in

Arti Mimpi Renovasi Rumah, Pertanda Baik atau Pertanda Buruk?

Setiap orang pastinya pernah bermimpi dan mimpi dari individu yang satu dengan individu lainnya tak selalu sama. Salah satu arti mimpi yang biasanya yang bisa dibilang tak biasa adalah mimpi renovasi rumah. Lalu, apa arti mimpi renovasi rumah? Nah, untuk mengetahuinya kamu bisa simak artikel ini, sampai selesai, Grameds.

Pengertian Rumah

Rumah merupakan salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Secara fisik, pengertian rumah adalah sebuah bangunan yang menjadi tempat kita berlindung dari panas, hujan, dingin, dan menjadi tempat kita beristirahat.

Selain itu, rumah juga bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, tetapi pada istilah tempat tinggal yang lebih spesifik bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang.

Unit sosial yang mendiami sebuah rumah disebut rumah tangga. Umumnya, rumah tangga merupakan sebuah unit keluarga. Meskipun demikian, rumah tangga juga dapat merujuk pada kelompok sosial lainnya, seperti teman berbagi kamar atau indekos, yang individu-individu di dalamnya tidak memiliki hubungan kekeluargaan.

Beberapa jenis rumah hanya cukup didiami oleh satu keluarga atau kelompok sosial lainnya yang jumlahnya kurang lebih sama. Sementara itu, jenis rumah yang lebih besar seperti rumah bandar atau rumah teras, bisa memuat banyak keluarga di dalam bangunan yang sama. Sebuah rumah dapat disertai dengan bangunan luar, seperti garasi untuk menempatkan kendaraan atau gudang untuk menyimpan perkakas dan peralatan.

Dalam kegiatan sehari-hari, orang-orang biasanya berada di luar rumah untuk bekerja, bersekolah, atau aktivitas lain yang memerlukan interaksi sosial sehingga aktivitas yang paling sering dilakukan di dalam rumah adalah beristirahat dan tidur. Selebihnya, rumah berfungsi sebagai tempat beraktivitas antara anggota keluarga atau teman.

Fungsi Rumah

Rumah dapat berfungsi sebagai tempat untuk memperoleh kenyamanan dan tempat berkumpulnya keluarga. Selain itu, rumah juga dapat mengungkapkan keadaan atau opini pembangunnya atau penghuninya, sehingga rumah yang luas dan kompleks bisa memperlihatkan kekayaan pemiliknya yang secara tidak langsung meningkatkan status sosial dalam masyarakat.

Sementara itu, rumah-rumah yang memiliki sejarah biasanya seperti bekas tempat tinggal orang terkenal atau tempat berlangsungnya peristiwa bersejarah dapat diberi status perlindungan dalam perencanaan kota, sebagai salah satu bentuk warisan budaya. Penanda sejarah sering kali digunakan untuk mendeskripsikan rumah-rumah seperti itu.

Arti Mimpi Renovasi Rumah

pixabay

Secara umum, mimpi merenovasi rumah dapat ditafsirkan dengan adanya perubahan kehidupan sang pemimpi ke arah yang lebih baik, bahkan diyakini akan memperoleh kekayaan. Terlepas dari itu, arti mimpi renovasi rumah memiliki cukup beragam makna di baliknya.

Tidak ada salahnya jika mengetahui makna dari mimpi yang Anda dapatkan. Selain itu, adapun arti dari mimpi yang Anda dapatkan, bijaklah dalam memaknainya. Berikut arti mimpi merenovasi rumah yang dirangkum dari berbagai sumber, yaitu:

1. Arti Mimpi Renovasi Rumah Sendiri

Bagi Anda yang mengalami mimpi merenovasi rumah sendiri, maka hal ini suatu pertanda akan terjadinya perbaikan dalam kehidupan Anda. Mimpi ini juga sebagai pertanda Anda akan menemukan jalan baru menuju kemakmuran hidup. Mimpi seperti ini juga mengindikasikan bahwa kamu tengah merasakan perkembangan positif dalam dirimu. Dari lensa psikologi, mimpi renovasi rumah sendiri menjadi petunjuk perencanaan yang positif.

Juga sebagai pertanda kamu akan menemukan jalan baru menuju kemakmuran hidup. Dari tafsir primbon, mimpi ini memiliki banyak makna positif. Bisa berkaitan dengan bertambahnya ilmu, meningkatnya kekayaan, dan terjaganya kesehatan. Bagaimanapun juga, mimpi merenovasi rumah sendiri adalah pertanda akan hadirnya kebahagiaan dalam hidupmu di kemudian hari.

2. Arti Mimpi Renovasi Rumah Orang Tua

Apabila Anda mendapati mimpi merenovasi rumah orang tua, hal ini merupakan refleksi hubungan Anda dengan orang tua dalam hal positif. Mimpi ini juga menjadi penegas hasrat Anda menginginkan membahagiakan kedua orang tua.

Mimpi ini juga menjadi penegas hasratmu bahwa kamu ingin membahagiakan kedua orang tuamu. Dari sudut pandang psikologi, mimpi merenovasi rumah orangtua menjurus pada pada dua hal.

Bisa jadi refleksi dirimu yang masih belum bisa membahagiakan orang tua atau kamu mempunyai hasrat dan rencana yang kuat untuk membahagiakan. Menurut primbon, mimpi ini berperan sebagai petunjuk akan hadirnya hal positif di kemudian hari.

3. Arti Mimpi Renovasi Rumah Orang Lain

Jika Anda mengalami mimpi merenovasi rumah orang lain, hal ini merupakan refleksi dari jiwa sosial Anda yang besar. Pengalaman tidur ini menandakan Anda mempunyai rasa kepedulian dan empati yang besar terhadap orang di sekitar. Mimpi merenovasi rumah orang lain merupakan refleksi dari jiwa sosialmu yang teramat besar.

Ini menandakan bahwa kamu mempunyai rasa kepedulian dan empati yang besar terhadap orang di sekitarmu. Berdasarkan ilmu psikologi, mimpi ini adalah refleksi kegelisahan terhadap lingkungan sekitar. Bisa jadi kamu ingin seseorang datang memperbaikinya atau kamu sendiri yang ingin memperbaikinya. Dilihat dari primbon, mimpi ini menjadi pertanda akan ada seseorang yang datang meminta uluran tanganmu.

4, Arti Mimpi Renovasi Rumah Orang Lain Tidak Dikenal

Jika Anda mimpi merenovasi rumah orang lain yang tidak dikenal maka memiliki makna akan ada sebuah masalah yang menghampiri Anda. Masalah tersebut akan membuat Anda kesulitan dalam menyelesaikannya.

Arti Mimpi Renovasi Rumah Keluarga atau Sahabat

Arti mimpi merenovasi rumah orang dikenal seperti kerabat atau teman dekat, ini merupakan pertanda akan ada komitmen dalam jangka panjang Anda untuk membahagiakan mereka.

5. Arti Mimpi Memperbaiki Atap Rumah

Jika Anda bermimpi memperbaiki atap rumah, hal ini menandakan akan ada sebuah masalah yang kurang baik yang dihadapi oleh sang pemimpi. Sang pemimpi akan dirugikan oleh orang terdekatnya dan mereka meminta sang pemimpi untuk bertanggung jawab atas masalah tersebut.

6. Arti Mimpi Renovasi Rumah Yang Rusak Total

Saat Anda memimpikan merenovasi rumah yang sudah rusak total, hal ini menandakan Anda akan dihampiri rezeki yang melimpah. Selain itu, mimpi ini menjadi pertanda bahwa Anda akan segera bertemu dengan jodoh Anda dalam waktu dekat.

7. Arti Mimpi Renovasi Rumah Tetangga

Apabila Anda mimpi renovasi rumah tetangga, menurut Primbon Jawa, sang pemimpi akan memperoleh rezeki tidak terduga dalam waktu dekat. Tentunya rezeki yang diperoleh bukan hanya uang saja, tetapi bisa juga tentang kesehatan.

Tips Renovasi Rumah

pixabay

1. Menyusun Skala Prioritas

Jika Anda akan merenovasi rumah, sebaiknya bukan hanya berdasar pada kata hati atau yang disarankan tukang, tapi harus berdasar pada anggaran yang kamu miliki.

Lebih baik lagi, susun terlebih dahulu skala prioritas secara terperinci supaya kamu tidak kehabisan dana di tengah proses renovasi.

2. Gunakan Bahan Bangunan Bekas Yang Layak

Tidak masalah apabila menggunakan bahan bangunan bekas jika kondisinya masih layak untuk dipakai. Anda juga bisa terlebih dahulu memperbaikinya sedikit. Jika memang tidak layak, maka barulah untuk membeli rumah yang baru.

3. Pahami Rumus Dasar Renovasi

Pilih metode perhitungan renovasi yang paling hemat berdasarkan volume serta harga dari hal-hal yang harus dikerjakan. Alangkah baiknya, susunlah anggaran dari tahap awal hingga akhir renovasi supaya kamu dapat melacak pengeluarannya dengan tepat.

4. Cermat dalam Memilih Kontraktor atau Tukang Bangunan

Anda bisa memilih menggunakan kontraktor atau tukang bangunan seperti pada umumnya. Lebih baik lagi, pilihlah kontraktor yang memiliki reputasi dan kejujuran baik jangan asal pilih karena harganya murah.

5. Persiapkan Dana Darurat

Siapkan dana darurat supaya aman jika terjadi hal-hal tak terduga saat proses renovasi. Ketersediaan dana darurat ini sangat penting untuk kamu persiapkan sebelum proses renovasi.

https://www.gramedia.com/products/ragam-desain-renovasi-fasad-rp-100-juta

Syarat Rumah Untuk Ditinggali

Banyak bangunan baik yang memiliki ukuran kecil atau besar yang bisa dijadikan sebagai tempat berlindung. Namun, tidak semua bangunan layak untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Berikut adalah syarat sebuah bangunan layak menjadi hunian, yaitu:

  • Konstruksi Bangunan

Hal yang paling penting adalah sebuah bangunan yang harus memenuhi syarat konstruksi bangunan yang sempurna. Mulai dari pondasi, balok sloof, lantai, tiang penyangga, hingga atap harus dibangun sesuai standar.

 

  • Aksesibilitas

Untuk memenuhi ketiga fungsi utama tempat tinggal, tentu bangunan hunian harus dibangun di lokasi strategis. Setidaknya, tempat tinggal dekat dengan tempat kita berbelanja barang kebutuhan dan beraktivitas.

 

  • Lingkungan

Anda juga harus memastikan bahwa lingkungan perumahan merupakan lingkungan yang sehat untuk ditinggali. Ciri-ciri lingkungan yang sehat di antaranya adalah:

  1. Terdapat ruang terbuka hijau;
  2. Memiliki saluran air bersih;
  3. Terpisah dari tempat pengolahan limbah sehingga lingkungan permukiman tidak terlihat kumuh dan menimbulkan bau tidak sedap;
  4. Aman dari polusi atau kontaminasi radiasi.

 

  • Legalitasnya Terjamin.

Legalitas tersebut memiliki bukti berupa sejumlah dokumen dan sertifikat hunian. Termasuk di antaranya adalah PBB, Sertifikat Hak Milik, Izin Mendirikan Bangunan, dan Akta Jual-Beli Rumah.

Jenis-jenis Rumah

Grameds sebelum membuat hunian rumah yang akan ditempati, Grameds perlu mengetahui apa saja jenis-jenis rumah. Berikut penjelasannya yang telah dirangkum oleh berbagai sumber:

1. Rumah Tapak

Rumah tapak merupakan jenis hunian yang dibangun menapak di atas tanah. Pada masa lalu, kebanyakan bangunan rumah tapak berada terpisah dengan rumah lain. Orang umum menyebutnya sebagai rumah tunggal atau detached. Semakin mahal harga tanah, maka huniannya akan semakin gandeng atau temboknya berdempetan dengan rumah sebelahnya.

Seiring berjalannya waktu, istilah ini makin umum digunakan untuk menyebut rumah-rumah yang dibangun langsung di atas tanah. Ciri utama rumah tapak adalah selain bangunannya yang menapak langsung dengan tanah, hak kepemilikannya juga bersifat tunggal.

2. Town House

Rumah yang berada di sebuah kompleks berjenis townhouse yang disebut sebagai apartemen berbentuk horizontal. Hal itu karena rumah satu dengan yang lainnya serupa baik luar maupun dalam.

Dalam kompleks hunian townhouse terdapat fasilitas umum yang bisa digunakan oleh seluruh warga yang tinggal di dalamnya. Bentuk rumah di dalam town house juga nyaris sama satu sama lainnya.

3. Cluster

Perumahan merupakan komplek perumahan yang di dalamnya dibagi menjadi beberapa kawasan atau sub komplek. Dalam sub komplek terdapat rumah-rumah dengan tipe yang sama dan fasilitas umum yang khusus digunakan oleh para penghuninya.

Akan tetapi, cluster juga difasilitasi tempat bermain yang bisa digunakan oleh warga seluruh sub komplek. Ciri lain untuk mengetahui sebuah jenis hunian disebut cluster ialah kehadiran pagar tinggi di sekitarnya.

4. Rumah Tunggal (Detached)

Jenis hunian tunggal pun masih eksis namun umum digunakan sebagai tempat peristirahatan di waktu senggang. Contohnya, mansion, cottage, villa, maupun bungalow.

Biasanya, rumah-rumah tersebut berada di daerah pegunungan maupun pantai baik milik pribadi maupun milik perseorangan untuk dijadikan penginapan.

5. Rumah Kopel

Daerah Jawa Barat seperti Bandung dan Garut, kamu akan sering melihat rumah-rumah kopel. Rumah kopel adalah jenis hunian berupa satu bangunan yang dibelah menjadi dua. Rumah seperti itu memiliki penampakan yang sama, dan ukurannya imbang karena hanya dipisah oleh satu dinding.

Meskipun tampak seperti satu rumah dibagi dua, tetapi jenis rumah ini ternyata ditinggali oleh orang berbeda. Pada umumnya rumah di Bandung dan Garut jenis kopel ini merupakan peninggalan Belanda yang punya desain kolonial yang khas.

6. Apartemen

Apartemen adalah blok bangunan bertingkat yang di dalamnya terbagi menjadi sejumlah ruang. Hunian ini kebanyakan dibangun di tengah kota yang dekat dengan berbagai pusat kegiatan. Orang-orang kini menyebut tiap ruangan apartemen sebagai unit.

Tipe unit apartemen yang umum dibuat ialah studio, one bedroom, two bed room, dan condominium. Dalam kompleks apartemen biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Contohnya arena bermain, perbelanjaan, dan arena olahraga yang mana dapat dimanfaatkan bersama oleh penghuni.

7. Kondotel

Kondominium hotel atau dikenal dengan condotel merupakan hunian jenis apartemen namun dengan fasilitas dan pelayanan layaknya hotel. Hunian ini awalnya populer di Amerika Serikat sebagai bangunan mewah milik perorangan seperti apartemen.

Pada saat pemiliknya tidak menempati bangunan tersebut, maka kondotel disewakan layaknya hotel. Sejak awal tahun 2000-an, jenis jenis hunian mewah ini pun mulai dibangun di beberapa kota besar seperti Bali dan Jakarta.

8. Rumah Susun atau Rusun 

Rumah toko (ruko) merupakan satu bangunan yang memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai rumah dan tempat usaha. Pada umumnya ruko dibangun lebih dari 2 tingkat. Fungsi rumah tinggal ditempatkan di bagian atas. Sementara itu, bagian bawah digunakan sebagai pusat aktivitas usaha sang pemilik ruko.

9. Rumah Kantor atau Rumah Kantor

Sama halnya seperti ruko, rukan alias rumah kantor juga digunakan untuk tempat tinggal dan aktivitas kantor. Dimensi rukan atau ruko umumnya dibuat memanjang ke belakang dengan lebar 3-5 m2. Biasanya rukan digunakan sebagai tempat tinggal para staf kantor bukan sang pemilik kantor.

10. Indekos

Indekos atau kosan merupakan hunian sewa yang dijadikan alternatif tempat tinggal oleh pendatang dari kota lain. Kosan bisa berada di dalam suatu rumah yang tergabung dengan rumah inti sang pemilik kost atau dibangun khusus satu bangunan yang terdiri dari kamar-kamar.

Biasanya, pemilik kost sudah memberikan fasilitas tertentu di kamar kosan seperti kasur, lemari, bahkan kamar mandi di dalamnya. Ada juga yang dilengkapi dengan area cuci  dapur, dan ruang TV bersama.

11. Kontrakkan

Tidak jauh berbeda dengan Indekos, kontrakkan juga merupakan hunian sewa yang dijadikan alternatif tempat tinggal oleh pendatang dari kota lain dan ditinggali oleh pendatang dari kota lain.

Demikian pembahasan tentan arti mimpi renovasi rumah hingga jenis-jenis rumah. Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Jika Grameds ingin mencari buku tentang tips merenovasi rumah dan tafsir mimpi, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.