in

Profil Jessica Jung: Karier di Dunia Hiburan, Menulis Buku, dan Modelling

Sumber: Instagram.com/jessica.syj

Jessica Jung – Jessica Jung atau dikenal juga dengan nama Koreanya Jung Soyeon adalah aktris, penyanyi dan perancang busana berdarah Korea-Amerika yang memulai karier sebagai anggota grup idola Girls Generation atau SNSD (baca: Sonyeosidae) di Korea Selatan pada 2007 di bawah naungan agensi musik SM Entertainment.

Girls’ Generation

https://www.gramedia.com/products/girls-generation?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Tujuh tahun kemudian, di tahun 2014 Jessica dikeluarkan dari grupnya karena masalah internal dan juga menyudahi kontraknya dengan SM Entertainment satu tahun kemudian di tahun 2015.

Setelah keluar dari Girls Generation dan SM Entertainment, kehadiran Jessica di atas panggung sebagai bagian dari grup idola sangat dinantikan oleh para penggemar. Impian penggemar agar dirinya bisa berkumpul lagi bersama delapan anggota Girls Generation lainnya adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Namun, hal tersebut sangat mustahil mengingat urusan politik dan kepentingan industri KPop cukup pelik.

Penampilan Jessica Jung sebagai anggota grup secara perdana adalah bersama anggota lain yang mengikuti program TV Cina bertajuk Sister Who Makes Waves. Dalam program tersebut Jessica tampil sebagai center dari grup idola yang beranggotakan lima orang.

Penampilannya ini tidak ada hubungannya dengan idola grup lamanya sehingga membuat penggemar merasa kehilangan. Apalagi desas-desus reuni delapan member yang akan merilis lagu untuk merayakan ulang tahun Girls Generation ke-15 tanpa Jessica sangat ramai dibicarakan netizen Korea Selatan. Di sisi lain, Jessica terlihat fokus berkompetisi untuk debut sebagai girl grup di Cina.

Walaupun telah lama vakum, Jessica Jung tetap tampil memukau dan mendapat dukungan positif dari penggemar baik di Korea Selatan maupun penggemarnya di Cina. Kakak kandung dari Krystal Jung ini pun membagikan momennya di atas panggung ke dalam unggahan di instagram pribadinya @jessica.syj

jessica jung
Sumber: Instagram.com/jessica.syj

Perjalanan Karier Jessica Jung

Penggemar KPop pastinya tahu, kenal, dan mengidolakan Jessica Jung sebagai salah satu dari lead vocal kedua dari Girl Generation, grup idola Korea Selatan beranggotakan sembilan gadis muda yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007, yaitu Taeyeon, Jessica, Tiffany, Seohyun, Sunny, Yoona, Hyoyeon, Yuri, dan Sooyoung. Terlepas dari vokalnya yang unik, Jessica juga dikenal cantik dan modis.

Bersama adiknya, Jessica dan Krystal bergabung dalam SM Entertainment di tahun 2000 dan memulai debut sebagai grup idola, Jessica debut bersama Girls Generation di tahun 2007 dan Krystal debut bersama f(x) di tahun 2009.

Jessica Jung bersama Girls Generation debut dengan lagu “Into the New World” dan “Kissing You” pada tahun 2007, namun baru meraih kepopuleran pada tahun 2009 setelah lagu “Gee” dirilis.

Sejak saat itu masing-masing anggota mulai mendapat kesempatan lain dalam berkarier, ada yang sebagai pembawa acara, aktris drama dan film, model iklan, model musik video untuk grup idola lain, duet dengan penyanyi lain dan mengeluarkan single hingga album solo. Kesempatan ini pun diambil oleh Jessica, salah satunya sebagai pemeran pendukung di drama Korea berjudul Wild Romance pada tahun 2012.

Dibandingkan dengan film dan drama, Jessica lebih sering tampil berduet dengan idola lain atau sebagai model, baik itu iklan maupun acara fashion show. Brand ternama yang menjadikannya model antara lain Banila Co. Coming Step, Hyundai, Stonehedge (bersama adiknya Krystal), Chanel, dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui bahwa passion-nya adalah di dunia fashion, Jessica mulai merintis bisnis di dunia mode dan merancang sendiri model pakaian untuk brand-nya. Namun, karena tidak dapat fokus menjalankan dua hal sekaligus, Jessica dikeluarkan dari grup yang telah membesarkan namanya dan sepenuhnya fokus untuk solo karier di bawah naungan Coridel.

Entertainment yang didirikan oleh Tyler Kwon yang dirumorkan sebagai kekasih Jessica saat itu dan menekuni bisnis di bidang fashion miliknya, yakni Blanc & Eclare yang resmi diluncurkan pada 6 Agustus 2014.

Jessica Jung Keluar dari Girls Generation

Setelah dikeluarkan dengan alasan yang tidak diungkapkan manajemen pada publik, Jessica Jung memfokuskan diri pada kesehariannya sebagai pebisnis dan model. Didukung oleh Tyler Kwon, pebisnis sekaligus pemilik agensi Coridel Entertainment yang menaungi Jessica setelah keluar dari Girls Generation dan agensi lamanya.

Dengan memusatkan perhatian penuh pada bisnisnya ini, Jessica telah membawa brand Blanc & Eclare hingga ke mancanegara. Terlihat dari kehadiran Jessica sebagai tamu dalam beragam peragaan busana Internasional, serta bertemu dan berkolaborasi dengan perancang busana ternama.

Di tahun 2018, Jessica Jung melangkah sebagai model dalam perhelatan fashion dunia, Milan Fashion Week. Namanya dan Blanc & Eclare pun makin dikenal banyak orang.

Berkat kegigihan Jessica dalam membangun bisnis fashionnya, dirinya pun masuk dalam majalah Forbes sebagai Asia’s Top 30 Under 30 sebagai salah satu kreator dan entrepreneur yang sukses di tahun 2017. Jessica juga menyandang predikat sebagai konglomerat di Korea Selatan. Tak hanya Blanc & Eclare, Jessica juga memulai bisnis di Food and Beverages dengan membangun restoran mewah pada tahun 2021.

Di sela aktivitasnya yang padat Jessica Jung tetap memberikan perhatian kepada Golden Star, sebutan bagi para penggemar Jessica, dengan menerbitkan “Shine”, novel pertamanya.

Novel tersebut seperti pembenaran atas spekulasi yang sempat beredar di kalangan penggemar terkait kehidupan Jessica Jung di industri KPop dan fakta dari alasan dikeluarkannya Jessica dari grupnya dulu. Dari adanya ketidakcocokan para anggota lain dengan Jessica hingga mengatakan bahwa Jessica sudah tidak fokus lagi dalam grup karena sibuk membangun bisnisnya.

Hingga saat ini tidak ada penjelasan resmi dari manajemen agensi dan juga rekan sesama grupnya dulu terkait berpisahnya Jessica dari mereka. Penggemar meyakini bahwa “Shine” adalah bentuk curahan hatinya yang disimpannya sendiri.

Buku Pertama Jessica Jung: “Shine”

Shine” adalah novel roman dewasa yang ditulis Jessica Jung dan diterbitkan oleh penerbit Simon dan Schuster pada September 2020 dan langsung menjadi buku terlaris New York Times pada urutan kelima. Novel “Shine” juga diterbitkan dalam delapan belas bahasa dan salah satunya Bahasa Indonesia. “Shine” dalam Bahasa Indonesia diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Sebelum lebih jauh, kita baca dulu sinopsis dari “Shine”.

Shine

https://www.gramedia.com/products/shine-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Apa yang bersedia kaupertaruhkan demi mewujudkan mimpimu?

Bagi Rachel Kim, remaja Korea-Amerika yang berusia tujuh belas tahun, jawabannya adalah hampir segalanya. Enam tahun lalu ia direkrut oleh DB Entertainment, salah satu perusahan musik KPop terbesar di Seoul. Aturan menjadi trainee DB Entertainment cukup sederhana: latihan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, tampil sempurna, dilarang berkencan. Mudah, bukan?

Tidak Juga

Ketika skandal-skandal mulai bermunculan dalam industri yang berusaha keras mempertahankan citra kesempurnaan tersebut, apakah Rachel cukup kuat untuk menjadi pemenang? Atau apakah ia akan berakhir dalam keadaan hancur?

Fokus utama dari novel ini adalah kehidupan tokoh protagonis, Rachel Kim yang lahir di New York dan pindah ke Korea Selatan untuk mengejar mimpinya sebagai idola KPop. Rachel Kim menjalani pelatihan di DB Entertainment, salah satu agensi hiburan besar di Korea Selatan. Tidak lengkap jika ceritanya tidak memiliki tokoh antagonis, oleh karena itu, Choo Mina, anak chabeol (orang kaya dan terpandang di Korea Selatan) hadir sebagai saingan Rachel Kim.

Novel roman dewasa ini makin sempurna dengan munculnya karakter Jason Lee, anggota grup idola pria dari agensi yang sama yang memberikan perhatian dan mendukung Rachel Kim setiap saat. Dilema yang dihadapi Rachel Kim pun jadi semakin rumit karena seorang trainee tidak diizinkan berpacaran.

Untuk penggemar KPop yang ingin mengetahui hal-hal di belakang layar industri KPop, “Shine” sangat menggambarkannya dengan detail, mulai dari beratnya latihan, pola makan yang ketat, pemeriksaan berat badan setiap harinya, latihan berbicara dan tampil di depan kamera.

Tidak hanya itu, hal-hal gelap yang menyelubungi, seperti hubungan sesama trainee yang buruk ke arah bullying karena beratnya persaingan juga diceritakan Jessica dengan gamblang dalam novelnya.

Penggemar percaya bahwa tokoh Rachel Kim yang diceritakan dalam novel adalah representasi dari karakter Jessica saat masih di industri KPop. Bagaimana tidak, Rachel Kim berdarah campuran Korea-Amerika yang menjalani pelatihan selama 7 tahun sama seperti Jessica.

Tidak hanya itu, detail lainnya dapat kamu temukan saat membaca novel ini sampai selesai, terlebih lagi jika kamu adalah penggemar berat Jessica, pasti akan terkejut menemukan fakta yang terselubung fiksi.

Terlebih lagi kisah Rachel Kim ternyata tidak berhenti hanya di “Shine”. Buku kedua Jessica yang berjudul “Bright” mengisahkan lebih dalam tentang kehidupan Rachel Kim yang lebih kompleks sebagai seorang idola. Penggemar sangat meyakini bahwa Jessica sedang mengeluarkan seluruh isi hatinya saat menulis novel keduanya.

Buku Kedua Jessica Jung: “Bright”

jessica jung
Sumber: Instagram.com/jessica.syj

Bright” novel kedua Jessica Jung yang merupakan sekuel dari novel pertamanya, “Shine” diterbitkan pada Mei 2022 oleh Simon Schuster, penerbit yang sama dengan novel “Shine”. Novel “Bright” melanjutkan kisah kehidupan Rachel Kim ke tingkatan yang kompleks sebagai seorang idola. Berikut sinopsis novel “Bright” yang dikutip dari Goodreads.

Gaun couture, pesta pers, perjalanan Internasional. Rachel Kim berada di puncak kepopuleran. Girls Forever sekarang menjadi grup KPop nomor satu di dunia, dan ketenarannya meroket setelah outfit bandaranya viral dan menarik perhatian brand fashion ternama. Hidupnya kini berputar dalam kemewahan dan penggemar yang memujanya. Rachel tidak bisa membayangkan akan bersinar lebih terang lagi.

Muncullah Alex, ketika Rachel menjatuhkan kepalanya pada pangkuan seorang desainer di metro yang ramai, dia tergoda untuk menyerah pada janji ‘anti-cintanya’. Alex lebih dari sekadar lesung pipit yang menghentikan jantung dan leluconnya yang unik. Dia percaya pada masa depan Rachel, baik dalam musik maupun dalam mode.

Tapi semakin tinggi Anda naik, semakin jauh Anda harus jatuh. Dan ketika tindakan pengkhianatan yang mengejutkan menghancurkan dunianya, Rachel akhirnya harus mendengarkan hatinya.

Pada novel kedua ini, Rachel Kim masih menjadi protagonis cerita dengan melanjutkan polemik dari novel pertama “Shine”.

Dari sinopsis, seperti apa perasaan Rachel Kim ketika mimpinya berhasil terwujud?

Munculnya karakter baru, Alex, membuat kita bertanya-tanya. Siapa Alex?

Bagaimana hubungan Rachel dan Jason?

Siapa yang mengkhianati Rachel Kim?

Pengkhianatan seperti apa yang dialami Rachel di puncak kariernya sebagai idola KPop?

Gemerlap ketenaran yang dirasakan Rachel Kim apakah begitu menyilaukan dan membawanya masuk dan pusaran kemewahan dan puja puji penggemar yang menghanyutkan?

Dari sinopsis “Bright”, seberapa besar rasa penasaran kamu untuk membaca novel kedua Jessica Jung ini?

Jessica dan Aktivitas Terbarunya

jessica jung
Sumber: Instagram.com/jessica.syj

Di tahun 2021 bisnis Jessica, Blanc & Eclare sempat diterpa kasus utang yang membuat nama Jessica kembali menjadi sorotan publik. Dilansir Soompi bahwa utang tersebut bukanlah utang pribadi Jessica melainkan utang bisnis yang dijalankannya akibat dari keterlambatan pembayaran pinjaman yang dilakukan Tyler Kwon selaku CEO. Beruntung masalah tersebut dapat selesai dengan baik.

Saat ini Blanc & Eclare adalah prioritas Jessica. Aktivitasnya sebagai model dan pebisnis yang terus menjalin hubungan kerjasama dengan brand terkenal lainnya dapat kita lihat melalui unggahannya di media sosial pribadi dan situs web Blanc & Eclare.

Jessica pernah mengatakan bahwa jika dia mempunyai anak perempuan, dia tidak ingin anaknya debut sebagai anggota dari grup idola KPop. Sepertinya pengalaman tidak menyenangkan di masa lalunya membuat Jessica tidak ingin hal itu terjadi pada anak-anaknya. Namun, Jessica tetap berteman dan mendukung sesama teman yang berada di industri KPop.

Hal ini terlihat dari pengakuan Jessica bahwa dirinya adalah seorang BLINK, nama penggemar dari grup idola KPop Blackpink yang beranggotakan Jennie, Rose, Lisa, dan Jisoo. Kedekatannya dengan Jennie Blackpink telah jadi konsumsi penggemar kedua pihak.

Jennie yang turut menghadiri ulang tahun Jessica dan anggota Blackpink lain yang mendukung Jessica dengan menjadi model dari Blanc & Eclare adalah buktinya. Begitu pula sebaliknya, Jessica yang hadir untuk mendukung Blackpink saat ada konser.

Blackpink Is The Revolution

https://www.gramedia.com/products/blackpink-is-the-revolution?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa keinginan Jessica untuk tampil di panggung dengan image sebagai seorang penyanyi masih ada dan itu terbukti dari album solo yang dirilisnya setelah berpisah dari Girls Generation, yakni With Love, J (2016), Wonderland (2016), dan My Decade (2017).

Bukti lain bahwa Jessica Jung masih ingin tampil sebagai idola grup adalah dengan menjadi kontestan dalam program survival TV Mango Cina dan berkompetisi dalam acara Sister Who Make Waves: Season 3. Tidak seperti acara survival idol lainnya, pemenang kompetisi tidak mencari kepopuleran karena para kontestan adalah idola berusia di atas 30 tahun yang sudah terkenal. Mereka bersaing memperebutkan kesempatan untuk debut sebagai girl group baru.

Karena hal ini, Jessica pun menjadi topik perbincangan di kalangan netizen Korea Selatan setelah foto-foto penampilannya rilis di media sosial. Tak mengejutkan jika Jessica akan debut sebagai anggota idola grup Cina setelah meraih peringkat kedua. Informasi ini dibocorkan oleh penggemar yang menyaksikan langsung penampilan Jessica dalam acara survival tersebut.

Tak hanya penggemar, banyak yang mendukung dan menantikan penampilan Jessica di masa mendatang.

Wah, buat Grameds yang mengidolakan Jessica Jung pasti tidak mau ketinggalan tentang informasi dari idola satu ini kan? Apalagi kalian yang mengaku penggemar Jessica Jung harus banget punya buku-buku karya idola bersuara emas ini yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Kami selalu menyediakan produk-produk terbaik dan terbaru agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Windi W. D

Baca juga:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi