in

Ketahui Arti Mimpi Tersesat, Pertanda Baik atau Buruk?

Mimpi Tersesat – Mimpi merupakan gambaran, pikiran, dan emosi yang sedang dialami seseorang selama ia tidur. Biasanya, mimpi terjadi pada tahap tidur REM (rapid eye movement), yaitu tahapan tidur yang membuat napas jadi lebih cepat atau tidak teratur, dan mata bergerak ke segala arah dengan cepat.

Jenis tidur ini pertama-tama terjadi sekitar satu setengah jam setelah Anda tertidur dan kemudian setiap 90 menit atau lebih sepanjang malam. Mimpi yang Anda rasakan bisa saja sangat emosional, samar, singkat, membingungkan, menyenangkan, atau bisa jadi menakutkan.

Tidak hanya itu saja, ada juga yang memiliki jalan cerita atau malah tidak masuk akal sama sekali. Ini terjadi karena yang mengatur adalah pusat emosional otak, bukan wilayah otak yang berhubungan dengan sesuatu yang logis.

Setiap orang pasti pernah bermimpi yang tidak biasa, salah satunya adalah mimpi tersesat. Lalu, apa arti dari mimpi tersesat? Nah, kamu bisa temukan jawabannya, pada artikel ini. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Tujuan Mimpi

Lalu apa tujuan dari mimpi? Berikut penjelasannya menurut beberapa sumber:

1. Terapi Diri

Mimpi dapat menghilangkan rasa sakit dari episode emosional yang sulit, bahkan traumatis, yang terjadi sepanjang hari. Selain itu, mimpi juga bisa menawarkan ketenangan emosional saat Anda bangun keesokan paginya.

Tidur REM adalah satu-satunya saat ketika otak sama sekali tidak memiliki molekul non adrenalin yang memicu kecemasan. Pada saat yang sama, struktur kunci emosional dan terkait memori pada otak aktif kembali selama tidur REM saat kita bermimpi.

Ini berarti bahwa pengaktifan kembali memori emosional terjadi pada otak yang bebas dari bahan kimia stres utama, yang memungkinkan kita memproses kembali ingatan yang mengganggu dalam lingkungan yang lebih aman dan lebih tenang

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

2. Sebagai Sarana Solusi

Telah terbukti bahwa tahapan tidur REM menggabungkan beberapa ingatan bersamaan dengan cara yang abstrak dan sangat baru. Selama Anda bermimpi, otak akan mengambil berbagai pengetahuan yang ada, mengatur, dan menyusunnya menjadi sebuah informasi.

Proses seperti inilah yang bisa menciptakan pola pikir yang dapat membantu Anda menemukan solusi dari masalah yang sebelumnya tidak terpecahkan.

Kemudian, situs Sleep Foundation juga menyebutkan tujuan mimpi lainnya, seperti memperkuat ingatan, membantu mengelola emosi dan membersihkan otak dari informasi yang tidak perlu.

Namun, sebagian peneliti juga beranggapan bahwa mimpi bisa jadi produk sampingan dari tidur yang tidak memiliki tujuan.

Arti Mimpi Tersesat

pixabay

Makna tersesat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tidak melalui jalan yang benar atau salah jalan. Lalu, bagaimana jika kita bermimpi sedang tersesat? Apa maknanya? Berikut penjelasannya.

1. Arti Mimpi Tersesat di Hutan Seorang Diri

Secara umum, pengertian hutan adalah suatu tempat yang ditumbuhi oleh berbagai macam jenis tumbuhan yang lebat. Contohnya semak, rumput, jamur, pohon dan tumbuhan lainnya di suatu wilayah yang sangat luas.

Bagi orang pecinta alam seperti mereka bukan hanya mencari ketenangan semata, tapi juga pengalaman dan petualangan yang memicu adrenalin serta menguji kemampuannya dalam bertahan hidup.

Hutan merupakan lambang dari ideologi atau pandangan hidup seseorang. Jika Anda bermimpi tersesat di sana, artinya Anda tidak memiliki orang yang bisa dipercaya untuk memperkuat ideologi.

2. Arti Mimpi Tersesat di Hutan Bersama Teman atau Keluarga

Grameds tidak perlu khawatir, tidak semua arti dari mimpi tersesat buruk. Jika Anda mimpi tersesat di jalan hutan bersama teman atau keluarga, ini pertanda kalian memiliki hubungan batin yang kuat. Artinya, sebisa mungkin Anda harus mempertahankan mereka di sisi Anda.

Keluarga dapat dikatakan sebagai bagian terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul serta orang-orang yang selalu menerima kekurangan dan kelebihan orang yang ada di sekitarnya baik atau buruknya anggota keluarga, tetap tidak bisa merubah kodrat yang ada, garis besarnya yang baik diarahkan dan yang buruk diperbaiki tanpa harus menghakimi.

Sementara itu, teman adalah seseorang yang kita kenal dan seseorang yang bisa kita jumpai. Mencari teman itu mudah, dengan menemui orang yang tidak kita kenali, lalu mengajaknya berinteraksi dengan berkenalan, dan ketika sudah kenal maka sudah bisa kita anggap sebagai teman.

Mereka yang saat ini berada disisi Anda harus dijaga, karena hubungan yang terjalin di antara kalian akan semakin kuat dan dekat. Hubungan kekeluargaan atau pertemanan akan semakin erat.

3. Arti Mimpi Tersesat di Gunung

Gunung sendiri diyakini sebagai simbol dari tanggung jawab dan kesulitan hidup. Jika Anda bermimpi kesasar di gunung, hal ini merupakan suatu pertanda Anda akan menghadapi sebuah beban yang berat.

Itu artinya, di masa mendatang akan banyak beban tanggung jawab dan kepercayaan yang datang, sehingga kamu merasa kebingungan dan kesulitan untuk menjalaninya.

Grameds tidak perlu khawatir, setiap cobaan yang terjadi tentu bisa dilewati. Karena Tuhan memberikan cobaan kepada hambanya sesuai batas kemampuan manusia tersebut.

4. Arti Mimpi Tersesat di Kuburan atau Kompleks Pemakaman

Menurut primbon, mimpi tersesat di kuburan menandakan seseorang di sekitar sedang membutuhkan pertolongan Anda. Pertolongan ini bisa ada kaitannya dengan kesehatan maupun kondisi ekonomi. Namun, ada juga yang menafsirkan mimpi ini sebagai bentuk dari ketakutan akan kondisi kesehatan diri sendiri maupun orang terdekat.

5. Arti Mimpi Tersesat di Tengah Padang Pasir

Jika Anda bermimpi tersesat di tengah padang pasir, tidak ada salahnya untuk lebih ekstra berhati-hati. Menurut ilmu tafsir, mimpi ini menandakan karakter diri Anda sebagai seseorang yang pencemburu. Saat ini, Anda tengah dipenuhi dengan kecurigaan atau berprasangka buruk kepada pasangan bahwa pasangan Anda tidak setia.

Kecemburuan umumnya mengacu pada pikiran, emosi, atau perasaan tidak aman, ketakutan dan kekhawatiran atas kurangnya rasa kepemilikan atau keamanan. Rasa cemburuan bisa terdiri dari satu atau lebih emosi seperti marah, dendam, tidak mampu, tidak berdaya.

Dalam arti sebenarnya, kecemburuan berbeda dari iri, meskipun kedua istilah tersebut hampir serupa, kata kecemburuan sekarang juga digunakan dengan definisi yang awalnya digunakan hanya untuk iri saja. Kedua emosi ini sering mengacaukan satu sama lain, karena mereka cenderung muncul dalam situasi yang sama.

6. Arti Mimpi Tersesat di Taman Nan Rindang

Mimpi tersesat di taman yang rindang dan sejuk merupakan pertanda yang baik. Anda patut banyak bersyukur, karena mimpi ini memiliki arti jika kemungkinan besar dalam waktu dekat Anda akan mendapat ketenangan hati dan juga pikiran. Selain itu,mimpi ini bisa diartikan bahwa masalah yang selama ini membebani pikiran akan segera terselesaikan.

7. Arti Mimpi Tersesat Dalam Perjalanan Jauh

Jika Anda mimpi melakukan perjalanan jauh dan tersesat dalam perjalanan tersebut, maka Anda tidak perlu overthinking. Hal ini karena arti dari mimpi ini adalah hanya refleksi dari kekhawatiran yang berlebih saat akan pergi jauh. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati dalam melakukan perjalanan baik itu pergi jauh maupun tidak.

8. Arti Mimpi Tersesat dan Tidak Bisa Menemukan Jalan Pulang

Jika Anda mimpi tersesat dan tidak menemukan jalan untuk pulang, maka ini merupakan pertanda kalau kamu sedang merasa terasingi dalam keluarga, bahkan tidak ada kehangatan yang kamu rasakan di sana. Oleh sebab itu, segera cari tahu akar masalahnya untuk menciptakan keluarga yang lebih baik dan bahagia.

Dalam menyelesaikan permasalahan terdapat teknik 5 whys. Teknik ini dikembangkan Sakichi Toyoda pada tahun 1930-an dan kemudian digunakan di Toyota Motor Corporation. Teknik ini adalah praktik bertanya menggunakan mengapa sebanyak lima kali untuk menyelidiki hubungan sebab akibat sampai akar penyebab masalah ditemukan. Berikut penjelasannya:

Strategi 5 Whys pendekatannya adalah dengan mencari tahu apa saja seluruh masalah yang ada dan bertanya “mengapa” dan “apa yang menjadi akar masalah”. Setelah sebuah permasalahan terungkap, kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan “Why“, dan setelah dijawab akan ditanya kembali “Why“, demikian seterusnya sampai dengan “Why” kelima.  Inilah mengapa teori ini disebut Strategi 5 Whys.  Strategi 5W ini sangat efektif dalam pemecahan masalah terhadap proses yang terjadi.

Strategi 5 Whys menggunakan pengukuran langsung, dan bukan merupakan solusi jangka panjang, namun merupakan sebuah tindakan pencegahan agar tidak terjadi masalah yang sama.  Pertanyaan dalam 5 Whys harus dijawab dengan kondisi aktual yang terjadi bukan peristiwa yang mungkin terjadi.  Jawaban yang mengambang dan tidak berdasarkan fakta aktual hanya akan membuat strategi 5 Whys jadi membingungkan.

9. Arti Mimpi Tersesat di Jalan Raya

Jika dalam mimpi Anda tersesat di jalan raya, tentu Anda tidak perlu khawatir. Mimpi ini merupakan pertanda baik dalam ilmu tafsir yang berkaitan dengan peruntungan rezeki. Konon, setelah mengalami mimpi ini, Anda akan mendapatkan rezeki yang tidak terduga dan melimpah.

Rezeki tentu tidak hanya berkaitan dengan finansial saja, tetapi bisa juga berupa relasi yang baik dan membangun. Dalam agama Islam sendiri, rezeki adalah segala hal yang memberikan manfaat kepada makhluk ciptaan Allah. Makna dari rezeki dalam Islam meliputi pemberian, makanan, hujan, nafkah, pahala atau balasan, surga, rasa syukur dan buah-buahan.

Rezeki yang diberikan dalam dua bentuk, yaitu rezeki zahir dan rezeki batin. Perolehan rezeki telah diterima sejak di dalam rahim hingga di akhirat. Penyumbangan terhadap rezeki dilakukan dalam berbagai bentuk yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

10. Arti Mimpi Tersesat di Tengah Cuaca Buruk

Jika Anda mimpi tersesat di tengah cuaca buruk, maka Anda perlu berhati-hati. Hal ini karena arti dari mimpi ini adalah sebagai peringatan akan niat hati Anda yang kotor. Tepatnya, ini pertanda Anda ingin atau akan menjadi orang ketiga dalam hubungan sahabat Anda sendiri!

Jadi, segeralah membersihkan hati dan hilangkan segala pikiran buruk yang Anda miliki. Jangan merebut kekasih atau merebut kekasih dari sahabatmu sendiri. Hal ini selain membuat nama Anda menjadi jelek, Anda juga menjadi perusak hubungan persahabatan yang telah terjalin.

11. Arti Mimpi Tersesat di Tengah Lapangan

Jika dalam mimpi kamu kesasar di tengah lapangan yang luas tentu tidak perlu takut. Mimpi ini merupakan pertanda baik yang ada kaitannya dengan mimpi atau harapan Anda.

Seseorang akan datang untuk membawa kabar baik atas sesuatu yang Anda nantikan selama ini. Misalnya saja, Anda mendapat kabar bahwa doa yang dipanjatkan dikabulkan.

Cara Menghadapi Masalah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ketika bermimpi tersesat di hutan ada yang berarti sedang menghadapi masalah. Jika Anda sedang menghadapi masalah yang besar, maka berikut cara atau tips untuk tetap kuat menghadapi cobaan tersebut:

1. Berikan Waktu Untuk Menenangkan Diri Sendiri

Lakukan sesuatu untuk diri sendiri seperti menyenangkan diri sendiri dengan melakukan sesuatu. Jika kita sulit bahagia karena selalu merasa punya kewajiban untuk memenuhi keinginan orang lain meski harus menahan kepahitan sendiri. Maka dari itu, kita perlu waktu untuk menyendiri atau menikmati kesendirian agar kita bisa makin mengenal diri kita sendiri.

2. Berhenti Untuk Menginginkan Serba Sempurna

Terkadang kita merasa mudah lelah karena selalu memaksakan diri untuk selalu sempurna dan benar dalam setiap hal. Sesekali kita perlu menerima dengan lapang dada kesalahan dan kekurangan yang kita punya. Dengan begitu bisa lebih mudah merelakan hal-hal yang tak bisa kita kendalikan lagi.

3. Hidup Terus Berputar

Saat kita merasa beban hidup semakin berat, maka kita harus menerima kenyataan bahwa hidup ini seperti halnya roda. Jika saat ini kita merasa terpuruk, maka perlu diingat bahwa hal itu hanyalah sementara. Selain itu, Anda harus yakin kalau akan ada saatnya kita kembali bangkit dan merasakan kebahagiaan lagi.

4. Berbahagialah Dengan Cara Yang Sederhana

Kebahagiaan bisa didapatkan dan ditemukan pada hal-hal yang lebih sederhana. Tidak harus melakukan hal yang hebat atau besar untuk bisa kembali tersenyum. Sesederhana bisa menikmati makanan kesukaan setelah mengalami hari yang buruk pun sudah bisa membuatmu kembali bahagia.

5. Jalani Segalanya Dengan Ikhlas

Tuhan selalu memberikan cobaan kepada hambanya sesuai dengan kemampuan hambanya. Ketika kita mendapatkan suatu ujian, maka yang harus dilakukan adalah menjalani dengan ikhlas dan lapang. Dengan begitu, hidup pun menjadi terasa lebih damai.

Setiap cobaan yang datang akan membuat kita menjadi lebih kuat dan hebat lagi. Ambil sisi positif dari setiap cobaan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika sedang menghadapi masalah. Jadi, jangan pernah menganggap pusing dari suatu masalah.

Penutup

Pada dasarnya, bagi sebagian orang ada yang beranggapan bahwa mimpi yang sedang dialami merupakan gambaran dari apa yang sedang kita rasakan, sehingga bisa memiliki pengaruh dalam hidup kita. Namun, ada juga yang hanya beranggapan bahwa mimpi hanyalah bunga tidur saja yang tak perlu diambil pusing tentang makna atau arti dari mimpi tersebut.

Oleh sebab itu, kembali lagi kepada diri sendiri apakah ingin mengartikan suatu mimpi atau membiarkan mengalir begitu saja.

Demikian pembahasan tentang arti mimpi tersesat. Jadi, apakah kamu pernah bermimpi tersesat? Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam informasi tentang arti mimpi, maka bisa melakukannya dengan membaca buku. Buku-buku tentang tafsir mimpi bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Jangan ragu untuk membeli buku di Gramedia karena buku-bukunya dijamin ori.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis:  Yufi Cantika Sukma Ilahiah

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.