in

Perjalanan Karier Kim Chaewon

Kim Chaewon – Bagi penikmat musik Korea, khususnya penggemar idol grup wanita, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Kim Chaewon. Dia adalah seorang penyanyi perempuan yang berasal dari Korea Selatan dan lahir pada 1 Agustus 2000 silam. Dia merupakan anggota sekaligus leader atau pemimpin grup wanita LE SSERAFIM dan mantan anggota grup idola wanita IZ*ONE.

Saat ini, Kim Chaewon berada di bawah naungan perusahaan agensi hiburan Source Music, anak dari perusahaan HYBE Corporation. Agensi ini jugalah yang membuat grup idola LE SSERAFIM, grup Kim Chaewon saat ini.

Sebelumnya, perempuan asal Seoul ini pernah mengikuti sebuah acara survival show yang bernama Produce 48 yang ditayangkan di stasiun televisi Mnet. Dalam acara ini, Kim Chaewon berhasil meraih peringkat 10 besar di episode terakhir dengan total suara penggemar sebanyak 238.192 suara. Karena pencapaiannya yang satu inilah Kim Chaewon berhasil masuk ke dalam daftar anggota debut grup wanita IZ*ONE.

Sebelum meniti kariernya di dunia hiburan dengan mengikuti acara survival show, Kim Chaewon juga pernah tampil dalam video music milik Golden Child yang berjudul ‘Let Me’. Perempuan ini merupakan lulusan dari sekolah multi seni Hanlim Arts High School.

Kecintaan Kim Chaewon pada dunia seni dan hiburan sebenarnya tidak begitu mengejutkan. Pasalnya, perempuan kelahiran tahun 2000 ini merupakan anak dari artis teater yang terkenal di Korea Selatan, Lee Ran Hee.

Terlebih, dia sangat menyukai menyanyi dan menari. Bahkan, Kim Chaewon telah mulai muncul di dunia hiburan Korea Selatan sejak duduk dibangku sekolah dasar.

Lantas, seperti apa profil dari Kim Chaewon yang saat ini menjadi anggota grup wanita LE SSERAFIM? Bagaimana juga perjalanan karier yang telah ditempuh oleh Kim Chaewon selama ini?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Grameds mungkin bisa membaca ulasan di bawah ini. Berikut rangkuman informasi mengenai profil dan perjalanan karier Kim Chaewon, anggota grup idola LE SSERAFIM. Check this out!

Profil dan Biodata Singkat Kim Chaewon

Sebelum kita membahas tentang perjalanan karier Kim Chaewon, kita perlu lebih dahulu mengenal Kim Chaewon melalui profil singkatnya. Dengan profilnya ini, Grameds dapat mengetahui informasi dasar dan penting dari perempuan yang pernah debut dalam grup IZ*ONE ini.

Nama Kim Chaewon mulai menarik perhatian penggemar musik Korea setelah keikutsertaannya dalam sebuah program survival show Produce 48 yang disiarkan oleh stasiun televisi Mnet. Dia merupakan peserta dari perwakilan agensinya, Woollim Entertainment.

Dalam acara ini, Kim Chaewon berhasil meraih peringkat ke-10 pada episode terakhir. Hal ini juga berarti bahwa dirinya masuk ke dalam daftar anggota yang akan debut dalam grup IZ*ONE bersama beberapa peserta lain.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

IZ*ONE sendiri merupakan grup idola yang terdiri dari 12 orang wanita sebagai anggotanya. Keseluruhan anggota IZ*ONE sendiri merupakan peserta dari Produce 48 yang masuk ke dalam 12 besar peraih poin akhir tertinggi.

Seperti kebanyakan grup yang berasal dari survival show, kontrak IZ*ONE pun hanya bertahan selama 2 tahun 6 bulan. Setelah itu, grup dibubarkan dan masing-masing anggota dipulangkan kembali ke agensinya semula.

Setelah berpisah dari grup IZ*ONE, Kim Chaewon kembali menjadi trainee di Woollim Entertainment. Namun,, tak lama setelah itu perempuan yang akrab disapa Chaewon ini mendapat tawaran kontrak dari Source Music untuk bergabung bersama grup wanita baru, LE SSERAFIM. Chaewon pun setuju dan kembali debut bersama LE SSERAFIM pada 2 Mei 2022 lalu.

Adapun untuk biodata Kim Chaewon adalah sebagai berikut. Simak, yuk!

  • Nama lengkap: Kim Chaewon
  • Nama panggung internasional: Anna Kim
  • Tempat lahir: Gangnam, Seoul, Korea Selatan
  • Tanggal lahir: 1 Agustus 2000
  • Usia: 22 tahun (23 tahun umur Korea)
  • Grup pertama: IZ*ONE
  • Grup saat ini: LE SSERAFIM
  • Posisi di grup: Leader atau pemimpin
  • Agensi pertama: Woollim Entertainment
  • Agensi saat ini: Source Music HYBE
  • Tahun aktif karier: 2018 sampai sekarang
  • Pendidikan terakhir: Hanlim Multi Arts High School
  • Tinggi badan: 163 cm
  • Berat badan: 42 kg
  • Zodiak: Leo
  • Media sosial: Instagram @_chaechae_1

Izone adalah grup vokal Korea-Jepang yang terbentuk lewat acara survival show Mnet X Akb48, yaitu Produce 48 pada tahun 2018. Grup vokal ini beranggotakan Kwon Eun-bi, Miyawaki Sakura, Choi Ye-na, Kang Hye-won, Lee Chae-yeon, Kim Min-ju, Yabuki Nako, Honda Hitomi, Jo Yu-ri, Ahn Yu-jin, Jang Won-young. Mereka mempunyai nama fanclub yakni WIzone.

Buku Eyes On You Izone mengulas tuntas tentang informasi, biodata, perjuangan karir dari anggota Izone. Buku ini cocok bagi Anda yang mengikuti dunia K-Pop dan menyukai girl group Izone.

Perjalanan Karier Kim Chaewon

sumber: soompi.com

 

telah kembali melakukan debut keduanya bersama grup idol wanita LE SSERAFIM. Parasnya yang rupawan dan kemampuan vokal serta tariannya yang memukau pun kerap menjadi salah satu alasan mengapa nama perempuan kelahiran tahun 2000 ini selalu mendapat perhatian publik.

Tak hanya itu, prestasi yang dimiliki oleh Kim Chaewon pun cukup banyak. Bahkan, dia dan grupnya, baik IZ*ONE maupun LE SSERAFIM, beberapa kali menempati posisi pertama dalam acara musik Korea Selatan.

Lantas, bagaimana perjalanan karier Kim Chaewon dari anak kecil yang senang menari dan menari, mengikuti acara survival, hingga melakukan debut kedua bersama grup LE SSERAFIM? Untuk mengetahui informasi lebih dalamnya, simak rangkuman penjelasan berikut ini, yuk!

 

Kim Chaewon Kecil dan Kegemarannya pada Menari dan Menari

Kim Chaewon adalah seorang perempuan yang lahir dan besar di Korea Selatan. Dia lahir pada 1 Agustus 2000 di Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Dia merupakan anak terakhir dari dua bersaudara. Dia dan kakak perempuannya memiliki selisih usia 6 tahun.

Keluarga Kim Chaewon terdiri dari empat orang, yakni ayah, ibu, dan seorang kakak perempuan. Kecintaan Chaewon kepada dunia seni, khususnya musik, ternyata diturunkan langsung dari sang ibu yang merupakan aktris teater terkenal di Korea Selatan, Lee Ran Hee.

Diketahui Kim Chaewon merupakan lulusan dari Seoul Poi Elementary School dan Guryong Middle School. Kemudian, perempuan berzodiak Leo ini pernah bersekolah di Sekolah Menengah Gaepo sebelum akhirnya pindah ke Hanlim Multi Arts High School untuk melanjutkan pendidikannya.

Hanlim Multi Arts High School sendiri merupakan sekolah yang telah menghasilkan banyak idola wanita, seperti Ryujin dan Chaeryeong dari ITZY, Tzuyu dan Chaeyeon dari TWICE, dan Yeri dari Red Velvet.

Sedari kecil, Kim Chaewon sudah memiliki mimpi untuk menjadi seorang artis idola. Dia juga sangat menyukai menyanyi dan menari dari usia yang belia. Bahkan, dia diketahui telah muncul di televisi Korea sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Ternyata, Kim Chaewon kecil pernah mengikuti acara bertajuk Children’s Song Contest yang ditayangkan oleh stasiun televisi lokal Korea, KBS. Saat mengikuti kontes acara tersebut, ternyata Kim Chaewon masih duduk di bangku sekolah, yakni kelas 6 SD.

Karena kegemarannya dalam menari dan menyanyi inilah, tak heran jika Kim Chaewon senang mengunjungi KBS yang merupakan kantor stasiun televisi dan memiliki berbagai acara yang berhubungan dengan musik. Meski begitu, ternyata Chaewon merupakan pribadi yang cukup pemalu, terlebih untuk menunjukkan bakatnya ke publik.

Karena sifatnya yang pemalu ini, perempuan yang lahir pada tanggal 1 Agustus itu pun mengaku jadi lebih banyak menghabiskan waktu untuk menari dan bernyanyi di depan kaca. Selain itu, dia juga memiliki role model atau idola panutan seorang penyanyi solo wanita Korea yang bernama IU atau Lee Ji Eun.

Karena rasa senangnya kepada IU ini, Kim Chaewon pun mengaku sering menyanyikan lagu-lagu IU. Adapun lagu IU yang menjadi salah satu favoritnya adalah ‘Good Day’. Dia bahkan sangat sering menyanyikan lagu ini, namun, lagi-lagi, karena sifatnya yang pemalu, Chaewon hanya berani menyanyikan lagu tersebut di kamar mandi. Ternyata, selain IU, Kim Chaewon juga mengidolakan Taeyeon, penyanyi solo wanita sekaligus anggota grup wanita Girls Generation atau SNSD.

 

Masuk Agensi dan Mengikuti Acara Survival Produce 48

Perjalanan karier Kim Chaewon sebagai seorang idola wanita dimulai ketika dia menjadi trainee di sebuah perusahaan agensi hiburan bernama Woollim Entertainment. Karena kecintaannya pada menari dan  menyanyi ini, Kim Chaewon yang saat itu masih berstatus sebagai pelajar SMA pun memberanikan diri untuk mengikuti audisi yang dilaksanakan oleh Woollim Entertainment pada sekitar tahun 2017 silam.

Dengan bakat yang dimilikinya, Chaewon pun dinyatakan lolos audisi dan dapat bergabung bersama Woollim Entertainment. Setelah resmi bergabung dengan agensi ini, perempuan kelahiran tahun 2000 itu pun menjalani jadwalnya sebagai siswa pelatihan selama 11 bulan.

Selama menjadi trainee Woollim Entertainment ini, Kim Chaewon berkesempatan untuk menunjukkan bakatnya dengan mengikuti program acara berjenis survival show yang bernama Produce 48. Dia mengikuti program acara ini bersama dengan teman sesama trainee-nya di Woollim Entertainment, yaitu Kwon Eunbi dan Suyun serta Kim Sohee (yang saat ini merupakan anggota Rocket Punch).

Selama berada dalam acara tersebut, Kim Chaewon pun menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam bernyanyi dan menari. Alhasil, pada episode terakhir Produce 48, Kim Chaewon berhasil masuk dalam line up debut dengan berada di posisi ke-10 dari 12 orang dengan vote atau perolehan suara tertinggi yang bisa debut.

Chaewon sendiri berhasil meraih dukungan sebanyak 238.191 suara dari penggemar. Dengan masuknya Kim Chaewon dalam 12 orang peraih hasil voting tertinggi, dia pun berkesempatan untuk melakukan debut bersama grup idola wanita bernama IZ*ONE.

Lagu-lagu milik TWICE yang dibawakan dengan irama cepat dengan frase-frase yang catchy, mudah untuk dinyanyikan kembali bahkan oleh orang yang tidak fasih dalam berbahasa Korea sekalipun. TWICE sudah sangat terkenal dan populer di Korea, kemudian grup ini pun melebarkan sayapnya di dunia musik Jepang dengan merilis lagu berbahasa Jepang berjudul Candy Pop dan BDZ.

Buku “TWICE Just for ONCE” ini akan membantu kamu para penggemar TWICE untuk mengenal lebih dekat grup tersebut dan juga para membernya, ditambah dengan adanya bonus berupa poster besar dan stiker.

Debut Perdana dalam Girl Group IZ*ONE

Setelah meraih posisi 10 besar di Produce 48, Chaewon berkesempatan untuk melakukan debut bersama 11 peserta Produce 48  dari berbagai agensi lainnya dalam sebuah grup yang bernama IZ*ONE. IZ*ONE adalah sebuah grup idola wanita yang dibentuk dari anggota yang mengikuti program acara yang dibuat oleh stasiun televisi Mnet, Produce 48.

Bersama dengan grup IZ*ONE, Kim Chaewon memulai debutnya yang pertama pada 29 Oktober 2018. Grup wanita ini langsung merilis Extended Play (EP) pertamanya yang bertajuk COLOR*IZ dengan title track atau lagu utama yang berjudul ‘La Vie en Rose’.

Selama berkarier bersama IZ*ONE, Kim Chaewon merupakan salah satu anggota grup yang paling populer. Hal ini terjadi karena Chaewon yang mampu untuk terus menunjukkan perkembangan kemampuannya, mulai dari visual hingga skill bermusik dan menarinya.

Bersama grupnya ini, Chaewon berhasil meraih berbagai kesuksesan dengan lagu-lagu yang memiliki posisi kuat dalam tangga lagu Korea. Selain itu, video musik mereka pun telah ditonton puluhan hingga ratusan juta kali. Video musik tersebut seperti untuk lagu ‘La Vie en Rose’, ‘Fiesta’, Violeta’, ‘Secret Story of Swan’ hingga video musik ‘Panorama’.

Setelah sukses di Korea, IZ*ONE pun melebarkan sayapnya dengan menjajal pasar Jepang dengan melakukan debut Jepang pada 6 Februari 2019. Serupa dengan debut Korea, IZ*ONE juga merilis mini album atau EP pertamanya yang bertajuk COLOR*IZ pada debutnya kali ini.

Tak hanya itu, IZ*ONE juga sukses menggelar konser pertamanya dalam tur ‘Eyes on ME’ pada tahun 2019 di Korea dan Jepang. Kemudian, mereka kembali menggelar konser bertajuk ‘ONEIRIC THEATER’ pada tahun 2020 lalu, namun dilaksanakan secara online. Masih dengan konser online, IZ*ONE kembali menggelar konser ketiga mereka yang bertajuk ‘One, The Story’ pada tahun 2021 lalu.

Kemampuan Kim Chaewon dalam dunia seni musik semakin meningkat setelah menjadi anggota grup idola. Bahkan, dia akhirnya mematenkan namanya dalam kredit untuk lagu berjudul ‘With*One’ yang dirilis dalam album IZ*ONE yang betajuk Oneiric Diary sebagai penulis lirik. Pada EP terakhir IZ*ONE yang bertajuk ‘One Reeler / Act IV’, sebelum kontraknya berakhir, Chaewon kembali berkontribusi dalam penulisan lirik untuk lagu ‘Slow Journey’.

Mendapat Kontrak Eksklusif dengan Source Music dan Debut untuk Kedua Kalinya

Sebagai grup yang berasal dari ajang survival show, kontrak untuk grup IZ*ONE hanya bertahan selama 3 tahun. Mereka debut pada 29 Oktober 2018 dan resmi dinyatakan bubar pada 29 April 2021. Hal ini pun terjadi pada Kim Chaewon dan membuatnya harus kembali ke agensi asalnya, Woollim Entertainment, untuk kembali menjadi trainee.

Setelah kembali menjadi trainee di Woollim Entertainment selama kurang lebih lima bulan, Chaewon mendapatkan tawaran kontrak eksklusif dari agensi Source Music. Agensi ini merupakan anak dari perusahaan HYBE Corporation yang sebelumnya telah sukses mendebutkan banyak grup idola seperti Gfriend.

Dengan berbagai pertimbangan, Chaewon akhirnya menerima tawaran tersebut. Bahkan, Woollim Entertainment juga mendukung keputusan artisnya untuk melanjutkan karier di dunia hiburan. Chaewon sendiri mengaku menerima tawaran menjadi member grup tersebut karena masih banyak mimpi dan harapan yang ingin dia raih sebagai seorang idol atau penyanyi idola.

Tak berselang lama dari pengumumannya pindah agensi, Kim Chaewon diperkenalkan sebagai anggota girl group LE SSERAFIM yang berada di bawah naungan Source Music.

Pada 2 Mei 2022 lalu, Kim Chaewon akhirnya melakukan debut keduanya bersama girl group LE SSERAFIM. Mereka merilis mini album pertamanya yang bertajuk FEARLESS dengan judul lagu utama ‘FREALESS’. Dalam grup tersebut, Chaewon berposisi sebagai leader atau pemimpin grup.

Pada awalnya, grup LE SSERAFIM ini beranggotakan enam orang yang meliputi, Kim Chaewon, Miyawaki Sakura, Huh Yunjin, Kazuha Nakamura, Kim Garam, dan Hong Eunchae. Namun, salah satu anggotanya, Kim Garam, terlibat skandal besar yang membuatnya harus meninggalkan grup tak lama setelah tanggal debutnya. Akhirnya, LE SSERAFIM harus melanjutkan aktivitas grup dengan lima orang anggota.

 

Kesimpulan

Kim Chaewon merupakan seorang penyanyi perempuan dari Korea Selatan. Dia lahir pada 1 Agustus 2000 dan memulai kariernya di dunia hiburan dengan mengikuti sebuah program acara survival show yang berjudul Produce 48, yang disiarkan oleh stasiun televisi lokal Korea, Mnet.

Berhasil meraih posisi 10 besar dalam acara tersebut, Kim Chaewon pun masuk dalam daftar anggota untuk debut dalam grup bernama IZ*ONE. Grup ini berisi 12 orang anggota yang semuanya berasal dari peserta program survival yang sama.

Sayangnya, kontrak Kim Chaewon dengan IZ*ONE hanya bertahan selama 3 tahun. Grup ini pun kemudian dibubarkan pada April 2021. Tak lama setelah itu, Chaewon kembali melakukan debutnya yang kedua bersama grup idola wanita LE SSERAFIM yang berada di bawah naungan Source Music.

Itulah rangkuman informasi mengenai Kim Chaewon, anggota LE SSERAFIM dan mantan anggota IZ*ONE. Semoga bermanfaat untuk #SahabatTanpaBatas, ya!

Jika ingin mencari buku tentang K-pop, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Nama Penulis: Raden Putri

Rujukan:

  • https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00468284.html
  • https://correcto.id/beranda/read/56073/profil-dan-biodata-kim-chaewon-le-sserafim-umur-pendidikan-ig-mantan-member-iz-one
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kim_Chae-won_(penyanyi,_lahir_2000)
  • https://www.orami.co.id/magazine/kim-chaewon


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 847 / 906
  • Tidak
    6% 6% 59 / 906


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy