in

Pengertian Resin, Jenis Resin & Contoh Penggunaan Resin

Pexels.com

Apa Itu Resin – Dalam dunia industri atau kontruksi, penggunaan resin memang begitu populer. Bahkan dalam pembuatan kerajinan tangan, resin juga kerap digunakan. Bahkan mungkin beberapa diantara kalian pernah melihat, namun tak tahu jika benda tersebut dibuat dengan resin.

Kegunaan dan juga banyak variasi juga bisa dibilang sebagai salah satu keunggulan dari resin ini. Menariknya artikel ini akan memberikan penjelasan lebih lanjut terkait dengan resin. Sehingga bagi kalian yang ingin menggunakan atau sekedar tahu informasi tentang resin.

Maka penjelasan yang ada pada artikel ini bisa begitu membantu. Mulai dari pengertian, manfaat ciri dan beberapa hal yang berhubungan dengan resin akan dibahas lebih rinci lagi pada artikel ini.

Apa itu resin?

Pinterest/Devony Anastasia

Banyak orang pernah melihat berbagai benda yang terbuat dari resin namun tak tahu jika itu adalah berasal dari resin. Bisa jadi karena keterbatasan informasi yang membuat beberapa orang tak bisa mengetahui suatu benda yang terbuat dari resin.

Resin sendiri merupakan sebuah material yang terbuat dari bahan alami dan juga senyawa kimia. Awalnya resin terbuat dari bahan alami yaitu getah berbagai pohon seperti kunjung atau conifer. Namun karena memiliki bahan baku dari bahan alami.

Tentunya kekhawatiran akan kelangkaan bahan baku membuat beberapa orang menjadi khawatir. Guna menjawab kekhawatiran tersebut. Ada beberapa perkembangan material resin yang dibuat dari campuran bahan kimia.

Adanya resin dari bahan kimia ini membuat beberapa produsen benda yang terbuat dari resin terbantu tanpa ada rasa cemas. Menariknya semakin berkembangannya jaman membuat resin juga turut berkembang.

Saat ini saja resin sudah dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan keperluan para pengguna. Untuk pembahasan jenis-jenis resin ini akan kita bahas lebih detail pada poin-poin selanjutnya.

Ciri-ciri Resin Berdasarkan Jenisnya

Seperti penjelasan sebelumnya jika resin sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Dimana setiap jenis resin ini tentunya memiliki ciri masing-masing. Namun kalian juga perlu tahu jika setiap jenis resin selalu memiliki kegunaan yang berbeda-beda.

Nah mungkin beberapa dari kalian ada yang belum tahu apa saja jenis-jenis dari resin ini. Tak perlu khawatir akan hal tersebut. Sebab pada poin ini akan dijelaskan lebih dalam dari jenis resin beserta ciri-cirinya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya akan hal tersebut.

1. Resin Epoxy

Apa itu Resin
turkishexporter.com.tr

Resin yang pertama adalah jenis epoxy. Dimana jenis resin ini juga kerap disebut dengan poli epoksida. Kandungan dari resin jenis ini adlaah seperti serat karbon, serat kaca, hingga aramid.

Dibandingkan dengan jenis resin lainnya, resin jenis epoxy memang lebih populer. Kebanyak para pengrajin juga menggunakan resin epoxy sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan. Namun dalam dunia industri, resin jenis ini digunakan untuk perekat bahan semen dengan mortar, rigid foam, pelapis lantai sampai pada pemadatan permukaan berpasir ketika proses pengeboran minyak.

Jika dilihat dari kualitas yang diberikan, maka resin epoxy memiliki kualitas terbaik dibandingkan resin jenis lainnya. Resin jenis ini tidak mudah pecah maupun tergores. Bahkan untuk tingkat kejernihan dari resin epoxy ini juga sangat baik. Sehingga membuat resin jenis ini selalu cocok dipadukan dengan berbagai bahan baku lainnya.

Namun perlu diketahui juga jika jenis resin epoxy ini bisa saja berubah warna menjadi kuning jika terlalu lama terpapar suhu yang cukup panas. Karena kualitasnya yang cukup baik membuat resin epoxy dijual dengan harga yang terbilang cukup tinggi.

2. Resin Vinyl Ester

Apa itu Resin
fiberglast.com

Berikutnya ada resin jenis vinyl ester. Proses pembentukan resin jenis ini Karena adanya proses reaksi atau bisa disebut juga dengan esterifikasi. Bahan yang direaksikan agar bisa membentuk resin vinyl ester adalah seperti epoxy dengan karboksilat tak jenuh.

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh resin jenis vinyl ester adalah tidak mudah retak jika terjadi sebuah benturan. Beberapa contoh penggunaan resin vinyl ester adalah seperti pembuatan suku cadang mobil, penguat pembangunan jembatan, fascia gedung bahkan hingga peralatan pada kemiliteran.

Dibandingkan resin jenis epoxy, jenis vinyl ester ini memiliki harga yang sedikit lebih rendah.

3. Resin Polyester

Apa itu Resin
en.wikipedia.org

Jenis resin yang ketiga adalah polyester. Meski terlihat bening, namun tingkat bening yang diberikan oleh resin jenis polyester ini masih kalah dengan jenis epoxy. Selain itu resin jenis polyester juga mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

Sehingga para pekerja yang menggunakan resin jenis ini sangat disarankan memakai sebuah masker. Lalu agar lebih cepat kering ketika digunakan, ternyata resin jenis polyester membutuhkan bantuan hardener.

Perlu diketahui jika penggunaan resin jenis polyester tidak boleh menggunakan suhu yang cukup tinggi. Sebab apabila menggunakan suhu tinggi dapat memungkinkan terjadinya kebakaran.

Beberapa contoh penggunaan resin jenis polyester adalah pada casting, lapisan lantai atau pada pelapis-pelapis lainnya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Perlu diingat juga jika resin jenis polyester ini tidak disarankan untuk pembuatan sebuah kerajinan. Hal ini karena jika resin polyester tidak mendapatkan finishing yang benar akan membuat efek lengket. Harga yang ditawarkan dari resin jenis polyester juga terbilang cukup terjangkau.

4. Resin upcast

Apa itu Resin
metalclay.co.uk

Pada beberapa tempat penjualan resin, jenis upcast terbilang cukup banyak diminati oleh para pembeli. Beberapa seri yang laris dipasaran adalah seperti 3126 dan 108. Meski begitu resin jenis upcast juga terlihat buram ketika proses finishing sudah selesai.

Selain itu resin jenis upcast juga memiliki kondisi kekuningan ketika terkena sinar matahari. Penggunaan resin jenis upcast ini kebanyak untuk pelapis sebuah kerajinan namun dalam ukuran yang cukup tipis.

Selain itu resin jenis upcast juga kerap dijadikan lapisan bangku taman maupun perahu. Namun dalam prosesnya diperlukan campuran pewarna.

5. Resin Akrilik

Apa itu Resin
indiamart.com

Bahan baku pembuatan resin jenis akrilik ini adalah non metalik. Dalam proses penggunaan resin jenis akrilik ini perlu dicampurkan dengan bahan material lain seperti bubuk kering, polimer, katalis dan lain sebagainya.

Perlu diketahui jika penggunaan resin jenis akrilik ini terbilang cukup rumit. Maka dari itu ketika ingin menggunakan resin jenis ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional.

6. Resin Fenolik

Apa itu Resin
ebay.co.uk

Resin jenis fenolik ini memiliki ketahanan terhadap panas dan juga benturan. Bahkan resin jenis fenolik juga tahan terhadap korosi kimia sekaligus kelembaban lingkungan. Jika dilihat dari proses penggunaanya, ternyata resin jenis fenolik juga tampak begitu mudah.

Resin jenis fenolik kerap digunakan sebagai komponen listrik, lapisan pada rem dan lain sebagainya.

7. Resin Polietilen

Apa itu Resin
indiamart.com

Berikutnya pada resin polietilen, dimana dalam satu tahunnya produksi resin jenis ini terbilang cukup tinggi sekali. Karakteristik yang dimiliki oleh resin jenis ini adalah seperti memiliki tingkat fleksibilitas yang begitu tinggi sekaligus ketahanan kimia yang cukup kuat.

Resin jenis polietilen kerap digunakan untuk pelapisan, isolasi kabel, mainan, cetakan dan lain sebagainya.

8. Resin Polistiren

Apa itu Resin
okchem.com

Resin polistiren terbentuk dari bahan baku monomer stirena. Memiliki kemudahan dalam proses produksi membuat resin jenis polistiren mendapatkan harga yang cukup terjangkau.

Kelebihan yang ditawarkan resin jenis polistiren adalah seperti ketahanan terhadap asam, basa dan juga garam yang terbilang cukup baik. Tak hanya itu saja, pasalnya resin jenis polistiren juga bisa memiliki tingkat fleksibel dan juga kejernihan yang cukup baik.

Beberapa benda yang dibuat dari resin jenis polistiren adalah seperti karet, dashboard, pipa, busa dan lain sebagainya.

9. Resin Poliamida

Apa itu Resin
indiamart.com

Terakhir ada resin poliamida yang juga bisa kalian temukan di pasaran. Resin jenis poliamida ini memiliki karakteristik seperti bobot yang begitu ringan, mudah dibentuk, tahan lama dan juga kuat.

Beberapa benda yang dapat dibuat dari resin jenis poliomida adalah seperti roda gigi, botol, kemasan dan lain sebagainya.

Kegunaan Resin

Adanya resin ini ternyata banyak sekali membantu lho. Pada penjelasan jenis-jenis resin juga sudah dijelaskan beberapa kegunaan resin. Setiap jenis resin selalu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan karakteristik resin ini juga berpengaruh terhadap kegunaan resin.

Sebab setiap jenis resin pasti selalu memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Ada jenis resin yang digunakan untuk kerajinan seperti resin jenis epoxy. Namun ada juga resin yang digunakan untuk lapisan lantai seperti resin jenis polyester.

Secara umum kegunaan dari resin adalah untuk perekat suatu material, lapisan makan agar terlihat lebih mengkilap, bahan baku dupa dan lain sebagainya. Nah tentunya ketika kalian ingin membeli resin. Sebaiknya ketahui dahulu penggunaan yang akan dilakukan.

Sebab seperti yang dijelaskan sebelumnya jika setiap jenis resin selalu memiliki penggunaan yang berbeda-beda.

Contoh Penggunaan Resin

Tak bisa dipungkiri jika resin sudah mulai banyak digunakan. Bahkan hasil jadi suatu benda dari bahan baku resin juga pernah kalian temui atau miliki. Beberapa benda yang dibuat dari resin memiliki karakteristik bening sehingga adanya beberapa material tambahan untuk mempercantik benda tersebut.

Makin penasaran yakan dengan beberapa benda yang terbuat dari bahan baku resin. Makanya baca penjelasan yang ada di bawah ini agar rasa penasaran kalian semakin terjawab. Berikut adalah beberapa contoh benda yang terbuat dari bahan dasar resin.

1. Kalung Dandelion

Pinterest/theapollobox.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika ada jenis resin yang memiliki karakteristik bening. Bahkan bentuk bening yang diberikan oleh resin ini hampir terlihat seperti sebuah Kristal. Pemanfaatan bentuk bening yang diberikan oleh resin ini adalah pada pembuatan sebuah kalung.

Dimana pada kalung tersebut terdapat sebuah gantungan. Gantungan tersebut di dalamnya ada bunga dandelion yang dibalut dari luar dengan lapisan resin. Namun untuk tali dari kalung dandelion ini sebaiknya juga dari bahan yang tak menimbulkan bekas maupun alergi.

Adanya kalung dandelion ini bisa memancarkan sisi cantik nan elegan seorang wanita.

2. Gelang

Pinterest/thisiscolossal.com

Pernah tahu gelang dengan bentuk bening seperti berlian. Bisa jadi bahan baku dari gelang tersebut adalah resin. Sebab saat ini sudah banyak sekali gelang tangan yang dibuat oleh bahan baku resin.

Salah satu alasan pembuatan gelang dengan bahan baku resin adalah sifatnya yang begitu mudah untuk dibentuk. Bahkan ketika dipadupadankan dengan beberapa material lain juga masih cocok.

3. Cincin

Apa itu Resin
Pinterest/sparklingselections.com

Tampaknya benda-benda perhiasan seperti cincin juga sudah mulai menggunakan bahan baku resin dalam proses pembuatannya. Banyak lho cincin terlihat tetap elegan meski berbahan dasar resin. Bahkan kerap juga bahan resin dicampur dengan beberapa material lain seperti gliter atau bunga.

4. Anting-anting

Apa itu Resin
Pinterest/Ilza Hristova

Benda berikutnya adalah anting-anting. Dimana saat ini sudah banyak anting-anting yang terbuat dari resin. Karena resin mudah dibentuk, maka pembuatan anting-anting juga akan semakin mudah.

Bahkan bisa juga lho diberikan sebuah warna untuk anting-anting tersebut. Namun perlu diketahui juga jika setiap anting-anting yang terbuat dari resin juga memiliki kelemahan yaitu warnanya yang mudah pudar.

Namun untuk berat yang diberikan oleh anting-anting berbahan dasar resin ini terbilang cukup ringan. Bahkan ketika digunakan juga bisa menyita perhatian karena karakteristik yang begitu berbeda.

5. Gelas

Apa itu Resin
Pinterest/flickr.com

Gelas dari bahan resin juga sudah semakin mudah didapatkan lho. Saat ini sudah banyak produsen gelas dengan bahan resin. Bahkan kerap juga dipadukan dengan beberapa warna ornamen yang begitu cantik.

Dibandingkan dengan gelas bening polos, gelas resin berornamen lebih banyak diminati para pengguna. Bagaimana kalian juga berminat menggunakan gelas resin ornament warna cantik ?

6. Furniture Hias Resin

Apa itu Resin
Pinterest/Deniz Kocaman

Seperti penjelasan sebelumnya jika resin bisa digunakan untuk lapisan furniture seperti bangku taman. Namun seiring berjalannya waktu, resin juga bisa jadi campuran sebuah furniture seperti meja kayu.

Dimana kegunaan resin pada meja kayu ini selain sebagai pelapis juga menjadi pengisi rongga kosong dari kayu. Alhasil meja kayu ini akan memiliki bentuk yang cukup artistik.

Rekomendasi Buku

Beberapa informasi di atas memang sudah sangat membantu kalian. Namun akan lebih baik jika dibantu dengan beberapa informasi tambahan pada beberapa rekomendasi buku yang ada di bawah ini. Setiap buku yang akan dijelaskan di bawah ini bisa kalian dapatkan dengan mudah pada toko buku Gramedia terdekat atau melalui website resmi Gramedia.com.

1. Kupas Tuntas Fiberglass

Buku yang pertama berjudul “Kupas Tuntas Fiberglass”. Buku ini dibuat oleh Jean Anastasia dan diterbitkan pada tahun 2013 lalu melalui penerbit Gramedia Pustaka Utama. Buku ini bisa membantu kalian mengetahui seputar fiberglass.

Dimana fiberglass ini terbuat dari campuran bahan kimia seperti resin, katalis, silicon rubber dan talk. Jumlah total halaman dari buku ini adalah 104 lembar. Tentunya semua penjelasan yang diberikan buku ini sangat penting dan bisa membantu kalian dalam mendalami peran resin pada beberapa sisi.

Harga dari buku “Kupas Tuntas Fiberglass” terbilang cukup terjangkau yaitu Rp. 45.100. Dapatkan buku “Kupas Tuntas Fiberglass” hanya di toko buku Gramedia terdekat atau melalui website resmi Gramedia.com.

Perlu diketahui juga jika buku “Kupas Tuntas Fiberglass” juga memiliki versi ebook.

3. Seri Rumah Ide – Kaca & Fiberglass

Berikutnya ada buku dengan judul “Seri Rumah Ide – Kaca & Fiberglass” yang diciptakan oleh Seri Rumah Ide – Kaca & Fiberglass. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2013 lalu.

Banyak sekali ulasan tentang kaca dan fiberglass untuk kebutuhan rumah. Dimana kaca lebih sering digunakan untuk material pelengkap rumah seperti jendela. Namun bagaimana dengan fiberglass yang dianggap memiliki beragam kelebihan tersendiri.

Nah jika kalian penasaran, bisa banget nih baca buku “Seri Rumah Ide – Kaca & Fiberglass” yang bisa didapatkan pada toko buku Gramedia terdekat atau melalui website Gramedia.com.

Harga yang ditawarkan oleh buku “Seri Rumah Ide – Kaca & Fiberglass” terbilang cukup terjangkau mulai dari Rp. 36.300. Namun perlu diketahui jika harga tersebut berlaku pada seri ebooknya.

BACA JUGA:

  1. 8 Ide Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas beserta Cara Membuatnya 
  2. Contoh-Contoh Kerajinan Bahan Lunak Alami dan Buatan 
  3. 26 Jenis Bahan Serat Alam Terlengkap Beserta Contohnya 
  4. Seni Rupa Terapan: Pengertian, Fungsi, Jenis, Unsur, dan Contohnya 
  5. Pengertian Kerajinan: Manfaat, Tujuan, dan Jenis-Jenis Kerajinan 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda