in

Mengetahui Arti Mimpi Hamil Dan Melahirkan, Pertanda Baik atau Buruk?

Mimpi hamil dan melahirkan – Setiap pasangan yang sudah menikah biasanya akan selalu berharap agar segera diberikan momongan. Proses seorang ibu yang sedang mengandung dinamakan hamil, setelah itu seorang ibu akan mengalami proses melahirkan. Namun, terkadang hamil dan melahirkan bisa terjadi dalam mimpi, apakah kamu pernah merasakannya?

Nah, apakah kamu sudah mengetahui arti mimpi hamil dan melahirkan? Jika belum, maka kamu bisa simak artikel ini sampai selesai, Grameds. Namun, sebelum membahas akan hal itu, ada baiknya kalau kita membahas tentang makna hamil dan melahirkan terlebih dahulu.

Makna Hamil

pixabay

Hamil merupakan suatu anugerah yang diberikan hanya kepada wanita dan bukanlah proses yang singkat. Butuh waktu dan perjalanan panjang sejak pembuahan, perkembangan bayi di dalam kandungan, hingga nantinya melahirkan.

Kehamilan adalah proses yang terjadi dari pembuahan sampai kelahiran. Proses ini dimulai dari sel telur yang dibuahi oleh sperma, lalu tertanam di dalam lapisan rahim, dan kemudian menjadi janin.

Meski kehamilan adalah kondisi yang tergolong umum dan terjadi hanya pada wanita dalam usia reproduktif, beberapa wanita mungkin mengalami hal ini. Wanita bisa saja tidak hamil karena memiliki kondisi medis yang dapat membuatnya susah hamil maupun memilih untuk steril agar tidak hamil.

Waktu kehamilan yang terjadi bisa berbeda-beda. Sementara itu, gejala kehamilan bisa segera dirasakan atau mungkin muncul dalam beberapa minggu setelah berhubungan intim terakhir kali. Setiap wanita pun bisa saja mengalami tanda hamil yang berbeda dengan lainnya.

Namun, pada umumnya setelah berhubungan intim menunjukkan ciri-ciri hamil, yaitu:

  1. Telat haid
  2. Mual dan muntah (morning sickness)
  3. Payudara nyeri dan puting menggelap
  4. Kram pada perut
  5. Perut terasa kembung
  6. Lebih emosional
  7. Mengidam
  8. Keluarnya bercak darah dari vagina (pendarahan implantasi)
  9. Merasa cepat lelah
  10. Sering buang air kecil.

Kehamilan baru dapat terdeteksi secara akurat oleh alat setidaknya 14 hari setelah telat haid. Hal ini karena selama rentang waktu tersebut, tubuh Anda sudah mulai melepaskan hormon human chorionic gonadotropin (hCG). hCG adalah hormon khusus dalam urin atau darah yang hanya ada ketika hamil.

Sebab, hCG hanya diproduksi setelah sel telur yang sudah dibuahi tertanam pada dinding rahim. Seterusnya, jumlah hCG akan meningkat setiap hari sepanjang masa hamil.

Proses Terjadinya Kehamilan

Kehamilan terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sperma lalu tertanam di dalam lapisan rahim dan kemudian menjadi janin. Janin berkembang selama sekitar 40 minggu. Kehamilan dimulai dari pertemuan antara sperma dan sel telur ketika pria dan wanita berhubungan intim.

Jika Grameds bertanya-tanya bagaimana proses terjadinya kehamilan, maka berikut penjelasannya yang telah dirangkum dari hellosehat.com yaitu:

1. Berhubungan Intim

Pada saat berhubungan intim, pria yang ejakulasi akan mengeluarkan air mani yang mengandung sperma di dalam vagina. Setelah masuk, sperma mulai berenang menyusuri leher rahim wanita sampai ke dalam rahim untuk mencari sel telur yang siap dibuahi, sehingga terjadi kehamilan atau pembuahan.

Sel telur wanita dihasilkan oleh indung telur alias ovarium. Ketika usianya sudah cukup matang, sel telur akan keluar dari ovarium dan berjalan turun ke rahim melewati saluran tuba falopi. Ini adalah bagian dari proses ovulasi. Jika sperma berhasil bertemu sel telur di tengah perjalanannya, maka pembuahan bisa terjadi.

2. Pembuahan

Sperma yang mampu berenang sangat cepat dapat bertemu dengan sel telur dalam waktu 45 menit hingga 12 jam. Pada tahap ini, kehamilan belum tentu ada karena proses kehamilan belum sepenuhnya terjadi.

Satu sel telur bisa saja didekati oleh ratusan hingga ribuan sperma sekaligus, tapi hanya sperma yang paling kuatlah yang bisa menembus dinding terluar sel telur. Jika sperma sudah berhasil masuk sampai inti sel telur, selanjutnya sel telur akan membuat benteng untuk mencegah sperma lain masuk.

Sementara itu, sperma “pemenang” dan sel telur kemudian bergabung menjadi satu. Proses ini dinamakan sebagai pembuahan atau konsepsi.

3. Implantasi

Setelah sperma dan sel telur bersatu, materi ini akan bergerak dari tuba falopi menuju rahim sembari membelah diri menjadi banyak. Selama perjalanannya, materi tersebut akan membentuk sebuah bola kecil bernama blastokista yang berisi kurang lebih 100 sel berbeda.

Blastokista umumnya akan sampai ke rahim sekitar 3-4 hari setelah pembuahan. Namun, blastokista juga bisa mengapung dulu di rahim selama 2-3 hari sebelum akhirnya menemukan dinding rahim untuk ditempel.

Ketika blastokista sudah menempel di dinding rahim, proses ini dinamakan sebagai implantasi. Di sinilah proses kehamilan secara resmi dimulai. Namun, Anda belum bisa resmi dikatakan sebagai ibu hamil pada tahap ini.

4. Pembentukan Embrio

Setelah mantap menempel di rahim, blastokista akan mulai berkembang menjadi embrio dan plasenta. Embrio adalah bakal janin yang ada di rahim. Sementara itu, plasenta adalah organ berbentuk kantong yang akan menjadi “rumah” bagi embrio untuk bertumbuh kembang selama 9 bulan ke depan. Pada tahap ini, Anda sudah bisa dinyatakan sebagai ibu hamil meski tanda-tandanya belum jelas terlihat.

 

Makna Melahirkan

Kelahiran adalah tindakan atau proses melahirkan keturunan, dalam teknis disebut sebagai persalinan. Persalinan adalah proses pengeluaran hasil konsepsi atau yang biasa kita sebut sebagai janin atau bayi dalam kandungan. Prosesnya bisa jadi hal yang membahagiakan karena menjadi ujung dari penantian selama 9 bulan. Namun, hal itu juga bisa sekaligus menakutkan dan melelahkan karena prosesnya membutuhkan banyak kesabaran.

Metode Persalinan

Terdapat cukup banyak metode persalinan yang bisa dipilih, yaitu diantaranya:

1. Persalinan Pervaginam Tanpa Bantuan (Melahirkan secara Alami)

Persalinan pervaginam adalah jenis persalinan yang paling umum dan paling aman. Disebut melahirkan secara alami karena metode ini tidak memerlukan bantuan peralatan atau obat tertentu untuk memulai atau mempercepat persalinan.

2. Persalinan Pervaginam Berbantu

Hampir sama dengan tadi, metode persalinan ini juga dilakukan melalui vagina atau pervaginam. Hanya saja, dibutuhkan bantuan alat atau obat tertentu untuk mengeluarkan bayi.

3. Operasi Caesar

Persalinan pervaginam mungkin tidak selalu memungkinkan. Persalinan caesar/C-section mungkin diperlukan untuk keselamatan ibu dan bayi karena beberapa alasan.

 

Arti Mimpi Hamil Dan Melahirkan

pixabay

Mimpi merupakan kembang tidur. Mimpi juga bisa menunjukkan ketakutan terbesar atau keinginan alam bawah sadar, bahkan memori atau ingatan di masa lalu pun dapat mempengaruhi mimpi

Namun, diyakini pula jika mimpi yang datang merupakan suatu tanda atau firasat mengenai kehidupan kita. Entah mimpi buruk maupun mimpi baik konon memiliki maknanya sendiri. Lalu apa arti jika memimpikan hamil dan melahirkan? Berikut ulasannya!

1. Arti Mimpi Sedang Hamil

Arti dari mimpi sedang hamil adalah Anda akan menghadapi cobaan hidup yang bisa dihadapi dengan baik, atau cita-cita yang didambakan akan terwujud.

2. Arti Mimpi Tengah Hamil Besar

Arti mimpi hamil muda, mimpi hamil besar juga bisa diasosiasikan sebagai hal baik. Sesuatu yang Anda idam-idamkan akan datang dalam waktu dekat.

3. Arti Mimpi Hamil Muda

Arti dari mimpi hamil muda menandakan bahwa Anda akan mendapatkan suatu kesuksesan karena berhasil dalam menjalankan sebuah kepercayaan dengan baik. Kesuksesan tersebut bisa berupa harta dan juga kekayaan. Anda perlu untuk bersyukur!

4. Arti Mimpi Melahirkan

Apabila Anda mimpi melahirkan, maka artinya Anda akan mendapatkan keberuntungan dalam masalah keuangan dan kesehatan Anda saat ini.

5. Arti Mimpi Hamil dan Menjadi Kenyataan

Jika Anda mimpi sedang hamil, dan besok atau selang beberapa hari menjadi kenyatan, itu artinya Anda akan melahirkan dengan selamat.

6. Arti Memimpikan Pacar Hamil

Jika Anda memimpikan pacar tengah hamil, maka itu pertanda akan ada rezeki yang tidak terduga yang akan datang.

7. Arti Mimpi Dihamili Kekasih

Mimpi dihamili kekasih sedikit menyeramkan, arti mimpi yang satu ini akan ada seseorang yang berniat buruk kepada Anda. Jadi, Anda harus berhati-hati pada orang-orang yang tengah berhubungan dengan Anda.

8. Arti Mimpi Hamil dan Melahirkan Anak Yang Cacat

Arti mimpi hamil ini memberitahu Anda bahwa keberuntungan akan datang namun melalui cara yang tidak baik.

9. Arti Mimpi Menikah Dan Hamil

Apakah Anda pernah bermimpi menikah dan hamil? Jika pernah mengalami mimpi itu berarti Anda akan mendapat kebaikan. Jika saat ini, Anda sedang membutuhkan pertolongan, maka dalam beberapa waktu, apa yang dibutuhkan akan datang menghampiri Anda.

10. Arti Mimpi Hamil Lagi

Arti dari mimpi hamil lagi setelah memiliki anak adalah bisnis atau usaha Anda akan mengalami kemajuan yang pesat. Wah, selamat ya!

11. Arti Mimpi Hamil Saat Tidur Siang

Mimpi ini juga menandakan bahwa usaha yang tengah Anda kembangkan akan memberi keuntungan yang besar untuk Anda. Tetaplah fokus pada tujuan Anda.

12. Arti Mimpi Hamil Pagi Hari

Jika mimpi hamil di pagi hari maka memberi petunjuk bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

13. Arti Mimpi Hamil Anak Kembar

Jika memimpikan hamil anak kembar, maka memberikan suatu gambaran bahwa Anda akan mendapat keuntungan kembar atau berlipat ganda.

14. Arti Mimpi Hamil Anak Kembar 3

Arti dari mimpi hamil anak kembar 3 secara umum adalah pemimpin akan memperoleh kemuliaan dan reputasi yang baik.

15. Arti Mimpi Melihat Orang Lain Melahirkan

Saat melihat orang lain melahirkan di dalam mimpi, berarti Anda bisa saja memperoleh cobaan kehidupan sosial dan karier.

16. Arti Mimpi Melahirkan Secara Normal

Arti mimpi melahirkan normal memiliki arti kalau Anda sebentar lagi mendapat kesempatan baru untuk memulai segalanya dari awal, seperti pekerjaan baru dan pindahan rumah.

17. Arti Mimpi Melahirkan Anak Laki-laki

Arti dari mimpi melahirkan anak laki-laki sangat baik, diyakini akan membawa keberuntungan dan kebaikan.

18. Arti Mimpi Melahirkan Anak Perempuan

Arti mimpi melahirkan anak perempuan yaitu mendapat kemuliaan dan pintu rezeki akan terbuka lebar.

19. Arti Mimpi Melahirkan Tetapi Bayinya Meninggal

Maka mimpi ini menandakan jika cita-cita atau hal yang diharapkan akan mengalami kegagalan.

20. Arti Mimpi Membantu Orang Melahirkan

Arti mimpi membantu melahirkan orang lain menjadi tanda-tanda baik dalam kehidupan seperti kesuksesan di dunia kerja, keberuntungan, hingga memperoleh banyak uang.

21. Arti Mimpi Melahirkan Dengan Lancar

Jika Anda bermimpi sedang mengalami persalinan yang lancar, maka berarti bahwa akan ada kebahagiaan atau titik terang dalam hidup, sebut saja kesuksesan pada karir baru.

22. Arti Mimpi Melahirkan Dengan Proses Yang Sulit

Kebalikan dari arti mimpi melahirkan dengan proses lancar, mimpi ini berarti bahwa seseorang yang memiliki cukup banyak masalah di kehidupan nyatanya seperti masalah pekerjaan ataupun cobaan dalam kehidupan sehari-hari. Di mana orang tersebut membutuhkan perjuangan lebih agar dapat melewati rintangan tersebut.

Arti Mimpi Hamil Menurut Islam

pixabay

Abu Bakar Muhammad bin Umar al-Ihsa’i dalam Jami’ Tafasir al-Ahlam menjelaskan apabila mimpi hamil dialami oleh perempuan, maka itu pertanda akan bertambahnya harta atau rezeki, sebaliknya jika dialami oleh laki-laki maka artinya akan munculnya kesedihan.

Ada juga yang mengatakan bahwa mimpi hamil adalah petunjuk akan hadirnya kenikmatan dan harta di dunia nyata. Hal ini berlaku jika yang memimpikannya laki-laki dan perempuan.

Sedangkan bila yang bermimpi adalah anak yang belum dewasa (baligh), maka mimpi tersebut ditujukan kepada orang tuanya. Contohnya, mimpi tersebut ditujukan kepada ibu semisal anak perempuan yang bermimpi, dan andai yang bermimpi adalah anak laki-laki, lantas mimpi tersebut diperuntukkan untuk ayahnya.

Lain halnya jika seorang suami melihat istrinya hamil, maka di dunia nyata, ia sedang ada yang diharapkan.

Imam Ibnu Sirin telah menjabarkan arti dari mimpi melahirkan dalam buku Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam. Jika Anda mimpi melahirkan anak perempuan artinya kebaikan segera datang. Kontras dengan mimpi melahirkan anak perempuan, melahirkan anak laki-laki disebut membawa keburukan seperti cemoohan.

 

Arti Mimpi Hamil Menurut Primbon

Dalam primbon Jawa memiliki penafsirannya sendiri tentang mimpi hamil. Apabila yang bermimpi hamil adalah wanita yang sudah menikah, maka berarti bahwa keinginan yang telah lama dinanti-nanti akan segera terwujud, seperti keinginan mendapatkan momongan.

Lain halnya jika yang memimpikan adalah wanita lajang, maka menandakan bahwa akan bertemu jodoh dalam waktu dekat. Namun, jika di dalam mimpi tersebut yang tengah hamil adalah teman atau kerabat, maka Anda sebagai pemilik mimpi akan memperoleh keberuntungan.

Primbon Jawa memberi pengertian mengenai arti mimpi melahirkan adalah segala kesulitan, ujian, dan rintangan hidup yang sedang Anda hadapi akan segera berakhir. Keberuntungan pun akan segera datang setelahnya.

Arti Mimpi Hamil Menurut Psikologi

Menurut David Bedrick, seorang psikolog, arti mimpi melahirkan melambangkan Anda akan memulai fase baru dalam kehidupan. Melahirkan juga merupakan tanda keberuntungan atau kabar baik sama halnya seperti arti mimpi hamil. Dalam dunia psikologi, mimpi hamil memiliki makna yang menunjukan bahwa Anda takut untuk keluar dari zona nyaman.

1. Arti Mimpi Hamil

Jika Anda memimpikan hamil saat sedang single, maka berarti bahwa Anda tidak siap menghadapi perubahan yang ada, atau dalam kata lain takut keluar dari zona nyaman.

2. Arti Mimpi Hamil dan Keguguran

Mimpi ini berkaitan dengan urusan pekerjaan yang sedang berada di ambang kehancuran jika tidak ditindak dengan benar.

3. Arti Mimpi Orang Lain Hamil

Kejadian ini menunjukan jika Anda dan seseorang dalam mimpi tersebut akrab dan memiliki kedekatan emosional.

Demikian pembahasan tentang makna mimpi dan melahirkan beserta arti mimpi hamil dan melahirkan. Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Jika kamu ingin mencari buku tentang tafsir mimpi, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy