in

Review Novel Keeping Up With The Kims Karya Salma Hadid

Keeping Up With The Kims adalah novel yang ditulis oleh Salma Hadid, penulis yang namanya dikenal dari platform Wattpad. Bagi para K-Popers, terutama yang menjadi pengguna Wattpad mungkin sudah tidak asing lagi dengan kisah yang berjudul Keeping Up With The Kims, atau tidak asing dengan nama Salma Hadid. Salma Hadid sendiri merupakan penulis yang karya-karyanya merupakan fan fiction tokoh idol asal Korea Selatan.

Novel Keeping Up With The Kims sendiri merupakan kisah fan fiction juga, yang menggunakan sejumlah tokoh idol K-Pop, yang merupakan anggota dari EXO, Stray Kids, Seventeen, dan F(x). Salma Hadid tidak mengganti nama-nama idol tersebut dalam kisah yang ditulisnya. Novel Keeping Up With The Kims diterbitkan oleh penerbit Bukune pada tanggal 16 Juli 2021. Novel Keeping Up With The Kims ini memiliki total 276 halaman yang dibagi menjadi sejumlah bab.

Novel Keeping Up With The Kims mengisahkan tentang kehidupan keluarga. Dikisahkan, ada sebuah keluarga yang memiliki kedua orang tua bernama Jongin dan Krystal, dan tiga orang anak yang bernama Mingyu, Doyeon, dan Felix. Kisah ini berpusat pada anak kedua yang bernama Doyeon.

Hidup Kim Doyeon tampak dan terasa sempurna, karena ia memiliki seorang kakak yang ganteng seperti Kim Mingyu dan ia juga memiliki adik yang rupawan seperti Felix. Tidak sampai di situ saja, Kim Doyeon juga memiliki teman-teman seperti Kim Dahyun, Kim Donghan, Kim Donghyun, Kim Chaewon, dan Kim Jiho yang selalu mengisi hari-harinya menjadi lebih berwarna.

Namun, dibalik kebahagiaannya dan hidup yang tampak sempurna itu, tentu saja ada kesedihan yang di dalam hidupnya. Kesedihan tersebut diakibatkan adanya tuntutan dari keluarganya yang terkait karier masa depan Doyeon. Selain itu, kehadiran Mingyu dan Felix juga kerap membuat Doyeon merasa hidupnya penuh dengan ketidakadilan.

Apakah Doyeon mampu melewati segala masalahnya itu? Apakah kalian sudah penasaran akan kehidupan keluarga Kim ini? Bagi para K-Popers, wajib simak review novel ini sampai selesai ya!

Profil Salma Hadid – Penulis Novel Keeping Up With The Kims

Salma Hadid merupakan penulis yang namanya dikenal dari platform Wattpad. Akun Wattpad Salma Hadid bernama @Dowoonssy. Para K-Popers yang juga pengguna Wattpad mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Dowoonssy, Salma Hadid, atau karya-karyanya. Nama Salma Hadid sendiri cukup populer di kalangan remaja yang merupakan fans idol asal Korea Selatan.

Hal ini disebabkan dari kisah yang ditulis Salma Hadid, seluruhnya adalah kisah yang merupakan fan fiction. Seluruh karya Salma Hadid menggunakan tokoh-tokoh para idol asal Korea Selatan, yang diimajinasikan menjalani sebuah kehidupan yang berbeda dengan kehidupan aslinya. Beberapa grup idol yang pernah dijadikan tokoh dalam kisah yang ditulis Salma Hadid adalah EXO, Day 6, Seventeen, F(x), dan Stray Kids.

Kisah-kisah ini tentunya sangat digemari oleh mereka yang merupakan penggemar grup idol tersebut. Namun, bukan hanya tokoh-tokoh itu saja yang membuat kisah yang ditulis Salma Hadid ini populer, tetapi dari segi ceritanya sendiri yang mampu menarik hati banyak orang. Salma Hadid kerap menuliskan kisah fan fiction ini dengan gaya yang “receh” atau penuh dengan komedi.

Salma Hadid juga dikenal, karena gaya penulisannya yang sederhana, tetapi berkesan. Gaya penulisan Salma Hadid ini dinilai sangat asik dan mengalir. Maka dari itu, banyak pembaca yang tertarik untuk membaca kisah karya Salma Hadid. Bahasa yang digunakan Salma Hadid dalam menuliskan karyanya juga kebanyakan menggunakan bahasa sehari-hari ala remaja.

Salma Hadid jarang menggunakan bahasa baku yang berat atau ungkapan. Hal ini mungkin disesuaikan juga dengan target pembaca karya Salma, yang merupakan remaja. Jadi, mulai dari remaja hingga dewasa dipastikan bisa mudah untuk mengerti kisah yang dituliskannya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Karya hasil tulisan Salma Hadid dikenal memiliki ciri khas dengan mengambil latar cerita yang didominasi dari kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Latar cerita tersebut membuat cerita yang dituliskannya menjadi relate dan semakin mudah untuk dimengerti para pembacanya. Selain itu, Salma Hadid juga kerap mengangkat tema-tema yang menarik dalam kisah yang ditulisnya. Seperti tema mistis, keluarga, hingga tema pergaulan bebas di kalangan remaja.

Hingga saat ini, Salma Hadid telah berhasil menerbitkan 4 novel yang semuanya diterbitkan oleh Penerbit Bukune. Keempat novel ini juga merupakan karya fan fiction yang pada awalnya diunggah di akun Wattpad pribadi Salma. Novel pertama karya Salma Hadid yang berhasil diterbitkan berjudul “Delightmare”.

Novel Delightmare mengisahkan tentang seorang lelaki bernama Hansel yang memiliki teman bernama Yohan. Hansel sering bingung ketika melihat kelakuan teman sesama atlet taekwondonya itu. Yohan suka sekali melihat akun-akun mahasiswi cantik. Hansel juga merasa khawatir, karena temannya itu akan menjadi bodoh sekali ketika jatuh cinta. Ini adalah kisah Hansel dan Yohan yang baru merasakan cinta.

Novel kedua adalah Pursuit of Happiness. Novel ini mengisahkan tentang perjalanan band Enam Hari yang memiliki 5 orang anggota, yaitu Brian, Dewa, Seno, Jae, dan Willy. Sebagai anggota band yang sibuk, mereka berlima tidak memiliki waktu untuk menjalani kehidupan romantis. Ini adalah kisah perjalanan kelima anak band itu dalam mengejar cinta dan kebahagiaan.

Novel ketiga adalah Greatest Delight. Berbeda dengan kedua novel sebelumnya yang bergenre romansa, novel ini mengangkat tema mistis. Novel Greatest Delight mengisahkan tentang kehidupan sejumlah mahasiswa yang tinggal di asrama Pak Bulan. Kehidupan mereka mulai berubah ketika mengetahui kehadiran sosok hantu di antara mereka.

Novel keempat karya Salma Hadid adalah Keeping Up With The Kims yang akan dibahas pada artikel ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang novel ini, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Sinopsis Novel Keeping Up With The Kims

Ini adalah kisah keluarga Kim. Dikisahkan, ada sebuah keluarga yang memiliki kedua orang tua bernama Kim Jongin dan Krystal, dan tiga orang anak yang bernama Kim Mingyu, Kim Doyeon, dan Kim Felix. Kisah ini berpusat pada anak kedua yang bernama Doyeon.

Hidup Kim Doyeon tampak dan terasa sempurna, karena ia memiliki seorang kakak yang ganteng seperti Kim Mingyu dan ia juga memiliki adik yang rupawan seperti Felix. Tidak sampai di situ saja, Kim Doyeon juga memiliki teman-teman seperti Kim Dahyun, Kim Donghan, Kim Donghyun, Kim Chaewon, dan Kim Jiho yang selalu mengisi hari-harinya menjadi lebih berwarna.

Namun, dibalik kebahagiaannya dan hidup yang tampak sempurna itu, tentu saja ada kesedihan yang di dalam hidupnya. Kesedihan tersebut diakibatkan adanya tuntutan dari keluarganya yang terkait karier masa depan Doyeon. Selain itu, kehadiran kakak dan adiknya juga kerap membuat Doyeon merasa hidupnya penuh dengan ketidakadilan.

Doyeon kerap kali merasa bahwa dirinya tidak dihargai setara dengan kakak atau adiknya dihargai oleh kedua orang tuanya. Doyeon merasa dirinya sering diperlakukan berbeda jika dibandingkan dengan kedua saudaranya, oleh orang tuanya. Doyeon merasa dirinya belum memiliki tempat di keluarga Kim ini.

Apakah semua ini diakibatkan oleh karir Doyeon yang belum rampung seperti kedua saudaranya? Apakah Doyeon mampu melewati segala masalahnya itu?

Kelebihan Novel Keeping Up With The Kims

Salma Hadid mengemas buku ini dengan menarik. Dengan ciri khas seluruh karyanya, novel Keeping Up With The Kims juga ditulis dengan formula menceritakan kehidupan sehari-hari keluarga Kim. Namun, Salma Hadid berhasil mengemas kisah sehari-hari ini dengan mengalir dan menyenangkan. Seperti dengan menyelipkan nilai kekeluargaan pada adegan kumpul keluarga, mengangkat nilai persahabatan dengan menghadirkan teman-teman Doyeon, dan lain sebagainya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, gaya penulisan Salma Hadid mengalir dan menyenangkan dengan menyelipkan unsur komedi. Ditambah lagi, gaya bahasa yang digunakan juga merupakan bahasa sehari-hari yang membuat kisah ini menjadi mudah untuk dimengerti. Gaya tulisan Salma yang santai membuat para pembaca juga mudah untuk mengikutinya. Bahkan, beberapa pembaca hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk menyelesaikan novel ini, saking seru dan mengalirnya.

Selain itu, Salma Hadid juga dinilai mampu membangun karakter tokoh yang kuat dan menarik. Selain memang tokoh-tokoh tersebut menarik, karena pembaca mengetahui sosok asli yang digemarinya, Salma juga mendukung sosok ini menjadi lebih menarik lagi dengan memberikan karakter fiktif yang kuat. Karakter para tokoh ini mampu menarik hati para pembaca.

Secara keseluruhan, novel Keeping Up With The Kims ini merupakan novel yang ringan dan cocok untuk menemani anda di kala waktu luang. Novel ini tak hanya bisa menghibur anda, tetapi juga mampu memberikan sejumlah pesan moral, karena kisah ini sarat akan makna.

Kekurangan Novel Keeping Up With The Kims

Selain kelebihan, novel Keeping Up With The Kims ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan pada novel ini, yaitu masih ditemukannya kesalahan penulisan pada sejumlah bagian. Kesalahan penulisan ini dinilai pembaca cukup mengganggu, karena didapati kesalahan penulisan pada nama tokohnya.

Selain itu, pembaca juga menemukan sejumlah bagian cerita yang membuat mereka bertanya-tanya. Sebab, bagian cerita ini seperti memiliki plot hole yang perlu dijelaskan lebih detail. Namun, ini terkait dengan preferensi para pembaca, dan juga bisa terkait dengan gaya penulisan Salma Hadid sendiri yang di beberapa karyanya juga menghadirkan bagian yang menggantung. Hal ini memang disengaja, supaya para pembaca bisa mengimajinasikan sendiri kisah tersebut.

Pesan Moral Novel Keeping Up With The Kims

Melalui kisah ini, kita dapat mengetahui bahwa tidak ada kehidupan yang sempurna. Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Tidak peduli seberapa terkenal orang tersebut, dan seberapa baik kelihatannya kehidupan orang tersebut.

Maka dari itu, jangan membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain. Juga sebaliknya, jangan membandingkan kehidupan orang lain dengan kehidupan kamu. Banyak di antara kita yang cenderung menganggap masalah orang lain kecil, karena seseorang itu mungkin memiliki kelebihan yang mumpuni.

Padahal, kita juga tidak mengetahui keadaan sebenarnya yang dialami orang itu. Dari sini kita juga dapat belajar untuk tidak menghakimi orang lain. Selain itu, dari kisah ini kita dapat mengetahui bahwa tidak ada keluarga yang sempurna.

Sejumlah individu yang hidup bersama pastinya akan mengalami masalah, karena tiap individu memiliki kepribadian yang berbeda. Hal tersebut adalah wajar, tetapi sebaiknya dihindari. Cara menghindari masalah adalah dengan bersikap adil kepada seluruh anggota keluarga, dan tidak membanding-bandingkan satu sama lain.

Orang tua mungkin sering tidak sadar ketika memperlakukan anak-anaknya secara berbeda. Mungkin juga anak tersebut tidak mengeluh secara langsung. Namun, sebagai orang tua, hendaknya lebih peka untuk mengetahui segala hal yang dihadapi oleh anak. Cara paling tepat untuk memiliki pengetahuan akan diri anak adalah dengan mengajaknya berkomunikasi secara terbuka.

Nah, itu dia Grameds ulasan novel Keeping Up With The Kims karya Salma Hadid. Menarik sekali ya kisah keluarga Kims ini. Bagi kalian yang penasaran akan kelanjutan kisah keluarga Kim, kalian bisa mendapatkan novel ini hanya di Gramedia.com.

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy