutaan rupiah dari tanaman jati, miliki buku ini.

2. My Potential Business: Jabon Jagoan Kayu Produktif

Kerajinan Kayu

Dulu 100% industri kayu menggunakan kayu alam. Kini sebanyak 50% sudah memakai kayu hasil budidaya semacam jabon atau sengon. Banyak industri menargetkan 4-5 tahun ke depan sudah menggunakan 100% kayu budidaya.

Buku “My Potential Business Jabon Jagoan Kayu Produktif” ini khusus mengupas peluang kayu budidaya cepat tumbuh seperti jabon dan sengon. Buku ini juga dilengkapi cara mengatasi karat tumor yang menyerang sengon 2 tahun belakangan.

3. Struktur Kayu Analisis Dan Desain Dengan LRFD

Kerajinan Kayu

Di satu sisi, Indonesia merupakan negara dengan hutan tropis yang sangat luas dan memiliki potensi untuk mengembangkan pemanfaatan material kayu secara berkelanjutan di dalam bangunan dengan struktur kayu. Namun di sisi lain, perkembangan pemakaian kayu sebagai komponen utama struktur bangunan tidaklah sepesat material lain, seperti beton bertulang dan baja.

Tidak banyak gedung atau bangunan yang dibangun dengan struktur kayu. Buku ini disusun berdasarkan SNI 7973:2013 dengan harapan dapat menjadi pendorong bagi berkembangnya struktur kayu, tidak hanya untuk bangunan bertingkat rendah, tetapi juga untuk bangunan bertingkat menengah.

4. Kontruksi Kayu Untuk Rumah Dan Bangunan Sederhana : Etb

Kerajinan Kayu

Kayu adalah bahan bangunan yang dapat diperbaharui karena berasal dari pohon di hutan. Kayu banyak dimanfaatkan baik sebagai komponen struktural (misalnya balok lantai dinding, dan sebagainya) maupun non struktural (misalnya pelapis dinding dan kusen).

Buku ini membahas tentang penggunaan kayu dalam konstruksi rumah dan bangunan sederhana. Pembahasan dalam buku ini meliputi macam-macam konstruksi tangga dan kusen kayu. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang mendukung penjelasan sehingga lebih mudah dipahami.

Demikian ulasan mengenai aneka kerajinan kayu yang memiliki nilai tinggi untuk dikembangkan. Grameds bisa mendapatkan informasi #LebihDenganMembaca beragam buku terkait kerajinan kayu dan sejenisnya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik untuk Grameds.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda