in

Mimpi Dikejar Buaya Pertanda Baik atau Buruk, Ya? Begini Artinya

Sumber: Unsplash.com

Mimpi dikejar buaya tak perlu diragukan lagi, termasuk mimpi buruk yang bisa membuat kamu takut saat bangun dari tidur. Hal ini wajar, mengingat buaya memang binatang buas dan mengerikan. Tak banyak orang yang berani berhadapan langsung dengan hewan ini.

Meski demikian, buaya juga dijadikan sebagai simbol tertentu dan dihormati oleh beberapa suku di Indonesia. Beberapa suku menganggap buaya sebagai simbol malapetaka atau bahaya. Beberapa yang lain seperti suku Betawi menganggapnya sebagai simbol kemakmuran atau kesehatan.

Begitu juga arti dari mimpi dikejar buaya. Dalam primbon Jawa, mimpi seperti ini dapat menjadi pertanda akan datang kebaikan, kedamaian, atau kemenangan di waktu dekat. Namun, mimpi ini bisa juga membawa pertanda buruk.

Nah, daripada kamu terus kebingungan menebak-nebak arti mimpi buruk dikejar buaya, berikut ini beberapa arti dari mimpi tersebut yang mungkin sesuai dengan keadaanmu.

Arti Mimpi di Kejar Buaya

mimpi dikejar buaya
Sumber: Pixabay

1. Kamu Sedang Lari dari Masalah

Mimpi dikejar buaya jelas terasa menyeramkan dan tak ada yang menyangkalnya. Kalau Grameds mengalami mimpi ini dan kamu berlari dari buaya tersebut, bisa jadi mimpi ini merepresentasikan keadaanmu di dunia nyata.

Mimpi ini menunjukkan bahwa kamu berusaha lari dari masalah yang sedang dihadapi di kehidupan nyata. Kalau memang benar begitu, sebaiknya berhenti dan hadapi masalah tersebut sampai selesai. Sebab, lari dari masalah hanya membawamu ke masalah lainnya.

2. Kamu Sedang Merasa Tidak Nyaman dengan Lingkunganmu Sendiri

Perasaan tidak nyaman yang muncul setelah dikejar buaya dalam mimpi adalah perwakilan dari kenyataan yang sedang kamu alami. Dengan kata lain, kamu sedang merasa tidak nyaman dan ingin keluar dari lingkunganmu saat ini.

Mungkin kamu baru memikirkannya atau sedang kebingungan mencari cara yang tepat untuk melakukannya. Kalau benar seperti itu, sebaiknya segera ambil keputusan karena lingkungan yang tidak membuatmu nyaman dapat mempengaruhi kehidupanmu.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

3. Ada Orang yang Memiliki Niat Buruk

Buaya sering kali dianggap sebagai simbol dari pengkhianatan. Karena itu, mimpi dikejar buaya bisa juga diartikan sebagai pengkhianatan. Artinya, kamu sedang mendapatkan peringatan dari alam bawah sadar bahwa kamu harus berhati-hati.

Pasalnya, akan ada seseorang yang berkhianat padamu atau memiliki niat buruk yang lain. Jadi sebaiknya, tetap waspada, ya.

4. Kamu Sedang Merasa Bersalah

Jika buaya yang mengejarmu di dalam mimpi ukurannya kecil, kemungkinan buaya ini adalah lambang dari perasaan bersalahmu. Dengan kata lain, Grameds sedang merasa bersalah atas kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu.

Jika benar begitu, sebaiknya kamu membaca buku Berdamai Dengan Masa Lalu yang ditulis oleh Asti Musman. Buku ini mengajarkanmu bagaimana cara memaafkan diri sendiri dan berdamai dengan masa lalu.

https://www.gramedia.com/products/berdamai-dengan-masa-lalu-seni-melepaskan-masalah-beban-d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/berdamai-dengan-masa-lalu-seni-melepaskan-masalah-beban-d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5. Akan Datang Masalah di Masa Depan

Lain lagi kalau buaya yang mengejarmu ukurannya besar. Mimpi dikejar buaya berukuran besar seperti ini merupakan pertanda bahwa kamu akan menghadapi beberapa masalah di masa depan.

Akan tetapi, Grameds tak perlu khawatir, sebab kamu pasti bisa mengatasi semua masalah yang datang satu per satu. Tentu saja, kamu tidak boleh lari atau bersembunyi dari masalah tersebut.

6. Kamu Berhasil Menghadapi Masalah

Mimpi dikejar buaya bisa juga menandakan bahwa Grameds sedang berhadapan dengan suatu masalah dan kamu berhasil menghadapinya. Namun tentu saja, ini tidak akan terjadi jika kamu tidak mengusahakannya.

7. Bisnis yang Kamu Jalankan Akan Mengalami Banyak Kemajuan

Kalau kamu bermimpi dikejar buaya dan berhasil lolos dengan selamat dari hewan mengerikan tersebut, berarti kamu akan mendapatkan kabar baik. Lebih tepatnya, bisnis yang sedang kamu jalankan akan mengalami banyak kemajuan dan kamu akan menemukan peluang untuk menjadi lebih sukses lagi.

Arti Mimpi Dikejar Buaya Menurut Primbon Jawa

mimpi dikejar buaya
Sumber: Unsplash.com

1. Arti Mimpi Dikejar Buaya Tanpa Henti

Mimpi dikejar buaya tanpa henti jelas melelahkan dan mengerikan. Kalau kamu baru saja mengalaminya, sebaiknya berhati-hati dengan lingkungan sekitar, ya. Sebab, mimpi ini adalah peringatan dari alam bawah sadar bahwa kamu akan berhadapan dengan hal yang berbahaya. Bisa jadi terkena penyakit, menjadi korban pencurian, bangkrut, ditinggal pasangan, atau kecelakaan.

2. Arti Mimpi Dikejar Buaya di Darat

Mimpi yang satu ini membawa kabar baik untuk Grameds karena kamu akan mendapatkan rezeki dan keberuntungan yang tak diduga-duga sebelumnya. Apalagi jika selama ini kamu sudah berusaha maksimal.

3. Arti Mimpi Dikejar Buaya (Khusus Perempuan)

Kalau Grameds seorang perempuan dan bermimpi dikejar buaya, berarti kamu akan mendapatkan kabar baik di masa depan. Tepatnya, kamu akan bertemu dengan seseorang yang benar-benar menyukaimu. Orang ini bisa jadi sudah kamu kenal sebelumnya, atau bisa juga orang asing.

4. Arti Mimpi Dikejar Buaya (Khusus Laki-laki)

Kalau kamu seorang laki-laki, mimpi dikejar buaya justru merupakan pertanda buruk. Sebab, mimpi ini berkaitan erat dengan perasaan menyesal karena kamu memilih pekerjaan yang kurang tepat di masa depan.

5. Arti Mimpi Dikejar Buaya Berwarna Hitam

Dalam primbon Jawa, buaya hitam merupakan simbol dari perasaan kecewa dan menyesal. Karena itu, jika kamu mimpi dikejar buaya berwarna hitam berarti kamu akan merasa kecewa dan menyesal terhadap perbuatan yang sudah kamu lakukan. Khususnya yang berhubungan dengan relasi atau pekerjaanmu.

6. Arti Mimpi Dikejar Buaya Berwarna Putih

Nah, kalau yang mengejarmu adalah buaya berwarna putih maka kamu boleh berbahagia. Karena menurut primbon Jawa, mimpi ini berarti kamu akan mendapatkan rezeki atau keberuntungan dalam waktu dekat karena buaya putih adalah lambang kebaikan dan kesucian.

7. Arti Mimpi Dikejar Buaya yang Kulitnya Mengelupas

Mimpi dikejar buaya “normal” saja sudah mengerikan, apalagi kalau mimpi dikejar buaya yang kulitnya mengelupas? Tentu bisa bikin kamu ketakutan.

Namun ternyata menurut primbon, mimpi ini justru merupakan peringatan untukmu agar Grameds move on dari masa lalu dan segera memulai kehidupan baru yang lebih baik lagi. Mimpi ini merupakan cara alam bawah sadar mengingatkanmu untuk mengikhlaskan dan menerima masa lalu.

Arti Mimpi yang Berhubungan dengan Buaya

mimpi dikejar buaya
Sumber: Unsplash.com

1. Arti Mimpi Melihat Buaya Berwarna Putih

Jika kamu melihat buaya berwarna putih di dalam mimpimu, berarti Grameds sedang mendapatkan peringatan bahwa kamu sedang menyakiti perasaan seseorang yang dekat denganmu.

Coba diingat baik-baik, adakah orang yang kamu sakiti perasaannya baru-baru ini? Jika ada, segera minta maaf dan selesaikan secara baik-baik agar hubungan kalian kembali seperti semula.

2. Arti Mimpi Melihat Buaya di Sungai

Kalau buaya yang kamu lihat sedang nongkrong santai di sungai, berarti sebentar lagi kamu akan mendapatkan kesuksesan. Sungai umumnya dihubungkan dengan sumber air yang dapat membantu pertumbuhan ekosistem di sekitarnya.

Dengan kata lain, sebentar lagi Grameds akan mendapatkan bantuan dari orang-orang di sekitarmu sehingga kamu bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

3. Arti Mimpi Melihat Buaya yang Sedang Diam

Mimpi melihat buaya yang sedang diam bisa menjadi kabar yang baik dan buruk. Kabar baiknya, mimpi ini berarti keinginanmu akan segera tercapai. Sedangkan kabar buruknya, mimpi ini merupakan pertanda bahwa kamu sedang merasa ketakutan dalam kehidupan nyata.

4. Arti Mimpi Bertemu dengan Buaya

Kalau kamu mimpi bertemu dengan buaya berukuran sangat besar, berarti sebentar lagi kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar. Beberapa suku yang ada di Indonesia bahkan menggelar syukuran sehari setelah mimpi bertemu buaya sebagai bentuk terima kasih karena akan mendapatkan rezeki.

5. Arti Mimpi Digigit Buaya

Mimpi digigit buaya di dalam mimpi adalah pertanda yang buruk. Kamu akan mendapatkan ujian berat dalam waktu dekat. Karena itu kamu harus mempersiapkan diri agar saat ujian tersebut datang, kamu bisa menghadapinya.

6. Arti Mimpi Makan Daging Buaya

Mimpi memakan daging buaya menandakan bahwa kondisi kesehatanmu sedang tidak baik-baik saja dan kamu akan jatuh sakit dalam waktu dekat. Jadi, kalau kamu tiba-tiba merasa kurang enak badan, segera periksakan diri ke dokter. Akan tetapi jauh lebih baik lagi kalau kamu selalu menjaga kesehatan setiap saat.

7. Arti Mimpi Melihat Orang yang Dimakan Buaya

Mimpi ini mempunyai arti yang cukup mengerikan, karena kamu akan melihat kecelakaan tragis di masa depan. Dan yang lebih parah lagi, kecelakaan ini akan terjadi di depan matamu.

Jika kamu melihat orang yang kamu kenal di makan buaya di dalam mimpi, maka mimpi ini menandakan bahwa orang tersebut akan mengalami bahaya.

8. Arti Mimpi Dimakan Buaya

Lain lagi kalau yang dimakan oleh buaya dalam mimpi adalah kamu sendiri. Mimpi ini merupakan perwakilan dari perasaan gundah gulana yang sedang kamu rasakan. Maka dari itu, sebelum perasaan tersebut berubah menjadi ketakutan, sebaiknya segera cari sumbernya dan selesaikan masalahnya.

9. Arti Mimpi Menemukan Buaya yang Mati

Mimpi melihat bangkai buaya bisa jadi pertanda yang buruk, sebab yang kamu lihat merupakan simbol dari perasaan takut yang kamu alami saat ini. Biasanya mimpi ini muncul ketika kamu menghadapi pilihan penting yang berhubungan dengan masa depan.

Jika kamu sedang kesulitan untuk memilih, coba baca buku Seni Memilih: Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari yang ditulis oleh Irma El-Mira. Buku ini mengajak Grameds untuk mengenal pilihan yang kamu buat dengan baik, bahkan berteman dengannya. Kamu juga akan diajak untuk mengetahui setiap alasan dan sebab munculnya pilihan dalam kehidupan. Dengan begitu, Grameds akan lebih siap dalam memilih dan memutuskan pilihan.

https://www.gramedia.com/products/seni-memilih-agar-tidak-menyesal-di-kemudian-hari?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/seni-memilih-agar-tidak-menyesal-di-kemudian-hari?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

10. Arti Mimpi Membunuh Buaya

Kalau kamu bermimpi membunuh buaya, berarti sebentar lagi kamu akan menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi di kehidupan nyata. Karena itu, biasanya mimpi ini lebih sering dialami oleh orang-orang yang merasa cemas. Namun, konon setelah mimpi ini muncul rasa cemas dan gelisah yang mengganggu akan menghilang dengan sendirinya.

11. Arti Mimpi Menangkap Buaya

Lain cerita kalau kamu bermimpi menangkap buaya. Mimpi seperti ini biasanya menandakan kamu akan memperoleh kekayaan yang melimpah, kesehatan terjaga, dan mendapatkan kesejahteraan dalam waktu dekat.

12. Arti Mimpi Melihat Buaya Berenang di Kolam

Ketika kamu mimpi melihat buaya sedang berenang di kolam, sebaiknya berhati-hati karena mimpi ini merupakan tanda bahwa kamu akan mendapatkan berita yang buruk. Khususnya yang berhubungan dengan pekerjaan.

13. Arti Mimpi Melihat Buaya yang Jinak

Bagaimana jika yang kamu lihat di dalam mimpi adalah buaya yang jinak? Ini berarti Grameds akan berhasil menghadapi masalah yang sedang kamu alami di dunia nyata. Bahkan, kamu bisa menyelesaikannya dengan cepat!

14. Arti Mimpi Melihat Buaya di dalam Rumah

Hati-hati kalau kamu bermimpi melihat buaya di dalam rumah. Soalnya mimpi ini biasanya membawa berita buruk. Dalam primbon Jawa, buaya yang ada di dalam rumah merupakan simbol dari orang jahat yang berhasil masuk dalam kehidupanmu. Jadi, tetap waspada, ya!

15. Arti Mimpi Melihat Buaya yang Hamil

Nah, kalau yang kamu lihat adalah buaya hamil, kamu boleh berbahagia. Pasalnya menurut primbon mimpi ini merupakan pertanda kamu akan mendapatkan rezeki. Khususnya untuk ibu hamil. Dalam kepercayaan masyarakat Betawi, buaya yang sedang hamil biasa dianggap sebagai simbol dari ketenangan.

Buaya Sebagai Simbol dalam Beberapa Kebudayaan di Indonesia

1. Suku Dayak Lundayeh

Suku Dayak Lundayeh merupakan suku pemberani yang tak mengenal takut sama sekali. Mereka terkenal bisa menyerang musuh tanpa ragu-ragu. Bahkan di zaman dulu, suku ini lebih dikenal sebagai pemburu kepala musuhnya.

Akan tetapi, tindakan “berburu kepala musuh” sudah ditinggalkan oleh Suku Dayak Lundayeh saat ini. Sekarang mereka adalah warga negara Indonesia yang mematuhi hukum adat serta peraturan pemerintah setempat.

Nah, cara hidup masyarakat Suku Dayak Lundayeh di masa lalu merupakan simbol dari cara hidup buaya. Karena itu, bagi suku ini, buaya memiliki makna yang cukup mendalam. Bagi mereka buaya adalah lambang Lundayeh dan representasi dari karakter orang Lundayeh sendiri. Beberapa karakter tersebut di antaranya adalah:

  • Pemberani dan sigap
  • Mampu beradaptasi dan bertahan di mana saja
  • Memanfaatkan segala potensi diri dan membaca lingkungan atau situasi.
  • Setia
  • Tenang, yakin, dan berani dalam menghadapi semua tantangan dan fokus dalam mencapai tujuannya.

2. Atoni Pah Meto

Di Provinsi Nusa Tenggara Timur ada sebuah Kabupaten yang bernama Kabupaten Timor Tengah Selatan. Di Kabupaten ini hidup tiga suku besar, yaitu Amanatun, Mollo, dan Amanuban.

Nah, Atoni Pah Meto merupakan sebutan bagi anggota masyarakat yang berasal dari ketiga suku tersebut. Mereka menggunakan bahasa Dawan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau Grameds berkunjung ke Kabupaten Timor Tengah Selatan, kamu bisa melihat banyak rumah dengan figur buaya dan cicak yang terbuat dari anyaman daun lontar. Figur ini biasanya diletakkan di dinding dan berfungsi sebagai dekorasi.

Selain itu, figur buaya dan cicak juga muncul dalam tempat sirih, tempat tembakau, tempat tiba, dan motif kain tenunan asli Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Masyarakat Atoni Pah Meto memang menganggap buaya dan cicak sebagai representasi dari Dia yang dipertuan dan perkasa, pemberi kehidupan sekaligus kesejukan. Karena itu dua hewan tersebut mempunyai posisi yang cukup unik dalam keyakinan masyarakat Atoni Pah Meto.

Bahkan, masyarakat suku ini menganggap perbuatan yang dapat melukai, menyakiti, atau perburuan buaya dan cicak sebagai perilaku yang tabu dan harus dihindari.

Lebih jauh lagi, ketika masyarakat sedang berbicara dan tiba-tiba terdengar bunyi cicak, mereka akan merasa bahagia sebab mereka menganggap bahwa Yang Ilahi sedang mengikuti serta merestui hal yang sedang mereka bicarakan.

3. Suku Betawi

Kamu mungkin tidak asing lagi dengan tradisi upacara pernikahan adat Betawi yang menggunakan roti buaya. Roti buaya, dalam pernikahan masyarakat betawi, biasanya dibawa bersamaan dengan barang seserahan mempelai.

Masyarakat suku Betawi percaya bahwa roti buaya merupakan lambang dari pasangan mempelai yang akan menikah. Roti buaya yang ukurannya besar melambangkan mempelai pria, sementar yang ukurannya lebih kecil melambangkan mempelai wanita.

Selain itu, biasanya ada beberapa roti buaya yang ukurannya sangat kecil yang menandakan bahwa mempelai wanita sudah siap melepas masa lajangnya dan menjadi istri yang akan memberikan keturunan pada mempelai pria. Seperti yang dijelaskan dalam buku Kuliner Betawi Selaksa Rasa & Cerita yang disusun oleh Akademi Kuliner Indonesia.

Dalam buku ini kamu bisa mempelajari sejumlah peristiwa, upacara, dan hajatan dalam masyarakat Betawi tempo dulu yang perlu diperkenalkan kembali.

https://www.gramedia.com/products/kuliner-betawi-selaksa-rasa-cerita?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kuliner-betawi-selaksa-rasa-cerita?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Demikian pembahasan tentang arti mimpi dikejar buaya. Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Gramedia.com adalah tempat andalan untuk membeli berbagai buku yang bisa menambah pengetahuanmu. Mari jadi #LebihDenganMembaca bersama buku-buku kami!

Penulis: Gilang Oktaviana Putra

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.