in

Profil Johnny NCT dan Perjalanan Kariernya

Johnny NCT – NCT adalah grup boyband yang dibentuk oleh SM Entertainment. Boyband ini dibedakan menjadi beberapa sub-unit berdasarkan wilayah geografis, seperti NCT U, NCT 127, dan NCT Dream.

Anggota NCT yang bernama Johnny adalah seorang penyanyi, penari, dan aktor asal Amerika Serikat. Dia bergabung dengan NCT pada tahun 2016 sebagai anggota sub-unit NCT 127. Dia juga merupakan anggota sub-unit NCT Dream. Dia menjadi terkenal karena kemampuannya dalam menari dan vokal yang kuat.

Johnny dikenal sebagai anggota NCT yang memiliki kepribadian yang unik dan sangat menyenangkan. Dia dikenal sebagai sosok yang sangat energik, ceria, dan selalu siap untuk menyenangkan orang lain. Dia juga sangat rajin belajar dan berlatih, yang membuat dia menjadi salah satu anggota NCT yang paling disegani.

Selain itu, dia juga dikenal sebagai sosok yang sangat baik hati dan menyenangkan untuk diajak bekerja sama, dan dia sangat dekat dengan anggota NCT lainnya.

Profil Johnny NCT

Seo Young ho, atau lebih dikenal dengan nama Johnny NCT, adalah seorang idola K-Pop yang berasal dari Chicago, Amerika Serikat. Ia dilahirkan pada tanggal 9 Februari 1995. Johnny menjadi salah satu anggota dari grup yang dikelola oleh SM Entertainment, yaitu Neo Culture Technology (NCT).

Johnny pertama kali diperkenalkan sebagai anggota SM Rookies pada 23 Desember 2013, bersama dengan para trainee dari SM Entertainment lainnya. Kemudian pada tahun 2017, Johnny diperkenalkan sebagai anggota NCT dan sub-unit NCT 127.

  • Nama Lahir: Seo Young Ho
  • Nama International: John Jun Suh
  • Nama Panggung: Johnny NCT
  • Tempat Lahir: Chicago, Amerika Serikat
  • Tanggal Lahir: 9 Februari 1995
  • Golongan Darah: B
  • Zodiak: Aquarius
  • Shio: Babi
  • Tinggi Badan: 184 cm
  • Berat Badan: 68 kg
  • Pendidikan: Maple School, School of Performing Arts Seoul; Glenbrook North High School (lulus)
  • Instagram: @Johnnyjsuh

Perjalanan Karier Johnny NCT

Johnny NCT dikenal karena parasnya yang tampan, tubuhnya yang tinggi dan tentunya karena kemampuannya dalam rap sebagai salah satu anggota dari NCT. johnny adalah lead rapper blasteran Korea Amerika yang memiliki kepribadian unik.

Sebelum sukses debut bersama dengan NCT, Johnny adalah trainee dari SM Entertainment  selama 9 tahun hingga akhirnya debut. Bagaimana perjalanan karier dari Johnny NCT?

  • Mengikuti audisi SM Global Audition di Chicago pada tahun 2007

Johnny, anggota NCT dari grup NCT U dan NCT 127, mengikuti audisi SM Global Audition di Chicago pada tahun 2007. Ia kemudian dipilih oleh SM Entertainment, perusahaan hiburan asal Korea Selatan, untuk bergabung dengan grup trainee mereka dan menjadi trainee selama beberapa tahun sebelum debut dengan NCT. Dia juga dikenal sebagai leader dari NCT 127.

  • Menjalani masa trainee terlama di antara member NCT lainnya

Di antara member NCT yang lainnya, Johnny adalah member yang memiliki masa pelatihan atau trainee di SM Entertainment terlama atau selama sekitar 8 atau 9 tahun. Setelah menjalani masa trainee yang cukup lama, Johnny juga sempat diperkenalkan dengan SM Rookies.

SM Rookies adalah sebuah sub-grup dari SM Entertainment yang dikenalkan pada tahun 2013 dan terdiri dari trainee yang akan debut di masa depan. Johnny NCT dikenalkan sebagai anggota SM Rookies pada tahun 2013.

Beberapa anggota SM Rookies yang dikenalkan bersama dengan Johnny NCT adalah Ten, Yuta, Taeyong, Doyoung, Yeri, Jeno, Jaemin, Mark, Renjun, Donghyuk, Haechan dan Jisung.

Beberapa dari anggota SM Rookies yang dikenalkan bersama dengan Johnny NCT telah debut dengan grup NCT dan grup lainnya seperti Yeri yang akhirnya debut dengan Red Velvet sebagai member tambahan.

  • Resmi debut dengan NCT 127 bersama Doyoung pada 27 Desember 2017.

Setelah selama kurang lebih 9 tahun menjalani masa trainee di SM Entertainment, Johnny akhirnya berhasil debut dengan boy grup NCT 127 pada 6 Januari 2017.

Akan tetapi, sebelum showcase debutnya, SM Entertainment telah mengkonfirmasi berita debut Johnny pada 27 Desember 2016. Johnny debut dengan perilisan mini album berjudul Limitless.

Di NCT 127, Johnny berperan sebagai Lead Dancer, Sub Vocalist dan Sub Rapper. Sebagai member NCT 127, Johnny dikenal sebagai sosok yang memiliki kepribadian komprehensif dan manis, sehingga membuat anggota NCT lainnya menganggap Johnny sebagai sosok ayah yang ada dalam grup tersebut.

Setelah debut bersama NCT 127, Johnny melanjutkan karirnya di dunia entertainment. Tak hanya di Korea Selatan, Johnny juga berkesempatan menghadiri beberapa acara talkshow di luar Korea sebagai perwakilan dari NCT.

Mulai dari remaja hingga orang dewasa sebagian besar mendengarkan K-pop. Maka dari itu, tak salah apabila perkembangan bahasa Korea untuk K-pop terus mengalami peningkatan. Untuk kamu yang ingin belajar tentang bahasa Korea untuk K-pop, maka bisa membaca seri buku ini, yaitu Bahasa Korea Untuk Kpopers 1 dan Bahasa Korea Untuk Kpopers 2.

Buku ini mengajak kalian untuk mengetahui sejarah Hangeul, huruf-huruf Korea beserta cara pengucapannya, angka Korea beserta penggunaanya, dan mempelajari tata bahasa Korea beserta contoh penerapannya dalam lirik lagu KPop. Selain itu, juga disajikan contoh percakapan dan kosakata berbahasa Korea.

 

Fakta Seputar Johnny NCT

Boy group NCT 127 yang dikelola oleh SM Entertainment menjadi salah satu sub-unit dari NCT dan juga menjadi grup K-Pop yang memiliki musik dan konsep yang menarik. Grup ini terdiri dari 10 anggota, salah satunya adalah Johnny Suh atau yang lebih dikenal dengan nama Johnny NCT 127 yang berulang tahun pada tanggal 9 Februari.

Dengan penampilan fisik dan kemampuan yang dimilikinya, Johnny menjadi salah satu anggota NCT yang kerap membuat para penggemarnya terpesona. Apa saja fakta seputar Johnny NCT?

1. Dekat dan disebut hampir debut dengan boy grup EXO

Menjalani masa pelatihan yang cukup lama membuat Johnny sangat akrab dengan beberapa idol yang juga menjadi trainee dan debut di SM Entertainment. Dulu, Johnny pernah berlatih bersama dengan beberapa anggota EXO seperti Suho, Sehun, dan Chanyeol, sehingga mereka menjadi sangat akrab dan dekat.

Walaupun para anggota EXO akhirnya debut lebih dulu dari Johnny, hal ini tidak membuat Johnny patah semangat dalam menjalani masa-masa pelatihannya. Ketika Johnny akhirnya debut bersama NCT 127, para anggota EXO pun ikut berbahagia karena mereka tahu betul seberapa keras Johnny bekerja dan berlatih untuk dapat debut menjadi seorang idol.

Karena kedekatan member EXO dan johnny, sebelum johnny debut ia sempat dikabarkan akan debut menjadi salah satu member EXO. Akan tetapi, hal tersebut hanyalah desas-desus belaka sebab Johnny bukanlah salah satu line up debut untuk menjadi member EXO.

2. Foreign swagger

Selama bergabung dengan sub-grup SM Rookies, Johnny memiliki sebuah grup teman yang dikenal dengan nama Foreign Swagger. Grup ini terdiri dari semua trainee yang berasal dari luar Korea seperti Mark, Ten, dan Jaehyun.

Mereka membentuk grup ini karena pada awal masa pelatihan, mereka mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan Bahasa Korea. Saat ini, anggota dari grup Foreign Swagger telah debut dengan NCT, kecuali Ten, sementara itu tiga anggota Foreign Swagger debut bersama NCT 127.

3. Bergabung dengan NCT U dan sub unit  NCT 127

Setelah menunda debutnya untuk menjadi seorang idol, Johnny akhirnya resmi diperkenalkan sebagai anggota dari boy band NCT. Kemudian setelah diperkenalkan, Johnny kembali diperkenalkan sebagai anggota NCT 127 pada bulan Desember 2017.

Ketika debut, ia bergabung dengan NCT 127 bersama Doyoung untuk lagu kedua dari NCT berjudul ‘Limitless’. NCT 127 adalah subunit kedua  dari boy grup NCT. Grup ini debut pada tanggal 7 Juli 2016 dengan 7 anggota, setahun kemudian Johnny dan Doyoung bergabung dan disusul oleh Jungwoo pada bulan September 2018.

4. Menjadi penyiar radio

Selain menjadi seorang penyanyi, ternyata Johnny juga memiliki bakat dalam menjadi seorang penyiar radio. Bersama dengan Jaehyun, Johnny mengisi siaran radio yang diberi nama NCT’s Night Night. Acara radio tersebut sudah mengudara sejak tanggal 20 Maret 2017.

Dengan sifatnya yang terbuka dan kemampuan berbicaranya yang baik, Johnny dapat membawakan siaran tersebut dengan baik. Tentu saja siaran radio tersebut dapat berjalan dengan baik karena juga dibarengi oleh kemampuan milik Jaehyun. Namun sayangnya, acara radio tersebut telah berakhir dan Johnny tak lagi menjadi penyiar radio.

Acara radio tersebut harus berhenti karena jadwal padat dan jadwal tur NCT 127 yang membuat Johnny dan Jaehyun tidak dapat menjadi pembawa acaranya.

5. Memiliki kemampuan fotografi yang baik

Selain memiliki bakat sebagai seorang penyanyi, penari, rapper, dan juga DJ, Johnny juga memiliki hobi dan kemampuan lain yang tidak kalah menakjubkan, yaitu fotografi. Johnny kerap mengabadikan berbagai momen melalui fotografi, filming, hingga proses editing. Hasil filming dan foto yang ia potret pun sangat baik.

Grameds bisa melihat beberapa hasil karya kamera Johnny melalui akun Instagram pribadinya atau akun Instagram resmi NCT 127. Selain itu, Johnny juga memiliki vlog pribadi yang diberi judul Johnny Communication Center (JCC) yang diunggah dalam kanal YouTube NCT.

 

6. Salah satu member NCT yang paling romantis

Johnny terkenal dengan kepribadiannya yang berani, ramah, dan cool. Namun di balik wajah dan pembawaannya yang cool, ternyata Johnny merupakan sosok yang romantis juga. Bahkan, para member NCT 127 sendiri yang menyebut Johnny sebagai laki-laki romantis.

Menurut laporan dari soompi.com, pada satu kesempatan, para member NCT 127 ditanyakan, “Seandainya mereka adalah perempuan, siapa member NCT yang ingin diajak kencan?” Para member menyebut nama Johnny. Mereka juga memberikan alasan bahwa Johnny adalah sosok yang peduli dan bisa diandalkan.

Peristiwa Korean Wave adalah gelombang kebudayaan Korea Selatan yang populer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Semakin menjamurnya demam Korea memang masih sukses merajai sebagian besar anak muda.

Buku Smart Book Bahasa Korea merupakan buku Bahasa Korea yang mengandung materi mulai dari kosakata, tata bahasa, percakapan. Selain itu, bagi kamu yang sedang belajar bahasa Korea dan ingin bisa lolos tes TOPIK, buku ini recommended untuk sahabat semua.

7. Memiliki hobi fotografi dan suka dengan film horor

Johnny ternyata memiliki hobi lain selain menyanyi. Idol asal Amerika ini sangat menyukai fotografi. Dengan kamera kesayangannya, dia sering mengabadikan momen bersama anggota NCT. Selain itu, dia juga suka memotret pemandangan alam.

Selain fotografi, hobi lain yang disukai Johnny adalah menonton film horor. Hal ini diungkapkan saat para anggota NCT 127 melakukan wawancara dengan Elite Daily. Johnny mengaku sebagai penggemar berat film horor, salah satu film horor favoritnya adalah THE CONJURING. Dia bahkan mencari informasi tentang kisah nyata di balik film tersebut karena sangat menyukainya.

8. Fans berat Yoona SNSD

Saling mengagumi di kalangan idol Korea mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Begitu pula bagi Johnny yang mengidolakan Yoona SNSD. Fakta menarik ini terungkap saat Johnny tampil dalam acara MY SM TELEVISION pada tahun 2017. Pada saat itu, Johnny tampil bersama Leeteuk Super Junior dan Yoona SNSD.

Johnny dengan malu-malu mengungkapkan kekagumannya pada Yoona, “Sejak 2008, aku merasa tidak ada yang berubah… Ya ampun, aku gugup. Aku adalah dan akan selalu menjadi penggemar berat. Terima kasih. Terima kasih telah menjadi dirimu,” ucapnya, dikutip dari Koreaboo.

9. Selalu memiliki pikiran positif

Johnny memiliki sifat yang patut ditiru yaitu sifatnya yang positif. Menurut Johnny, kita harus selalu berpikir positif terhadap semua kejadian karena sesuatu terjadi bukan tanpa alasan.

Selain berpikir positif, Johnny juga memiliki sikap yang sangat optimis. Ia akan melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh sehingga hasilnya tidak akan mengecewakan. Johnny bahkan punya motto hidup yaitu “lebih baik melakukan sesuatu dan menyesalinya dari pada menyesal karena tidak pernah melakukan sesuatu.”

10. Ahli bermain piano

Artis yang dihasilkan oleh SM Entertainment biasanya terkenal dengan kemampuan yang berlimpah. Mereka tidak hanya bisa menari atau bernyanyi, tetapi juga bisa memainkan setidaknya satu alat musik.

Johnny diketahui dapat memainkan alat musik piano. Dia sudah belajar piano sejak masih kecil, sehingga kemampuannya bermain piano sangat menakjubkan. Johnny sering menunjukkan kemampuannya bermain piano sejak masa pelatihan dahulu. Hingga saat ini, Johnny menunjukkan keahliannya bermain piano di tur konser NCT 127.

Ada sebuah episode NCT Life di mana Johnny, Taeyong, Doyoung, Ten, dan Yuta berada di atas panggung dengan piano. Kemudian secara tiba-tiba, Doyeon menyuruh Johnny untuk memainkan sebuah lagu klasik untuk mereka. Lalu, tanpa ragu, Johnny mulai menekan tombol piano dengan memainkan salah satu lagu yang dia hafal.

Mendengar alunan musik klasik yang dimainkan oleh Johnny, Taeyong pun tidak bisa menahan dirinya untuk tidak menari. Dia kemudian berpura-pura menjadi seorang balerina yang menari dengan diiringi oleh permainan piano Johnny.

11. Punya nama julukan Hulk

Dikenal dengan tinggi badannya, membuat anggota NCT memberikan julukan kepada Johnny. Julukan ini diberikan karena selain tingginya badan, Johnny juga diketahui memiliki kekuatan yang sangat besar.

Johnny memiliki tinggi badan 187 cm, jika dibandingkan dengan anggota NCT yang lain, Johnny adalah anggota tertinggi dalam grup. Karena seperti Hulk yang berbadan besar dan memiliki tenaga yang kuat, Doyoung mengatakan jika Johnny adalah Hulk NCT.

12. Menjadi DJ atau Disc Jockey

Tidak hanya sebagai penyiar radio, Johnny juga memiliki keahlian lain dalam bidang DJ (Disc Jockey). Sebagai seorang DJ, biasanya dituntut untuk dapat menyusun daftar lagu dengan baik dan melakukan mix pada lagu sehingga 2 atau 3 lagu yang berbeda akan terdengar mengalir dalam satu alunan.

Kemampuan Johnny dalam bidang ini pertama kali ditampilkan pada acara Kcon di Mexico pada tahun 2017. Pada saat itu, NCT menjadi salah satu pengisi acara tersebut, Johnny memperlihatkan kemampuan DJ-nya dengan membuat remix pembuka untuk lagu Fire Truck milik NCT 127.

13. Mudah merasa gugup

Sikap gugup Johnny ini akan sangat terlihat di wajahnya, ekspresi wajah Johnny akan terlihat sangat tegang dan postur tubuh Johnny akan terlihat sangat tegap.

Johnny mengatakan bahwa ketika ia merasa gugup ia tidak dapat berbicara dengan benar. Namun, hal itu hanya terjadi saat berada di belakang panggung. Ketika sudah di atas panggung dan mulai tampil, rasa gugup Johnny akan hilang.

Itulah profil dan perjalanan karir dari Johnny NCT. dapatkan informasi menarik lainnya tentang K-Pop atau Korean Wave dengan membaca buku. Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan original untuk Grameds.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan:

  • https://www.orami.co.id/magazine/johnny-nct
  • https://www.kapanlagi.com/korea/sederet-fakta-menarik-johnny-nct-yang-cool-tapi-aslinya-romantis-sempat-diduga-hampir-debut-bersama-exo-82c0c1.html
  • https://bacaterus.com/fakta-johnny-nct/


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy