in

Biografi Jay Enhypen: Karir dan Fakta-Faktanya

Jay ENHYPEN – ENHYPEN adalah sebuah grup penyanyi laki-laki asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Belift Lab, yang merupakan hasil dari program realitas “I-LAND”. Grup ini terdiri dari tujuh anggota yaitu: Heeseung, Jay, Jake, Sung Hoon, Sunoo, Jungwon, dan Ni-ki. Mereka debut pada November 2020 dengan album mini pertama mereka yang berjudul “BORDER : DAY ONE”.

Salah satu anggota dari boy group Enhypen adalah Jay yang memegang posisi sebagai lead vocalist, main rapper dan lead dancer. Jay dikenal sebagai salah satu anggota dari grup Enhypen yang jago berbahasa Inggris, sebab ia adalah salah satu anggota blasteran Korea Amerika. Tertarik untuk mengenal sosok Jay Enhypen lebih jauh? Simak biografi dan profil soal Jay berikut.

Profil Jay Enhypen

Jay dari grup ENHYPEN dikenal juga dengan nama Jay Park dan nama Korea-nya adalah Park Jong Seong yang artinya adalah mengumpulkan bintang. Dia lahir pada tanggal 20 April 2002, saat ini Jay telah berusia 20 tahun. Lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Jay kemudian pindah ke Korea Selatan saat berusia 9 tahun. Dia memiliki kewarganegaraan Korea-Amerika dengan keturunan Korea.

Jay dari grup ENHYPEN merupakan anak tunggal dari orang tuanya dan dikenal sebagai individu yang cukup cerdas karena ia sempat bersekolah di Hanlim Multi Arts School (Jurusan Practical Dance) di departemen Practical Dance. Lalu ia sempat berlatih menari di salah satu academy yaitu LP Dance Academy.

Walaupun Jay Park adalah seorang penyanyi yang cukup terkenal, akan tetapi dia menjalani kehidupan pribadi yang jauh dari dunia publik. Oleh karena itu, tidak banyak informasi yang tersedia tentang orang tuanya dan hanya beberapa fakta bahwa ayahnya adalah seorang presiden atau CEO dari agen perjalanan lokal, Sinar Tour.

Apabila mencari naam Sinar Tour yang ada di Google, maka nama Sinar Tour akan merujuk pada hasil pencarian Sinar Holdings yang terafiliasi dengan Maimunah Holdings, yaitu sebuah perusahaan asal Brunei Darussalam.

Selama beberapa tahun belakang ini, Sinar Holdings secara aktif mempromosikan Brunei sebagai salah satu tujuan wisata pada warga Korea Selatan. Dilansir dari BizBrunei, Sinar Tour merupakan agen perjalanan yang dimiliki bersama oleh Hjh Normah Suria Hayati, Haji Awang Jamil Al-Sufri serta seorang pengusaha asal Korea Selatan bernama James Park. Apabila di cocokan, maka nama ayah dari Jay Enhypen ialah James Park.

Berikut adalah profil lengkap dari Jay Enhypen.

  • Nama Panggung : Jay
  • Nama Lengkap : Jay Park
  • Negara Kelahiran : Amerika Serikat
  • Tanggal Lahir : 20 April 2002
  • Golongan Darah : B
  • Tinggi Badan: 180 cm
  • Masa Trainee : 2 tahun 11 bulan
  • Zodiak & Shio : Taurus, Kuda
  • Latar Belakang Akademis : Gochon Middle School, Incheon Haewon Middle School, Incheon Haewon High School dan Hanlim Performing Art High School
  • Keahlian Bahasa : Bahasa Inggris, bahasa Korea, serta bahasa Jepang
  • Grup : ENHYPEN
  • Posisi : Rapper, vokalis dan penari utama
  • MBTI : ENTP
  • Hobi: Bermain game, berbelanja pakaian, menatap kosong (bengong).
  • Julukan : Angry bird, Jay Jay

Perjalanan Karier Jay ENHYPEN

Saat masih duduk di kelas 4 sekolah dasar, Jay dari ENHYPEN kembali ke Korea Selatan bersama dengan seluruh keluarganya. Saat itu, dia harus berpindah sekolah ke sekolah Korea yang berada di Gochon.

Meskipun masih seorang anak kecil, ia pernah pindah ke beberapa kota di Korea Selatan, termasuk Incheon ketika ia masih di sekolah menengah. Namun, akhirnya ia pindah dan menetap ke Seoul karena ia ingin mengejar mimpinya menjadi seorang idol, meskipun pada  awalnya dia tidak begitu tertarik untuk menjadi seorang idol K-pop.

Namun, dia ditawari untuk mengikuti audisi. Setelah melihat penampilan dari boy group, BTS, Jay akhirnya memiliki tekad untuk bergabung dengan agensi Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi BTS. Jay kemudian menjalani masa traineenya selama beberapa waktu dan akhirnya berhasil diterima di Big Hit Entertainment.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Setelah berhasil masuk menjadi salah satu trainee dari Big Hit Entertainment, Jay Park kemudian memutuskan untuk mengikuti salah satu ajang reality show dengan tema survival show yang sedang populer di Korea Selatan.

Reality show yang ia ikuti adalah I-Land, melalui reality show tersebut Jay berhasil mendongkrak namanya dan meraih kepopulerannya. Sementara itu, I-Land merupakan salah satu survival program yang dibuat oleh Big Hit Entertainment dan bekerja sama dengan CJ ENM untuk membentuk sebuah boy band baru di bawah naungan Belift Lab.

Sebelum acara I-Land, YG Entertainment juga sempat membentuk sebuah boy band bernama Winner melalui sebuah acara survival bernama Who Is Next dan membentuk iKon melalui acara Mix and Match. Sementara itu, JYP Entertainment juga sempat membentuk boy band dan girl band dengan acara survival.

Sama dengan konsep kedua acara survival tersebut. I-Land bertujuan untuk membentuk sebuah boy group baru yang akan terdiri dari 7 anggota, akan tetapi peserta yang mengikuti acara I-Land berjumlah 22 trainee.

Sehingga, seluruh 22 trainee harus berlomba agar dapat menjadi salah satu anggota dari boy group tersebut.

Acara survival I-Land memiliki konsep untuk memberi rasa nyaman bagi seluruh pesertanya dengan tinggal di sebuah kompleks dengan tiga lantai. Akan tetapi, kompleks tersebut hanyalah untuk 12 peserta yang memiliki kinerja baik.

Jay merupakan salah satu dari 22 trainee yang ikut menjadi peserta dan mantan trainee dari Big Hit Entertainment. Selain Jay, trainee lainnya memiliki latar belakang serta asal agensi yang berbeda0beda.

Acara I-Land telah mengundang banyak artis sebagai bintang tamu dalam reality show survival tersebut, contohnya seperti TXT, Seventeen, BTS dan beberapa artis lainnya. Dari kehadiran idol tersebut, para peserta I-Land dapat mengambil pelajaran dari seniornya.

Untuk dapat berada di peringkat teratas dan menjadi salah satu dari 7 anggota boy group bentukan I-Land, para peserta diharuskan mendapatkan voting yang cukup banyak.

Karena kepopuleran dan bakat yang dimiliki oleh Jay, ia berhasil mendapatkan jumlah voting yang cukup besar serta membuat dirinya berhasil menjadi salah satu final line-up dari I-Land. Jay menempati peringkat kedua pada abbak akhir I-Land dan akhirnya debut dengan Enhypen pada 30 November 202.

Selama karirnya sebagai anggota boy grup Enhypen, Jay bersama anggota lainnya telah menerbitkan tiga mini album yaitu Border: Day One rilis pada tahun 2020, Border: Carnival rilis pada tahun 2021, Manifesto: Day 1 rilis pada tahun 2022. Selain ketiga mini album tersebut, Enhypen juga merilis dua full album berjudul Dimension: Dilemma rilis di tahun 2021 dan yang terbaru adalah Sadame rilis pada Oktober 2022.

Bicara tentang Korea Selatan, pastinya sangat banyak, mulai dari K-pop, hingga K-food. Untuk Grameds yang ingin tahu lebih banyak tentang Korea Selatan, maka bisa membaca buku All about K-Food in K-Pop, K-Drama, & K-Variety.

Di dalam buku ini, kamu akan mengetahui banyak hal, mulai dari makanan-makanan favorit para idol K-Pop, siapa saja idol yang jago masak, para Shikshin alias tukang makan di dunia K-Pop, restoran dan kafe K-Pop, drama Korea buat para Foodie, hingga acara variety bertema kuliner wajib tonton. Semuanya bakal dibahas lengkap disini.

Fakta-Fakta Seputar Jay Enhypen

Jay Enhypen atau Jay Park dikenal sebagai salah satu idol yang memiliki kepribadian yang seksi, menawan sekaligus lucu. Terkadang-kadang, Jay akan terlihat di depan publik dengan kacamata serta lensanya, karena ia memiliki masalah penglihatan.

Selain karena kepribadiannya yang unik, Jay juga dikenal sebagai seorang idol yang pandai berbicara bahasa asing seperti bahasa Jepang dasar dan ahli dalam berbahasa Inggris, sebab ia adalah orang Korea-Amerika.

Kemahirannya dalam berbahasa Jepang ia dapatkan sebab ia mempelajari bahasa Jepang dasar dengan menonton beberapa anime. Selain fakta-fakta di atas, ada pula beberapa fakta unik lainnya seputar Jay Enhypen. Simak beberapa faktanya berikut ini.

1. Anak dari Orang Kaya atau Seorang Chaebol

Jay dari ENHYPEN sering dikenal sebagai anak tunggal orang kaya. Ayahnya adalah seorang presiden atau CEO dari perusahaan agen travel bernama Sinar Tours.

Dalam sebuah kesempatan, Heeseung juga menyebutkan bahwa Jay Park adalah anggota dari ENHYPEN yang paling kaya. Dia mengaku pernah diajak oleh Jay untuk menginap di sebuah hotel bintang 7 dan semua biaya penginapannya ditanggung oleh anak berusia 20 tahun tersebut.

Menurutnya, biaya hotel yang dikeluarkan ketika menginap mencapai lebih dari 5 juta won atau sekitar lebih dari Rp 62 juta hanya untuk menginap selama semalam saja.

2. Lahir di Amerika

Jay dari ENHYPEN lahir di Seattle, Amerika Serikat. Dia juga pernah tinggal di Amerika selama sembilan tahun lamanya sebelum akhirnya pindah ke Korea Selatan. Karena Jay sudah lama tinggal di Amerika Serikat, Jay pun menjadi sangat fasih berbahasa Inggris.

Oleh karena itu, Jay sering kali menjadi perwakilan kelompok Enhypen untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Selain fasih berbahasa Inggris dan Korea, Jay juga menguasai bahasa Jepang karena dia sangat suka menonton anime.

3. Tertarik dengan Tari atau Menjadi Dancer

Di Enhypen, Jay Park memiliki peran sebagai vocalist dan juga rapper, akan tetapi ia juga seorang penari utama dalam boy grup tersebut. Sebagai penari utama, Jay memiliki ketertarikan pada dunia seni tari.

Karena ketertarikannya tersebut, Jay sempat menempuh pendidikan di Hanlim Performing Art High School dan ia mengambil jurusan Practice Dance. Selain mempelajari seni tari di Hanlim, Jay Park juga sempat berlatih seni tari di LP Dance Academy sebelum akhirnya bergabung dan menjadi trainee dari Big Hit Entertainment.

Sebelum debut menjadi salah satu anggota boy grup Enhypen, Jay telah menjalani masa trainee atau pelatihan selama kurang lebih dua tahun sebelas bulan.

Apakah kamu seorang K-popers? Supaya semakin mudah dalam memahami lagu bahasa Korea, maka kamu bisa membaca buku Bahasa Korea Untuk Kpopers 2. Buku yang ditulis dengan bahasa sederhana ini akan memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa Korea. Jadi, tertarik untuk membelinya?

 

4. Memiliki Fandom Sendiri

Jay merupakan salah satu idol yang cukup populer, bahkan sebelum ia bergabung dengan boy grup Enhypen, Jay telah memiliki penggemar atau fandomnya sendiri.

Fandomnya terkumpul dari reality show survival yaitu I-Land. Dari penampilan Jay di I-Land tersebut, Jay telah menarik banyak perhatian masyarakat. Lalu setelah bergabung dengan Enhypen, Jay pun mendapatkan lebih banyak penggemar dan memiliki fandom sendiri dengan nama Blue Jays.

5. Meraih Peringkat Kedua di I-Land

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa perjalanan karir Jay di dunia entertainment Korea Selatan sebagai idol dimulai ketika ia mengikuti ajang survival show bernama I-Land.

Dalam acara tersebut, ada banyak trainee lain yang ingin debut dan tentunya persaingan cukup ketat. Sehingga untuk mempertahankan peringkat ke-20 besar di I-Land cukuplah sulit.

Meskipun begitu, dengan kemampuan yang dimiliki oleh Jay, ia berhasil bertahan dan bahkan mendapatkan peringkat kedua di I-Land. Karena keberhasilannya tersebut, Jay pun berhasil debut menjadi boy grup Enhypen.

Tentu saja, di I-Land ada banyak trainee yang memiliki karakter unik serta talenta baik. Sehingga cukup sulit untuk berebut peringkat dalam acara tersebut.

6. Memiliki Banyak Hobi

Sebagai seorang idol, Jay cukup sibuk dengan aktivitasnya, mulai dari latihan, tampil di acara tertentu dan aktivitas lainnya. Meskipun sibuk, Jay adalah salah satu idol yang memiliki banyak hobi, seperti pijat yang ia pelajari secara otodidak dengan menyaksikan video tutorial di beberapa platform.

Selain hobi uniknya tersebut, Jay juga memiliki hobi lain seperti memasak, makan, menari, bermain badminton dan berbelanja pakaian karena ia sangat mencintai fashion.

7. Nama dan Kebangsaan Jay

Meskipun lahir di Amerika dan tinggal di sana selama kurang lebih 9 tahun, kedua orang tua Jay sebenarnya memiliki kebangsaan Korea. Oleh karena itu, Jay, sebagai anak tunggal, diberi nama Korea yaitu Park Jong-Seong. Jong (?) artinya adalah “mengumpulkan” dan Seong (?) yang artinya adalah “bintang”.

Ayah Jay Park dirumorkan adalah seorang pemilik travel agency yang bernama Sinar Tour. Ayah Jay Park adalah sosok yang sangat penting dalam hidup Jay. Bahkan hingga saat ini, barang paling berharga yang dimiliki oleh Jay adalah jam tangan yang diberikan oleh ayahnya.

Apakah kamu seorang K-popers? Supaya semakin mudah dalam memahami lagu bahasa Korea, maka kamu bisa membaca buku Bahasa Korea Untuk Kpopers 1. Buku yang ditulis dengan bahasa sederhana ini akan memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa Korea. Jadi, tertarik untuk membelinya?

 

 

8. Memiliki Bakat Musik Sejak Kecil

Sebagai seorang penyanyi dan idol Korea Selatan, kemampuan musikalitas Jay Enhypen tentunya sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, Jay memiliki bakat musik sejak ia kecil.

Sejak Jay kecil, ia telah belajar bermain alat musik, sehingga ketika ia dewasa, Jay telah menguasai alat musik berupa piano, gitar dan telah menekuni alat musik gitar selama kurang lebih tiga setengah tahun.

Hebatnya lagi, Jay dilaporkan berhasil menguasai dan mahir memainkan piano hanya dalam waktu tiga bulan saja.

9. Dapat Tawaran Jadi Idol dengan Street Casting

Tidak seperti kebanyakan idol lainnya yang harus melalui casting dengan mendatangi agensi tertentu, Jay justru mendapatkan tawaran casting untuk menjadi idol dengan cara street casting.

Dalam suatu kesempatan, Jay sempat menceritakan bahwa ia menjadi trainee dari Big Hit Entertainment selama kurang lebih dua tahun 11 bulan. Usai menjadi trainee selama hampir 3 tahun lainya, Jay pun akhirnya memutuskan untuk mengikuti acara survival I-Land.

Pada episode pertama dari acara tersebut, Jay dan Sung Hoon tampil bersama dengan menampilkan The 7th Sense dari NCT U. Jay lalu berhasil meraih peringkat kedua pada final I-Land dan akhirnya bergabung menjadi salah satu anggota grup Enhypen dengan 6 peserta dari I-Land yang lain.

10. Role Modelnya adalah Kai EXO 

Sebelum tertarik menjadi seorang idol, Jay Enhypen memutuskan untuk menjadi trainee dan memiliki impian sebagai idol usai melihat performance dari BTS. usai menjadi member dari grup Enhypen, Jay pun masih menjadi Jimin dari BTS sebagai sumber inspirasinya sebagai dancer dari grup K-Pop.

Selain Jimis, Jay juga memiliki role model yaitu Kai EXO, sementara itu artis KPOp yang paling ia hormati adalah RAIN.

Itulah biografi singkat dari Jay Enhypen dan beberapa fakta seputar Jay. Tertarik dengan K-Pop? Baca buku seputar topik K-Pop lainnya yang disediakan di gramedia.com sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan original untuk Grameds.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan:

  • https://www.orami.co.id/magazine/jay-enhypen
  • https://www.rukita.co/stories/fakta-profil-jay-enhypen/

Sumber Gambar

Kompas Entertainment

  • https://entertainment.kompas.com/read/2022/08/23/210046566/profil-jay-enhypen-punya-ayah-ceo-agen-tur?page=all


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy