in

13 Arti Mimpi Hamil yang Perlu Diketahui dari Pertanda Baik hingga Buruk

unsplash.com

Arti Mimpi Hamil – Kalian pernah bermimpi dalam tidur bukan? Tentu mimpi yang kalian alami memiliki cerita yang bermacam-macam. Salah satu mimpi yang banyak dialami oleh wanita adalah arti mimpi hamil. Ya, kalian bermimpi sedang mengalami masa kehamilan.

Apakah kalian pernah mengalaminya? Jika pernah, mungkin kalian bertanya-tanya makna dari mimpi tersebut. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas arti mimpi hamil dari berbagai sudut pandang.

Mimpi merupakan gambaran yang seolah-olah pengalaman nyata yang terjadi di alam bawah sadar kita. Mimpi terasa terjadi secara nyata karena melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, dan indra lainnya selama kita tertidur. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mimpi yang kita rasakan bisa saja terasa samar, emosional, membingungkan, singkat, menyenangkan, bahkan menakutkan.

Pada umumnya, kejadian yang ada di dalam mimpi di luar kuasa pemimpi. Seringkali, kejadian-kejadian tersebut mustahil terjadi di dunia nyata. Kecuali pada lucid dreaming yang dialami oleh sebagian orang.

Mereka yang mengalami mimpi ini masih menyadari bahwa mereka sedang bermimpi. Bahkan, pada kondisi tertentu, mereka dapat mengubah lingkungan dan mengendalikan kejadian-kejadian yang ada di dalam bunga tidurnya tersebut.

Mengenai mimpi sendiri, ada beberapa teori yang menjelaskan perihal mimpi ini. Pertama, teori psikoanalisis Freud. Dalam teori tersebut, Sigmund Freud, yang merupakan psikolog terkenal, mendefinisikan mimpi sebagai motivasi manusia yang seringkali tidak disadari. Menurutnya, mimpi adalah motivasi terselubung dan mengendap di alam bawah sadar.

Misalnya saja, kalian menyukai suatu hal lalu ingin memilikinya, namun kalian tidak mengetahui mengapa menyukainya. Oleh karena itu, Freud menyarankan agar orang yang mengalami mimpi melakukan analisa informasi-informasi yang didapatkan dari mimpi tersebut. Dengan demikian, orang tersebut akan lebih memahami kondisi dan motivasi dirinya yang sesungguhnya.

Kedua, teori sintesis-aktivasi yang dicetuskan oleh J. Allan Hubson dan Robert McClarley pada tahun 1977. Teori ini menjelaskan, aktivitas otak dalam keadaan REM atau tidur nyenyak memiliki kesamaan dengan aktivitas saat sadar atau terjaga. Dalam fase ini, otak akan mengakses long term memory (LTM) untuk mengambil mozaik-mozaik kecil dari pengetahuan di masa lalu untuk membentuk narasi dan cerita.

Beberapa latar seperti tempat dan waktu yang kalian temui di dalam mimpi mungkin pernah kalian lihat sebelumnya. Menurutnya, mimpi bisa saja memiliki makna dan manfaat karena dari mimpi kalia dapat memiliki pengalaman atau ide-ide baru.

Ketiga, teori pemrosesan informasi yang dijelaskan oleh para ahli sebagai sisa-sisa pemrosesan informasi yang kalian terima sebelumya. Beberapa bagian otak yang masih aktif mengumpulkan potongan-potongan informasi tersebut dan membentuk narasi dalam mimpi.

Informasi yang kita tangkap saat sadar sangat kompleks karena meliputi banyak hal, seperti sentuhan, emosi, dan suasana yang tidak kalian sadari saat informasi tersebut diterima. Beberapa ahli di bidang psikologi meyakini bahwa informasi yang diproses menjadi mimpi hanyalah informasi yang dianggap tidak terlalu penting.

Terakhir, teori aktivitas eksternal yang menjelaskan aktivitas yang terjadi di luar saat kalian tertidur. Beberapa bunyi seperti radio, jam, suara hewan kecil, televisi, guyuran air, alarm, dan sebagainya memiliki frekuensi yang mampu ditangkap oleh indra pendengaran manusia. Saat tidur memasuki fase REM, otak manusia tetap bisa menerima dan memberikan respon terhadap apa yang terjadi di luar tubuhnya.

Arti Mimpi Hamil

Arti Mimpi Hamil

Beberapa mimpi mungkin berupa sebagai bunga tidur tanpa makna. Beberapa lainnya bisa jadi sebagai isyarat tertentu. Beberapa lainnya lagi bisa jadi perwujudan dari keinginan yang benar-benar ingin dicapai.

Sebagian orang berusaha untuk menggali makna dari mimpi yang ia alami. Tidak sedikit orang yang berusaha mencari arti dari mimpi yang ia alami. Motifnya beragam, mulai dari khawatir terjadi sesuatu yang buruk, menyiapkan tindakan pencegahan, mengkonfirmasi kebenaran, mencari kebahagiaan dan lain sebagainya.

Penafsiran mimpi sendiri terdiri dari banyak versi. Ada yang versi psikologi, agama, ilmu titen, primbon jawa, paranormal, dan lain-lain. Oleh karena itu, penafsiran mimpi dari satu sudut pandang bisa saja berbeda dengan tafsir dari sudut pandang lainnya.

Tentu ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya mimpi kehamilan yang tidak diduga, tiba-tiba, dan mengejutkan. Sebut saja stress, usia, harapan, kepercayaan diri, status hubungan, dan lainnya.

Lauri Lowenberg, seorang analis mimpi, mengatakan jika kalian tidak sedang menjalani masa kehamilan, tidak juga menginginkan kehamilan dalam waktu dekat, berarti akan ada berita baru yang terjadi di dalam hidup kalian.

Apa yang kami sajikan di dalam tulisan ini sifatnya hanya informasi saja. Sekedar untuk memberikan informasi bahwa ada sudut pandang yang beragam dalam menafsirkan mimpi, termasuk mimpi sedang mengalami kehamilan. Di bawah ini merupakan arti mimpi hamil jika dilihat dri berbagai sudut pandang.

1. Menemukan Jodoh atau Hamil dalam Waktu Dekat

Arti Mimpi Hamil
unsplash.com

Dalam primbon Jawa, sebagian rumus atau panduan yang ada di dalamnya dirangkum berdasarkan pengamatan dalam waktu yang panjang. Pengamatan tersebut menghasilkan pola yang berulang kali dikonfirmasi dari satu kejadian dengan kejadian lainnya. Pola tersebut kemudian dirangkum dalam buku yang disebut primbon Jawa.

Menurut primbon Jawa, jika yang bermimpi hamil adalah seorang perempuan lajang, biasanya akan datang berita gembira. Pada umumnya, mereka akan dipertemukan oleh Tuhan dengan jodoh yang cocok dengan mereka.

Sementara itu, jika yang bermimpi hamil adalah wanita yang sudah menikah, pertanda baik juga sedang menghampiri kalian. Primbon Jawa memberikan keterangan bahwa ada kemungkinan kalian akan dikaruniai momongan dalam waktu dekat. Untuk kalian yang mendambakan hadirnya momongan, semoga segera dikaruniai kehadiran si kecil ya.

2. Akan Mendapatkan Keberuntungan dalam Waktu Dekat

Jika kamu bermimpi melihat wanita lain sedang hamil, diyakini beberapa orang kamu akan mendapatkan keberuntungan dalam waktu dekat. Tinggal sebentar lagi kamu akan dikaruniai keberuntungan, karena ia sudah ada di depan mata.

Arti mimpi seperti ini tentu kalian harapkan dapat menjadi kenyataan bukan? Setiap orang pasti mengharapkan keberuntungan terjadi dalam hidup mereka. Jika kamu meyakini keberuntungan akan berpihak pada kalian dalam waktu dekat, maka teruslah untuk menjaga semangat dan jangan kendor. Karena kemungkinan untuk mendapatkan keberuntungan harus disiapkan dengan matang-matang.

Eits, jangan lupa untuk berdoa juga ya. Bagaimanapun yang menurunkan keberuntungan adalah Tuhan Yang Maha Kuasa atas segalanya.

3. Mengisyaratan Tingginya Kreativitas Pemimpi

Seorang analis mimpi dan ahli terapis yang bernama Stephanie Gailing mengatakan, mimpi mengalami kehamilan seringkali mengisyaratkan adanya hubungan antara pemimpi dan kreativitas yang mereka miliki.

Artinya, mimpi mengalami kehamilan merupakan kesempatan bagi kalian untuk memahami diri sendiri sebagai orang yang kreatif. Di dalam pikiran kalian, mungkin telah muncul ide-ide atau proyek yang unik untuk kalian eksekusi.

4. Ketakutan Alam Bawah Sadar

Arti Mimpi Hamil
unsplash.com

Mimpi hamil tidak hanya diartikan sebagai pertanda positif. Pada beberapa kasus, mimpi hamil justru dapat diartikan sebagai ketakutan yang kalian rasakan di alam bawah sadar.

Matt Lundquist, LCSW, seorang psikoterapis dan terapis pasangan menyatakan bahwa mimpi tentang kehamilan bisa juga mengindikasikan adanya masalah dalam hubungan, seksualitas, atau keinginan yang tak terpenuhi. Tidak hanya itu, Matt Lundquist juga menyebutkan bahwa mimpi hamil bisa saja menandakan ketakutan yang terpendam di alam bawah sadar.

Dengan mengetahui adanya kemungkinan ini, kalian perlu mengalokasikan waktu untuk mengidentifikasi apa arti mimpi hamil yang kalian alami. Jika ternyata ada ketakutan yang terpendam di alam bahwa sadar kalian, maka sebaiknya segera menghadapi masalah yang menjadi sumber kegelisahan tersebut.

5. Akan Menghadapi Situasi yang Baru

Analisa arti mimpi satu ini diungkapkan oleh Lauri Quinn Loewenberg, seorang analis sekaligus penulis mimpi profesional. Ia menjelaskan analisa ini jika kalian mengalami mimpi yang aneh, yakni mimpi hamil bukan anak manusia. Aneh atau mengerikan? Entahlah.

Jika kalian mengalami mimpi seperti ini, Loewenberg menjelaskan bahwa ada kemungkinan hidup kalian akan mengalami perkembangan baru dan itu menjadikan kalian menghadapi situasi yang baru. Ada sesuatu yang asing bagi kalian. Hal demikian bukanlah sesuatu yang pernah kalian temui sebelumnya.

Jika mengalami mimpi seperti itu, kalian perlu membiasakan diri agar siap menghadapi kondisi tersebut. Namun demikian, bersikap positive thinking merupakan sikap paling bijaksana agar tetap semangat dalam menjalani hidup.

Arti Mimpi Hamil

6. Ada Sesuatu yang Harus Segera Diakhiri

Jika kehamilan yang kalian alami di dalam mimpi mengalami keguguran atau aborsi, bisa saja diartikan sebagai peringatan adanya sesuatu yang harus segera kalian akhiri.

Mimpi-mimpi tersebut bisa saja ada menjadi peringatan akan terjadi suatu bahaya dalam hidup kalian jika tidak ada kebiasaan buruk yang kalian hentikan, misalnya minum alkohol, merokok, suka berbohong, clubbing, pola makan yang tidak sehat, dan sebagainya.

Selain itu, memimpikan keguguran atau aborsi dalam masa kehamilan adalah hal yang wajar bagi kalian yang pernah mengalaminya. Kehilangan calon buah hati merupakan tragedi mendalam bagi seorang ibu, sehingga ketakutan akan terulangnya hal demikian sampai terbawa ke alam mimpi.

Oleh karena itu, kalian dapat meningkatkan kehati-hatian dan upaya maksimal agar kejadian pahit tersebut tidak terulang.

7. Adanya Kecemasan di Dalam Diri

Arti Mimpi Hamil
unsplash.com

Jika kalian bermimpi mengalami hamil disertai morning sickness, bisa jadi kalian menyimpan kegelisahan secara emosional tentang apa yang terjadi di dalam hidup kalian. Jika kalian mengalami mimpi seperti ini, tidak ada salahnya kalian merenung untuk menemukan sumber kegelisahan tersebut.

Kalian perlu memastikan mimpi tersebut hanyalah bagian alami dari proses hidup, ataukah memang ada sesuatu yang membuat kalian tidak nyaman. Sesuatu yang tidak nyaman untuk diri kalian dapat menghadirkan rasa cemas. Jika kalian berhasil menemukan sumber kecemasan tersebut, kalian dapat segera mengatasi masalah tersebut bukan?

8. Ada Sesuatu yang Perlu Diperhatikan Lebih Serius

Kita bisa menyebutnya dengan fokus. Seorang wanita yang dikaruniai kehamilan akan berusaha untuk fokus menjaga kesehatan dan keselamatan janinnya. Di sisi lain, bayi dipercaya sebagai lambang dari hasil kerja dan kemajuan dalam kehidupan.

Agar kemajuan tersebut dapat dirawat dengan baik, kalian perlu memberikan perhatian yang serius sebagaimana kalian serius dalam menjaga dan merawat janin. Fokus tersebut perlu dilakukan secara berkelanjutan. Dengan demikian, jika kalian mengalami mimpi mengalami kehamilan, bisa saja itu isyarat agar kalian fokus pada suatu hal secara berkelanjutan. Harapannya, dengan fokus tersebut kalian dapat terus berkembang dan dapat mencapai potensi terbaik kalian.

9. Pertanda Akan Mendapatkan Keberuntungan yang Besar

Banyak yang mengatakan jika kalian mengalami hamil anak kembar, kalian akan mendapatkan keuntungan yang besar. Bukan sekedar keberuntungan. Jumlah anak kembar yang kalian kandung pada mimpi tersebut juga mempengaruhi banyaknya keberuntungan yang akan kalian dapatkan dari Tuhan.

Jika kalian mengalami mimpi anak kembar dua, bisa saja kamu akan mendapatkan keberuntungan yang sangat melimpah dan berlipat ganda. Sementara itu, jika kehamilan yang kalian alami dalam mimpi ada kembar tiga anak, bisa saja itu isyarat bahwa kalian akan mengalami banyak hal baik sepanjang hidup.

10. Pertanda Proyek akan Berhasil

Arti Mimpi Hamil
unsplash.com

Jika kalian mempunyai tujuan atau proyek dan sedang fokus memperjuangkannya, bisa jadi ini pertanda akan berbuah manis jika kalian bermimpi mengalami kehamilan. Penafsiran ini bisa saja cocok untuk kalian yang di dalam tidurnya memimpikan hamil di usia trimester kehamilan. Hamil dengan usia trimester ketiga adalah fase yang mendekati kelahiran.

Apa yang kalian tunggu-tunggu akan segera datang. Perjuangan sudah di ujung. Jika kalian sudah berada di fase ini, sabar, tetap fokus, dan tidak menyerah adalah pilihan yang harus dijalani agar perjuangan kalian berbuah manis.

11. Jangan Biarkan Sesuatu Menjadi Sia-sia

Apakah kalian pernah bermimpi melahirkan seorang bayi namun salah menempatkannya? Atau mungkin bayi tersebut hilang? Jika kalian mengalami mimpi seperti ini, bisa saja itu sebuah peringatan bahwa ada sesuatu yang sedang kalian kerjakan dan harus diselesaikan.

Bisa saja sesuatu itu telah kalian mulai kerjakan namun kemudian kalian lupakan. Baik karena lupa atau tidak cukup waktu untuk mengerjakannya. Padahal sesuatu hal tersebut sangat berguna untuk masa depan kalian. Mau tidak mau kalian harus mengembangkan dan mengusahakan hal itu.

Lupa apa yang telah kalian mulai tapi kalian lupakan? Coba kalian renungi dalam-dalam lebih dulu. Begitu ingat, kalian dapat bekerja keras untuk memperjuangkannya dan jangan meremehkan signifikansinya.

12. Tidak Percaya Diri

Selain penafsiran positif seperti di atas, mimpi hamil juga dapat menandakan adanya sesuatu yang negatif. Misalkan saja kalian bermimpi mengalami kehamilan yang tidak direncanakan. Alhasil kalian merasa tidak siap menghadapi apa saja yang akan terjadi.

Menurut Gailing, mimpi hamil yang tidak direncanakan menandakan adanya kekurangpercayaan diri. Hal tersebut bisa juga terjadi pada kalian yang bermimpi melahirkan sesuatu yang mengerikan. Dengan mengetahui kondisi tersebut, kalian dapat dengan segera mempelajari apa yang menyebabkan kalian tidak percaya diri. Segeralah untuk memperbaikinya.

13. Bersiap Akan Tanggung jawab yang Besar

Loewenberg memberikan analisanya mengenai mimpi melakukan tes kehamilan. Secara harfiah ia mengartikan mungkin saja kalian sedang diuji. Menurutnya, ujian yang kalian hadapi terekam di alam bawah sadar, sehingga melalui mimpi ini, kalian dipersiapkan untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar.

Dengan mimpi tersebut, kalian dipaksa untuk mempertimbangkan banyak hal secara matang. Baik itu ide, usaha, tujuan baru, tanggung jawab, niat agar hal tersebut menjadi karya dalam kehidupan kalian.

Arti Mimpi Hamil

Grameds, demikian ulasan mengenai arti mimpi hamil. Gramedia siap menjadi pendamping dalam memperkaya ilmu dan pengetahuan dengan menyediakan buku-buku terbaik yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com, sehingga kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mutiani Eka Astutik

BACA JUGA:

  1. 16 Arti Mimpi Menikah dan Sebab Kejadian Tersebut 
  2. Apa Arti Mimpi Pacar Selingkuh? Ternyata Begini Penjelasannya
  3. Arti Mimpi Digigit Anjing Menurut Islam dan Primbon Jawa
  4. 17 Arti Mimpi yang Sering Terjadi Beserta Penjelasannya
  5. Mimpi Membunuh Ular, Apa Maksudnya? Berikut Penjelasannya
  6. Best Seller Buku Tentang Mimpi (Tafsir, Cerita, Novel)


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda