in

Profil Ryu Hye-Young, Prestasi, dan Rekomendasi Dramanya

Ryu Hye-Young – Bagi para pecinta drama Korea, nama Ryu Hye-Young sudah tidak asing lagi di dunia perfilman Negeri Gingseng tersebut. Apalagi jika kamu adalah seorang penggemar dari drama Korea yang berjudul Reply 1988, pasti sudah sangat akrab dengan wajah Ryu Hye-Young ini. Pasalnya, peran dia sebagai Sung Bo Ra yang bersifat galak berhasil menarik perhatian penontonnya.

Selain itu, drama Reply 1988 ini juga berhasil melambungkan namanya. Pada drama yang berkisah tentang aksi demonstrasi mahasiswa yang terjadi tahun 1980-an ini, Ryu Hye-Young dipasangkan dengan seorang aktor ternama lain, Go Kyung Pyo.

Nama Ryu Hye-Young sendiri memang baru mulai naik daun setelah membintangi serial drama Reply 1988 tersebut. Meski begitu, ternyata dia sudah lebih dahulu merintis kariernya di dunia hiburan sejak masih berusia sangat muda. Diketahui, dia mulai terjun ke dunia seni peran sebagai aktris di usia 16 tahun.

Setelah perannya yang ciamik saat menjadi Bo Ra, Ryu Hye-Young pun mulai banyak membintangi serial drama dan film di Korea Selatan. Dia juga pernah bermain di sebuah film pendek berjudul High School Girls yang membuatnya semakin serius dalam menjalani pekerjaannya sebagai aktris di dunia hiburan Korea Selatan. Bahkan, karena kemampuan dan keterampilannya, dia juga berhasil menyabet beberapa penghargaan aktris bergengsi selama perjalanan kariernya.

Lantas, bagaimana profil dari Ryu Hye-Young itu sendiri? Prestasi apa saja yang dia miliki? Apakah ada rekomendasi drama yang dimainkan oleh Ryu Hye-Young? Untuk menjawab pertanyaan di atas, yuk, simak rangkuman informasi di bawah ini. Check this out!

Profil Singkat dari Ryu Hye-Young

Sebelum mengetahui tentang Ryu Hye-Young secara lebih dalam, kita perlu lebih dahulu mengetahui profil singkatnya. Hal ini ditunjukkan agar kita mengetahui informasi dasar dari aktris asal Korea Selatan tersebut. Adapun isi dari profil singkat Ryu Hye-Young adalah sebagai berikut:

  • Nama lengkapnya: Ryu Hye-Young atau ???
  • Nama panggungnya: Ryu Hye-Young atau ???
  • Tempat lahirnya: Kota Seoul, Korea Selatan
  • Tanggal lahir Ryu Hye-Young: 28 Maret 1991
  • Usia: 31 tahun
  • Asal agensi: Z People Company
  • Tahun Debutnya: 2007
  • Akun media sosial pribadi: ryuniverse328 (Instagram)
  • Pendidikan terakhir: Jurusan Film, Konkuk University School of Acting
  • Tinggi badannya: 168 cm
  • Golongan darahnya: O
  • Zodiak: Aries

Saat itu kolonisasi Jepang atas Korea Selatan, seorang perempuan muda kelahiran Korea, Kim Sunja hamil di luar nikah. Kim Sunja adalah putri pemilik pemondokan di desa nelayan kecil dekat daerah Busan. Gadis itu diselamatkan oleh takdir ketika rohaniwan muda, Baek Isak, bersedia menikahi dan memboyongnya ke Jepang.

Bagaimana perjalanan hidup Kim Sunja? Kamu bisa temukan jawabannya pada novel Pachinko

 

Prestasi dan Karya yang Dimiliki Ryu Hye-Young

Lebih dari satu dekade berada di dunia hiburan Korea Selatan, membuat Ryu Hye-Young memiliki banyak prestasi yang telah diraihnya. Tak hanya itu, dia pun sudah membintangi berbagai judul film dan serial drama sepanjang perjalanan kariernya.

Ryu Hye-Young memulai debut aktingnya di dunia hiburan dengan bermain di sebuah film pendek berjudul High School Girl pada tahun 2007 silam. Setelah itu, dia pun mulai banyak tampil dalam beberapa film pendek lain.

Namanya mulai dikenal setelah membintangi film layar lebar berjudul INGtoogi: The Battle of Internet Trolls pada 2013 silam. Tak sampai disitu, Ryu Hye-Young juga melebarkan sayapnya di dunia seni peran dengan bermain di serial drama Heart to Heart dan Spy pada tahun 2015 lalu.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Untuk mengetahui beberapa prestasi dan karya yang dimiliki oleh Ryu Hye-Young, yuk, simak informasi berikut ini.

  • Film yang Dibintangi

  • High School Girl atau High School Student (film pendek), tayang pada tahun 2017.
  • A Time to Love, tayang pada tahun 2011 dan berperan sebagai Min Jung.
  • Forest (film pendek), tayang pada tahun 2012.
  • INGtoogi: The Battle of Internet Trolls, tayang pada tahun 2013 dan berperan sebagai Young Ja.
  • My Dictator, tayang pada tahun 2014 dan berperan sebagai Yeo Jung.
  • Slow Video, tayang pada tahun 2014 dan berperan sebagai gadis dua puluh detik.
  • Fatal Intuition, tayang pada tahun 2015 dan berperan sebagai Eun Ji.
  • Love, Lies, tayang pada tahun 2016 dan berperan sebagai Kim Ok Hyang.
  • The Mayor, tayang pada tahun 2017 dan berperan sebagai Im Min Sun.
  • Serial Drama yang Dimainkan

  • Heart to Heart, tayang di tvN pada tahun 2015 dan berperan sebagai Eun Ho.
  • Spy, tayang di KBS2 pada tahun 2015 dan berperan sebagai No Eun A (sahabat Sun Woo).
  • Reply 1988, tayang di tvN pada tahun 2016 dan berperan sebagai Sung Bo Ra.
  • Dear My Room, tayang di Olive pada tahun 2018-2019 dan berperan sebagai Shim Eun Joo.
  • Law School, tayang di JTBC pada tahun 2021 dan berperan sebagai Kang Sol A atau Kang Dan.
  • Until the Morning Comes, tayang di JTBC pada tahun 2022.
  • Penghargaan yang Diraih

  • Best Actress melalui film Graduation Trip pada 6th Multicultural International Short Film Festival tahun 2012.
  • Best New Actress melalui film Ingtoogi: The Battle of Internet Trolls pada 15th Busan Film Critics Awards tahun 2014.
  • Next Generation Female Actress melalui film Fatal Intuition dan Love, Lies pada InStyle Star Icon tahun 2016.
  • Rising Star Award melalui film Reply 1988 pada 10th Korean Cable TV Awards tahun 2016.
  • Special Popularity Award pada 21st Chunsa Film Art Awards tahun 2016.

Jika kamu sedang mencari novel romantis yang menceritakan tentang idol grup, maka novel Nunafan.com: Her Private Life – Vol 1 cocok dijadikan sebagai teman baca. Cerita yang ada di dalam novel ini sangat seru, sehingga waktu kosongmu akan jadi lebih seru juga. Penasaran dengan jalan cerita yang ada di dalam novel ini?

 

Rekomendasi Drama yang Dimainkan oleh Ryu Hye-Young

Ryu Hye-Young sebenarnya tidak begitu aktif dalam bermain di sebuah serial drama. Bahkan, sejak debutnya sebagai seorang aktris, hanya terdapat beberapa judul drama saja yang pernah dia bintangi. Meski begitu, beberapa drama yang Ryu Hye-Young bintangi ini selalu berhasil meraih popularitas yang tinggi karena memiliki alur cerita yang sangat seru.

Berikut 4 rekomendasi drama yang dimainkan oleh Ryu Hye-Young. Yuk, simak!

Drama Reply 1988

IMDb

Nama Ryu Hye-Young mulai dikenal dan diperhitungkan publik setelah bermain dalam serial drama Korea berjudul Reply 1988. Dalam drama ini, ceritakan pada sekitar tahun 1988, terdapat lima orang anak muda yang bersahabat dekat.

Mereka adalah Jung Hwan (diperankan oleh Ryoo Joon Yeol), Duk Sun (Hyeri), Dong Ryong (Lee Dong Hwi), Sun Woo (Go Kyung Pyo) yang merupakan siswa sekolah menengah, dan Taek (Park Bo Gum) yang merupakan seorang pemain go.

Kelima anak muda itu berteman dan bersahabat sejak kecil. Bahkan mereka juga kerap menghabiskan waktu bersama di rumah dan kamar Taek.

Duk Sun sendiri berasal dari keluarga kurang mampu yang tinggal di bangunan rumah semi basement. Bahkan, ayahnya juga harus kehilangan uang karena menjamin hutang yang dilakukan oleh orang lain. Walaupun begitu, Duk Sun tetap memiliki kepribadian yang ceria dan periang. Dia juga suka menyanyi dan menari untuk menghibur diri.

Di sisi lain, Duk Sun juga memiliki seorang kakak perempuan yang bernama Bo Ra, diperankan oleh Ryu Hye Young. Seperti layaknya kakak adik pada umumnya, mereka pun sering bertengkar karena hal-hal kecil.

Bo Ra sebenarnya merupakan mahasiswa jurusan hukum yang terkenal karena kecerdasannya. Dia juga sangat senang menolong orang sehingga kerap menjadi siswa favorit teman-teman dan gurunya sejak duduk di bangku sekolah.

Pada karakter lain, Jung Hwan termasuk pada orang yang berasal dari keluarga berada. Hal itu bermula dari keluarganya yang mendapatkan kekayaan secara tiba-tiba pada suatu malam. Dia juga sangat tergila-gila pada sepak bola seperti laki-laki kebanyakan.

Berbeda dengan Jung Hwan, Sun Woo termasuk pada siswa teladan di sekolahnya. Dia adalah anak yang baik dan seorang saudara yang baik ketika berada di rumah. Di rumah, dia tinggal bersama dengan ibu dan adik perempuan satu-satunya. Ibunya membesarkan dia seorang diri setelah ayah Sun Woo meninggal dunia.

Sama seperti Duk Sun, Dong Ryong juga senang menari dan bermain bersama keempat sahabatnya. Tetapi, dia akhirnya harus menyerah untuk masuk ke universitas karena nilai akademiknya yang kurang memuaskan.

Selanjutnya adalah Taek, dia merupakan seorang pemain go (permainan papan khas Jepang) yang dikenal dengan sebutan God. Sayangnya dia harus putus sekolah. Setelah itu, Jung Hwan, Duk Sun, Dong Ryong, dan Sun Woo pun menjadi teman satu-satunya yang Taek miliki.

Drama Heart to Heart

IMDb

Drama Heart to Heart adalah drama pertama yang dimainkan oleh Ryu Hye Young. Bisa dibilang, ini juga merupakan drama debut bagi aktris kelahiran 1991 ini. Oleh karena itu, pada drama ini, Ryu Hye Young masih memiliki peran yang kecil sebagai karakter bernama Lee Eun Ho.

Drama ini bercerita tentang seseorang bernama Cha Hong Do, diperankan oleh Kang Hee, sebagai seorang pengidap social phobia. Jadi, wajahnya  akan mulai memerah ketika dia harus bertemu dengan seseorang. Meski begitu, dia merupakan orang yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi setelah banyak membaca dan belajar dari buku serta internet.

Pada suatu hari, nenek dari Cha  Hong Do meninggal dunia. Dia pun mengalami kebingungan karena hanya neneknya lah orang luar satu-satunya yang dapat menjalin komunikasi dengan dia yang memiliki social phobia ini.

Untuk menyambung hidupnya, Cha Hong Do pun mulai melakukan pekerjaan dengan menjadi pembantu rumah tangga di rumah orang lain. Tetapi, dia melakukan ini sambil menyamar menjadi seorang wanita tua agar identitasnya tak diketahui.

Hingga pada suatu waktu, Cha Hong Do harus bertemu dengan seorang psikiater bernama Ko Yi Seok, yang diperankan oleh Chun Jung Nam, karena sebuah insiden tak disengaja. Ko Yi Seok sendiri adalah psikiater yang sukses dan terkenal hingga memiliki buku yang ditulisnya sendiri. Namun ternyata, di balik kesuksesannya tersebut, Ko Yi Seok adalah pengidap imposter syndrome yang muncul karena adanya trauma pada masa kecil.

Drama Dear My Room

Sumber: Asianwiki.com

Pada drama yang satu ini, Ryu Hye Young berperan sebagai seorang perempuan bernama Eun Joo. Dia adalah seseorang yang memiliki kepribadian periang namun selalu merasa khawatir tentang komitmen yang dijalin dalam sebuah hubungan.

Pada awalnya Eun Joo bekerja sebagai editor desain di sebuah perusahaan yang cukup besar. Namun karena satu dan lain hal, dia pun memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan menjadi pekerjaan baru.

Tetapi ternyata, mencari pekerjaan baru tidak semudah yang dibayangkan. Eun Joo pun mengalami kesulitan tersebut, hingga membuatnya harus merasakan depresi karena telah terlalu lama menganggur. Bahkan, apartemen yang dia gunakan sebagai tempat tinggal pun sudah mulai dipenuhi oleh jamur.

Suatu hari, Min Seok, teman Eun Joo yang diperankan oleh Kim Jae Young, memberikan beberapa lampu kepada Eun Joo sebagai hadiah. Tak disangka, lampu tersebut pun memberikan ide pekerjaan baru untuk Eun Joo.

Eun Joo tertarik untuk mengerjakan sebuah proyek desain interiornya sendiri. Setelah itu, dia pun kembali memulai untuk memperbaiki hidupnya secara perlahan.

Drama Law School

Sumber:IMDb

Law School adalah drama Korea yang tayang pada 14 April 2021 lalu di JTBC dan platform streaming online, Netflix. Drama ini berkisah tentang pengungkapan misteri yang terjadi pada sebuah sekolah hukum bergengsi di Korea. Seorang profesor dan beberapa muridnya harus terlibat dalam sebuah kasus baru yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Yang Jong Hoon, diperankan oleh Kim Myung Min, adalah seorang mantan jaksa yang kemudian bekerja sebagai seorang profesor di sekolah hukum ternama. Dia dikenal sebagai orang yang lugas dan sering memberikan komentar pedas kepada mahasiswanya ketika mengajar.

Kepribadian Yang Jong Hoon pun membuat banyak mahasiswa tidak menyukainya. Tetapi, dia sendiri tidak begitu peduli tentang bagaimana pendapat orang lain atau mahasiswa kepada dirinya.

Dia hanya ingin fokus  untuk mengembangkan personil terbaik untuk bidang hukum di masa depan. Sebab, dia ingin anggotanya dapat berkontribusi secara maksimal dalam bidang pekerjaannya.

Di kampus, Yang Jong Hoon memiliki rekan bernama Kim Eun Sook, diperankan oleh Lee Jung Eun. Dia adalah profesor satu-satunya di kampus yang menjadi teman Yang Jong Hoon. Bahkan, dia satu-satunya orang yang dapat diajak bicara terbuka saat Yang Jong Hoon berada di kampus.

Di sisi lain, ada Kang Sol A, diperankan oleh Ryu Hye Young, dan Han Joon Hwi, diperankan oleh Kim Beom, sebagai mahasiswa tahun pertama di sekolah hukum tersebut. Sebenarnya Kang Sol A ini hampir tidak bisa masuk ke sekolah hukum karena latar belakangnya yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Di kampusnya tersebut, Kang Sol A pun dikelilingi oleh siswa yang tak kalah cerdas dengan latar belakang keluarga yang mengagumkan. Hal ini pun membuat dia merasa tidak nyaman dan malu dengan asal usul keluarganya. Akhirnya, Kang Sol A memilih fokus untuk belajar tentang profesi hukum yang sebenarnya secara perlahan.

Selain Kang Sol A, ada Han Joon Hwi yang merupakan siswa unggulan di antara puluhan siswa tahun pertama lain di sekolah hukum itu. Dia juga merupakan anak muda yang memiliki daya pikat karena jiwa kepemimpinan yang dimiliki. Namun, dia memiliki rahasia besar di balik sosoknya yang sebenarnya.

Saat ini, sudah banyak orang yang ingin untuk pergi berwisata ke Korea Selatan, bisa jadi kamu salah satu orang itu. Jika masih bingung untuk memilih tempat wisata Korea Selatan yang bagus, maka kamu bisa membaca buku Wisata Hemat: Korea terlebih dahulu.

 

Kesimpulan

Ryu Hye-Young adalah seorang aktris dan model dari Korea Selatan yang namanya mulai naik setelah membintangi serial drama berjudul Reply 1988. Perempuan kelahiran 28 Maret 1991 ini memulai debut akting pertamanya di dunia hiburan Korea di usia 16 tahun dengan membintangi sebuah film pendek berjudul High School Girls pada tahun 2007 silam.

Setelah itu, Ryu Hye-Young pun mulai banyak membintangi berbagai judul film dan drama. Namanya kembali melambung dengan melakukan comeback drama pada tahun 2021 lalu melalui drama berjudul Law School. Pada drama ini, dia berperan sebagai Kang Sol A yang beradu akting dengan aktor ternama, Kim Beom.

Itulah rangkuman informasi mengenai profil Ryu Hye-Young, prestasi dan rekomendasi dramanya. Semoga bermanfaat, ya, #SahabatTanpaBatas!

Jika ingin mencari novel romantis dengan cerita tak biasa, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Nama Penulis: Raden Putri

Rujukan:

  • https://www.orami.co.id/magazine/profil-ryu-hye-young
  • https://kepoper.com/biodata-profil-dan-fakta-lengkap-ryu-hye-young/


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.3k
  • Tidak
    6% 6% 93 / 1.3k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy