in

Biografi Kim Go Eun, Aktris Pemeran Drama Korea Yumi Cell

Sumber: Kompas.com

Biografi Kim Go Eun – Kim Go Eun adalah salah satu aktris Korea Selatan ternama yang telah membintangi banyak drama populer. Baru-baru ini, drama Korea yang Ia bintangi pun kembali trending di Indonesia. Drama korea Yumi Cell, berhasil mengambil banyak hati masyarakat Indonesia karena alur cerita dan kemampuan akting Kim Go Eun.

Hampir setiap drama yang dibintangi oleh Kim Go Eun mendapatkan rating tinggi dan populer. Siapa sih Kim Go Eun ini? Kenapa drama yang Ia bawakan selalu populer? Agar tidak penasaran, simak biografi Kim Go Eun aktris dalam drama Korea, Yumi Cell.

Biografi Kim Go Eun Terkait Kehidupan Pribadi dan Keluarga

Biografi Kim Go Eun
Sumber: Grid.ID

Kim Go Eun lahir pada 2 Juli 1991, Ia adalah seorang aktris asal Korea Selatan dan melakukan debut dengan film berjudul A Muse yang rilis pada tahun 2012. Setelah tampil dalam film tersebut, Kim Go Eun kemudian melanjutkan kariernya dan tampil dalam film Monster (2014) dan Coin Locker Girl (2015) dan drama Korea berjudul Memories of the Sword yang rilis pada tahun 2015.

Kim Go Eun kemudian mendapatkan peran utama dalam drama lain berjudul Cheese in the Trap dan berperan sebagai Hong Seol.

Kim Go Eun lahir di Seoul, namun pada usia 4 tahun Ia dan keluarga harus pindah ke Beijing, China karena pekerjaan sang ayah. Pada usia 5 tahun, Kim Go Eun tinggal di distrik Minyun dan terpaksa menghadiri sekolah umum di daerah tersebut, karena tidak ada sekolah khusus Korea atau sekolah internasional saat itu. Karena hal inilah, Kim Go Eun cukup mahir berkomunikasi dengan bahasa Mandarin.

Ia dan keluarganya menetap di China selama kurang lebih 10 tahun dan kembali ke Korea Selatan, ketika Kim Go Eun telah mencapai usia 14 tahun.

Pada 23 Agustus 2016, pihak agensi yang menaungi Kim Go Eun mengkonfirmasi, bahwa Kim Go Eun dan aktor Shin Ha Kyun resmi berpacaran, meskipun keduanya memiliki jarak usia yang cukup jauh, yaitu sekitar 17 tahun.

Namun hubungan asmara antara keduanya tidak bertahan lama, karena pada bulan Maret 2017, agensi Kim Go Eun mengkonfirmasi bahwa pasangan ini telah putus karena kesibukan dan kepadatan jadwal masing-masing.

Biografi Kim Go Eun Terkait Karier

Biografi Kim Go Eun
Sumber: Grid.ID

Kim Go Eun adalah aktris asal Korea Selatan yang dikenal memiliki talenta khusus dan pesona yang membuat banyak orang jatuh hati. Selain dikenal memiliki paras yang cantik, Kim Go Eun juga telah membuktikan bahwa Ia memiliki skill akting yang tidak dapat disaingi, tentu saja hal ini terbukti dari sejumlah drama dan film yang ia bintangi serta penghargaan yang berhasil Ia raih.

Kim Go Eun merupakan salah satu aktris top yang berada di bawah naungan agensi BH Entertainment. Bagi Grameds yang belum tahu, agensi Kim Go Eun ini juga menaungi sejumlah aktris dan aktor ternama lain seperti Han Hyo Joo, Lee Byung Hun, Lee Jin Uk, Park Hae Soo dan Han Ji Min. Selain dikenal mampu berakting dengan bagus, Kim Go Eun juga terkenal memiliki suara emas.

Karier akting Kim Go Eun dimulai ketika ia memiliki ketertarikan pada dunia film saat melihat film berjudul Together yang disutradarai oleh Chen Kaige, sutradara asal China. Sejak melihat film tersebut, Kim Go Eun pun memiliki cita-cita menjadi filmmaker.

Tentu saja cita-citanya bukan hanya mimpi belaka, karena Kim Go Eun berusaha untuk mewujudkannya. Ia akhirnya memutuskan untuk masuk ke SMA Seni Kaywon dan lanjut berkuliah di Jurusan Kajian Drama Universitas Seni Nasional Korea.

Kesempatan Kim Go Eun untuk terjun ke dunia perfilman profesional datang, ketika Ia debut dalam film pertamanya berjudul A Muse atau populer pula dengan judul Eungyo. Proyek film ini adalah film dewasa yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya penulis Park Bum Sin.

Ketika berakting dalam film tersebut, Kim Go Eun belum pernah memiliki pengalaman dalam dunia akting profesional sebelumnya, akan tetapi Kim Go Eun berhasil menyingkirkan 300 peserta lain dan memenangkan audisi untuk akhirnya berperan dalam film A Muse ini. Melalui penampilan perdananya, nama Kim Go Eun pun langsung berada di puncak popularitas.

Selain berhasil mendapatkan banyak pujian pada film debutnya, Kim Go Eun juga berhasil menyabet habis piala aktris pendatang baru terbaik dalam berbagai macam ajang penghargaan bergengsi di Korea Selatan. Setelah itu, Kim Go Eun akhirnya menjadi sorotan di mana-mana dan langsung menjadi bintang baru di Korea Selatan.

Sejak berhasil meraih penghargaan berkat aktingnya dalam film A Muse, Kim Go Eun mulai bermain dalam banyak film dan tentu saja pada film yang Ia bawakan, Ia berhasil menampilkan kualitas akting yang dinilai luar biasa. Sejak debut pada tahun 2012, Kim Go Eun baru mulai mengambil proyek drama pada tahun 2016.

Debut drama pertama Kim Go Eun adalah drama korea berjudul Cheese in the Trap yang diangkat dari webtoon Naver populer dengan judul yang sama. Dalam drama ini, ia berkesempatan memerankan tokoh Hong Seol, pemeran utama wanita dalam drama ini. Setelah tampil dalam drama debut pertamanya, Kim Go Eun pun kembali menerima penghargaan sebagai aktris pendatang baru terbaik televisi pada ajang Baeksang Arts Awards pada tahun 2016.

https://www.gramedia.com/products/day-4-in-korea-with-bts?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/day-4-in-korea-with-bts?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Drama yang dibintangi oleh Kim Go Eun yang lain berhasil menempatkan Ia pada puncak teratas popularitas, terutama setelah Ia membintangi drama Guardian: The Lonely and Great God bersama Gong Yoo. Drama ini berhasil berada pada urutan kelima sebagai drama tv kabel dengan rating paling tinggi sepanjang sejarah Korea Selatan, perannya sebagai Ji Eun Tak pun turut sukses membuat nama Kim Go Eun mendunia.

Setelah sukses dengan Guardian, Kim Go Eun kembali bermain dalam drama korea berjudul The King: Eternal Monarch bersama Lee Min Ho dan baru-baru ini Kim Go Eun baru saja kembali berakting pada drama berjudul Yumi’s Cells. Kabarnya, Kim Go Eun juga akan segera bergabung dalam proyek terbaru berjudul Little Women bersama Nam Ji Hyun.

Kontroversi yang Melibatkan Kim Go Eun

Biografi Kim Go Eun
Sumber: Pexels

Kim Go Eun pernah terseret dalam beberapa kontroversi. Salah satu kontroversinya terjadi pada tahun 2016, ketika ia berperan dalam drama perdananya, Cheese in the Trap bersama Park Hae Jin.

Pada saat itu, cukup banyak kontroversi yang melibatkan drama Cheese in the Trap, salah satunya adalah waktu siaran pemeran utama laki-laki, Park Hae Jin dinilai kurang banyak. Karena waktu siaran inilah, Park Hae Jin dinilai memiliki masalah internal dengan tim produksi drama tersebut.

Karena kontroversi tersebut, Kim Go Eun pun turut ditanyai oleh para wartawan. Sebagai pemeran utama wanita, Kim Go Eun mengungkapkan bahwa turut menyesal, karena drama Cheese in the Trap harus kacau karena pemainnya yang menyebabkan kontroversi dan hasil wawancaranya ini dinilai merujuk pada Park Hae Jin. Karena hal inilah, Kim Go Eun dituduh mencibir lawan mainnya oleh netizen Korea Selatan. Namun, agensi Kim Go Eun segera memberikan klarifikasi, bahwa kontroversi tersebut hanya kesalahpahaman belaka saja.

Selain kontroversi karena drama yang Ia bintangi, Kim Go Eun juga sempat dirumorkan terlibat dalam hubungan dengan beberapa aktor.

Salah satunya rumor yang melibatkannya adalah Kim Go Eun memiliki hubungan dengan Shin Ha Kyun pada tahun 2016, rumor ini langsung dikonfirmasi oleh pihak agensi dan mengatakan bahwa Kim Go Eun dan Shin Ha Kyun memang memiliki hubungan spesial. Kabar ini tentu langsung menjadi sorotan, karena selisih usia keduanya yang dinilai cukup jauh yaitu hingga 17 tahun.

Namun setelah hubungan keduanya dikonfirmasi dan go public, 8 bulan setelahnya yaitu pada 22 Maret 2017, Kim Go Eun dan Shin Ha Kyun dikabarkan telah putus karena kesibukan masing-masing. Akan tetapi, rumor lain mengatakan, bahwa alasan keduanya putus adalah karena kedekatan Kim Go Eun dengan Gong Yoo ketika menjadi lawan mainnya dalam drama Goblin atau The Guardian.

Setelah selesai dengan proyek dramanya bersama Gong Yoo, Kim Go Eun kembali dirumorkan memiliki hubungan dengan Lee Min Ho ketika berperan dalam drama The King: Eternal Monarch, karena cocoklogi yang dilakukan oleh penggemar. Bahkan hingga sekarang, masih banyak penggemar yang berharap bahwa Kim Go Eun dan Lee Min Hoo benar-benar memiliki hubungan spesial.

Seperti halnya rumor dengan Gong Yoo, pihak agensi Kim Go Eun juga tidak mengkonfirmasi terkait rumor hubungan aktrisnya dengan Lee Min Ho. hingga Juni 2022, status hubungan Kim Go Eun pun masih belum diketahui oleh publik.

Daftar Film dan Drama Korea yang Dibintangi Kim Go Eun

Biografi Kim Go Eun
Sumber: Kompas.com

Penghargaan yang berhasil diraih oleh Kim Go Eun tentu tidak sembarangan, karena aktingnya yang baik dan alur cerita yang menarik maka ia berhasil berhasil penghargaan tersebut.

Oleh karena itu, film dan drama yang dibintangi oleh Kim Go Eun wajib masuk watch list Grameds, terutama jika Grameds ingin menyaksikan Kim Go Eun berlakon dengan berbagai macam tipe karakter.

1. Monster (2014)

Monster adalah film kedua yang dibintangi oleh Kim Go Eun setelah Ia debut dengan film perdananya bertajuk A Muse. Dalam film ini, Kim Go Eun berperan sebagai Bok Soon yaitu seorang gadis pemarah yang harus menghidupi adiknya bernama Eun Jong.

Bok Soon dikenal sebagai sosok yang kasar, sehingga Ia tidak disukai oleh banyak orang. Dia juga tidak peduli pada ucapan serta celaan orang lain, karena yang penting bagi dirinya adalah dapat membiayai pendidikan sang adik.

Konflik dari film ini dimulai ketika seorang gadis kecil bernama Na ri datang dalam kehidupan Bok Soon dan Eun Jong. Keduanya kemudian terlibat dalam sebuah masalah dengan seorang psikopat bernama Tae Soo yang membuat Bok Soon mendendam pada Tae Soo.

2. Coin Locker Girl (2015)

Dalam film ini, Kim Go Eun berperan bersama aktris dan aktor Korea ternama lain seperti Kim Hye Soo dan Park Bo Gum.

Film ini menceritakan tentang seorang gadis miskin bernama Il Young yang tidak mengetahui keberadaan orang tua kandungnya. Sejak kecil, ia dibesarkan oleh seorang perempuan yang ia anggap sebagai ibu bernama Ma Woo Hee.

Hidup sejak kecil bersama dengan Ma Woo Hee, Il Young harus mengerjakan tugas-tugas berbahaya demi sang ibu. Konflik dimulai ketika Il Young mengenal seorang pria bernama Suk Hyun dan akhirnya menjalin persahabatan serta jatuh cinta pada pria ini.

https://www.gramedia.com/products/conf-panduan-bijak-mengenal-budaya-populer-korea-korean-wave?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-panduan-bijak-mengenal-budaya-populer-korea-korean-wave?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Memories of the Sword (2015)

Jika Grameds suka menyaksikan film action, maka Grameds harus menonton film action yang dibintangi oleh Kim Go Eun, Jeon Do Yeon, Lee Byung Hun dan Bae Soo Bin ini. Film berjudul Memories of the Sword adalah film dengan latar dinasti Goryeo pada abad pertengahan Korea.

Diceritakan bahwa pada masa tersebut, ada tiga pendekar pedang bernama Deok Ki, Poong Chun dan Seol Rang, ketiganya adalah pemimpin kerusuhan yang melawan raja sekutu asing dari China.

Akan tetapi, Deok Ki berkhianat dan membela pemerintahan yang kejam saat itu. Pada saat itu, Seol Rang tetap berada pada jalannya sendiri dan membawa kabur anak dari Poong Chun yang masih bayi. Anak ini bernama Hong Ee dan ketika dewasa, Hong Ee akan membalaskan dendam ayahnya yang telah dibunuh oleh Deok Ki.

4. Cheese in the Trap (2016)

Tentu saja, jika Grameds adalah penggemar Kim Go Eun Grameds tidak boleh melewatkan drama perdananya berjudul Cheese in the Trap. Meskipun drama ini terlibat kontroversi, akan tetapi kontroversi tersebut tidak merbah jalan cerita dan kualitas akting para pemerannya.

Bagi yang belum tahu, drama satu ini merupakan drama hasil adaptasi dari sebuah webtoon dengan judul yang sama. Kisahnya menceritakan tentang kehidupan mahasiswa di Korea bernama Hong Seol.

Hong Seol adalah seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu agar mampu biayai kuliahnya. Hong Seol kemudian bertemu dengan Yoo Jung seorang mahasiswa tampan, populer dan dingin yang menjadi awal kisah percintaan keduanya.

5. Tune in Love (2019)

Film satu ini berhasil memperlihatkan chemistry antara Kom Go Eun dengan lawan mainnya yaitu Jung Hae In. dalam film ini, Kim Go Eun berperan sebagai Mi Soo yaitu seorang gadis yang membantu orang tua untuk menjalankan bisnis toko roti.

Ketika Mi Soo sedang membantu ibunya, Ia bertemu dengan Hyun Woo yaitu seorang laki-laki yang tengah mencari pekerjaan paruh waktu dan masuk ke toko roti milik orang tua Mi Soo. Bermula dari Hyun Woo bekerja paruh waktu, akhirnya ia dan Mi Soo pun saling jatuh cinta.

6. Yumi Cell (2021)

Drama terbaru Kim Go Eun adalah Yumi Cells yang hadir dalam 2 season. Drama satu ini menceritakan tentang Yumi, seorang pekerja kantoran biasa. Latar dari ceritanya sendiri berubah-ubah dari kehidupan nyata dan apa yang terjadi pada pikiran Yumi di mana sel-sel yang ada mewakili setiap emosi dan dorongannya.

https://www.gramedia.com/products/last-day-in-korea-with-bts?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/last-day-in-korea-with-bts?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah biografi Kim Go Eun, aktris yang membintangi drama Yumi Cell. Jika Grameds tertarik dengan drama, film, atau K-pop, Grameds bisa membaca buku-buku terkait di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Baca juga:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi