in

Arti Mimpi Bercerai dengan Suami Menurut Berbagai Pandangan

Universal/Public domain in the United States.

Arti Mimpi Bercerai dengan Suami – Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi di dunia nyata dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming (fenomena ketika seseorang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi). Ketika seseorang mengalami mimpi demikian, dia akan menyadari sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, bahkan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya atau mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Adapun ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut dengan oneirologi. Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, yaitu ketika aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun.

Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik hingga sekitar 20–30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekadar produk dari aktivasi otak.

Sebagian orang percaya mimpi tak lebih dari sekadar bunga tidur tanpa arti khusus. Namun, banyak pula yang meyakini mimpi sebagai firasat terjadinya peristiwa pada masa mendatang, entah itu baik maupun buruk.

Islam pun beranggapan demikian. Mimpi yang baik berasal dari Allah SWT, sedangkan mimpi yang buruk berasal dari setan. Sebagaimana yang termaktub dalam hadis berikut.

Ar-ru’ya (mimpi kebaikan) berasal dari Allah SWT, sedangkan al-hulmu (mimpi buruk) berasal dari setan” (H.R. Muslim).

Mimpi Menurut Ajaran Islam

Menafsir mimpi bukanlah suatu hal klenik atau tabu. Upaya menafsir mimpi juga pernah dilakukan oleh seluruh anak Adam, tak terkecuali Nabi Yusuf As, dia adalah nabi yang terkenal sebagai penakwil mimpi. Menurut ajaran Islam, mimpi digunakan untuk mengukur kadar kejujuran seseorang. Semakin jujur seseorang ketika terjaga, semakin benar pula mimpi dalam tidurnya. Hal ini didasarkan kepada sabda Nabi Muhammad Saw.

Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada tiga, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah SWT, mimpi yang buruk yang berasal dari setan, dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri. Apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci, hendaklah dia bangun salat dan tidak menceritakannya kepada orang lain (H.R. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim).

Muhammad Ibn Sirin pernah menulis sebuah kitab yang berjudul Tafsir al-Ahlam, kitab yang memuat tentang kumpulan mimpi-mimpi dan cara memahaminya. Dia menyebut bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam. Pertama, mimpi benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena telah jelas tergambar dalam mimpi. Kedua, mimpi yang membutuhkan penafsiran karena mengandung hikmah dan makna lain di luar yang dilihat dalam mimpi.

Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan di sisi lain dalam kitabnya yang berjudul Qawaid Tafsir al-Ahlam mengklasifikasikan mimpi menjadi empat bagian. Pertama, mimpi yang terpuji dari segi lahir dan batin. Kedua, mimpi yang terpuji dari segi lahir, tetapi tercela dari segi batin (maksudnya secara lahir mimpi tersebut tampak baik, tetapi arti dari mimpi tersebut sebenarnya adalah buruk). Ketiga, mimpi yang secara lahir tampak buruk, tetapi secara batin diartikan sebagai mimpi yang terpuji. Keempat, mimpi yang tercela dari segi lahir maupun batin (Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan, Qawaid Tafsir al-Ahlam, juz 1, hlm. 138).

Arti Mimpi Bercerai dengan Suami Menurut Perspektif Umum dan Primbon

Ungkapan “mimpi adalah bunga tidur” rasanya tak berlaku lagi jika kalian mengalami mimpi bercerai dengan suami. Sebaliknya, para istri pasti merasa itu mimpi terburuk dalam hidup. Namun, apakah benar mimpi itu memang pertanda buruk?

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jika merujuk teori Aktivasi-Sintesis yang digagas oleh Allan Hobson dan Robert McCarley pada 1970-an, mimpi sebenarnya tidak memiliki makna secara intrinsik. Mimpi hanyalah efek samping dari aktivitas normal otak saat sedang di fase tidur REM. Mimpi merefleksikan usaha otak untuk memahami aktivitas saraf yang terjadi saat tidur. Tidak lebih.

Namun, Hobson juga menjelaskan bahwa mimpi barangkali adalah keadaan sadar kita yang paling kreatif, kacau, dan merupakan penggabungan spontan antara elemen kognitif, sehingga menghasilkan informasi atau ide baru. Meskipun banyak mimpi yang tidak masuk akal, tetapi kalau mimpi itu berguna untuk merangsang kreativitas, bisa jadi bermakna.

Sekarang kembali ke pertanyaan utama, apakah mimpi cerai dengan suami merupakan pertanda buruk? Well, tidak selalu. Jika kamu sedang dalam hubungan yang harmonis dengan suami, anggap saja mimpi tersebut merupakan gangguan tidur yang tidak bermakna. Namun, kalau kamu penasaran, simak arti mimpi cerai dengan suami di bawah ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa arti mimpi cerai yang berbeda berdasarkan skenario mimpinya.

1. Mimpi Bercerai dengan Suami

Mimpi bercerai dengan suami menandakan bahwa bisa jadi sang pemimpi akan mengalami musibah di kemudian hari. Oleh karena itu, sebaiknya kalian segara berdoa kepada Tuhan untuk meminta perlindungan agar mimpi buruk ini tidak terjadi.

2. Mimpi Bercerai dengan Istri

Berbanding 180 derajat dengan arti mimpi bercerai dengan suami, mimpi bercerai dengan istri justru pertanda baik. Kamu harus siap-siap untuk mendapatkan rezeki yang melimpah. Rezeki tersebut tidak selalu berarti uang, bisa jadi rezeki kesehatan, anak, atau hal lainnya yang baik untukmu dan membuat keluargamu bahagia. Oleh karena itu, jangan lupa untuk senantiasa bersyukur.

3. Mimpi Bercerai dan Menikah Lagi

Jika kamu masih menikah dan mimpi cerai lalu menikah lagi, waspadalah karena dalam waktu dekat akan ada masalah yang menimpa keluargamu. Meski sifatnya belum pasti, tetapi sebaiknya bersiap saja untuk menghadapi segala masalah rumah tangga ke depannya. Tetaplah tenang dan berusaha untuk menjalani hari sebaik mungkin agar tak ada masalah serius.

4. Mimpi Bercerai Karena Suami Selingkuh

Mimpi bercerai memang menyakitkan, tetapi kalau alasannya karena suami selingkuh tentu sakitnya menjadi berlipat. Manurut maknanya, mimpi ini memiliki arti yang buruk dan berkaitan dengan keuangan.

Kalian sebaiknya segera mempelajari cara mengelola keuangan dengan baik, sebab mimpi bercerai karena suami selingkuh menandakan bahwa akan ada penurunan secara finansial dalam rumah tangga. Kamu bisa konsultasi kepada ahli untuk pengelolaan dana rumah tangga agar arti mimpi ini bisa dihindari.

5. Mimpi Bercerai, tetapi Belum Menikah

Tidak hanya pasangan suami istri yang bisa bermimpi cerai, para lajang juga bisa memimpikan hal ini. Ini dikarenakan mimpi memang tak bisa diatur. Nah, arti mimpi bercerai, tetapi belum menikah memiliki arti yang kurang baik untuk kesehatan. Mimpi ini sebaiknya dijadikan pengingat untuk senantiasa melakukan cek kesehatan secara berkala dan memulai pola hidup yang lebih sehat.

6. Mimpi Bercerai dengan Suami Lalu Rujuk Kembali

Mimpi bercerai dengan suami, lalu rujuk kembali adalah pertanda adanya permasalahan yang hidup yang dialami. Hal tersebut erat kaitannya dengan kondisi finansial dan kesehatan.

7. Mimpi Ditalak Suami

Mimpi ditalak suami adalah pertanda buruk. Konon, dalam waktu dekat kamu akan mengalami musibah. Namun, tidak ada yang tahu waktu datangnya musibah selain Allah SWT. Jadi, berdoalah agar hal tersebut bukan merupakan suatu pertanda buruk.

8. Mimpi Melihat Saudara Bercerai

Jika mengalami mimpi melihat saudara bercerai, mimpi ini menunjukkan bahwa kamu akan mengalami kesialan di masa depan. Kesialan ini berhubungan dengan keluarga. Sebaiknya dekatkan diri kepada Tuhan agar keluargamu tetap dalam perlindungan-Nya.

9. Mimpi Orang Tua Bercerai Bagi Lelaki Lajang

Arti mimpi orang tua bercerai bagi lelaki yang masih lajang, yaitu menggambarkan tentang keinginan untuk membuka lembaran hidup baru. Kamu bisa mulai memperbaiki diri dan meninggalkan kebiasaan buruk masa lalu. Berusahalah untuk terbuka dan selalu berpikir positif.

10. Mimpi Orang Tua Bercerai Bagi Lelaki yang Sudah Menikah

Bagi seorang laki-laki yang sudah menikah dan mengalami mimpi orang tua bercerai, mimpi ini menunjukkan kalau kamu sedang tidak percaya diri dengan kehidupanmu sekarang. Sebaiknya mulai perbaiki kekuranganmu, belajar tentang keahlian yang kamu miliki, dan tunjukkan kehebatan yang kamu miliki.

11. Mimpi Melihat Perceraian Orang Lain

Mimpi melihat perceraian orang lain ini adalah gambaran rasa takut yang sedang kamu alami di masa depan. Kamu sangat takut untuk menikah karena tidak ingin mengalai perceraian seperti yang dialami orang-orang terdekatmu.

12. Mimpi Bercerai Karena Cemburu

Arti mimpi bercerai karena cemburu dengan pasanganmu menandakan kalau kamu sedang iri dengan orang lain, atau ada orang yang diam-diam iri dengan pencapaianmu. Hal ini menjadi pertanda yang kurang baik. Sesuatu yang buruk akan terjadi kepadamu dalam waktu dekat.

13. Mimpi Bercerai, tetapi Masih Menyukai

Jika bercerai, tetapi masih menyukai terjadi dalam dunia nyata tentu sangat menyedihkan. Namun, jika ini terjadi dalam mimpi ternyata menjadi suatu pertanda yang baik. Mimpi ini menandakan bahwa kamu dan pasangan berhasil membina hubungan yang baik, damai, dan harmonis. Jika sedang berselisih atau berbeda pendapat, kamu dan pasanganmu mampu mencari jalan keluarnya bersama.

 

Arti Mimpi Bercerai dengan Suami Menurut Perspektif Islam

Mimpi cerai dengan suami merupakan sesuatu yang tidak diinginkan oleh setiap istri, bahkan tak jarang yang menganggap mimpi cerai dengan suami merupakan mimpi buruk. Namun, ternyata mimpi cerai dengan suami memiliki arti atau maknanya sendiri menurut pandangan Islam.

Dalam buku Tafsir Mimpi Atabah terdapat sebuah tafsiran terkait mimpi cerai dengan suami. Mimpi cerai dengan suami berdasarkan buku tersebut merupakan sebuah pertanda buruk. Seseorang yang bermimpi cerai dengan suami akan mengalami penurunan dalam bisnia.

Tak hanya itu, arti lain dari mimpi tersebut juga kamu akan dipecat dari pekerjaan yang sekarang. Selain itu, mimpi cerai dengan suami juga memiliki arti kamu akan kehilangan harta yang berharga. Namun, untuk kebenaran arti mimpi cerai ini tergantung kepada kepercayaan masing-masing. Oleh sebab itu, kamu harus berdoa kepada Allah SWT agar terhindar dari segala hal buruk.

Syekh Abdul Ghani An Nablusi dalam kitab Ta’thirul Anam fi Ta’biril Manam menjelaskan makna mimpi perceraian sebagai berikut.

Jika seseorang lajang bermimpi talak (perceraian), hal tersebut berarti perpisahan terhadap hal yang baik ataupun buruk bagi dirinya. Adapun orang yang sudah menikah jika bermimpi cerai, maknanya kehidupannya berantakan atau bisa kematian menjemputnya, lebih-lebih saat dirinya sedang sakit.

Lebih lanjut, Syekh Abdul Ghani An Nablusi menjelaskan sebagai berikut.

Barangsiapa yang bermimpi dirinya mencerai istrinya, dia akan tercukupi. Hal ini seperti ayat (Al-Nisa: 130)

Jika dia mencerai talak raj’i, dia akan melepas profesi pekerjaannya beberapa hari kemudian berniat kembali lagi. Adapun jika dia bermimpi mentalak bain istrinya, dia akan kehilangan pekerjaannya dan tak bisa kembali mendapatkan pekerjaan tersebut.

Barangsiapa yang bermimpi dirinya mencerai istrinya, hal ini berarti dia akan berpisah dengan raja yang bersamanya. Ada juga yang mengatakan dia akan dilengserkan dari kekuasaannya. Pada dasarnya, talak berarti kefakiran karena perempuan diibaratkan sultannya suami dan kemewahannya.

Barangsiapa yang memiliki istri yang sedang sakit kemudian dia bermimpi menceraikannya dengan talak ba’in, maknanya istrinya akan mati. Begitu juga bila suami bermimpi menjual atau memerdekakan istrinya serta dalam mimpi tersebut dia mentalak raj’i, istrinya akan sembuh kembali.

Hal senada juga diungkapkan oleh Syekh Abu Bakar Al Ihsa’i dalam kitab Jami’ Tafsiril Ahlam yang menyatakan sebagai berikut.

Orang yang bermimpi mencerai istrinya, dia sudah merasa cukup. Ada juga yang mengatakan jika orang yang bermimpi memiliki kedudukan, dia akan terlepas dari jabatannya. Sebagian ulama berpendapat bahwa barangsiapa yang bermimpi menceraikan istrinya padahal dia tak memiliki istri lain, kemuliaan dirinya akan hilang. Jika dia memiliki istri lain atau budak, berarti dia akan kehilangan dari beberapa istrinya tersebut.

Secara spesifik, Syekh Abu Bakar Al Ihsa’i memberikan gambaran sebagai berikut.

Barangsiapa bermimpi menceraikan istrinya padahal dia tak memiliki istri, berarti ajalnya sudah dekat. Ada yang mengatakan bahwa barangsiapa yang menceraikan istrinya padahal dia termasuk orang yang fokus dalam urusan akhirat, dia sudah tak tergiur dunia dan lebih menyibukkan diri kepada akhirat.

Penjelasan ini bukan menakut-nakuti kita, tetapi seharusnya menjadi pelajaran berharga kepada kita supaya lebih berhati-hati dalam menjaga hubungan dengan pasangan, serta mengurangi konflik yang mengarah kepada perceraian.

Itulah beberapa arti mimpi yang berkaitan dengan perceraian. Secara umum, arti mimpi bercerai adalah pengingat untuk memprioritaskan tujuan dan keinginan lebih baik. Kamu perlu menentukan tujuan terpenting. Mimpi cerai dalam beberapa kasus dapat menunjukkan kebutuhan untuk mengatur hidup dengan lebih baik lagi.

Mimpi cerai juga merupakan suatu peringatan, terutama jika kamu sudah lama menikah. Ini adalah peringatan bahwa kamu merasa dikesampingkan oleh pasangan. Oleh karena itu, berikan lebih banyak perhatian kepada pasanganmu saat ini dan cobalah untuk memahami sesuatu yang salah dengan rumah tanggamu itu. Terlepas dari benar atau tidaknya, sebaiknya kalian berhati-hati saja.

Rujukan

BACA JUGA:

Rekomendasi Buku dan Ebook

1. Sejarah, Hikmah, dan Tabir Mimpi

2. 200 Quotes Pembingkai Mimpi

3. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.