in

Kreasi Kerajinan Dari Kerang yang Memiliki Nilai Ekonomi

Sumber: Mongabay

Kerajinan dari kerang – Grameds tentu sudah tidak asing lagi dengan kerajinan kerang bukan? Hewan satu ini bukan hanya hewannya saja yang enak untuk dimakan, tetapi kulitnya juga bisa dijadikan sebagai kerajinan. Bahkan kerajinan yang dihasilkan pun bisa menjadi usaha, sehingga memiliki nilai ekonomis.

Namun, bagi sebagian orang belum mengetahui cara membuat kerajinan kerang yang baik dan memiliki nilai ekonomis. Ingin tahu bagaimana langkah-langkah pembuatan kerajinan dari kerang? Serta kerang bisa disulap menjadi kerajinan apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Membersihkan Kerang

kerajinan dari kerang
Sumber: Pixabay

Grameds, yang perlu diingat adalah jangan mengambil kerang yang masih berisi binatang dari pantai. Hal ini karena kerang merupakan rumah bagi sejumlah binatang laut dan ada banyak cangkang kerang yang sudah kosong yang bisa Anda ambil. Letakkan kembali kerang yang masih berisi kelomang ke laut dan carilah cangkang yang kosong.

Metode alternatif lain untuk membersihkan kerang adalah meletakkannya di dekat tong sampah. Carilah tempat sampah yang ada larva lalat atau belatungnya, dan pastikan kerang Anda bisa dijangkau oleh mereka. Lalat mungkin akan bertelur di dalam kerang dan larvanya akan memakan sisa jaringan di dalamnya. Proses ini akan memakan waktu seminggu atau lebih.

Untuk membantu membersihkan kerang bisa dilakukan dengan beberapa cara, berikut langkah-langkah yang bisa ditiru:

1. Kumpulkan Cangkang Kerang

Langkah awal adalah mengumpulkan cangkang kerang dari tempat favorit Anda. Bisa dari pantai setempat atau pantai yang Anda kunjungi ketika liburan. Dengan berkembangnya zaman, Anda tidak perlu capek-capek lagi mencari cangkang kerang, karena saat ini cangkang kerang juga bisa dibeli di toko kerajinan dan di internet.

2. Dilarang Mengambil Kerang yang Masih Berpenghuni

Jangan mengambil kerang yang di dalamnya masih ada binatangnya. Kita harus belajar untuk menyayangi alam dan biarkan kerang yang berisi binatang hidup tetap di habitatnya.

Anda bisa mengetahui apakah kerang tersebut berisi binatang hidup dengan cara membalikkan kerang dan melihat apakah ada binatang seperti kelereng di dalamnya. Pastikan dan periksa peraturan setempat untuk memastikan jika Anda tidak mengambil kerang secara ilegal, seperti halnya dari cagar alam yang dilindungi. Ada beberapa spesies yang dilindungi karena terancam punah.

3. Ketahuilah Apakah Kerang Masih Hidup atau Sudah Mati

Tentukan apakah cangkang kerang tersebut “masih hidup” atau “sudah mati”. Dalam dunia kerang, cangkang kerang dianggap hidup jika masih ada jaringan otot binatang melekat di dalamnya. Beda dengan yang hidup, cangkang kerang yang mati tidak memiliki jaringan binatang di dalamnya.

Anda juga mengetahui apakah cangkang kerang tersebut hidup atau mati akan mempengaruhi pilihan metode pembersihan kerang. Misalnya, Anda harus membersihkan jaringan binatang terlebih dulu pada cangkang kerang yang masih hidup.

4. Rebus Cangkang

Selanjutnya, rebuslah cangkang kerang untuk menghilangkan jaringan binatang. Merebus atau memasak cangkang kerang hidup akan membuat jaringan binatang di dalamnya copot dan mudah dibersihkan.

Beberapa kerang tidak cukup kuat untuk direbus hingga mendidih, terutama kerang yang rapuh dan lembut. Jika Anda khawatir karena takut membuatnya pecah, rebuslah air hingga hampir mendidih saja, tetapi jangan sampai benar-benar mendidih. Berhati-hatilah ketika mengangkat kerang panas dari air mendidih. Gunakan selalu sarung tangan pelindung.

Anda memerlukan panci dan pinset atau semacam penjepit untuk membuang jaringan binatang. Untuk lebih mudahnya, berikut cara membersihkan cangkang kerang dengan merebusnya:

Masukkan cangkang kerang ke dalam panci besar dengan air bersuhu ruangan. Lebihkan air sekitar 5 cm di atas kerang.

Kemudian, Anda harus memasukkan kerang ke dalam air bersuhu ruangan sebelum memanaskannya, karena panas yang tiba-tiba bisa membuat kerang pecah.

Didihkan air. Biarkan sampai sekitar 5 menit. Jika Anda merebus lebih dari satu kerang, biarkan air mendidih lebih lama. Kerang yang lebih besar juga membutuhkan waktu didih yang lebih lama.

Keluarkan kerang dengan penjepit besar dan letakkan dengan hati-hati di atas permukaan yang lembut, misalnya handuk panas.

Buanglah jaringan binatang dari dalam kerang dengan hati-hati, menggunakan penjepit kecil atau alat lainnya.

https://www.gramedia.com/products/belajar-membuat-kerajinan-tangan-dari-kulit?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5. Kubur Cangkang Kerang yang Masih Hidup

Membersihkan kerang dengan cara ini memakan waktu terlama, tetapi banyak orang memilihnya agar kerang tidak rusak. Mendidihkan, membekukan, lalu mengeluarkan jaringan binatang dengan tangan justru bisa membuat kerang pecah.

Jika Anda memilih menguburnya, kuburlah kerang di tempat aman. Cara ini akan mencegah kerang rusak dan ini adalah cara alami untuk membersihkan jaringan binatang. Semut, binatang kecil, dan insek lainnya akan memakan sisa jaringan dan membuat kerang bersih.

Cara membersihkan kerang hidup dengan menguburnya:

  • Galilah lubang di dalam tanah. Pastikan lubangnya cukup besar untuk memuat semua kerang, dan berikan jarak di antara setiap kerang. Kedalaman lubang bisa dibuat sekitar 45 hingga 60 cm di bawah tanah untuk mencegah binatang yang tidak diinginkan menggalinya, atau orang menginjak permukaan tanah dan membuat kerang pecah.
  • Letakkan kerang secara merata dan beri jarak satu sama lain.
  • Tutuplah kerang dengan tanah.
  • Tunggu hingga beberapa bulan hingga serangga, larva, cacing, dan bakteri memakan semua jaringan di dalam kerang. Semakin lama dikubur, semakin bersih hasilnya.
  • Galilah kerang dan periksa apakah semua jaringan binatang sudah bersih.

6. Bekukan Kerang Hidup

Membekukannya akan mematikan sisa jaringan binatang yang masih ada dan mempermudah kerang untuk dibersihkan.

Cara membersihkan kerang dengan membekukannya:

  • Masukkan kerang ke kantong plastik Ziplock. Anda mungkin akan membutuhkan beberapa kantong jika kerangnya banyak.
  • Tambahkan air ke dalam kantong hingga seluruh kerang terendam.
  • Masukkan kantong ke dalam lemari pendingin.
  • Biarkan membeku hingga solid selama beberapa hari. Keluarkan dari lemari pendingin dan diamkan hingga mencair semuanya.
  • Ambil kerang dan cabut jaringan binatang dari dalam kerang.

7. Membersihkan Cangkang Kerang Mati

Rendam kerang di dalam air selama seminggu. Air akan melarutkan tanah pada kerang dan membuatnya berkilau serta bersih. Gantilah air setiap hari. Mengganti rendaman dengan air segar akan membuat kerang menjadi lebih bersih.

Anda juga bisa merebus kerang setelah direndam, untuk memastikan semua partikel atau jaringan kerang benar-benar bersih.

8. Gunakan Pemutih

Pemutih akan menghilangkan tanah, kotoran, dan jaringan binatang dari kerang. Namun, sejumlah kolektor kerang memperingatkan penggunaan pemutih, karena dapat merusak warna kerang dan membuatnya bau pemutih selamanya.

Beberapa jenis kerang (terutama kerang kewuk atau Cowrie) akan rusak ketika dibersihkan dengan pemutih atau metode lain. Jika Anda memiliki kerang yang sangat istimewa, identifikasilah spesiesnya dan cari tahu metode pembersihan yang aman untuk jenis kerang tersebut.

Anda juga bisa bereksperimen dengan kerang jenis lain yang tipenya sama. Gunakan selalu kacamata pelindung dan sarung tangan ketika Anda menggunakan pemutih.

Cara membersihkan kerang menggunakan pemutih:

  • Isilah panci dengan air dan pemutih, dengan perbandingan 1 : 1. Volume keduanya harus cukup penuh untuk merendam seluruh kerang.
  • Rendam kerang di dalam larutan. Anda akan melihat lapisan yang bersisik dan keras mengelupas dari kerang. Ini adalah periostrakum, atau lapisan organik, atau “kulit” kerang.
  • Setelah lapisan tersebut terkelupas, Anda bisa mengangkat kerang dari larutan. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan partikel lainnya dari kerang.
  • Bilas kerang sampai bersih dan biarkan kering.
  • Oleskan baby oil atau minyak mineral pada kerang untuk membuatnya kembali berkilau.

9. Gunakan Pasta Gigi untuk Membersihkan Kerang

Pasta gigi adalah alternatif yang lebih lembut untuk membersihkan kerang dibandingkan pemutih.

Cara membersihkan kerang menggunakan pasta gigi:

  • Oleskan selapis tipis pasta gigi pada satu sisi kerang dalam sekali waktu.
  • Diamkan kerang yang dilumuri pasta gigi selama minimal 5 jam agar pasta gigi meresap. Anda juga bisa membiarkannya semalaman untuk memastikan teknik ini berhasil maksimal.
  • Setelah pasta gigi melekat atau mengeras, tergantung ketebalan lapisan pasta gigi yang Anda oleskan, ambillah sikat gigi bekas dan segelas air hangat, lalu sikatlah seluruh kerang. Jangan lewatkan semua celah kecil dan ceruk yang sulit dijangkau.
  • Bersihkan seluruh pasta gigi dengan cara membilasnya di bawah air mengalir. Cara ini akan menghilangkan pasir atau sisa pasta gigi, membuang semua bagian yang kasar atau tajam, membuat permukaannya menjadi lembut dan nyaris sempurna.
  • Buang remis yang menempel pada kerang. Jika Anda melihat ada remis yang menempel pada kerang, gunakan pinset, sikat gigi lembut, atau sikat kawat untuk membuangnya.
  • Cara ini adalah yang paling efektif jika kerang sudah dibersihkan sebelumnya, entah dengan direndam di air atau di dalam pemutih.

10. Memoles Kerang

Oleskan minyak mineral pada setiap kerang untuk membuatnya berkilau. Biarkan kerang mengering selama setidaknya sehari penuh, kemudian oleskan kembali minyak pada kerang.

Minyak mineral akan membuat kerang kembali berkilau sekaligus mengawetkannya. Dengan cara yang sama, Anda juga bisa menggunakan WD-40. Jangan lupa kenakan sarung tangan ketika Anda menggunakan material ini.

11. Semprot Kerang

Anda bisa menggunakan vernis satin poliuretan atau melapisinya dengan cat kuku bening. Vernis jenis ini akan mempertahankan tampilan organik kerang sekaligus membuatnya jauh lebih berkilau.

Lapisilah satu sisi kerang dalam sekali waktu. Biarkan kerang mengering seutuhnya sebelum Anda menggarap sisi lain. Setiap sisi akan membutuhkan waktu sekitar sehari untuk mengering.

Pemutih kadang membuat warna kerang memudar. Jika Anda tidak ingin warna kerang menjadi pucat, awasilah terus rendaman kerang di dalam larutan pemutih, atau buatlah larutan yang lebih encer (Grameds bisa menambahkan lebih banyak pemutih nanti jika memang perlu).

https://www.gramedia.com/products/kerajinan-kertas-dekoratif?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kerajinan Dari Kerang

Setelah kita mengetahui cara membersihkan kerang, tentu kita perlu tahu kerang bisa kita jadikan kerajinan seperti apa saja. Berikut kerajinan dari kerang, antara lain:

1. Kotak Tisu

kerajinan dari kerang
Sumber: Blibli

Kotak tisu yang polos memang kelihatan gak menarik. Kalau Anda menginginkan hias kotak tisu, maka Anda bisa menggunakan kulit kerang ini. Ada beragam corak kerang warna-warni yang bisa dipilih dan hias sesuai selera Anda.

Anda cukup menyediakan kardus bekas bentuk kotak, kerang, gunting dan lem. Kerajinan yang satu ini cara pembuatannya paling sederhana. Anda bisa membuat pigura dari kertas kardus. Lumuri kardus dengan lem, lalu hias pinggirnya menggunakan kulit kerang. Kotak tisu kerang cantik ini siap dipakai buat pajang foto, unik dan keren bukan?

2. Pigura

kerajinan dari kerang
Sumber: Bukabukumu

Selain sebagai kotak tisu, kulit kerang juga bisa mempercantik foto Anda. Dengan bahan yang sedikit berbeda Anda perlu menyiapkan satu buah pigura, lem, dan kerang. Beri lem di setiap bagian pigura lalu tempelkan kerang satu per satu. Foto Anda siap dipajang dengan pigura kerang yang cantik.

3. Vas bunga

kerajinan dari kerang
Sumber: LezGetReal

Vas bunga yang divariasi dengan kulit kerang ini, tampilannya pasti akan menarik dan mempercantik meja tamu di rumah Anda. Ingin coba? Anda hanya perlu menyiapkan vas polos untuk ditempelkan kerang pada setiap sisi vas.

4. Bunga

kerajinan dari kerang
Sumber: Rumah BUMN

Tidak hanya vas bunga saja yang bisa dihias dengan kulit kerang, bahkan bunganya juga bisa dibuat dari kulit kerang. Anda bisa cari kerang hias di toko souvenir sesuai yang dibutuhkan, lalu rangkai membentuk bunga dengan dilem menggunakan lem alteco agar tahan lama.

Cukup mudah bukan? Anda bisa meletakkannya di sudut-sudut ruangan yang pastinya jadi pusat perhatian karena keindahannya.

5. Lampion

kerajinan dari kerang
Sumber: Detikcom

Tidak hanya disitu saja. Ide dari kerang sangat beragam, seperti halnya lampion kerang hias ini yang punya nilai jual tinggi. Tentu tidak diragukan lagi fungsinya buat rumahmu jadi indah. Lampu yang menyala di dalam rangkaian kulit kerang ini menjadi daya tariknya. Anda akan kasih nilai berapa untuk kerajinan kerang satu ini?

6. Hiasan Dinding

kerajinan dari kerang
Sumber: rumah-bumn.id

Jika Anda ingin menghias dinding polos dirumah, tentu bisa hias dengan kulit kerang yang beraneka corak dan ragam ini. Dijamin dinding tidak akan kosong lagi dan semakin indah.

7. Hewan-hewanan

Tidak hanya bunga saja yang bisa dibuat dari kulit kerang, aneka bentuk hewan-hewanan ini juga bisa lho! Contohnya kura-kura, kepiting, ikan, dan lainnya. Anda bisa buat sendiri atau beli di toko yang menjual kerajinan kerang hias. Rumah pasti semakin menarik dengan aneka benda kerang hias ini.

8. Cermin

kerajinan dari kerang
Sumber: bankin-on-green

Buat Anda yang ingin hias pinggiran cermin yang kosong, ide satu ini bisa dilakukan dengan menempelkan kulit kerang hias. Anda bisa membeli kulit kerang hias di toko souvenir lalu menempelkannya sesuai dengan yang Anda inginkan dan siapkan cermin. Pastikan, kerang yang dipilih cocok untuk dipadupadankan dengan cermin ya! Dijamin tampilan cermin akan semakin kece.

9. Tirai

kerajinan dari kerang
Sumber: indonetwork.co.id

Kalau kerajinan kerang yang satu ini cocok dijadikan hiasan di depan pintu kamar, yang pastinya tidak akan bikin bosan jika dipandang. Untuk membuat tirai kerang Anda memerlukan lebih banyak kerang. Butuh ekstra sabar dalam membuat kerajinan satu ini. Tapi, dijamin pintu kamar akan lebih keren dan menarik.

10. Kap Lampu Hias Gantung

kerajinan dari kerang
Sumber: lezgetreal.com

Apakah Anda bosan dengan lampu biasa yang ada di rumah? Jika iya, kerajinan yang satu ini bisa jadi solusinya, kap lampu gantung dari kerang ini memang menarik banget buat diletakkan di depan rumah.

https://www.gramedia.com/products/aneka-kreasi-kerajinan-bambu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

Jika kamu merupakan orang yang belum terbiasa membuat kerajinan kerang, sebaiknya jangan mudah putus asa. Alangkah baiknya, kamu juga selalu terus berusaha atau bisa juga belajar melalui video tutorial atau belajar dengan ahlinya. Demikian pembahasan tentang kerajinan dari kerang, semoga bermanfaat, Grameds.

Tertarik untuk mencoba kerajinan dari kerang maupun bahan lainnya? Jika iya, pastikan Grameds membaca buku untuk menambah informasi yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi