in

Review Novel Darka Karya Khairani Hasan

Bagi para pengguna Wattpad, mungkin sudah tidak asing dengan judul novel Darka. Novel Darka sudah sangat populer di Wattpad dan pernah berada di urutan ketiga dalam kategori Hot Teen Fiction. Novel Darka ditulis oleh seorang gadis bernama Khairani Hasan. Ia mulai menulis kisah Darka pada bulan September 201t

Khairani Hasan memulai karir kepenulisannya melalui platform Wattpad. Kisah Darka ini juga pada awalnya dipublikasi oleh Khairani Hasan sendiri, di akun Wattpad pribadinya yang bernama @khairanihasan. Kisah Darka ini ternyata berhasil membukakan gerbang bagi Khairani Hasan untuk melebarkan sayapnya di dunia kepenulisan.

Kisah Darka ini berhasil menarik hati sejumlah besar orang dan menjadi salah satu kisah yang sangat populer di Wattpad. Per bulan Juni 2022, kisah Darka ini telah dibaca sebanyak 21 juta kali di platform Wattpad. Maka dari itu, tidak heran jika pihak penerbit kemudian juga tertarik untuk menerbitkan kisah Darka ini menjadi sebuah novel.

Novel Darka kemudian berhasil diterbitkan pada bulan September 2017 oleh penerbit Romancious. Novel Darka ini juga berhasil sukses setelah diterbitkan dengan menjadi salah satu novel yang bisa anda temukan pada jajaran buku best seller di toko buku. Novel Darka juga memiliki sekuel dengan judul yang sama, yakni Darka 2.

Novel Darka mengisahkan tentang kehidupan Darka dan Chinta, serta teman-temannya di SMA Cendrawasih. Kisah ini dimulai ketika Darka memaksa Chinta untuk menjadi pacarnya. Tentu Darla memiliki alasan sendiri mengapa ia sampai memaksa Chinta untuk menjadi pacarnya. Meskipun telah menjadi pacar, kebencian terus terpancar dari mata Darka.

Apa sebenarnya yang terjadi di antara Darka dan Chinta? Tak tahu kenapa, Tuhan seperti menjawab doanya. Darka berubah drastis dan serius meminta Chinta untuk menjadi pacarnya. Apakah ini akan menjadi awal dari kebahagian, atau malah ini menjadi awal dari kesedihan yang panjang?

Profil Khairani Hasan – Penulis Novel Darka

Khairani Hasan adalah wanita kelahiran Aceh, Tamiang, pada tanggal 27 Desember 1997. Selain menjadi seorang penulis, Khairani Hasan juga menghabiskan kesehariannya dengan sibuk menjadi mahasiswi jurusan pendidikan guru sekolah dasar di fakultas keguruan, di Universitas Samudra Langsa. Khairani Hasan sangat menyukai warna biru.

Khairani juga merupakan sosok yang pendiam. Khairani Hasan telah hobi menulis sejak ia masih SMP. Pada tahun 2016, Khairani Hasan pernah menuliskan 100 mimpi di buku coretannya. Salah satu dari 100 mimpi itu adalah semoga bisa menulis buku.

Berkat perjuangan kerasnya, ia pada akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya. Dunia seolah mengabulkan mimpinya itu pada tahun 2017. Mimpi Khairani tercapai dan sekarang ia telah berhasil menerbitkan sejumlah buku. Salah satunya adalah buku Darka dan Darka 2.

Sinopsis Novel Darka

Darka pada zaman dahulu pernah suka kepada Eca yang merupakan salah satu sahabat Chinta. Darka pernah menyatakan perasaannya kepada Eca. Namun, oleh karena Eca mengetahui bahwa sahabatnya itu menyukai Darka, Eca akhirnya menolak Darka. Darka kemudian membalaskan dendamnya kepada Eca dengan menjadikan Chinta sebagai pacarnya.

Namun, segalanya itu bukan berdasarkan rasa suka, melainkan justru rasa benci. Chinta pun menerima Darka sebagai pacarnya dengan terpaksa. Sebenarnya, jauh di dalam lubuk hatinya, Chinta merasa sangat senang. Sebab, ia dapat berpacaran dengan seseorang yang sangat populer di sekolahnya itu.

Darka adalah sosok bad boy yang selalu diincar oleh banyak wanita di sekolahnya itu. Darka selalu berani untuk menentang guru, tak pernah mengerjakan tugas, bahkan sering bolos dengan nongkrong di kantin saat jam pelajaran berlangsung. Sejak Darka berpacaran dengan Chinta, Chinta seperti memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugas-tugas Darka.

Di mata Darka, Chinta bukan seorang pacar, melainkan seseorang yang dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan tugasnya. Namun, Tuhan seperti menyadarkan Daeka. Pada akhirnya, rasa benci Darka terhadap Chinta lambat laun hilang dengan sendirinya. Rasa benci tersebut juga berubah menjadi rasa sayang.

Saat ini, rasa sakit hati Darka yang disebabkan Eca telah hilang oleh karena kehadiran Chinta. Hal itu dapat terjadi, karena sosok Chinta yang menarik hati. Chinta adalah wanita yang cantik, pintar, dan merupakan kebanggaan semua guru di sekolahnya. Namun, gadis itu memiliki riwayat penyakit asma.

Chinta memiliki 2 orang sahabat yang bernama Eca dan Indah. Sedangkan, Darka memiliki 3 orang sahabat, yakni Dani, Bima, dan Vino. Bima merupakan sahabat Darka yang paling pandai, dan ia menyimpan rasa kepada Chinta. Namun, Bima mengetahui bahwa Chinta sekarang hanya milik sahabatnya, Darka.

Darka juga sangat protektif. Ia tak segan untuk mengancam Chinta kalau dia ketahuan senyum kepada Bima. Pada suatu hari, Chinta mendapat kabar bahwa ia akan pergi ke Amerika, karena ia lolos program pertukaran pelajar. Chinta tak memberitahu Darka tentang hal itu. Sampai akhirnya, Darka mengetahui kabar itu dari salah satu guru yang mengajar di SMA Cendrawasih, Pak Hendri.

Sebelum Chinta berangkat ke Amerika, ia mengalami kecelakaan. Chinta tertabrak mobil ketika melihat Darka yang sedang berkelahi di depan supermarket. Kecelakaan itu membuat Chinta sampai koma di rumah sakit selama seminggu. Darka yang pada awalnya tidak peduli, karena merasa Chinta akan pergi meninggalkannya pun mulai berubah.

Mendapati keadaan Chinta yang seperti itu, membuat Darka menjadi murung dan sedih. Keadaan cinta juga bukan semakin membaik setiap harinya, melainkan semakin memburuk. Lantas, apa yang akan terjadi kepada Chinta? Apakah dia akan tetap pergi ke Amerika? Lalu, bagaimana kelanjutan hubungannya dengan Darka?

Kelebihan Novel Darka

Plot kisah Darka ini dinilai sangat menarik, karena premis ceritanya yang unik. Alur kisah ini juga tidak terlalu cepat, juga tidak terlalu lambat. Gaya penulisan Khairani Hasan juga dinilai baik, ia mampu menuliskan narasi cerita dengan mengalir. Selain itu, ia juga menuliskan kisah ini dengan menggunakan bahasa sehari-hari.

Secara keseluruhan, kisah Darka ini sangat menarik dan mudah untuk dipahami. Kisah Darka ini juga bukan sekadar kisah romansa semata. Khairani Hasan menyelipkan sejumlah pesan tersirat melalui kisah ini. Maka dari itu, pembaca dapat menemukan sejumlah pesan moral yang dapat menjadi pelajaran berharga.

Selain itu, sampul buku Darka ini juga dinilai menarik. Dengan desain sampul berwarna monokrom. Lalu, gambar siluet seseorang dengan latar belakang jejeran awan, membuat buku ini terlihat minimalis dan elegan.

Kekurangan Novel Darka

Beberapa pembaca merasa bahwa Khairani Hasan membangun karakter Darka ini terlalu ekstrim. Sebab, karakter Darka ini diliputi hal-hal negatif, memiliki niat yang jahat, lalu ia merupakan pria yang kasar. Karakter ini dinilai cukup berlebihan, karena tokoh utama ini seperti tidak memiliki sisi yang baik.

Selain itu, sejumlah pembaca juga ada yang merasa bahwa kisah Darka ini cukup klise. Formula kisahnya hampir serupa dengan kebanyakan novel romansa lainnya. Namun, hal ini terkait dengan preferensi. Kisah Darka ini tetap menarik dengan latar dan karakter yang unik.

Dalam buku Darka ini juga masih didapatkan sejumlah kesalahan penulisan. Beberapa bagian kisah Darka ini juga mengandung sejumlah kata kasar dan eksplisit. Hal ini kemudian membuat pembaca diharapkan untuk bijak dalam mengambil hal yang positif saja. Selain itu, ukuran tulisan dalam cetakan novel Darka ini dinilai terlalu kecil, sehingga beberapa pembaca menemukan kesulitan dalam proses membacanya.

Pesan Moral Novel Darka

Dari karakter tokoh Darka, kita dapat belajar untuk tidak mencontoh sifat dan sikapnya yang buruk. Kenakalannya, sikapnya yang kasar, juga memiliki niat buruk yang didasarkan pada perasaan dendam. Hendaknya kita meneladani sosok Chinta yang baik, rajin, dan sopan.

Namun, kita harus menghindari rela melakukan apa pun demi orang yang kita suka. Jangan seperti Chinta yang rela dimanfaatkan oleh Darka. Membantu pasangan itu sangat boleh, tetapi berbeda konteksnya dengan mengerjakan kewajibannya. Jika begitu, kita juga menghambat pasangan kita sendiri untuk berkembang.

Khairani Hasan juga menyelipkan sejumlah nilai religius, seperti pada adegan selalu mengucapkan salam sebelum berbicara di depan umum. Juga, ada nilai sosial, di mana menunjukkan kepedulian dengan menjenguk teman atau kerabat yang sedang sakit. Lalu, ada juga nilai kehidupan, yang mana mengajarkan kita untuk menjadi sosok yang rajin, ulet, sopan, dan pantang menyerah.

Penyesalan akan selalu datang di akhir. Jangan menunggu hingga menemukan rasa menyesal. Berpikirlah sebelum bertindak atau berkata-kata. Berbuat baiklah kepada semua orang di sekitar kita, supaya kita terhindar dari rasa menyesal.

Gimana Grameds, penasaran akan kelanjutan nasib Darka dan Chinta? Apakah tali asmara mereka mampu bertahan di tengah cobaan yang mencoba memutuskan hubungan keduanya? Daripada penasaran, yuk langsung pesan saja novel Darka karya Khairani Hasan ini hanya di Gramedia.com.

Bagi anda yang sedang mencari buku dengan genre yang lain atau berbagai kebutuhan lainnya, anda dapat menemukannya di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu sedia untuk membantu memenuhi kebutuhan anda.

Written by Gabriel