in

Taeyong NCT: Profil dan Perjalanan Karier

Taeyong NCT – Pecinta musik Korea pasti sudah tidak asing dengan boy group bernama NCT. NCT sendiri adalah singkatan dari nama Neo Culture Technology, sebuah grup idola laki-laki yang pertama kali debut pada tahun 2016 silam dan berada di bawah naungan agensi SM Entertainment.  Hingga saat ini, NCT memiliki 23 anggota dan diketuai oleh Taeyong NCT.

Sebagai seorang leader atau ketua, profil dan biodata Taeyong NCT banyak dicari oleh NCTzen, julukan bagi penggemar NCT, terutama oleh penggemar yang baru. Laki-laki bernama lengkap Lee Taeyong ini sukses mencuri perhatian publik sejak kemunculan pertamanya sebagai anggota SM Rookies.

Tak hanya itu, Taeyong NCT juga kerap menjadi sorotan banyak orang karena kepribadian dan sifatnya yang hangat. Selain itu, dia juga selalu bekerja keras dalam setiap projek NCT di samping tugasnya sebagai leader atau pemimpin grup.

Taeyong NCT memiliki paras yang rupawan, terbukti dari dirinya yang beberapa kali masuk ke dalam daftar 100 Pria Paling Tampan di Dunia versi TC Candler. Namun, di sisi lain, Lee Taeyong juga dikenal sebagai artis atau idola yang serba bisa atau multitalenta.

Dia merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, rapper, penari, hingga koreografer. Bahkan, pria yang lahir pada 1 Juli 1995 ini banyak terlibat dalam pembuatan proyek grup maupun aktivitas solo. Sehingga, tak heran jika Taeyong NCT memiliki banyak fans dari berbagai kalangan, khususnya pecinta musik Korea.

Lantas, bagaimana sebenarnya biografi Taeyong NCT? Seperti apa profilnya dan bagaimana perjalanan kariernya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk, simak rangkuman informasi di bawah ini. Check this out!

Siapa sih yang enggak kenal Taeyong? Salah satu member boy group yang hampir pasti jadi bahan pembicaraan kalangan penggila idol-idol di bawah naungan SM Entertainment. Satu lagi adik seperguruan dari TVXQ, Super Junior, Shinee, dan EXO…NCT!

Boy group satu ini sejak awal debut mencuri perhatian K-popers karena konsepnya yang unik. Penasaran Seperti apa perjalanan mereka dari tahun 2016 hingga saat ini? Yuk, simak perjuangan pria-pria imut ini dalam NCT – TO THE WORLD!

Profil Singkat Taeyong NCT

Sebelum membahas tentang perjalanan karier Taeyong NCT, maka kita perlu terlebih dahulu mengetahui profil singkatnya. Seperti apa profil singkat Taeyong NCT? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Nama lengkap: Lee Taeyong
  • Nama panggung: Taeyong, TY, Taeyong NCT
  • Tempat lahir: Seoul, Korea Selatan
  • Tanggal lahir: 1 Juli 1995
  • Pekerjaan: Penyanyi, penulis lagu, rapper, penari, dan koreografer
  • Agensi: SM Entertainment
  • Tahun aktif: 2016 sampai sekarang
  • Grup utama: NCT, NCT 127
  • Sub unit grup: NCT U, SuperM
  • Posisi di grup: Leader (pemimpin) dan Center
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan terakhir: School of Performing Arts Seoul
  • Zodiak: Cancer
  • Hobi: Menulis lirik lagu dan menari
  • Media sosial: Instagram @taexo_nct, Tiktok @tik_tyong, YouTube YT TRACK

Perjalanan Karier Taeyong NCT

Sumber: Soompi.com

Untuk mencapai kesuksesannya saat ini, Taeyong NCT melewati perjalanan panjang yang tak mudah. Perjuangannya berkarier di dunia hiburan, khusunya musik, dimulai saat dia menerima tawaran untuk mengikuti audisi dan bergabung dengan perusahaan agensi hiburan bernama SM Entertainment pada tahun 2012.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Akhirnya, Taeyong pun saat itu mengikuti audisi perusahaan dan resmi bergabung dengan SM Entertainment. Setahun berselang, yakni pada tahun 2013, Taeyong diperkenalkan sebagai anggota SM Rookies yang akan debut bersama beberapa anggota lain dalam grup idola baru.

Setelah tiga tahun menjadi anggota SM Rookies, Taeyong akhirnya mengawali debut pertamanya bersama anggota NCT U pada 15 April 2016 silam. Tak lama setelah debut perdananya itu, Taeyong NCT kembali melakukan debut keduanya pada 2 Juli 2016 melalui unit NCT yang lain, yakni NCT 127.

Untuk mengetahui perjalanan karier Taeyong NCT secara lebih detail, simak rangkuman informasi di bawah ini yuk!

 

Kegiatan Pra Debut Taeyong NCT (2012-2016)

Pada sekitar tahun 2012, Taeyong bertemu dengan seorang perekrut dari agensi hiburan, SM Entertainment, di jalan depan sekolahnya. Dia pun ditawari untuk mengikuti audisi dari perusahaan tersebut melalui SM Casting System. Dengan menyanyikan lagu kebangsaan Korea Selatan, Taeyong dinyatakan berhasil lolos audisi dan bergabung bersama perusahaan.

Masih pada tahun 2012, Taeyong juga pernah ikut berpartisipasi dalam pengambilan gambar poster untuk serial drama berjudul To the Beautiful You dari stasiun televisi SBS. Pada tahun berikutnya, yakni 2 Desember 2013, Taeyong resmi diperkenalkan sebagai salah satu anggota SM Rookies. SM Rookies sendiri merupakan tim pra debut untuk trainee atau siswa pelatihan di bawah naungan SM Entertainment.

Pada tahun 2014, Taeyong memulai meniti kariernya dengan muncul di beberapa majalah bersama Johnny dan Seulgi. Johnny adalah salah satu anggota NCT yang berada dalam sub unit yang sama dengan Taeyong, yakni NCT 127. Sedangkan, Seulgi adalah anggota dari grup wanita Red Velvet yang sama-sama berasal dari SM Entertainment.

Sekitar Juli 2014, saluran YouTube SMTown pertama kalinya mempublikasikan penampilan Taeyong yang membawakan lagu ciptaannya sendiri, ‘Open the Door’. Sedangkan pada akhir tahun 2014,  dia dan beberapa calon anggota NCT lainnya muncul di program Exo 90:2014 produksi Mnet. Program tersebut dibintangi oleh senior sekaligus rekan satu agensinya EXO.

Dalam program tersebut, mereka akan menari dengan mengikuti lagu-lagu dari tahun 1990-an. Tak hanya itu, Taeyong NCT juga berpartisipasi dalam pembuatan remake video musik dari grup Shinwa yang berjudul ‘Yo!’ dan lagu ‘Missing You’ dari grup Fly To The Sky. Sedangkan pada Oktober 2014, Taeyong juga sempat muncul di lagu Red Velvet yang berjudul ‘Be Natural’ karena melakukan kolaborasi dan namanya yang dikreditkan sebagai SR14B Taeyong.

NCT The Superhumans adalah album mini dari boyband Korea Selatan NCT 127, yang dirilis pada 24 Mei 2019 oleh SM Entertainment. Album ini memuat single utama “Superhuman” dan lima lagu lainnya. NCT berkonsep boy grup dengan jumlah member yang tak terhingga. Simak lebih lengkap update informasi dari NCT lewat buku berjudul NCT: The Superhumans! Selamat tenggelam bersama superhumans.

Debut dalam grup NCT, NCT U, dan NCT 127 (2016-2018)

Setelah beberapa tahun menjadi anggota SM Rookie, akhirnya Taeyong dikonfirmasi sebagai anggota grup laki-laki bernama Neo Culture Technology atau NCT pada 3 April 2016. Dalam pengumuman resmi tersebut, Taeyong juga mendapatkan sub unit grup NCT pertamanya, NCT U. Huruf ‘U’ pada nama tersebut diambil dari kata United.

Pada 8 April 2016, Taeyong NCT pun resmi memulai debut perdananya dengan merilis single digital berjudul ‘The 7th Sense’. Dia memulai kariernya bersama anggota NCT lain, seperti Mark, Taeil, Ten, Doyoung, dan Jaehyun. Selain itu, dalam debut pertamanya ini, Mark dan Taeyong NCT pun berpartisipasi dalam pembuatan lagu sebagai penulis lirik lagu.

Setelah itu, Taeyong kembali diumumkan akan debut bersama sub unit kedua NCT, NCT 127. NCT 127 sendiri adalah sub unit dari NCT yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, dan namanya 127 diambil dari titik koordinat Korea Selatan di peta. Selain sebagai anggota, Taeyong juga diumumkan sebagai leader atau pemimpin grup.

Taeyong NCT akhirnya melakukan debut keduanya bersama NCT 127 pada 6 Juli 2016 dengan lagu berjudul ‘Fire Truck’. Tiga hari berselang, NCT 127 merilis Extended Play (EP) pertama mereka yang bertajuk NCT #127. Sama seperti debut pertamanya, Taeyong juga berpartisipasi dalam menulis lirik untuk tiga lagu dalam EP pertamanya bersama NCT 127. Tak sampai disitu, posisi resmi Taeyong dalam grup juga diumumkan, dia berposisi sebagai rapper utama dan penari pertama.

Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Januari 2017, NCT 127 kembali merilis EP keduanya yang berjudul Limitless. Taeyong NCT juga kembali berpartisipasi dalam penulisan lirik pada empat lagu dalam EP tersebut. Bahkan, untuk lagu ‘Baby Don’t Like It’, Taeyong berpartisipasi dalam pembuatan lagu sebagai komposer dan menandai awal kariernya dikreditkan sebagai komposer.

Taeyong NCT termasuk ke dalam jajaran idola pria yang aktif dalam merilis lagu dan EP. Pada Juni 2017, grup yang berwarna resmi hijau neon ini merilis EP ketiga bertajuk ‘Cherry Bomb’. Bahkan, Taeyong kembali berpartisipasi dalam penulisan lirik untuk hampir seluruh lagu, kecuali satu lagu. Lagu ‘Cherry Bomb’ meraih kesuksesan dengan dinobatkan sebagai salah satu lagu Kpop terbaik waktu itu oleh Idolator dan Billboard.

Masih di tahun yang sama, Taeyong ikut berpartisipasi dalam dua kolaborasi dari rekan satu agensinya, Yoo Young Jin dan Hitchhiker dengan merilis lagu ‘Around’. Lagu ‘Around’ sendiri merupakan lagu eksperimental yang diproduksi oleh Hitchhiker dan dirilis pada bulan Mei. Lagu ini juga merilis video musiknya melalui proyek SM Station dalam saluran YouTube SM Entertainment.

Sedangkan untuk kolaborasi bersama Yoo Young Jin, Taeyong NCT berperan sebagai penyanyi dan produser pada lagu ‘Cure’ yang bergenre rock ballad. Kolaborasi ini dirilis pada Agustus 2017 yang juga melalui proyek SM Station.

Setelah itu, Taeyong mengisi soundtrack resmi untuk drama School 2017 bersama vokalis NCT 127 lain, Taeil dan Doyoung. Dia bekerja sebagai rapper dan penulis lagu untuk lagu ‘Stay in My Life’ yang bergenre ballad R&B.

Kemudian, NCT merilis album studio pertama mereka yang bertajuk NCT 2018 Empathy pada Maret 2018. Album studio ini merupakan proyek berskala besar yang menyatukan semua sub unit NCT, yakni NCT U, NCT Dream, NCT 127 dan NCT. Dalam album ini, Taeyong juga tak ketinggalan untuk berpartisipasi sebagai penulis lagu untuk lima lagu dalam album tersebut.

Pada Mei 2018, Taeyong NCT bergabung dalam sebuah program televisi berjudul Food Diary. Program ini adalah sebuah variety show yang berisi sekelompok selebriti yang melakukan eksplorasi pertanian dan produksi makanan. Dalam program ini, Taeyong juga bekerja bersama senior sekaligus rekan satu agensinya, BoA.

Setelah NCT secara keseluruhan merilis album studio pertama, sub unit NCT 127 pun ikut meluncurkan album studio pertamanya yang bertajuk Regular-Irregular. Dalam album ini Taeyong NCT berpartisipasi dalam pembuatan empat buah lagu, termasuk lagu utama ‘Regular’. Pada awalnya, lagu ini dirilis dalam bahasa Inggris dan Korea, namun kemudian dibuat ulang untuk digunakan sebagai single debut sub unit NCT China, WayV.

Tidak hanya penampilan NCT yang terlihat keren, namun siapa sangka NCT juga memiliki keunikan lain, yaitu dengan jumlah anggota yang tidak terbatas, ditambah dengan sub unit yang anggotanya berubah-ubah, menjadikan saling berkolaborasi menjadi ciri khas NCT.

Buku NCT Multiverse Group juga menunjukkan semangat untuk terus maju, hal ini dibuktikan dengan popularitas NCT di kancah hiburan Korea yang tetap semakin mendominasi, meskipun persaingannya juga sangat ketat. Buku ini terdiri dari 6 bab yang pastinya penuh inspirasi.

Debut Jepang Bersama NCT 127,  Kegiatan Solo Pertama, dan Debut dalam Grup Kolaborasi SuperM (2019-sekarang)

Setelah sukses berkarier di Korea Selatan, NCT 127 membentangkan sayapnya dengan debut Jepang dengan merilis album studio Jepang pertama yang berjudul Awaken. Dalam album tersebut Taeyong juga berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu ‘Lips’.

Sukses dengan kegiatan grup, Taeyong NCT memulai kegiatan solo pertamanya pada Juli 2019 dengan merilis lagu ‘Love Flight’. Dia juga merilis video musik lagu tersebut dan ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan lagunya.

Lagu ‘Love Flight’ tak hanya berperan sebagai lagu solo pertama Taeyong, tetapi juga sebagai lagu terakhir proyek SM Station musim ketiga. Lagu tersebut juga meraih kesuksesan dengan berada di posisi nomor enam tangga lagu Billboard untuk kategori World Digital Song Sales.

Pada pertengahan 2019, SM Entertainment mengumumkan akan membuat sebuah grup pria bernama SuperM. Grup ini merupakan grup hasil kolaborasi yang anggotanya berasal dari beberapa grup pria yang berada di bawah naungan SM Entertainment, seperti SHinee, EXO, TVXQ, dan NCT. Tak hanya itu, grup ini juga dibuat sebagai projek kerja sama dengan Capital Records yang berfokus pada pasar Amerika Serikat.

Pada 8 Agustus 2019, SM Entertainment mengumumkan Taeyong NCT sebagai salah satu anggota SuperM. Mereka pun kembali debut pada bulan Oktober dengan merilis EP pertama mereka yang berjudul SuperM. Dalam debutnya untuk promosi Amerika ini, Taeyong NCT ikut menulis dan memproduseri salah satu lagu yang berjudul ‘No Manners’.

Kemudian, Taeyong kembali melakukan kolaborasi dengan penyanyi solo Korea, Punch, pada bulan Agustus. Keduanya berkolaborasi untuk merilis lagu berjudul ‘Love del Luna’ untuk soundtrack serial drama Hotel del Luna.

Memulai tahun 2020 lalu, Taeyong dan NCT 127 kembali merilis studio album kedua mereka yang bertajuk Neo Zone. Taeyong NCT juga ikut berkontribusi dalam penulisan lirik untuk beberapa lagu dalam album tersebut.

Album Neo Zone ini mendapatkan kesuksesan besar secara komersial dengan menjual lebih dari satu juta kopi di Korea Selatan dengan album repackage-nya juga yang berjudul Neo Zone: The Final Round. Bahkan, album ini sukses memuncaki posisi lima di tangga lagu Billboard US 200.

Setelah berpartisipasi dalam comeback, istilah untuk perilisan album di Korea, Taeyong NCT bersama SuperM mengeluarkan album studio pertama mereka, Super One. Dalam album kali ini, Taeyong menulis lirik untuk lagu ‘Together At Home’.

Setelah selesai dengan tugasnya bersama SuperM, Taeyong kembali bekerja dengan NCT. Pada September 2020, NCT kembali meluncurkan proyek grup besar kedua mereka yang bertajuk NCT 2020: Resonance. Pada comeback kali ini juga, Taeyong dikukuhkan sebagai leader grup NCT  secara keseluruhan.

Karena kemampuannya dalam menulis dan memproduksi lagu, Taeyong NCT akhirnya membuka akun SoundCloud miliknya sendiri pada 15 Maret 2021. Melalui akunnya ini, Taeyong merilis single demo berjudul ‘Dark Clouds’ beserta dengan versi remixnya.

Sejak saat itu, Taeyong telah rutin merilis single demo, seperti lagu ‘GTA1’, ‘GTA2’, ‘Blue’, dan ‘Swimming Pool’.

Tak hanya itu, dia juga Taeyong NCT juga merilis lagu demo ‘Monroe’ bersama Baekhyun dari grup EXO. Serta pernah merilis single demo berjudul ‘Rose’ yang berkolaborasi dengan Seulgi Red Velvet, selaku teman satu agensinya.

Tak hanya fokus pada kegiatan grup dan solo, Taeyong juga melebarkan sayapnya dengan menjadi juri di acara survival danse yang berjudul Street Woman Fighter. Nama Taeyong pun semakin melambung dengan muncul sebagai juri tamu dalam program spin off, Street Dance Girls Fighter bersama Mark, sesama anggota NCT.

Setelah itu, NCT 127 kembali merilis album studio ketiga mereka yang bertajuk Sticker. Taeyong NCT kembali berpartisipasi dalam penulisan lagu dan album Sticker menjadi album terlaris dengan menjual lebih dari satu juta kopi di beberapa hari pertama perilisannya.

Pencapaian ini juga menjadikan NCT 127 sebagai grup dengan penjualan album tertinggi dalam sejarah SM Entertainment. Hingga saat ini, Taeyong NCT aktif dalam berbagai kegiatan, baik solo maupun grup.

 

Kesimpulan

Taeyong NCT bernama lengkap Lee Taeyong. Dia adalah seorang idola pria yang berasal dari Negeri Gingseng, Korea Selatan. Dia memulai kariernya dengan debut bersama grup NCT dan mendapat sub unit NCT U. Setelah itu, dia kembali terpilih menjadi anggota sub unit baru NCT, NCT 127.

Sukses dengan NCT, Taeyong diumumkan bergabung dengan grup kolaborasi SuperM. Dia juga memulai aktivitas solo pertamanya dengan mengeluarkan lagu berjudul ‘Love Flight’. Tak hanya itu, dia juga merupakan seorang leader, rapper, penyanyi, penulis lagu, komposer, penari, dan koreografer yang telah memiliki banyak karya.

Itulah rangkuman informasi mengenai Taeyong NCT. Mulai dari profil singkatnya hingga perjalanan kariernya. Semoga bermanfaat, ya, #SahabatTanpaBatas.

Jika ingin mencari buku tentang NCT atau K-pop, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Nama Penulis: Raden Putri

Rujukan:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Lee_Tae-yong
  • https://www.orami.co.id/magazine/lee-taeyong
  • https://www.celebrities.id/read/biodata-dan-profil-lee-taeyong-leader-nct-yang-jadi-juri-street-women-fighter-r94w0c


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.3k
  • Tidak
    6% 6% 91 / 1.3k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy