in

Review Novel Unwanted Bond Karya Yeny Kristina

Bagi kalian para K-Popers, terlebih penggemar boy group NCT, sekaligus pengguna Wattpad, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Novel Unwanted Bond. Novel Unwanted Bond adalah salah satu novel yang menggunakan visual claim anggota boy group NCT yang bernama Jaehyun. Gimana Grameds? Penasaran akan novel ini? Yuk simak sinopsis dan reviewnya sampai selesai!

Novel Unwanted Bond ditulis oleh Yeny Kristina, penulis yang dikenal dari platform Wattpad. Kisah Unwanted Bond ini juga pada mulanya dipublikasikan di akun Wattpad pribadi Yeny Kristina sendiri yang bernama @yenykristina. Kisah Unwanted Bond mulai ditulis di Wattpad pada tahun 2019. Kisah Unwanted Bond ini mampu menarik hati banyak orang, terutama kalangan remaja pengguna Wattpad.

Pada bulan Juli 2022, kisah Unwanted Bond telah dibaca sebanyak 6,2 juta kali di Wattpad. Kisah Unwanted Bond ini juga ternyata berhasil membawa kesempatan bagi Yeny Kristina untuk semakin serius dalam menjalani karirnya sebagai seorang penulis. Kisah Unwanted Bond berhasil menarik hati penerbit Reneluv yang kemudian menerbitkannya menjadi sebuah novel pada bulan Juli 2020. Setelah diterbitkan pun, novel Unwanted Bond ini berhasil meraih kesuksesan dengan menjadi salah satu novel yang bisa anda temukan pada bagian buku best seller.

Seperti di dunia nyata, dalam novel Unwanted Bond ini Jaehyun merupakan gambaran sosok idol yang sempurna. Dia sangat tampan, berbakat, dan berasal dari keluarga yang terpandang. Namun, semua kelebihan Jaehyun itu tidak ada artinya di depan Yoo Leean, wanita yang menjadi calon istrinya.

Pada mulanya, Yoo Leean bahkan menolak keras perjodohannya dengan Jaehyun. Sebab, menurutnya laki-laki itu kasar dan tak memiliki sopan santun. Leean juga sangat yakin perasaannya tak akan pernah berubah, bahkan setelah Jaehyun mencuri ciuman pertamanya. Namun, mengapa hatinya malah selalu berdebar ketika laki-laki itu menggodanya?

Suatu ketika, segala pandangan Leean tentang hidupnya mulai berubah setelah ia mengetahui masa lalunya yang kelam. Apakah ia dapat menetap bersama kepercayaan dirinya untuk mendampingi Jaehyun? Atau, apakah hubungan keduanya akan berakhir?

Sinopsis Novel Unwanted Bond

Jaehyun adalah salah satu anggota idol grup NCITY yang sangat ternama di Korea Selatan, sekaligus putra dari pemilik Korean Airlines. Kisah ini dimulai ketika terjadi negosiasi pertunangan antara Jaehyun dengan Yoo Leean, seorang gadis yang baru akan memulai tahun pertamanya di perguruan tinggi. Orang tua dari mereka berdua memang sudah saling kenal satu sama lain. Orang tua mereka menjodohkan anak-anaknya itu.

Tentunya, Jaehyun dan Leean menolak permintaan orang tuanya itu. Mereka berdua berpikir bahwa permintaan itu sangat konyol. Jaehyun dan Leean tidak pernah bertemu sama sekali, mereka tidak saling kenal. Pernikahan juga merupakan hal yang sangat besar. Bagaimana mereka dapat hidup bersama jika mereka saja tak saling mengetahui tentang pribadi satu sama lain?

Pada suatu kesempatan, Jaehyun dan Leean akhirnya bertemu untuk pertama kali di sebuah kafe. Pertemuan mereka itu juga telah diatur oleh orang tua mereka. Bisa memiliki Jaehyun sebagai pasangan bagaikan impian bagi kebanyakan wanita. Namun, lain halnya dengan Leean.

Ia memandang Jaehyun sebagai lelaki yang arogan dan tak memiliki sopan santun. Berpasangan dengan dia adalah hal yang paling tidak Leean inginkan. Jaehyun merupakan sosok lelaki yang sangat mengutamakan keluarga, atau biasa disebut dengan family man. Jika ia ditanya tentang siapa sosok yang paling berharga dan dihormati di dunia ini, tanpa ragu Jaehyun pasti akan menjawab Ayah dan Ibu.

Ibu Jaehyun bernama Lee Il Hwa, ia merupakan seorang dokter spesialis anak yang mengidap Alzheimer. Saat Jaehyun pulang ke rumah setelah bertemu dengan Leean, ia sangat merasa terkejut. Sebab, ibunya berhasil mengenali dan mengingat namanya. Mendengar namanya bisa disebut oleh sang ibunda, Jaehyun merasa sangat bahagia.

Namun, belum lama ia merasakan kebahagiaan atas kembalinya ingatan sang ibu, ayah Jaehyun memberitahunya sebuah fakta yang membuat jantung Jaehyun seakan berhenti bekerja. Sang ayah mengungkapkan bahwa dokter menemukan penyakit lain dalam tubuh sang ibu. Ayah Jaehyun juga kemudian memberitahu tentang permintaan paling tulus dari sang ibu untuk Jaehyun.

Di sisi lain, Leean juga sedang merasa sangat terkejut, karena mendengar fakta yang diungkapkan oleh sang ibu dan ayah. Ia mendengarkan percakapan ayah dan ibunya itu secara tidak sengaja. Hal yang dibicarakannya ini membuat Leean mau tidak mau, harus melakukan hal yang paling tidak diinginkannya saat ini. Hal yang sungguh besar bagi dirinya yang masih dalam usia belia dan baru mau menginjak tahun pertama sebagai seorang mahasiswa.

Sampai pada suatu hari, saat Leean pergi menghadiri sebuah pesta penyambutan mahasiswa baru, Leean tidak sengaja minum minuman beralkohol terlalu banyak hingga akhirnya ia mabuk. Daniel, salah satu sahabat Leean dari kecil yang melihat Leean mabuk kemudian berniat mengantarnya pulang. Namun, ternyata Leean sudah terlebih dahulu meminta sopir untuk menjemputnya. Daniel terkejut bukan main ketika melihat sosok yang datang menjemput Leean bukan Pak Choi, melainkan Jaehyun. Bukan hanya Daniel yang terkejut, melainkan Jaehyun juga merasa terkejut saat melihat Daniel.

Keseharian Jaehyun disibukan dengan rangkaian kegiatan sebagai member NCITY. Mulai dari rekaman, pemotretan, syuting video klip, hingga melakukan tur konser ke luar negeri. Seperti para idol lainnya, jadwal Jaehyun sangat padat. Leean juga tak kalah sibuk dengan kegiatan barunya di dunia perkuliahan.

Kesibukan Jaehyun dan Leean membuat keduanya semakin jarang bertemu. Mereka juga jarang bertukar pesan atau suara. Ditambah lagi, Jaehyun akan segera melangsungkan tur dunia bersama NCITY ke berbagai negara. Namun, keduanya tinggal di apartemen yang sama, dan lantai yang sama pula. Hal ini membuat mereka setidaknya bisa menghemat waktu ketika merindukan satu sama lain.

Tur dunia pun akhirnya usai. Namun, ini tidak berarti Jaehyun akhirnya bisa santai-santai. Sebab, NCITY telah terdaftar sebagai line up untuk mengikuti lomba olahraga idol atau yang sering dikenal dengan sebutan ISAC (Idol Star Athletic Championship). Dalam ajang itu, Jaehyun menjadi salah satu perwakilan grupnya itu. ISAC bukan merupakan ajang lomba olahraga biasa, melainkan “dibumbui” dengan citra bahwa acara itu ditujukan untuk cari perhatian, cari jodoh, dan bertukar nomor antar idol.

Jaehyun memberi tawaran kepada Leean untuk memiliki VIP Pass jika Leean ingin melihatnya dalam ajang tersebut. Namun, Leean mengatakan bahwa ia tak bisa menontonnya, karena harus kuliah. Seperti biasa, Jaehyun memakluminya, karena memang kuliah adalah prioritas bagi Leean. Di tengah perlombaan, Jaehyun mendapati sosok Leean ada di antara ratusan penggemar NCITY.

Jaehyun pun mengirim pesan kepada Leean untuk mengajaknya bertemu setelah perlombaan selesai. Namun, mereka berdua gagal bertemu, karena Leean tertimpa sebuah insiden yang membuatnya batal harus masuk rumah sakit. Pada saat insiden itu terjadi, Daniel datang untuk menolong Leean. Insiden apa yang menimpa Leean? Mengapa Daniel bisa ada di sana? Bagaimana kelanjutan hubungan Leean dan Jaehyun?

Kelebihan Novel Unwanted Bond

Yeny Kristina dinilai cerdik, karena menggunakan visual tokoh utama yang sangat populer di kalangan masyarakat. Sosok Jaehyun diketahui merupakan bias atau idol yang memiliki penggemar sangat banyak. Pemilihan sosok Jaehyun sebagai visual tokoh utama ini dinilai sebagai kelebihan, karena mampu menarik hati banyak orang.

Lalu, plot kisah Unwanted Bond ini juga dinilai sangat mengalir. Yeny Kristina mampu menuliskan kisah ini dengan jelas, tidak berbelit-belit, dan mudah dimengerti. Konflik dalam kisah Unwanted Bond ini juga tidak banyak, maka itu kisah ini menjadi salah satu kisah yang dinilai ringan untuk dibaca.

Yeny Kristina juga menggunakan gaya bahasa dan pemilihan kata yang khas fan fiction dan logat ala drama Korea. Gaya bahasa ini membuat novel ini menjadi menarik, dan membawa suasana “Korea” bisa sampai kepada para pembaca. Kisah ini juga mampu menyentuh hati para pembaca, dan mampu membuat mereka menampilkan berbagai emosi seperti kesal, baper, jatuh cinta, sedih, dan sebagainya.

Yeny Kristina juga lebih banyak menuliskan narasi dibanding menggunakan dialog. Gaya bercerita ini dinilai baik, karena dapat membebaskan imajinasi para pembaca dalam membayangkan kisah Unwanted Bond ini. Selain itu, dalam novel Unwanted Bond ini terdapat plot twist yang menarik.

Secara tampilan buku ini sendiri, sampul novel Unwanted Bond ini dinilai sangat menarik. Sampul novel ini menggunakan ilustrasi sosok Jaehyun yang pastinya menarik, dan juga menggunakan paduan warna pastel, serta latar tempat yang menggambarkan Korea Selatan. Tampilan sampul novel ini mampu menarik perhatian para pembaca yang melihat buku ini pertama kali.

Kekurangan Novel Unwanted Bond

Selain ada kelebihan, terdapat juga kekurangan. Kekurangan novel Unwanted Bond ini berada di sajian plot yang dianggap beberapa pembaca cukup mudah ditebak. Sebab, formula alur kisah ini serupa dengan kebanyakan drama Korea atau novel dengan genre romansa. Maka dari itu, beberapa pembaca menganggap kisah ini sebagsi kisah cinta yang klise.

Selain itu, dalam novel Unwanted Bond ini masih didapatkan kesalahan penulisan dan kalimat yang tidak efektif. Namun, kesalahan penulisan ini tidak terlalu mengganggu dalam proses membaca dan memahami kisah ini. Para pembaca cukup merasa kebingungan oleh karena tidak adanya catatan kaki yang menuliskan terjemahan atas istilah atau bahasa Korea. Kebingungan ini ditemukan oleh para pembaca yang memang tidak menguasai istilah dalam Bahasa Korea.

Pesan Moral Novel Unwanted Bond

Kisah cinta Jaehyun dan Leean ini mengajarkan kita untuk percaya kepada cinta dan jodoh. Jodoh pasti akan menemukan caranya untuk bertemu dengan satu sama lain. Tak peduli sekeras apa pun semesta mencoba memisahkan dua sejoli yang berjodoh, cinta akan mampu mempertemukan mereka berdua.

Pendapat orang tua terkadang merupakan keputusan yang paling baik yang bisa kamu ambil. Ini bukan berarti kamu harus selalu menuruti apa yang orang tua kamu katakan, karena orang tua juga bisa salah. Namun, ada baiknya mempertimbangkan pendapat dari orang tua dalam mengambil sebuah keputusan.

Sesibuk apapun dirimu, hendaknya kamu selalu meluangkan waktu bagi orang-orang yang kamu kasihi. Sebab, hal yang paling mahal dalam dunia ini adalah waktu. Waktu tidak akan bisa diulang kembali. Maka itu, pastikan kamu menyempatkan diri menghabiskan waktu yang berharga ini dengan orang-orang terdekatmu.

Gimana Grameds, sudah merasa penasaran akan kelanjutan kisah cinta Jaehyun dan Leean, serta sosok Daniel yang berada di tengah hubungan mereka? Yuk langsung saja cari tahu kelanjutan kisah Unwanted Bond karya Yeny Kristina ini dengan mendapatkan novel ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel