in

Review Buku EXO Salah Gaul Karya Evi Kristiya Asmara dan Tedi Afrian

Bagi para penggemar boy group asal Korea Selatan mungkin tidak asing lagi dengan buku ini. Terutama, anda yang merupakan penggemar boy group EXO sejak lama. Buku EXO Salah Gaul sendiri merupakan buku yang telah dirilis 8 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2014. Buku EXO Salah Gaul ditulis oleh Evi Kristiya Asmara atau yang lebih dikenal dengan nama pengguna akun Twitternya, yaitu @eviimbow88 bersama dengan Tedi Afrian atau @Tedi401. Evi dan Tedi bersama-sama telah menulis sejumlah buku fan fiction yang menggunakan tokoh dari sosok asli, yakni para anggota boy group Korea Selatan. Seluruh karya mereka berdua bergenre komedi, termasuk juga buku EXO Salah Gaul ini.

Evi dan Tedi membuat suatu seri bernama Salah Gaul Book Series, yang terdiri atas buku SMTown Salah Gaul, EXO Salah Gaul, dan Super Junior Salah Gaul. Buku EXO Salah Gaul hingga saat ini telah memiliki 4 volume buku. Volume pertama buku EXO Salah Gaul pertama kali diterbitkan pada tahun 2014 oleh penerbit Bintang Media. Diikuti dengan volume-volume selanjutnya yang diterbitkan di setiap tahun berikutnya.

Sesuai dengan judulnya, buku ini akan menyajikan berbagai cerita tentang EXO. EXO sendiri merupakan boy group asal Korea Selatan yang telah terbentuk sejak tahun 2011, dan kehadirannya masih populer hingga sekarang. Buku ini akan menyajikan sejumlah cerita pendek tentang EXO yang ceritanya salah gaul.

Ada berbagai topik yang akan dibahas pada buku ini. Mulai dari biodata para anggota EXO, biografi EXO, klasifikasi macam-macam penggemar EXO, bedah koreografi, bedah album, teori logo pada album EXO, dan lain sebagainya. Merangkum dari isi buku ini, sebenarnya buku ini ingin memperkenalkan para pembaca kepada EXO. Hanya saja, cara memperkenalkan itu dikemas dalam bentuk komedi.

Jadi, bagi kalian yang ingin mengenal boy group EXO lebih dalam, buku EXO Salah Gaul ini adalah pilihan yang tepat bagi kalian. Selain memuat berbagai informasi tentang EXO, kalian juga pastinya akan terhibur oleh kisah-kisah nyeleneh yang menggelitik perut. Supaya anda semakin yakin untuk mendapatkan buku ini, baca artikel review buku EXO Salah Gaul ini sampai selesai, ya!

Sinopsis Buku EXO Salah Gaul

EXO Salah Gaul 1

Siapa yang bilang boy group Korea hanya modal tampang doang? Jika memang mereka cuman modal tampang doang, lalu mengapa EXO punya penampilan yang temsek alias item pesek? Pemimpinnya tinggi badannya terbatas, pemimpin yang satu lagi badannya tinggi sih, tapi giginya lebih maju ke depan, lalu vokal utamanya juga cabe-cabean. Jadi apa bener boy group Korea hanya modal tampang doang? Coba dipikir lagi ya!

Sebelum lebih jauh, kenalan dulu yuk sama yang namanya EXO. Biar sesuai dengan kata pepatah, tidak kenal maka tidak sayang, tidak sayang maka tidak cinta, kalo tidak cinta maka aku tidak apa-apa. EXO merupakan boy group asal Korea Selatan yang memiliki total 12 member yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu EXO-K dan EXO-M, dengan 6 anggota di masing-masing kelompok.

Perlu diingat, buku ini BUKAN ditulis untuk para haters EXO atau yang sering disebut TOXIC. Buku EXO Salah Gaul ini hanya ditujukan untuk penggemar EXO yang juga salah gaul. Jadi, kalau kamu belum salah gaul, coba banting buku ini di depan orang lain sambil nyanyi Miracle In December dan nari Overdose, dijamin kamu pasti langsung SALAH GAUL!

NB: Disajikan dingin lebih enak (simpan buku ini di dalam freezer), jauhkan dari jangkauan ibu-ibu, dan jika salah gaul berlanjut segera hubungi bidan.

EXO Salah Gaul 2

Makan Bakwan Pake Bakso, We Are One We Are EXO! Siapa sih yang tidak tau slogan itu? Bahkan astronot dan tukang sayur juga mengetahui slogan itu kok (asal sebelumnya sudah dikasih tau artinya). Kali ini, dua belas cowok somplak akhirnya balik lagi untuk mengisi seri yang kedua nih. Mengapa dua belas? Kan member EXO sekarang tinggal sepuluh (ya ga perlu diingetin juga kali, jadi sedih kan…)

Buku EXO Salah Gaul 2 ini memang sengaja dibuat untuk kalian yang kangen sama EXO, buku ini untuk mengobati rasa kangen kalian. Namun, buku ini ditulis bukan buat mengenang atau sedih-sedihan ya. Justru buku ini yang bikin kalian lupa diri. Kenapa? Biar lupa kalo diri lo bukan pacarnya member EXO, lupa kalo diri lo belum punya pacar, dan lupa kalo diri lo baru aja buang duit tabungan lo buat beli buku ini hehehe…

EXO-L : Hai, ini teh Suho?

Suho : lya, apa kabar?

EXO-L : Ya ampun, urang teh seneng pisan bisa ngobrol langsung bareng Aa Suho. Emang bener ya kalo Aa Suho teh orang kaya gitu? Sekali-kali mampir atuh ke rumah Eneng.

Suho : Eh, i… iya… *bingung.

EXO-L : Aa nyanyiin satu lagu atuh buat Eneng.

Suho : Mau lagu apa? Lucky? Atau My Lady?

EXO-L : Bubuy Bulan aja A!

Suho : *keselek Dodol Garut*

NOTE: Beli buku ini ya, kalo tidak punya uang besok-besok balik lagi ke toko buku. Kalo masih gak punya uang juga, berarti dompet anda harus di-upgrade, atau digebukin.

EXO Salah Gaul 3

We Are One We Are Exo!

12, 11, 10, 9 ….

Bagi orang biasa, mungkin itu dianggap hanya hitungan waktu mundur biasa. Namun, coba deh sebutin itu di depan EXO-L, ya paling kalo gak diceburin ke jamban, lo bakal dijejelin daki dinosaurus hehehe…

Maka itu, daripada kebawa perasaan, mending baca buku EXO Salah Gaul 3 aja, dijamin lo gak akan baper, paling lupa aja kalo member EXO sekarang tinggal 9 (yah kan malah dibilangin) *nyebur ke jamban. Kali ini, EXO salah gaul sudah sampai seri ke-3 nih. Pastinya seri ini bakal lebih seru lagi dong.

Soalnya, sekarang EXO sudah besar, apanya yang besar? Ya popularitasnya dong. Buktinya, makin banyak EXO-L baik yang benar gaul dan salah gaul, contohnya lo yang lagi pegang buku ini. Makanya, tunggu apa lagi? Yuk jadi salah satu dari EXO-L yang salah gaul! (bilang aja minta buku ini biar dibeli)

Chanyeol : Yung! *memanggil.

Gayung : Gak enak banget manggil nama guenya, panggil “Yang” aja sekalian.

Chanyeol : Lama-lama lo ngelunjak ya.

Gayung : Eh, iya iya enggak.

Chanyeol : Hahaha gue cuma bercanda. Em.. lo ada waktu kosong gak sore ini?

Gayung : Em… ada, paling setelah bersihin kamar mandi, nambal panci, bakar sampah, gergaji tiang jemuran, numbuk kacang hijau, jemur kerupuk, sama bikin tape, gue kosong kok.

Chanyeol : Itu sih lo bakal selesai dua hari.

Gayung : Emang ada apa?

Chanyeol : Kita keluar yuk.

Gayung : *pipi berubah jadi ijo* maksud lo, nge-date?

EXO Salah Gaul 4

ENSIKLOPED.O

Tanya jawab bersama Prof. DR. D.O KyungSoo SH, Mck, Mbb, Sms, Php.

Exo-L : Prof, gimana sih cara jadi fans EXO yang baik?

D.O : Selalu beli albumnya, nonton konsernya, beli merchandise yang asli, dan datang ke acara yang berhubungan sama EXO.

Exo-L : Em… Ada cara yang lebih gampang?

D.O : Download lagunya di situs yang resmi, nonton Music Video-nya berkali-kali, follow semua akun media sosial member EXO.

EXO-L : Ada cara yang lebih gampang lagi?

D.O : Jangan nge-tag foto yang gak penting ke akun media sosial member EXO, terus jangan spam dengan komen promosi jualan, entah itu obat peninggi badan, atau case hp warna warni yang glow in the jamban!

EXO-L: Cara yang paling paling paling gampang?

D.O: Dah! Lo bawa buku ini ke kasir sekarang, terus BELI!

EXO-L : …

Note: Survei membuktikan 9 DARI 10 EXO-L yang melaksanakan saran terakhir yang disampaikan oleh Prof. DR. D.O KyungSoo SH, Mck, Mbb, Sms, Php dinyatakan sebagai Fans EXO yang baik. Sumber: rumah potong hewan kurban.

Kelebihan Buku EXO Salah Gaul

Buku EXO Salah Gaul ini memiliki alur yang unik. Alurnya nyeleneh seperti suka-suka si penulis, tetapi ini menjadi unik, karena buku ini memang bergenre komedi. Topik yang diangkat dalam masing-masing bukunya juga berbeda-beda, sehingga para pembaca tidak bosan untuk membacanya.

Evi Kristiya Asmara dan Tedi Afrian juga menuliskan buku EXO Salah Gaul ini menggunakan bahasa sehari-hari yang ringan dan mudah untuk dimengerti. Hal ini menjadi sebuah kelebihan, karena para pembaca dapat memahami isi buku ini dengan mengalir.

Di sejumlah bagian, Evi dan Tedi juga menyelipkan beberapa unsur khas Indonesia. Seperti Bahasa Sunda, pepatah asal Indonesia, makanan khas Indonesia, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi nilai tambah, karena secara tidak langsung, Evi dan Tedi memperkenalkan budaya Indonesia. Mereka berdua seperti menyampaikan pesan kepada para pembaca untuk tidak lupa akan budaya negara sendiri, meskipun menggemari boy group dari negara asing.

Secara keseluruhan, buku EXO Salah Gaul ini sangat menghibur dan mampu membuat para pembaca tertawa geli, karena isinya yang unik. Buku ini juga memberikan informasi secara tersirat mengenai boy group EXO, sehingga cocok dibaca oleh kalian yang ingin mengenal EXO lebih dalam. Buku EXO Salah Gaul dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang menginginkan hiburan di kala waktu senggang.

Kekurangan Buku EXO Salah Gaul

Selain kelebihan, buku EXO Salah Gaul ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan buku ini berada pada pemilihan kata di beberapa bagian buku yang dinilai kurang tepat. Beberapa kata tersebut membuat para pembaca merasa bingung.

Selain itu, terdapat bagian cerita yang bercandaannya membahas tentang fisik. Hal ini dinilai cukup sensitif dan kurang baik oleh sejumlah pembaca, karena pada saat ini juga isu body shaming sedang ramai dibahas. Namun, ini terkait dengan preferensi pembaca.

Selain itu, memang selera humor setiap orang akan berbeda-beda. Komedi juga kian berubah setiap tahunnya. Dikarenakan buku EXO Salah Gaul ini termasuk buku yang sudah lama, ada beberapa bagian humor yang dinilai sudah tidak relevan dengan masa ini. Namun, secara keseluruhan buku EXO Salah Gaul ini sangat menghibur.

Sekian artikel ulasan buku EXO Salah Gaul karya Evi Kristiya Asmara dan Tedi Afrian. Bagi kalian para penggemar EXO yang baik, wajib untuk membeli buku ini ya! Kalian bisa mendapatkan keempat volume buku EXO Salah Gaul ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel