in

9+ Arti Mimpi Keluarga Meninggal yang Perlu Diketahui

Mimpi Keluarga Meninggal – Ketika mendapatkan mimpi yang berisikan anggota keluarga tengah menemui ajalnya, pasti Grameds akan langsung bangun dan was-was akan sesuatu ‘kan? Perasaan takut, khawatir, hingga sedih pasti akan langsung membayang-bayangi kita baik di saat malam mendapatkan mimpi tersebut maupun di hari-hari kedepannya. Tak jarang, setelah mendapatkan mimpi berupa anggota keluarga yang meninggal, kita akan langsung overthinking bagaimana jika mimpi tersebut menjadi kenyataan. Padahal sebenarnya, mimpi keluarga meninggal itu justru memberikan arti sebaliknya lho, yakni anggota keluarga tersebut akan memiliki umur yang panjang. Lantas, apa saja sih arti dari mimpi keluarga yang meninggal? Dilansir dari beberapa sumber, yuk simak ulasannya berikut ini!

https://pixabay.com/

9+ Arti Mimpi Keluarga Meninggal

1. Mimpi Ayah Meninggal Dunia

Ayah adalah sosok kepala keluarga yang sangat berperan besar untuk membimbing keluarga menuju ke jalan kebenaran. Terlebih jika Grameds sangat dekat dengan sosok Ayah, kemudian tiba-tiba mendapatkan mimpi yang berisikan Beliau meninggal dunia. Pastilah Grameds akan langsung ketar-ketir dan overthinking ‘kan? Namun, jangan khawatir sebab mimpi ayah meninggal dunia justru akan memberikan pertanda bahwa dirimu akan segera mendapatkan tawaran pekerjaan. Apabila Grameds beragama Islam dan tiba-tiba terbangun karena mimpi tersebut, dapat segera melaksanakan shalat tahajud ya dan meminta kepada Allah SWT supaya ayah kita diberi umur panjang oleh-Nya.

2. Mimpi Ibu Meninggal Dunia

Bagi seorang anak, sosok Ibu dapat menjadi pusat kehidupan. Tentu saja jika kehilangan Ibu, pasti seorang anak akan sangat sedih dan bahkan tak semangat hidup lagi. Apabila Grameds mendapatkan mimpi yang berisikan bahwa ibu meninggal dunia, jangan langsung overthinking ya… Sebab, itu dapat menjadi pertanda bahwa Ibu kita akan diberikan umur yang panjang oleh-Nya. Mimpi Ibu meninggal dunia juga menjadi pengingat kepada kita sebagai seorang anak harus berbakti kepada orang tua.

3. Mimpi Adik Meninggal Dunia

Apakah Grameds memiliki seorang adik? Meskipun sering berantem dengannya karena masalah sepele, tetapi bagaimana jika tiba-tiba mendapatkan mimpi yang berisikan bahwa adik kita meninggal dunia? Pasti akan sangat menyakitkan ‘kan? Nah, memimpikan adik meninggal dunia dapat menjadi pertanda bahwa kita dan adik akan mendapatkan umur panjang dari-Nya. Aamiin.

4. Mimpi Kakak Meninggal Dunia

Sosok kakak bagi seorang adik sangat memiliki arti besar. Terlebih lagi jika keberadaannya sangat dengan dekat dengan kita bahkan hampir seperti saudara kembar. Jika kita mendapatkan mimpi kakak meninggal dunia, pasti sebagai adik, kita akan sedih. Sayangnya, berbeda dengan arti mimpi yang sebelumnya, justru pada mimpi ini, akan berhubungan dengan sebuah pengkhianatan. Yap, mimpi kakak meninggal dunia dapat menjadi pertanda bahwa dirimu akan mengalami sebuah penghianatan dalam hidup, baik oleh pasangan maupun sahabat.

5. Mimpi Kakek Meninggal Dunia

Bagi Grameds yang sejak kecil telah hidup bersama kakek, pasti sosok Beliau dapat menjadi “pengganti” dari sosok seorang bapak. Lantas, bagaimana jika malah mendapatkan bunga tidur berupa Beliau meninggal dunia? Pasti akan sangat terpukul dan begitu menyakitkan. Dilansir dari beberapa sumber, justru mimpi kakek meninggal dunia memberikan pertanda bahwa Beliau akan diberi umur panjang oleh Yang Maha Kuasa.

6. Mimpi Nenek Meninggal Dunia

Hampir sama dengan sebelumnya, sosok nenek juga dapat menjadi “pengganti” dari keberadaan Ibu, terutama yang sedari kecil memang telah hidup bersama kakek dan nenek. Pada dasarnya, perasaan seorang nenek akan sama dengan seorang ibu, terlebih lagi jika telah merawat kita sejak kecil. Namun, jika tiba-tiba mendapatkan mimpi berupa nenek meninggal dunia, diri kita pasti akan terasa terpukul dan sedih sekali ‘kan? Nah, keberadaan mimpi tersebut justru memberikan pertanda yang berkenaan dengan tanggung jawab dalam hidupmu kelak.

7. Mimpi Pasangan Meninggal Dunia

Selain orang tua dan sanak saudara, pasangan kita juga termasuk dalam sebutan keluarga, terutama yang sudah menikah. Jika kita mendapatkan mimpi berupa pasangan yang meninggal dunia, pastilah diri kita sangat sedih. Namun jangan bersedih terlalu lama ya, sebab mimpi tersebut justru memberikan arti baik, yakni pasangan kita akan memiliki umur panjang dari Yang Maha Kuasa.

8. Mimpi Anak Meninggal Dunia

Anak adalah buah hati bersama pasangan. Bahkan ada kiasan bahwa “seorang ibu yang ditinggal pergi oleh anaknya, pasti akan merasa seolah hidupnya hampa”. Yap, anak adalah darah daging yang telah dikandung selama 9 bulan di rahim ibu. Apabila tiba-tiba mendapatkan mimpi yang menceritakan bahwa anaknya meninggal dunia, pasti akan sangat sedih. Terlebih lagi saat itu, anaknya tengah merantau. Nah, melalui mimpi tersebut dapat memberikan pertanda bahwa dirimu sebagai sosok ibu haruslah senantiasa membimbing dan mendoakan anakmu.

Sayangnya, ada makna lain dari mimpi ini yaitu akan datangnya sebuah perselisihan dalam keluargamu di waktu dekat ini.

9. Mimpi Diri Sendiri Meninggal Dunia

Wah, bagaimana ya jika malah kita memimpikan diri kita sendiri meninggal dunia? Pasti setelah bangun tidur, akan kepikiran terus ya… Nah, mimpi tersebut memberikan pertanda bahwa diri kita harus lebih waspada akan datangnya malapetaka di waktu kedepannya. Harus selalu hati-hati ya…

The Architecture of Love | Di balik Pena

10. Mimpi Anggota Keluarga yang Sudah Meninggal Dunia

Ketika tengah tertidur pulas, kemudian tiba-tiba bunga tidur kita berubah menjadi menyeramkan karena hadirnya sosok anggota keluarga yang sudah meninggal. Apakah Grameds akan langsung ketakutan? Nah, melalui mimpi tersebut, ada 2 arti yang tersirat. Pertama, dirimu sendiri mungkin saja tengah merindukan sosok anggota keluarga yang telah meninggal itu. Jika memang demikian, khususnya bagi Grameds yang beragama Islam, dapat membacakan surah Al-Fatihah bagi orang tersebut.

Arti mimpi yang kedua adalah mungkin saja ada pesan untukmu dari sosok anggota yang sudah meninggal tersebut pada semasa hidupnya, tetap belum kamu laksanakan. Ayo, coba ingat-ingat terlebih dahulu ya… Apabila sudah ingat, segera laksanakan pesannya sesegera mungkin.

Yang Harus Dilakukan Setelah Bermimpi Buruk

Apabila kita tiba-tiba mendapatkan mimpi buruk, terutama ketika tidur di malam hari, jangan langsung panik ya… Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Grameds setelah bermimpi buruk, yakni:

1. Tarik Nafas Secara Perlahan dan Berusaha Untuk Tenang

Hal pertama yang harus kita lakukan setelah mendapatkan mimpi buruk adalah menarik nafas secara perlahan dan berusaha untuk tenang. Memang, mimpi buruk itu datang secara mendadak hingga membuatmu terbangun. Maka dari itu, kamu harus mengkondisikan diri supaya dapat tetap tenang dan memberikan sugesti pada diri sendiri bahwa segalanya akan baik-baik saja.

Yakinkan diri bahwa semua yang kamu alami barusan hanyalah bentuk dari mimpi atau bunga tidur. Kamu harus menyadarkan diri bahwa hal-hal buruk yang terjadi di dalam mimpimu tersebut tidak akan terjadi di dunia nyata.

2. Berdoa

Berdoa tentu saja dapat menjauhkan dirimu dari hal-hal buruk, tak terkecuali dari mimpi buruk. Berdoalah kepada Tuhan untuk meminta perlindungan kepadaNya, sesuai dengan agama dan kepercayaan.

Apabila kamu beragama Islam, terdapat beberapa adab yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, di antaranya adalah berdoa dan melakukan salat.

Doa tersebut adalah bacaan doa ta’awudz yang telah diajarkan Allah lewat Al-Quran. Bacaan doa ta’awudz tersebut harus dilafalkan sebanyak tiga kali jika mengalami mimpi buruk. Berikut adalah bacaan doa ta’awudz tersebut:

Faidza qorotal-qurana fasta’idz billaahi minasy-syaithoonir-rojiim

Yang artinya:

“Apabila kamu membaca Al-Quran, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl [16]: 98)

Selanjutnya, jika kamu masih gelisah dan terus-menerus memikirkan mimpi buruk tersebut, kamu dapat melakukan salat malam. Setelah salat, berdoalah kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan.

3. Minum Air Putih

Setelah berdoa, jika kamu masih merasa takut, was-was, dan cemas, segeralah minum air putih. Minum air putih dinilai dapat membuatmu merasa lebih tenang dan mengurangi kecemasan akibat mimpi buruk tersebut.

Usahakan untuk minum air putih hangat ya, jangan air putih dingin, karena justru dapat membuat tubuhmu menjadi kaget dan tegang. Setelah minum air putih, kamu dapat melanjutkan tidur.

4. Mengubah Posisi Tidur

Terakhir, jika kamu ingin melanjutkan tidur, lebih baik ubah posisi tidur dari posisi sebelumnya. Perubahan posisi tidur tersebut dinilai dapat memberikan sugesti bahwa mimpi buruk juga akan ikut berpindah dan tidak mengikuti lagi setelah posisi tidur diubah.

Selain itu, mengubah posisi tidur juga dapat membuat otot-ototmu yang tadinya tegang menjadi rileks kembali.

Ketika kamu hendak melanjutkan tidur kembali, tetapi tidak dapat merasakan ngantuk, kamu dapat menonton dan mendengarkan ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) melalui platform Spotify atau Youtube.

Gangguan Mimpi Buruk

Beberapa orang ada yang menganggap mimpi buruk hanya bunga tidur saja, sehingga tidak perlu memikirkannya terlalu dalam. Namun, ada juga sebagian orang yang mendapatkan gangguan tidur karena mimpi buruk ini.

Mimpi buruk dapat dikategorikan sebagai gangguan, apabila:

  • Terjadi dengan frekuensi yang sering atau hampir setiap hari.
  • Menimbulkan rasa cemas dan takut ketika hendak tidur. Biasanya ketika tidur malam.
  • Menyebabkan kantuk, lesu, hingga lelah bahkan di siang hari sekalipun.
  • Membuat orang yang mengalaminya menjadi terus-menerus memikirkan arti mimpi buruk tersebut hingga stress.
  • Mempengaruhi produktivitas kerja sehari-hari, misalnya menurunnya kualitas belajar dan bekerja.
  • Menyebabkan gangguan perilaku, misalnya takut berada di ruangan gelap.
  • Menyebabkan sulit konsentrasi dan mengingat hal-hal lain.

Nah, apabila Grameds mengalami hal-hal tersebut setelah mendapatkan mimpi buruk dengan frekuensi yang sering, bahkan hingga setiap hari, segera konsultasi ke dokter ya. Jangan asal menganalisis sendiri arti mimpi buruk yang ada karena dapat membuat pikiran negatif semakin berlarut-larut.

 

Rujukan:

https://www.alodokter.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.