in

15 Kreasi dari Limbah Kain yang Tidak Terpakai

Kreasi kain sisa – Salah satu kebiasaan masyarakat yang tak banyak disadari memberikan dampak negatif kepada kelestarian lingkungan adalah kebiasaan dalam menggunakan dan pakaian. Pakaian sendiri memang tergolong dalam kebutuhan pokok manusia. Namun, kebanyakan masyarakat memandang pakaian sebagai suatu alat penunjang imej diri mereka.

Banyak di antara kita yang tergiur untuk membeli pakaian terbaru, yang sesuai dengan tren atau sedang populer, padahal kita tidak membutuhkannya. Kebiasaan membeli pakaian kemudian bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan, tetapi demi memenuhi keinginan. Namun, ternyata kebiasaan konsumsi pakaian ini memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan, lho.

Pakar manajemen limbah dan energi, Aretha Aprilia, mengatakan bahwa kebiasaan masyarakat yang konsumtif dalam membeli pakaian turut berkontribusi dalam menumpuk limbah pakaian. Pernyataan Aretha Aprilia ini sesuai juga dengan hasil temuan Changing Markets Foundation yang dirilis pada Juni 2021, yang menyatakan bahwa industri pakaian adalah sumber dari 20 persen lebih polusi air di dunia.

Laporan International Union for Conservation of Nature tahun 2017 juga menunjukkan hasil yang ironis, yakni tekstil akan menjadi sumber polusi mikroplastik laut paling besar di dunia. Begitu juga di Indonesia, Aretha Aprilia mengamati bahwa Indonesia termasuk salah satu negara produsen dan konsumen pakaian paling besar di dunia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 menunjukkan bahwa produksi industri pakaian mengalami pertumbuhan yang signifikan, yakni sebesar 15,29 persen. Hal ini tidak hanya merusak lingkungan di level produksi, tetapi industri pakaian juga pada akhirnya membebani kita, karena pakaian merupakan salah satu limbah yang sulit didaur ulang.

Menurut data Jakarta dalam angka tahun 2017, persentase komposisi sampah kategori kain di DKI Jakarta adalah 1,11 persen. Dari total 7.500 ton sampah per hari di Jakarta, berarti terdapat setidaknya 83,25 ton sampah kain setiap harinya. Jumlah ini terbilang banyak untuk kategori barang yang dapat disimpan jangka panjang.

Arifin Rudiyanto, Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), mengatakan bahwa menurut data dari SIPSN KLHK per tahun 2021, Indonesia menghasilkan 2,3 juta ton limbah tekstil atau sama dengan 12 persen dari limbah rumah tangga. Dan jumlah limbah tekstil masih terus bertambah setiap tahunnya.

Pandemi Covid-19 sudah menjadi titik balik dalam industri fashion nasional. Pada masa ini, mulai dikenal konsep circular fashion atau fashion sirkular, yang mendorong masyarakat untuk lebih sadar dalam memerhatikan fungsi dan mengutamakan kualitas produk fashion. Fashion sirkular dapat diartikan sebagai produk mode yang diproduksi, dirancang, bersumber, dan dilengkapi dengan tujuan untuk memperpanjang manfaat dari sebuah rantai produksi dan konsumsi, sehingga dapat memanfaatkan sumber daya secara lebih efisien.

Dengan kata lain, penerapan konsep fashion sirkular mampu mengurangi limbah dan polusi dari industri tekstil. Kesadaran akan dampak negatif dari fast fashion yang berpengaruh terhadap lingkungan hidup, membuat banyak pihak kini semakin tergerak untuk memperlambat pertumbuhan jumlah limbah tekstil melalui slow fashion. Hal ini dilakukan dengan mengutamakan proses pemilihan bahan dan proses produksi yang ramah lingkungan serta memakai material berkualitas tinggi.

Selain menerapkan konsep fashion sirkular dan berfokus pada penggunaan slow fashion, kita juga bisa memberikan gerakan nyata dalam mengurangi limbah tekstil, dengan cara mendaur ulang kain sisa atau yang biasa disebut sebagai kain perca. Kain perca merupakan sisa-sisa kain bekas menjahit atau kain yang sudah tak terpakai, yang berbentuk potongan-potongan kecil.

Limbah tekstil memang tampaknya sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi. Namun, sesungguhnya kain perca bisa disulap menjadi berbagai kreasi yang menarik dan bermanfaat. Memang dalam membuat kreasi dari kain perca, dibutuhkan kreativitas dan kemampuan membuat pola dan menjahit. Namun, kreasi dari kain perca tidak membutuhkan banyak bahan lain.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Anda hanya memerlukan alat tambahan seperti lem, alat jahit, alat tulis untuk membuat pola, serta tentunya kain perca. Setelah itu, Anda tinggal menyatukannya dengan teknik menempel dan atau menjahit supaya menjadi benda yang Anda inginkan. Bagi Anda yang mungkin masih belum mengetahui, apa saja barang-barang yang bisa dihasilkan dari kain perca, di bawah ini akan diuraikan 15 kreasi dari kain perca.

Rekomendasi Buku:

21 Kreasi Kain Perca Paling Simpel

30 Kreasi Unik Boneka Kain Perca Karakter Binatang

 

Keterampilan Kain Perca 

15 Kreasi dari Kain Perca

1. Berbagai Macam Tas

Mungkin sudah banyak dari Grameds juga yang pernah melihat, atau bahkan sudah memiliki tas yang terbuat dari kain perca. Tas yang terbuat dari kain perca memiliki tampilan yang lebih unik dibandingkan tas biasanya, serta memberikan kesan yang baik, kreatif, dan ramah lingkungan kepada penggunanya.

Jenis tas yang bisa dibuat dari kain perca juga beragam, mulai dari tote bag, tas selempang, backpack, hingga tas belanja. Anda hanya perlu memperkirakan ukuran dan membuat pola tasnya, kemudian mempelajari teknik menjahitnya.

2. Bed Cover 

Barang selanjutnya yang dapat dibuat dari bahan kain perca adalah bed cover. Semakin banyak Anda memiliki kain perca, maka semakin mudah juga bagi Anda untuk bisa menghasilkan bed cover. Dibandingkan membeli bed cover yang harganya mahal, Anda bisa membuatnya sendiri.

Dalam membuat bed cover dari kain perca, supaya hasilnya rapi, Anda harus memotong setiap kain perca dengan pola dan ukuran yang sama. Untuk kombinasi warna dan corak kain dapat disesuaikan dengan selera. Namun, pada umumnya kreasi yang terbuat dari kain perca tak begitu memerhatikan kesesuaian warna atau corak, karena keberagamannya lah yang menjadi unsur yang unik.

3. Boneka

Pixabay

Kerajinan dari kain perca yang satu ini cocok sekali dibuat sebagai hadiah untuk orang-orang tersayang seperti buah hati, kekasih, atau keluarga. Sama seperti kreasi dari kain perca yang lainnya, bentuk dan ukuran boneka bisa disesuaikan dengan keinginan.

Boneka yang dihasilkan dari kain perca akan memiliki nilai yang lebih tinggi, karena tampilannya yang pasti unik, dan nilai tambah dari usaha untuk membuatnya. Maka dari itu, kreasi yang satu ini juga bisa banget menjadi ide usaha. Boneka yang dibuat dari kain perca juga multifungsi, karena bisa juga dijadikan sebagai bantal ataupun guling.

4. Alas Penutup Papan Setrika

Kita semua pasti mengetahui bahwa salah satu barang yang sangat penting untuk menunjang kegiatan menyetrika pakaian adalah alas penutup papan setrika. Sebab, alas papan setrika akan melindungi papan setrika tersebut dan pakaian yang akan disetrika, juga membuat proses setrika menjadi lebih mudah.

Maka itu, jika Anda memiliki kain perca di rumah, kreasi yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda buat. Dalam membuat alas penutup papan setrika dari kain perca, Anda bisa menambahkan busa tipis di bagian dalamnya. Dengan membuat sendiri alas penutup papan setrika dari kain perca, Anda tidak perlu lagi merasa bingung untuk mencari alas penutup papan setrika yang ukurannya pas.

5. Sampul Buku

Kreasi selanjutnya yang bisa dibuat dari kain perca adalah sampul buku. Biasanya, buku agenda terlihat monoton dengan bagian sampul yang polos. Atau, bisa juga Anda merasa bosan dengan tampilan sampul buku tersebut. Nah, sampul buku dari kain perca ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuat tampilan buku agenda atau buku lainnya menjadi lebih menarik.

Selain membuat tampilan buku menjadi lebih menarik, tentunya sampul buku dari kain perca juga bisa melindungi buku milik Anda dari berbagai kotoran. Cara membuat sampul buku dari kain perca pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengukur panjang dan lebar buku, kemudian membuat polanya di kain yang akan Anda gunakan.

6. Alas Gelas

Salah satu hal yang menjadi masalah yang terkait dengan minuman adalah embun yang dihasilkan minuman panas atau dingin, ataupun noda bekas minuman. Oleh sebab itu, alas gelas menjadi salah satu barang yang dibutuhkan oleh sejumlah orang. Alas gelas bisa juga dibuat dari bahan kain perca, lho.

Untuk membuat alas gelas, tentunya Anda tidak membutuhkan banyak kain perca. Supaya alas gelas yang dibuat dari kain perca lebih menarik, Anda bisa membuat alas gelas dalam berbagai bentuk.

7. Taplak Meja

Pixabay

Kreasi selanjutnya yang bisa dibuat dari kain perca adalah taplak meja. Taplak meja dapat menjadi salah satu aksesoris yang membuat tampilan ruangan Anda tampak lebih menarik dan berbeda. Selain itu, taplak meja juga tentunya dapat melindungi meja milik Anda dari berbagai kotoran.

Model taplak meja yang terbuat dari kain perca dapat Anda tentukan sendiri dengan bebas. Begitu juga untuk pilihan warna dan coraknya. Anda juga bisa membuat lebih dari satu kreasi taplak meja, supaya bisa digonta-ganti jika Anda merasa bosan atau perlu dibersihkan.

8. Gorden

Kain perca juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat gorden. Gorden yang dibuat dari kain perca tentunya akan membuat ruangan Anda terlihat lebih menarik, karena desain dan coraknya yang pasti unik. Anda tidak perlu takut untuk mengombinasikan berbagai macam warna dan corak pada gorden. Sebab, keberagaman warna dan corak menjadi hal yang unik dari kreasi gorden dari kain perca.

9. Dompet

Salah satu barang yang sangat penting untuk dimiliki semua orang adalah dompet. Dompet menjadi barang yang bisa menampung berbagai macam barang penting yang perlu dibawa setiap bepergian. Baik itu uang kertas atau koin, kartu identitas, kartu untuk melakukan transaksi, dan berbagai surat-surat lainnya.

Anda bisa banget membuat kreasi dompet sendiri dari kain perca. Bentuk dan slot dompet yang Anda buat juga dapat disesuaikan dengan keinginan. Dengan membuat dompet sendiri dari bahan kain perca, maka Anda tidak perlu repot lagi untuk mencari dompet yang memiliki slot sesuai dengan kebutuhan Anda lagi deh!

10. Masker

Pixabay

Sejak masa pandemi Covid-19 melanda dunia, menggunakan masker telah menjadi suatu kewajiban bagi semua orang. Seiring dengan berjalannya waktu, masker pun menjadi bagian dari fashion yang menunjang keseluruhan penampilan.

Jika Anda memiliki sisa kain yang tidak terpakai di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat masker. Anda cukup mencari pola masker dan menggambarnya di kain, serta menjahitnya dengan ditambahkan bagian karet untuk telinga.

11. Aksesoris Rambut

Berbagai aksesoris rambut seperti kunciran, bando, dan jepitan juga bisa dibuat dari bahan kain perca. Bahkan, aksesoris-aksesoris rambut yang biasa Anda temukan di berbagai toko pernak-pernik juga bisa jadi berasal dari kain perca. Cara membuat aksesoris rambut dari kain perca juga sangat mudah, lho.

Misalnya saja untuk membuat bando, Anda hanya perlu menemukan bando plastik, kemudian melapisinya dengan kain perca. Selanjutnya, jika ingin membuat kunciran, Anda hanya perlu menyediakan karet, dan melapisinya dengan kain perca yang menutupi seluruh sisi karet tersebut. Mudah sekali, kan.

12. Gantungan Kunci

Gantungan kunci menjadi salah satu barang yang penting untuk dimiliki, karena kunci notabene merupakan benda berukuran kecil yang rentan hilang. Anda dapat membuat gantungan kunci sendiri dari sedikit bahan kain sisa yang bisa Anda temukan di rumah. Model gantungan kunci juga bisa dikreasikan secara bebas.

13. Karpet

Kreasi yang bisa dibuat dari bahan kain perca selanjutnya adalah karpet. Daripada mengeluarkan biaya untuk membeli karpet di pasaran, Anda bisa memanfaatkan kain yang sudah tidak terpakai lagi di rumah. Untuk membuat sebuah karpet juga tidak sulit, karena pola karpet sendiri tidak rumit.

Pada umumnya, karpet hanya berbentuk persegi panjang, persegi, bulat, atau oval. Anda juga tidak memerlukan kemampuan menjahit yang mumpuni untuk membuat sebuah karpet. Hanya dengan kemampuan menjahit secara mendasar saja, dijamin Anda bisa menghasilkan kreasi karpet dari kain perca.

14. Celemek

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak tentunya sangat membutuhkan benda yang satu ini. Celemek menjadi benda yang perlu digunakan ketika memasak, supaya baju yang digunakan terhindar cipratan minyak atau bumbu dapur yang sulit untuk dibersihkan.

Daripada membeli celemek, lebih baik Anda membuat sendiri saja dengan memanfaatkan kain yang tidak terpakai. Ukuran dan motif celemek juga dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh dan keinginan Andai. Dengan membuat kreasi celemek sendiri, maka Anda bisa menghasilkan celemek yang pas di tubuh Anda..

15. Dekorasi Pohon Natal

Hari Natal akan segera tiba. Salah satu hal yang menjadi ikon dalam perayaan natal adalah pohon natal. Pohon natal memiliki daya tarik tersendiri, karena selalu dihiasi oleh berbagai pernak-pernik menarik nan cantik. Bagi Anda yang sedang mencari berbagai pernak-pernik untuk pohon natal, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dari bahan kain perca.

Bentuk dekorasi pohon natal yang dikreasikan bisa bermacam-macam, seperti bintang, bola, bulan, kaus kaki, rusa, snowflake, dan lain sebagainya. Jika Anda menginginkan dekorasi yang lebih tebal seperti boneka, Anda bisa menambahkan kapas dakron di bagian dalam jahitan dekorasi tersebut.

Nah, itu dia Grameds berbagai kreasi yang bisa dibuat dari bahan kain perca. Ternyata, kain yang tidak terpakai dan menumpuk di lemari Anda bisa dikreasikan menjadi banyak barang yang bermanfaat, ya. Cara membuatnya pun terbilang sederhana dan tidak sulit. Apakah kalian tertarik untuk membuat kreasi dari bahan kain perca, Grameds?

Sekian artikel 15 Kreasi dari Limbah Kain yang Tidak Terpakai. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda. Bagi Grameds yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kreasi dari kain perca, Grameds bisa belajar dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan berbagai buku yang bisa menunjang kebutuhan dan minat Anda. Yuk dapatkan bukunya sekarang! Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://www.parapuan.co/read/532798252/jangan-disepelekan-ini-dampak-fast-fashion-dan-perilaku-konsumtif-pada-ancaman-limbah-pakaian
  • https://money.kompas.com/read/2022/02/24/083300926/kurangi-limbah-tekstil-bappenas-ajak-industri-terapkan-konsep-fashion-sirkular?page=all#:~:text=Deputi%20Kemaritiman%20dan%20Sumber%20Daya,data%20dari%20SIPSN%20KLHK%20per
  • https://www.lezgetreal.com/kerajinan-dari-kain-perca/#!


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.