in

Contoh Biografi Diri Sendiri Beserta Susunan Struktur Teks Biografi

Mungkin sebagian besar dari Grameds sudah tidak asing dengan salah satu tks yang bernama teks biografi, bukan? Teks biografi sendiri tergolong menjadi teks yang sangat menarik untuk dibaca karena pada teks biografi mengandung cerita atau perjalanan hidup secara singkat maupun detail dari berbagai tokoh sesuai dengan judul dari teks biografi yang dibaca.

Nah, untuk Grameds yang mungkin berencana membuat teks biografi, tentunya akan sedikit kesulitan bukan jika Grameds belum memiliki contoh yang mungkin bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat teks biografi?

Untuk dapat membuat teks biografi sendiri, Grameds harus mengetahui beberapa hal-hal dan kaidah dari teks biografi yang harus dipahami dan ditaati. Selanjutnya Grameds dapat melihat contoh-contoh dari teks biografi yang akan kami sediakan untuk membantu dan menambah referensi untuk Grameds.

Sebelum menuju ke contoh-contoh teks biografi untuk Grameds, ada baiknya jika Grameds mengetahui lebih dalam mengenai teks biografi yang akan Grameds susun. Berbagai hal penting itu terdiri dari pengertian teks biografi, struktur teks biografi, ciri-ciri teks biografi, kaidah kebahasaan teks biografi, jenis-jenis teks biografi, dan terakhir adalah berbagai contoh dari teks biografi yang bisa menjadi referensi untuk Grameds sekalian dalam membuat teks biografi.

Perlu diketahui bahwa teks biografi sendiri ditulis oleh orang lain menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Tentu saja teks biografi sangat berbeda dengan teks autobiografi yang ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama.

Definisi Singkat Teks Biografi

Ada beberapa jenis pengertian untuk teks biografi yang dapat Grameds ketahui, diantaranya adalah definisi menurut KBBI dan definisi menurut para ahli. Kami akan memaparkan secara singkat definisi teks biografi dari berbagai sudut kepada Grameds agar lebih mudah dipahami.

1. Menurut Ahli

Menurut salah satu ahli Bahasa yang bernama Toyidin (2013:292) dijelaskan bahwa teks biografi merupakan teks yang berisi tentang riwayat atau sejarah hidup dari seseorang atau kelompok yang biasanya menjadi tokoh masyarakat. Teks tersebut dituliskan oleh orang lain untuk para pembaca yang ingin mengetahui alur hidup, ideology yang dianut, perjuangan yang telah dilakukan, dan berbagai hal lainya yang telah dilalui tokoh tersebut semasa hidup. Hal-hal yang dijadikan atau dimasukkan ke dalam teks biografi biasanya berupa berbagai hal baik yang sudah dilakukan oleh tokoh dengan tujuan untuk memotivasi dan menjadi teladan bagi para pembaca teks biografi.

2. Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks biografi adalah bentuk teks dari perjalanan hidup atau riwayat hidup seseorang yang disusun oleh orang lain. Dalam arti lain, teks biografi dapat diartikan sebagai bentuk dari sebuah karya tulis yang memuat susunan dari perjalanan hidup nyata yang dijalani oleh seorang tokoh.

3. Menurut Kementerian Pendidikan

Sedangkan untuk pengertian atau definisi dari teks biografi menurut Kemendikbud sendiri tergolong sangat ringkas, yaitu teks biografi adalah teks atau karya tulis yang menceritakan riwayat hidup dari pelaku atau tokoh, segala masalah dalam perjalanan hidup tokoh tersebut, serta seluruh peristiwa yang pernah dialami oleh tokoh atau pelaku dalam teks biografi tersebut.

Susunan Struktur Teks Biografi

Sejatinya teks biografi termasuk kedalam jenis teks narasi. Dengan begitu, maka secara otomatis struktur dari teks biografi adalah sama dengan struktur teks narasi, seperti teks hikayat dan teks cerita pendek. Secara umum, struktur teks biografi tersusun atas struktur orientasi, peristiwa penting atau Important Event, dan ditutup dengan struktur reorientasi. Berikut akan kami jelaskan secara rinci mengenai struktur dari teks biografi agar Grameds menjadi lebih memahami tentang teks biografi.

1. Orientasi (Setting atau Aim)

Bagian awal dari teks biografi diawali dengan orientasi atau yang biasa disebut dengan bagian pengenalan. Pada bagian awal ini, penyusun atau penulis memaparkan dan menjelaskan mengenai pengenalan tokoh atau tokoh-tokoh yang mengambil peran penting dalam hidup si tokoh utama dalam teks biografi tersebut.

2. Peristiwa Penting (Record of Events atau Important Events)

Bagian kedua adalah bagian peristiwa penting. Untuk bagian kedua ini, penulis akan memberikan penjelasan detail mengenai beberapa atau mungkin semua peristiwa-peristiwa penting yang telah dialami oleh tokoh. Biasanya penjelasan peristiwa ini yang dijelaskan oleh penulis adalah peristiwa-peristiwa yang memberikan dampak baik positif maupun negatif kepada tokoh dalam teks biografi yang disusun.

Peristiwa-peristiwa ini biasanya berbentuk masalah yang telah dihadapi dan memberikan tantangan dan rintangan kepada tokoh semasa mengejar cita-cita atau keinginan dari tokoh teks biografi tersebut. tak hanya berisi mengenai permasalahan tokoh saja, namun juga berisi tentang metode atau cara bagaimana tokoh memecahkan masalah satu persatu hingga dapat berdiri di posisi saat ini dan berhasil mendapatkan apa yang tokoh inginkan.

3. Reorientasi

Bagian atau struktur ketiga dari teks biografi adalah bagian reorientasi. Untuk bagian akhir ini, penulis atau penyusun teks biografi memberikan masukan, kritik, serta saran yang bersifat evaluatif untuk memberikan masukan terhadap susunan peristiwa yang sudah diceritakan sebelumnya. Untuk struktur penutup ini sebenarnya memiliki sifat opsional, dimana struktur ini boleh ditambahkan dan boleh juga jika tidak ditambahkan dalam teks biografi tokoh.

Ciri Teks Biografi

Sama seperti jenis teks lainnya, teks biografi juga memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa membantu Grameds dalam membedakan teks biografi dengan teks jenis lainnya. Nah, berikut ini kami sajikan beberapa cir-ciri mencolok yang dimiliki oleh teks biografi.

  • Teks biografi isinya adalah kisah-kisah yang bersifat fakta, sesuai dengan kejadian nyata.
    Teks biografi memiliki bentuk seperti teks narasi yang menggunakan gaya penulisan yang dapat membuat teks tersebut menjadi sangat menarik.
  • Teks biografis merupakan teks yang memiliki sifat menginspirasi, dengan begitu akan sangat mudah mempengaruhi pembacanya.
  • Teks biografi sangat cocok digunakan sebagai motivator karena berisi banyak motivasi dari tokoh didalamnya.
  • Teks biografi dilengkapi dengan berbagai pesan dan kesan yang disampaikan secara langsung oleh para tokoh utama dalam teks tersebut.
  • Struktur teks biografi memiliki sifat baku, yang terdiri dari struktur orientasi, peristiwa-peristiwa penting, dan ditutup dengan struktur reorientasi.

Jenis Teks Biografi

Teks biografi dikelompokkan menjadi lima jenis, yakti berdasarkan penulis, berdasarkan isi dari teks biografi, berdasarkan jenis izin teks biografi, berdasarkan permasalahan yang diangkat, dan yang terakhir adalah berdasarkan siapa penerbitnya.

1. Berdasarkan Penulisnya

Teks biografi yang dikelompokkan berdasarkan penulisnya dibedakan atau dikelompokkan lagi menjadi dua jenis atau dua kelompok, yaitu biografi yang berarti kisah, cerita, atau teks ditulis oleh orang lain. Yang kedua adalah autobiografi yang berarti kisah, cerita, atau teks ditulis sendiri atau ditulis oleh orang yang memiliki kisah atau cerita hidup.

2. Berdasarkan Isinya

Teks biografi yang dikelompokkan berdasarkan isinya dibedakan atau dikelompokkan lagi menjadi dua jenis atau dua kelompok, yaitu pertama adalah biografi karir dimana teks biografi tersebut berisi mengenai cerita atau kisah dari perjalanan hidup dari si tokoh. Bisa saja berisi mengenai beberapa bagian dari perjalanan hidup tokoh yang memiliki kesan tak terlupakan.

Yang kedua adalah biografi karir, dimana dalam teks biografi tersebut diberikan adanya pembatas dimana hanya membahas mengenai bagian dimana tokoh merintis atau memulai karirnya dalam kehidupan tokoh. Perjalanan karir dari mulai nol hingga ke karir yang sukses sesuai dengan keinginan dan cita-cita tokoh.

3. Berdasarkan Izinnya

Teks biografi yang dikelompokkan berdasarkan izinnya dibedakan atau dikelompokkan lagi menjadi dua jenis atau dua kelompok, yaitu authorized biography adalah teks biografi yang mendapatkan izin dari tokoh si pemilik kisah untuk dibagikan kisahnya menjadi sebuah biografi.

Sedangkan jenis kedua adalah unauthorized biography merupakan kebalikan dari jenis pertama, yakni berarti kisah atau teks biografi disusun tanpa sepengetahuan dan tanpa adanya persetujuan dari tokoh si pemilik kisaj. Biografi dengan jenis ini biasanya ditulis atau disusun apabila toko sudah wafat dan tidak memiliki anggota keluarga yang adapt atau berkenan dimintai izin.

4. Berdasarkan Penerbitnya

Teks biografi yang dikelompokkan berdasarkan penerbitnya dibedakan atau dikelompokkan lagi menjadi dua jenis atau dua kelompok, yaitu biografi yang diterbitkan menjadi buku sendiri adalah jenis teks biografi yang sudah dibukukan dan proses produksi diambil alih sepenuhnya oleh penulis. Semua biaya pengerjaan ditanggung oleh penulis. Buku teks biografi dengan jenis ini biasanya dinilai lebih laku dibandingkan dengan buku biografi Janis kedua.

Yang kedua adalah jenis buku subsidi, berbeda jauh dengan buku terbitan pribadi, buku dengan jenis ini biasanya untuk biaya produksi dan penerbitan ditanggung oleh sponsor yang memberikan dukungan untuk penulis.

Contoh Teks Biografi

Nah, pada bagian ini kami akan memberikan beberapa contoh teks biografi baik contoh teks biografi pribadi maupun beberapa contoh teks biografi dari para tokoh terkemuka di Indonesia.

1. Teks Biografi Diri Sendiri

Aida Nayla Khairun seorang siswi kelas XII dari SMK Negeri 14 Serang Jurusan Komputer lahir dan tumbuh dengan baik di kota tercintanya, Kota Serang. Aida dilahirkan oleh ibunya yang cantik pada tanggal 15 Agustus 2000.

Aida merupakan salah satu murid yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap dunia perfilman, khususnya Marvel. Selain menyenangi bidang tersebut, Aida juga sangat menaruh ketertarikan dalam bidang yang berhubungan dengan binatang. Bagi Aida sendiri, binatang merupakan makhluk hidup yang memiliki beberapa persamaan dengan manusia.

Semasa kecil Aida pernah tinggal di dekat tol yang ada di Semarang, setiap hari cuaca disana sangatlah panas. Cuaca panas itu membuat Aida kegerahan setiap hari. Hal itulah yang kemudian membuat Aida tersadar bahwa adanya pemanasan global disebabkan manusia karena selalu mengendarai kendaraan bermotor yang membuat udara menjadi banyak polusi dan membuat lapisan ozon menipis.

Aida langsung tanggap untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor di kesehariannya. Aida memilih untuk naik sepeda atau kuda untuk menuju ke sekolahnya.

2. Teks Biografi Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro atau akrab dikenal Cristiano Ronaldo adalah seorang pemain sepak bola populer asal negara Portugal. Ronaldo dilahirkan pada Madeira, lima Februari 1986. Ronaldo dikenal menjadi pemain terbaik di dunia berkat bepergian kariernya yg luar biasa. majemuk gelar berhasil dipersembahkan olehnya baik buat tim maupun negara.

Tidak kalah menarik perhatian, gelar individu sangat majemuk yg sudah Cristiano Ronaldo raih, satu diantaranya adalah sebagai pemain terbaik pada dunia selama empat kali. Cristiano, yang berposisi sebagai playmaker, berhasil mencetak poly gol setiap musimnya.

Profesi sepak bola Ronaldo dimulai saat masih bermain buat tim masa kecil di Andorinha pada usia delapan tahun. Berkat penampilan impresifnya, Ronaldo lalu berpindah dan berganti- ganti ke beberapa tim sepak bola, mirip CD Nasional, pada mana Ronaldo berhasil menerima gelar. Prestasi awal yg brilian menghasilkan Sporting Lisbon tertarik untuk memboyongnya.

Karier pesepak bola bagus ini terus menanjak hingga Manchester United resmi mendatangkannya di 2003. beserta MUm laki-laki dengan kebangsaan dari Portugal ini berhasil meningkatkan permainan puncaknya pada tahun 2018, dengan membawa gelar megah Premier League dan liga Champions. Pada tahun bersamaan itu juga Ronaldo diberi gelar sebagai pemain terbaik di seluruh dunia.

Segudang prestasi yang sudah diraih di level tim juga negara menghasilkan klub kenamaan Spanyol, Real Madrid, rela mengeluarkan uang satu triliun lebih untuk bisa memboyongnya. bersama tim tersebut Ronaldo tetap tampil dengan sangat dahsyat dan mengagumkan dengan segudang prestasi. saat ini Ronaldo telah membela klub perserikatan Italia, Juventus, dan masih dalam performa yg terbaik. Cristiano Ronaldo sudah menjadi idola bagi kebanyakan pencinta sepak bola. usaha, tekad, serta usaha kerasnya sudah membawanya ke taraf kesuksesan tertinggi.

3. Teks Biografi Sendiri

Namanya ialah Dewi Ramdhani, Lahir pada Semarang, 30 Oktober 1997, ia adalah anak ketiga dari lima bersaudara, anak cantik yang berasal pasangan Kamaruddin serta Siti Zubaidah. Dewi adalah panggilan kesehariannya, dia terlahir di lingkungan dan keluarga dengan keadaan yang sangat sederhana.

Ayahnya adalah seorang pengajar honorer di sebuah madrasah tsanawiyah, sedangkan Ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik, tepatnya pabrik sepatu tidak jauh dari tempat tinggal mereka. Sedari kecil Dewi selalu diberikan nasehat oleh sang ayah tercinta agar Dewi selalu rajin beribadah, amanah dan baik kepada semua orang.

Ketika Dewi berumur 6 tahun, Dewi memulai pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 1 Semarang, kemudian setelah lulus beliau melanjutkan pendidikannya di SMPN 1 Semarang di tahun 2009. Selepas lulus dari Sekolah Menengah Pertama di tahun 2012, dia mengikuti Pamannya tinggal di kota Yogyakarta dan melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengan Atas xx Kota Yogyakarta.

Ketika Dewi menginjak kelas X SMA tersebut, Dewi mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah se-Kota Yogyakarta, beserta puisinya yang berjudul “ Tak pulang dirunding kayang” menjadi kampiun ke 3 pada perlombaan tersebut.

Pastinya saja hal tersebut dapat membuat hatinya menjadi senang dan semakin bersemangat untuk mengembangkan bakat menulis, terutama menulis goresan puisi-puisi bertemakan lingkungan. Baginya lingkungan merupakan keliru satu aspek penting pada kehidupan karena lingkungan yang bersih serta asri bisa membentuk jiwa insan bertenaga dan sehat.

Selain itu beliau juga aktif pada aneka macam aktivitas di sekolah, Dewi bergabung dengan organisasi Pramuka serta pula pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini Dewi masih duduk pada kelas XII Sekolah Menengah Atas jurusan Bahasa, setelah lulus nanti gadis berkulit hitam anggun ini berencana buat melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Nah itu dia beberapa contoh teks biografi yang dapat kami sajikan untuk Grameds sekalian. Agaimana? Mudah bukan untuk membuat teks biografi, sudah tersedia banyak referensi untuk Grameds! Jangan lupa untuk selalu mencoba!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah