in

7+ Arti Mimpi Melihat Kotoran Manusia, Apa Saja Ya?

Mimpi Melihat Kotoran Manusia – Ketika melihat kotoran manusia lain, pasti tak jarang Grameds akan merasa jijik ‘kan? Hal tersebut wajar saja kok, sebab banyak orang merasakan hal demikian. Namun, bagaimana jika Grameds bermimpi tentang melihat kotoran manusia lain? Apakah ketika bangun tidur akan merasa jijik karena terus-menerus membayangkannya? Atau malah kepikiran tentang mengapa bisa ada mimpi seperti itu? Sebenarnya, justru mimpi melihat kotoran manusia itu dapat memberi pertanda akan datangnya rezeki besar lho… mulai dari membaiknya masalah finansial hingga masalah emosi dari hidup kita. Meskipun tak jarang, mendapatkan mimpi berupa melihat kotoran manusia dapat menjadi pertanda bahwa diri kita tengah merasa mulas dan harus segera menuju ke kamar mandi untuk buang air besar. Lantas, apa saja sih arti mimpi melihat kotoran manusia? Dilansir dari beberapa sumber, yuk simak ulasannya mengenai arti-arti mimpi melihat kotoran manusia berikut ini!

https://pixabay.com/

7+ Arti Mimpi Melihat Kotoran Manusia

1. Mimpi Melihat Kotoran Manusia

Arti mimpi melihat kotoran manusia pasti akan selalu berkaitan dengan bagaimana keberuntungan dalam masalah finansial di hidup kita. Namun jangan khawatir, sebab melalui mimpi ini, dapat memberikan pertanda bahwa masalah finansial-mu akan membaik pada hari-hari kedepannya. Keberuntungan pada masalah finansial ini dapat beragam, mulai dari tiba-tiba mendapatkan bonus gaji, mendapatkan promosi, hadiah dari orang lain, hingga memenangkan lotre. Terlebih lagi jika mimpi tersebut berada di tengah-tengah alam terbuka.

2. Mimpi Melihat Kotoran Bayi

Berbeda dengan sebelumnya, jika pernah bermimpi melihat kotoran bayi maka itu dapat berarti Grameds tengah merasa kekurangan kasih sayang dari orang lain. Arti lain dari mimpi yang satu ini adalah saat ini Grameds tengah menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak kamu sukai sama sekali. Wah, ada baiknya jika jujur saja ya kalau begitu…

3. Mimpi Terkena Diare

Jika tengah diare, pasti Grameds akan selalu tergesa-gesa untuk menuju toilet. Nah, arti mimpi tersebut juga akan berhubungan dengan kebutuhan mendesak yang harus dilakukan, salah satunya adalah rasa frustasi. Melalui mimpi ini, dapat diartikan bahwa kamu tengah memiliki rasa frustasi dan ada baiknya untuk segera mencari solusi yang positif.

4. Mimpi Melihat Kotoran Manusia Dalam Jumlah Banyak

Ketika bermimpi melihat kotoran manusia dalam jumlah yang banyak, pasti Grameds akan merasa bingung. Nah, arti dari mimpi tersebut juga akan berkenaan dengan rasa bingung, terutama pada hal-hal baru. Itulah mengapa, sering-sering mengobrol dengan orang terdekat ya supaya mendapatkan masukan dari masalahmu. Melalui beberapa masukan tersebut, nantinya kita akan memiliki langkah tegas untuk mengambil keputusan.

5. Mimpi Melihat Kotoran Manusia Hanyut di Sungai

Meskipun terlihat jijik, tetapi justru mimpi ini akan sangat berkaitan dengan bagaimana hasil dari kerja kerasmu selama ini lho. Yap, jika kamu sudah berusaha maksimal, pasti hasilnya tidak akan main-main. Namun, jangan cepat puas ya, ada baiknya jika kita berusaha untuk lebih baik lagi, tetapi jangan lupa untuk istirahat.

6. Mimpi Melihat Kotoran Manusia di WC

Berbeda dengan sebelumnya yang menyatakan bahwa mimpi melihat kotoran manusia itu dapat mendapatkan keberuntungan. Namun, arti mimpi melihat kotoran manusia di tempat yang spesifik yakni di WC justru dipercaya akan ada kehidupan yang tidak nyaman. Mulai dari urusan pekerjaan, hingga kebosanan akan asmara.

7. Mimpi Terkena Kotoran Manusia

Jika hal ini terjadi di kehidupan nyata, pasti Grameds akan merasa sangat jijik ya. Namun, berbeda dengan ketika di alam mimpi, sebab justru akan berkaitan dengan hal-hal baik. Mulai dari datangnya rezeki dalam waktu dekat hingga akan memperoleh keuntungan dari apa yang sudah diperjuangkan selama ini.

8. Mimpi Membersihkan Kotoran Manusia

Hadirnya mimpi dengan kotoran manusia pasti tak jarang akan membuat diri kita jijik, terlebih lagi jika harus membersihkannya, padahal bukan milik kita. Nah, jika Grameds pernah mendapatkan mimpi membersihkan kotoran manusia, maka akan berkenaan dengan hal-hal negatif, biasanya pada masalah finansial. Misalnya ada pengeluaran yang tidak terduga.

9. Mimpi Buang Air Besar di WC

Adanya mimpi buang air besar di WC ini justru memberikan arti bahwa Grameds tidak menyadari tengah memiliki kehidupan yang stabil dan harmonis. Kestabilitasan ini ada beragam, mulai dari masalah finansial hingga memiliki keluarga yang dapat diandalkan. Ada baiknya untuk tetap merasa bersyukur dan menghargai hidup ya…

Mengenal Konsep Mimpi Menurut Perspektif Psikologi

3 Teori Umum Mengenai Mimpi

Analisis akan mimpi yang dialami oleh manusia tentu saja masuk dalam kajian psikologi. Hal tersebut karena mimpi memang berkenaan dengan pikiran dan emosi manusia, terutama ketika tengah tidur. Nah, berikut ini terdapat 3 teori umum yang berkaitan dengan mimpi manusia.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

1. Activation-Synthesis Model of Dreaming

Teori akan mimpi ini dikemukakan oleh J. Allan Hobson dan Robert McCarley pada tahun 1977. Teori ini berisikan bahwa sirkuit yang ada di dalam otak nantinya akan diaktifkan selama tidur, dan menyebabkan area pada sistem limbik yang terlibat akan mengalami emosi, sensasi, dan kenangan.

Hobson bahkan tidak percaya bahwa setiap mimpi itu memiliki arti. Menurutnya, mimpi adalah keadaan sadar kita yang paling kreatif, sehingga akan ada kekacauan dan rekombinasi elemen-elemen kognitif secara spontan, kemudian menghasilkan ide-ide baru.

2. Psychoanalytic Theory of Dreams

Teori ini dikemukakan oleh Sigmund Freud yang berpendapat bahwa mimpi itu merupakan bentuk dari perwakilan atas keinginan, pikiran, dan motivasi di dalam diri kita tetapi tidak disadari. Dalam bukunya yang berjudul The Interpretation of Dreams, tertulis juga bahwa “mimpi adalah pemenuhan keinginan yang terpendam”.

3. Teori Carl Jung

Carl Jung adalah sosok psikologi terkenal dan sama populernya dengan Sigmund Freud. Kali ini, Carl Jung berpendapat bahwa mimpi itu sebenarnya adalah ekspresi langsung atas pikiran seseorang itu sendiri. Menurutnya, mimpi seolah mengungkapkan bagaimana keadaan bawah sadar dari seorang individu, melalui bahasa simbol dan metafora.

Analisis Mimpi Menurut Sigmund Freud

Sigmund Freud adalah seorang pendiri aliran psikoanalisis yang selalu muncul di buku ilmu psikologi atas teori dan pemikirannya. Menurutnya, mimpi adalah pesan alam dari bawah sadar yang sangat abstrak terhadap alam sadar. Mimpi ini akan berisikan keinginan, ketakutan, hingga bermacam-macam aktivitas emosi lain, yang bahkan tidak disadari oleh seseorang.

Sesuai dengan teori umum sebelumnya, Freud menyampaikan bahwa setiap mimpi yang kita alami itu akan memiliki makna, yang mana dapat digali melalui proses analisis. Dalam mimpi yang kita alami, ternyata terdapat dua bagian lho… yakni Manifest Content dan Latent Content.

Pada bagian pertama yakni Manifest Content akan berisikan gambaran-gambaran dalam mimpi yang dapat dilihat secara gamblang. Sementara pada bagian kedua yakni Latent Content akan berisikan keinginan dan pikiran-pikiran yang tersembunyi dan sama sekali tidak disadari. Nah, pada bagian kedua ini biasanya justru akan berisikan konflik yang menjadi penyebab munculnya mimpi tersebut.

Dalam hal ini, Freud turut menyatakan bahwa mimpi dapat menjadi ‘saluran’ bagi emosi manusia, terutama pada emosi atau perasaan yang selama ini ditahannya. Sleep Mentation adalah sebutan untuk mimpi yang memiliki hubungan erat dengan emosi manusia. Contohnya jika diri kita tengah memiliki emosi cemas, maka seringkali mengalami mimpi yang menyeramkan dan bahkan mengganggu lelapnya tidur kita.

Proses bermimpi dalam diri manusia itu ada 4 unsur, yakni:

  • Kondensasi: Banyaknya ide dan materi yang datang ke dalam suatu mimpi, yang selanjutnya dapat diringkas menjadi satu ‘gambar’.
  • Perpindahan: Di sini, mimpi tidak akan lagi memiliki kemiripan dengan pusat pikiran mimpi. Maka dari itu, mimpi akan memproduksi bentuk terdistorsi dari harapan mimpi yang ada.
  • Simbolisasi: Ide-ide direpresi yang ada di dalam mimpi akan disensor dan mewakili setiap objek yang melambangkan pikiran bawah sadar. Contohnya kotak, lemari, atau lainnya.
  • Sekunder Revision: Berisikan peristiwa-peristiwa aneh yang ada di dalam mimpi dan tersusun kembali, sehingga akan nampak masuk akal jika dianalisis kembali.

 

Penyebab Terjadinya Mimpi Buruk

Tak jarang, orang akan menganggap bahwa mimpi melihat kotoran manusia itu adalah mimpi buruk. Meskipun sebenarnya, arti dari mimpi tersebut justru berkenaan dengan datangnya rezeki di hidup kita. Lantas, apa saja sih yang menyebabkan kita mendapatkan mimpi-mimpi tersebut?

1. Stress

Selain menjadi faktor pemicu dari berbagai penyakit, stress juga dapat memicu munculnya mimpi buruk. Stress dapat disebabkan oleh banyak hal karena tekanan yang dialami setiap orang itu berbeda-beda, misalnya tekanan di sekolah, tekanan pekerjaan, masalah keuangan, kematian orang terdekat, dan lain-lain.

2. Kurang Tidur

Perubahan jadwal tidur yang mendadak dan menyebabkan waktu tidurnya menjadi tidak teratur dapat juga menyebabkan kita mendapatkan mimpi buruk.

3. Menonton Film Horor

Apabila kita menonton film horor sebelum tidur, tentu saja dapat memicu munculnya mimpi buruk dalam tidur kita. Sama halnya dengan membaca buku yang memiliki cerita horor yang juga dapat memunculkan mimpi buruk karena otak kita akan membayangkan hal-hal menyeramkan tersebut.

4. Trauma

Terutama pada penderita PTSD atau gangguan stress pasca trauma, biasanya akan lebih sering mendapatkan mimpi buruk. Trauma tersebut dapat disebabkan oleh hal-hal yang traumatis, misalnya pelecehan seksual, bullying, kecelakaan, dan lain-lain yang membuat ingatannya terus-menerus memikirkan hal buruk.

5. Pengaruh Obat-Obatan

Terutama pada obat-obatan tertentu yang dikonsumsi sebelum tidur. Obat-obatan tertentu tersebut misalnya obat antidepresan, obat penurun tekanan darah, dan lain-lain.

Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat memicu munculnya mimpi buruk.

Cara Mengatasi Datangnya Mimpi Buruk

1. Mengelola Stress

Stress biasanya dipicu oleh rasa cemas yang berlebihan. Nah, berdasarkan ulasan sebelumnya bahwa penyebab mimpi buruk adalah stress, maka kita harus berlatih untuk mengelola stress.

Apa banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya dengan bermeditasi, berusaha untuk ‘bodo amat’, dan berkonsultasi ke psikolog.

2. Tidur Yang Cukup

Cobalah untuk mengatur ulang jadwal tidur supaya kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Jika kamu sering merasa susah tidur, kamu dapat melakukan berbagai hal supaya cepat mengantuk.

Misalnya, mandi air hangat, melakukan meditasi, melakukan relaksasi, menonton dan mendengarkan ASMR sebelum tidur.

3. Mengonsumsi Obat

Perlu diketahui bahwa obat yang dimaksud adalah obat-obatan yang berasal dari resep dokter. Jadi, kamu tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat tidur tanpa resep yang jelas. Dokter dapat memberi obat yang membantumu untuk mengatasi mimpi buruk dengan dosis yang telah sesuai.

Rujukan:

  • https://student-activity.binus.ac.id/
  • https://www.alodokter.com/


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    92% 92% 1.3k / 1.4k
  • Tidak
    7% 7% 102 / 1.4k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.