in

Kerajinan dari Tanah Liat: Karakteristik, Jenis, dan Ide Dekorasinya

unsplash.com

Kerajinan dari Tanah Liat – Di Indonesia tanah liat tidak menjadi bagian dari benda langka yang sulit ditemukan. Terlebih lagi di beberapa daerah yang memang menjadikan tanah liat sebagai sumber penghasilan dan komoditas.

Berbagai macam produk kerajinan kemudian juga dapat diciptakan dengan menggunakan bahan-bahan dengan dasar tanah liat. Hasil kerajinan dari tanah liat pun tidak hanya dapat dijadikan sebagai hiasan rumah, namun juga dapat dijadikan sebagai barang tradisional dan barang antik seperti gelas, piring, gerabah, dan masih banyak lagi, yang masing-masing memiliki nilai jual tersendiri.

Manfaat Tanah Liat Sebagai Bahan Baku Kerajinan

Kerajinan dari tanah liat merupakan suatu barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan seseorang. Dan pada dasarnya tanah liat biasa juga digunakan sebagai jenis bahan baku yang berasal dari tanah tertentu serta memiliki sifat yang lengket dan mudah dibentuk untuk dijadikan suatu barang kerajinan.

Warna tanah liat juga terbagi menjadi beberapa, yaitu tanah liat berwarna merah, putih, coklat, dan masih banyak lagi. dari beragam jenis tanah liat pun terdapat manfaat yang masing-masing berbeda. Biasanya tanah liat juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk bahan kecantikan alami juga sebagai bahan untuk pembuatan genting dan lainnya.

Kerajinan dari Tanah Liat
Pexels.com

Berikut ini merupakan beberapa manfaat tanah liat yang perlu kita ketahui untuk dijadikan produk-produk bernilai tinggi.

[algolia_carousel]

1. Berperan dalam Hal Kesehatan

Tanah liat bermanfaat untuk Kesehatan, sebab dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada perut. Sebab pada dasarnya tanah liat mengandung zat sponge yang dapat menyerap racun pada tubuh.

Selain itu tanah liat juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi berbagai rasa sakit pada luka-luka ringan. Karena selain mengandung zat sponge, tanah liat ternyata juga mengandung zat besi dan zat zink.

2. Bermanfaat Sebagai Bahan Bangunan

Manfaat kedua dari tanah liat selain bermanfaat untuk kesehatan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan bangunan seperti pada materi pembuatan batu bata, genting, keramik, dan masih banyak lagi. Proses pembuatan batu bata sendiri kerap melibatkan air, abu merang hingga akhirnya cetakan harus melalui proses pembakaran, penggilingan, dan pengeringan.

Untuk beberapa kepentingan, produk batu bata kerap membentuk ruang pada halaman rumah. Halaman rumah juga kerap menjadi unsur yang penting dalam kediaman. Karena ruang terbuka juga akan membuat penghuninya nyaman untuk berlama-lama tinggal.

3. Bermanfaat dalam Hal Kecantikan

Manfaat lainnya dari bahan tanah liat juga dapat dirasakan dalam bidang kecantikan. Berdasarkan fakta, terdapat beberapa tempat yang memanfaatkan tanah liat sebagai bahan alami untuk kecantikan wajah. Tanah liat dipercaya mampu dimanfaatkan untuk memuluskan dan mengencangkan kulit.

Memanfaatkan Karakteristik Tanah Liat untuk Pembuatan Kerajinan

Seperti yang kita ketahui tanah liat memiliki sifat dasar yang lunak sehingga mudah dalam hal pembentukannya. Dengan sifat dan bentuknya yang lengket ketika basah serta mengeras ketika kering. Namun, lebih dari itu tanah liat juga memiliki berbagai karakteristik lain yang bisa mendukungnya dalam proses pembuatan kerajinan tanah liat.

1. Bersifat Lengket

Salah satu ciri-ciri utama dari tanah liat adalah sifatnya yang lengket. Tanah liat sendiri umumnya memiliki tekstur yang lebih lengket ketika basah sehingga lebih mudah dalam mengubah bentuknya. Namun, tanah liat juga dapat menjadi gumpalan keras ketika sudah menjadi kering. Hal ini dikarenakan kandungan jenis mineral pada lempung yang banyak terdapat dalam tanah liat.

2. Sulit Menyerap Air

Tanah liat juga memiliki sifat sulit menyerap air sehingga lebih banyak diperuntukkan sebagai bahan bangunan. Karenanya tanah liat biasanya tidak disarankan digunakan untuk lapisan tanah media tanaman.

3. Berwarna Abu-abu

Umumnya tanah liat tidak memiliki warna yang terlalu terang atau terlalu gelap. Warna tanah liat yang cenderung hanya berwarna hitam dan keabu-abuan. Namun beberapa jenis tanah liat juga memiliki warna dasar kuning kemerahan yang lebih banyak digunakan oleh para pengrajin tanah liat.

4. Dapat Berubah Menjadi Butiran Halus

Karena sifatnya yang keras dan menggumpal ketika kering, butiran-butiran kecil dari tanah liat kemudian dapat terpecah jika tidak menyatu dengan bentuk awalnya. Butiran ini sendiri biasanya seperti pada pasir dan kerikil yang umum ditemukan pada area sekitar tanah liat ketika kering, dan pada dasarnya, tanah liat terdiri dari dua jenis yaitu tanah liat primer bersifat murni dan tanah liat sekunder dengan sifatnya yang plastis.

Jenis-Jenis Tanah Liat untuk Bahan Baku Kerajinan dari Tanah Liat

Ada berbagai jenis tanah liat yang tersedia di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk kerajinan tanah liat dan produk lainnya.

1. Tanah Liat Earthenware

Jenis tanah liat earthenware, pada jenis tanah liat ini yang umumnya paling banyak digunakan oleh para pengrajin. Kelebihannya ada pada tersedianya berbagai warna, seperti putih, abu-abu, coklat, orange, dan merah. Karena adanya kandungan berupa zat besi dan mineral dalam jumlah yang tinggi, maka jenis tanah liat ini umumnya memiliki kualitas yang tergolong baik.

2. Tanah Liat Kaolin Clays

Tanah liat jenis Kaolin Clays umumnya banyak digunakan untuk membuat porselen karena mengandung mineral murni. Sementara warna dari jenis tanah liat ini adalah terang dan tidak terlalu lentur. Dengan demikian, tanah liat jenis ini juga cukup sulit untuk dibentuk. Untuk menghasilkan porselen terbaik, disarankan juga agar mencampur Ball Clay dan Kaolin Clays.

Kerajinan dari Tanah Liat
pinhome.id

3. Tanah Liat Ball Clays

Tanah liat jenis ini memiliki warna abu-abu gelap dengan kandungan mineral yang sedikit. Teksturnya juga bisa menjadi sangat lentur. Biasanya jenis tanah liat ini kerap digunakan sebagai campuran kaolin dalam proses pembuatan porselen.

4. Tanah Liat Fire Clays

Walaupun tanah liat dengan jenis fire clays tidak banyak mengandung bijih mineral, namun tanah liat yang dibakar masih memiliki kandungan partikel biji besi di dalamnya. Sama seperti dua jenis tanah liat sebelumnya, fire clays kerap digunakan dalam pembuatan tembikar, namun juga dapat digunakan sebagai alat pelindung pintu.

5. Tanah Liat Stoneware Clays

Tanah liat jenis stoneware merupakan jenis tanah liat yang memiliki sifat elastis dan mencapai level kekerasan maksimum pada suhu antara 1.204-1.280 derajat celcius. Dengan warna abu-abu terang, tanah liat stoneware ini kemudian dapat berubah menjadi warna abu-abu netral ketika tekstur tanah liat menjadi sedikit lebih lembab. Di sisi lainnya, tanah liat stoneware ini bersifat kasar dan mengandung banyak partikel butiran pasir.

7 Ide Kerajinan dari Tanah Liat untuk Dekorasi Rumah

Pada dasarnya, tanah liat adalah tanah yang terbentuk melalui suatu proses pelapukan kerak bumi kemudian disusun oleh batuan feldspatik. Batuan feldspatik sendiri terdiri dari batuan granit serta batuan beku. Bagian batuan ini juga terbentuk dari berbagai unsur seperti diantaranya oksigen, silikon, serta aluminium.

Selanjutnya, aktivitas panas bumi kemudian membuat kerak bumi ini menjadi lebih lapuk yang dilakukan juga oleh asam karbonat sehingga pada akhirnya menjadikan batuan ini berbentuk seperti tanah liat. Tanah liat sendiri umum digunakan dalam berbagai kegiatan pembangunan seperti kerajinan gerabah, batu bata dan sebagai wadah piring, guci, kendi, kuali dan sebagainya.

Dekorasi rumah sebagai suatu sentuhan akhir yang dapat kamu gunakan untuk menyempurnakan tampilan dari hunian. Terdapat banyak sekali pilihan dekorasi yang dapat menjadi pilihanmu, salah satunya dengan memanfaatkan kerajinan tanah liat yang khas dengan kesan tradisionalnya sebagai diantara pilihan untuk menambahkan unsur natural dan tradisional pada hunian.

Terdapat banyak sekali bentuk kerajinan dari tanah liat yang dapat menjadi pilihanmu untuk melengkapi dekorasi di rumah.

1. Kendi dan Guci

Kerajinan dari tanah liat dalam bentuk guci dan kendi dapat menjadi ide dekorasi hunian. Sebab ada banyak kerajinan tanah liat termudah ditemui di berbagai macam bentuk vas, guci, dan kendi hias.

Pada suatu kerajinan tanah liat dengan ukuran besar sendiri kemudian dapat digunakan untuk mengisi sudut-sudut ruang yang kosong. Sementara itu, untuk guci dan kendi dengan ukuran yang lebih kecil kemudian dapat kamu pajang di lemari hias atau di atas meja sebagai vas bunga.

2. Roster Terakota

Selain bentuk kesenian seperti vas bunga, kerajinan dari tanah liat juga memiliki banyak sekali bentuk. Salah satu kerajinan tanah liat yang kemudian sangat berhubungan dengan rumah sendiri diantaranya adalah roster. Sudah sejak lama roster kemudian dibuat dari tanah liat. Namun pada era modern ini, bentuk-bentuk roster dari tanah liat telah memiliki banyak varian serta model bentuk sehingga dapat disusun dan diatur untuk menciptakan elemen dekoratif yang menarik pada hunianmu.

3. Ornamen atau Ukiran Timbul

Kerajinan dari tanah liat dalam bentuk ornamen pada dinding. Alternatif kerajinan tanah liat lainnya sendiri dapat kamu gunakan untuk mempercantik hunian misalnya pada ornamen dinding yang terbuat dari tanah liat. Dengan tekstur dan warna yang khas, kerajinan tanah liat ini juga dapat kamu gunakan untuk menghiasi pilar atau sebagai pengganti lukisan untuk mengisi sisi ruangan yang masih kosong.

[algolia_carousel page=2]

4. Peralatan Makan & Minum Antik

Kerajinan dari tanah liat dalam bentuk piring dan cangkir pada meja-meja berwarna. Kerajinan tanah liat lainnya yang cukup umum diantaranya adalah pada berbagai perlengkapan dapur serta perlengkapan minum dan makan seperti pada poci, gelas, mangkuk, dan lain sebagainya. Selain itu juga dapat digunakan sesuai fungsinya, kerajinan dari tanah liat juga cukup menarik untuk dijadikan dekorasi ruangan, khususnya pada area ruang makan.

5. Patung Pelengkap Dekorasi

Alternatif pilihan kerajinan dari tanah liat lainnya untuk dekorasi ruangan lain adalah pada patung atau pajangan karakter yang terbuat dari tanah liat. Mulai dari patung dengan bentuk abstrak yang artistik hingga pada patung tanah liat sederhana dengan bentuk tumbuhan atau hewan yang dapat menjadi pilihan menarik untuk hiasan interior ruangan.

6. Lampu Kebun Etnik

Kerajinan dari tanah liat dalam bentuk lampu kebun terakota. Tak hanya untuk interior ruangan, kerajinan tanah liat juga dapat digunakan untuk mempercantik taman atau area ruang luar rumahmu. Dekorasi lampu taman dari tanah liat juga dapat dijadikan inspirasi. Dengan warna khasnya kerajinan ini kemudian akan memberikan nuansa tradisional dan alami pada taman rumahmu.

7. Variasi Desain Ubin Lantai Tanah Liat

Tak hanya pada kebutuhan rumah tangga, beberapa pengrajin tanah liat juga akan membuat berbagai ubin lantai dari tanah liat yang dapat kamu gunakan untuk menyempurnakan berbagai interior ruangan. Kerajinan tanah liat yang dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran ini kemudian takkan gagal memberikan nuansa etnik pada interior ruangan saat diaplikasikan pada lantai ruangan.

Rekomendasi Buku Terkait Kerajinan Tangan

1. Membuat Kerajinan dari Kayu

Kerajinan dari Tanah Liat

Kayu merupakan salah satu bahan alam yang banyak terdapat di Indonesia. Selain digunakan sebagai bahan bangunan, kayu juga banyak digunakan sebagai bahan kerajinan yang bernilai tinggi. Bahan kerajinan yang baik adalah kayu-kayu yang sudah tua dan dikeringkan karena tidak terlalu menyusut.

Ada dua jenis kayu kerajinan, yaitu kayu lunak (kayu pinus, kayu meranti) dan kayu keras (kayu sawo, kayu mahoni, kayu jati). Peralatan yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan kayu, di antaranya gergaji tangan, gergaji bentuk, gergaji potong, pisau, batu asah ameril, batu asah alam, papan pengasah yang dilapisi kulit, pahat cekung, penusuk, penjepit, palu dari kayu, papan tempat menggergaji, papan untuk menggergaji bentuk, papan triplek untuk alas.

2. Makrame: Kreasi Tali untuk Dekorasi Rumah

Kerajinan dari Tanah Liat

Macramé mulai bermunculan di sekitar kita, seperti taplak meja, gantungan pot, pajangan dinding, dan ribuan produk lainnya. Setiap projek dalam buku ini dilengkapi dengan nama knot yang digunakan, bahan yang diperlukan, ukuran dan panjang benang, serta langkah pengerjaan. Yang Grameds perlukan hanyalah waktu untuk membaca, kesabaran, dan tali.

Dilengkapi dengan gambar dan foto detail, buku ini akan menuntun kamu menghasilkan hiasan rumah yang dekoratif. Potensi tanpa batas yang menjadi salah satu keunikan craft ini, akan membawa imajinasi Grameds dalam menciptakan berbagai hal baru yang bahkan belum terpikirkan olehmu sekarang.

Buku ini membebaskan pembacanya mengkreasikan, menambahkan, mengurangi atau mencampur pola yang ada, sehingga menghasilkan macramé yang lebih personal. Selamat bermacramé ria!

3. 30 Kreasi Kertas Untuk Dekorasi Rumah

Kerajinan dari Tanah Liat

Kertas ternyata bisa disulap menjadi berbagai pernik dekorasi ruangan yang menawan. Dijadikan pajangan? Hiasan dinding? Atau hiasan gantung? Semuanya bisa. Tak perlu bahan-bahan yang mahal atau sulit dicari. 30 ide kreasi kertas dalam buku ini dilengkapi dengan tutorial yang akan memudahkan Anda ber-DIY di rumah. Mari berkreasi dengan kertas!

4. Kerajinan Kertas Dekoratif

Kerajinan dari Tanah Liat

Kerajinan kertas telah lama menjadi bahan yang digemari dalam bermacam seni tradisi rakyat, seperti seni memotong kertas asal Tiongkok dan origami asal Jepang. Berkat teknik pabrikan modern, kini kertas tersedia dalam begitu banyak jenis ketebalan dan warna, membantu para pengrajin untuk kembali mempopulerkan tradisi-tradisi kuno mereka.

Kalau kamu ingin membuat kado yang unik untuk keluarga dan teman-temanmu, membuat dekorasi pesta yang mengagumkan, juga aksesori cantik untuk dipajang di rumah, lihat saja isi buku ini. Ambil kertas lalu lipat, gunting, dan tempel. Beberapa bagian di dalam tutorialnya harus digambar atau dilubangi, dan yang lainnya membutuhkan teknik yang lebih rumit, tapi semuanya menyenangkan untuk dilakukan dan indah dilihat.

Demikian ulasan mengenai kerajinan dari tanah liat yang bisa menginspirasimu. Jika Grameds ingin membaca buku-buku terkait kerajinan tangan dan sejenisnya, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memeberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda