in

17 Arti Mimpi yang Sering Terjadi Beserta Penjelasannya

pixabay.com

Arti Mimpi – Sahabat Grameds pasti tidak asing lagi dengan kata mimpi, semua orang juga pernah merasakannya, tak terkecuali dirimu. Mimpi sering diartikan banyak orang sebagai bunga tidur. Ada yang bilang bahwa bermimpi saat tidur merupakan hal yang penting bagi kesehatan emosional kita.

Namun, mimpi memang tak selamanya dikatakan sebagai bunga tidur saja, terkada ada makna yang tersirat di dalam peristiwa mimpi tersebut. Sejauh ini belum ada penelitian yang berhasil menggali lebih dalam mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan mimpi. Jelas ini membuat banyak orang penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang mimpi dan arti mimpi tersebut.

Mimpi merupakan gambaran, pikiran, dan emosi yang dialami seseorang selama tidur. Biasanya terjadi pada tahap tidur REM (rapid eye movement), yakni tahapan tidur yang membuat napas jadi lebih cepat atau tidak teratur, dan mata bergerak ke segala arah dengan cepat. Jenis tidur ini pertama-tama terjadi sekitar satu setengah jam setelah Anda tertidur dan kemudian setiap 90 menit atau lebih sepanjang malam.

Mimpi yang Grameds rasakan bisa saja sangat emosional, samar, singkat, membingungkan, menyenangkan, atau bahkan menakutkan. Selain itu, ada juga mimpi yang memiliki jalan cerita atau malah tidak masuk akal sama sekali, sehingga menimbulkan kebingungan sekaligus tanda tanya, “maksud dari mimpi itu apa ya?”

Mimpi itu sendiri dapat terjadi karena adanya perubahan pada pusat emosional otak. Pusat emosional otak ini bukan termasuk wilayah otak yang berhubungan dengan sesuatu yang logis. Berdasarkan teori dari J. Allan Hobson dan Robert McCarley, sirkuit otak akan aktif atau bekerja selama tidur REM, sehingga dapat memicu amigdala dan hipokampus untuk membentuk serangkaian impuls listrik. Dengan adanya kombinasi itu, maka bisa menciptakan suatu gambaran, ingatan, dan pikiran acak yang muncul ketika seseorang tertidur.

Arti Mimpi

Fungsi Mimpi

Arti Mimpi
pixabay.com

Setelah memahami penjelasan sebelumnya, mungkin terbesit dalam pikiran kita, tentang “kenapa saya bermimpi, ya? Kok bisa begininya?” Penjelasannya tertuang dalam beberapa teori berikut ini. Dalam “The Interpretation of Dreams,” Freud menulis bahwa mimpi adalah “pemenuhan terselubung dari keinginan yang tertekan.” Beliau juga menggambarkan dua komponen berbeda, yakni konten nyata (gambar aktual) dan konten laten (makna tersembunyi).

Teori Freud ini berkontribusi pada kebangkitan dan popularitas interpretasi sebenarnya. Meskipun penelitian ini gagal menunjukkan bahwa konten nyata menyamarkan signifikansi psikologis dari sebuah mimpi, beberapa ahli percaya bahwa hal ini memainkan peran penting dalam memproses emosi dan pengalaman yang membuat stres.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa fungsi mimpi adalah untuk memproses emosi yang sedang terjadi, mengekspresikan keinginan yang ingin dicapai, dan mengatur suatu ingatan yang pernah terjadi. Jadi, terkadang bermimpi, seseorang seperti sedang merasakan apa yang dirasakan di dalam mimpi.

Mengapa Bisa Terjadi Mimpi Baik dan Mimpi Buruk?

Arti Mimpi
pixabay.com

Hingga kini, apa itu mimpi masih menyimpan banyak misteri. Belum ada penelitian pasti yang menemukan alasan pasti kenapa hal ini bisa terjadi, baik yang menyenangkan atau menakutkan. Namun, kemungkinan besar proses mimpi ini berkaitan erat dengan suasana hati dan berbagai hal yang sedang dialami atau dipikirkan sebelum tidur.

Mimpi baik biasanya terjadi karena seseorang sedang mengalami hal-hal yang baik pada hari itu. Mimpi baik ini bisa juga disebabkan juga karena ketika seseorang sedang mengenang masa-masa yang indah yang pernah dilaluinya, baik itu bersama keluarga, kekasih, teman, dan lain-lain.

Dengan mimpi baik ini terkadang membuat seseorang akan merasa tidur menjadi lebih pulas karena tidak merasa terganggu. Dengan begitu, ketika pagi dan memulai aktivitas akan menjadi lebih semangat dan lebih produktif.

Seorang pakar dari Washington State University menjelaskan bahwa mimpi buruk kemungkinan terjadi ketika seseorang sedang mengalami suatu hal yang menakutkan atau membuat diri sendiri cemas. Contohnya, menonton film horor sebelum tidur atau melihat peristiwa yang menakutkan di siang harinya.

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, mimpi terbentuk dari berbagai potongan informasi dan emosi yang sobat rasakan. Nah, bisa jadi otak Anda mengambil potongan kejadian yang menakutkan pada siang hari tersebut, hingga timbul saat Anda tertidur pada malam hari.

Meskipun merasakan mimpi buruk, tetapi otak tidak begitu ingat dengan jelas tentang mimpi buruk. Hal ini dikarenakan hampir semua orang tidak bisa mengingat mimpinya secara mendetail. Hal ini dikarenakan otak Anda terkadang tidak dapat menyimpan hal-hal yang sifatnya tidak penting. Apalagi seperti mimpi yang kadang tidak jelas, tidak beralur, dan tumpang tindih.

Supaya seseorang mimpi buruk, maka bisa menghindari beberapa kegiatan, seperti menghindari minum alkohol atau kopi sebelum tidur, melakukan pengobatan dari penyakit mental yang diidap, dan memperbaiki kualitas tidur.

Mengalami mimpi buruk memang hal yang normal, tetapi, terus mengalami mimpi buruk bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan, seperti nightmare disorder (gangguan mimpi buruk). Gangguan mimpi buruk adalah kondisi yang menyebabkan seseorang seperti sedang terganggu dan berkaitan dengan perasaan negatif, seperti kecemasan atau ketakutan yang bisa membangunkan tidur. Kondisi ini cukup langka, dan kemungkinan menyerang orang dewasa.

Dampak dari nightmare disorder kesusahan adalah susah tidur karena takut, dan sering terbangun di malam hari sehingga kesulitan beraktivitas dengan baik di pagi atau siang hari karena mengantuk yang disebabkan tidurnya tidak pulas.. Orang-orang yang berisiko mengalami kondisi ini adalah pengidap PTSD, memiliki gangguan kecemasan atau mengalami stres, dan menggunakan obat antidepresan atau obat darah tinggi.

Jika Anda terus-menerus mengalami mimpi buruk, lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter.

Arti Mimpi

Apakah Mimpi Memiliki Arti?

Sebagian besar, orang mempercayai bahwa mimpi memiliki pesan atau arti bagi orang yang memimpikannya. Itulah sebabnya, banyak orang yang ingin mengetahui apa arti dari mimpi yang dirasakannya.

Bagaimana menafsirkan maknanya, memang menarik perhatian dan menjadi perdebatan. Beberapa psikolog berpendapat bahwa hal ini memberikan wawasan tentang jiwa atau kehidupan sehari-hari seseorang, dan berkaitan dengan pengalaman atau peristiwa atau aktivitas yang pernah dialami atau dilakukan.

Sementara itu, psikolog yang lain beranggapan bahwa mimpi itu tidak konsisten, tidak terkonsep, dan tumpang tindih, sehingga cukup membingungkan untuk diambil maknanya. Apalagi, isinya dapat berubah-ubah atau artinya tergantung oleh orang yang memimpikannya.

Sebagai contoh, dalam mendeskripsikan seseorang yang ada di dalam mimpi merujuk pada sosok yang mereka kenali dengan jelas padahal penampilan yang dilihat pada mimpi menyimpang.

Hingga kini, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai kepastian arti dari mimpi. Meskipun begitu, sangat mungkin berkaitan dengan kehidupan sehari-hari pada orang yang memimpikannya. Sebenarnya, untuk menyikapi mimpi, diperlukan sikap dewasa dalam berpikir dan iman yang kuat agar kita tak terombangambing oleh mimpi yang belum kita tahu makna sesungguhnya apa.

Arti-Arti Mimpi yang Perlu Diketahui

Arti mimpi memang sangat banyak, tetapi di bawah ini akan dijelaskan 17 arti mimpi yang sering terjadi oleh banyak orang, diantaranya:

1. Mimpi Menikah

Arti mimpi menikah, jika seseorang itu belum menikah, tetapi bisa mengalami mimpi tentang pernikahan, maka arti mimpi menikah tersebut lebih dominan dikaitkan dengan membentuk sebuah komitmen terhadap sesuatu di dalam kehidupan nyata. Tak hanya berurusan dengan perencanaan pernikahan saja. Akan tetapi, pada masa yang mendatang atau hubungan yang lebih baik kepada seseorang.

2. Mimpi Pasangan Selingkuh

Selanjutnya, arti mimpi pasangan selingkuh, mimpi seperti ini sebaiknya jangan buru-buru bikin kamu parno dengan pasanganmu, karena tidak berarti menandakan pasanganmu sedang selingkuh. Alangkah baiknya, gunakanlah pertanda dari mimpi kamu ini untuk mengeratkan kembali hubungan kamu dengan pasanganmu ya, sobat Grameds.

Menurut Loewenberg dan Lawrence, jika kamu mengalami mimpi semacam ini, bisa saja karena kamu dan pasanganmu kurang menghabiskan banyak waktu bersama. Bisa juga karena hubungan kalian tidak memiliki rasa percaya yang kuat terhadap satu sama lain.

3. Mimpi Hamil Muda

Berikutnya arti mimpi hamil muda, Arti mimpi hamil muda merupakan pertanda yang baik. Kamu akan diberi sebuah kepercayaan yang berisiko dan bisa menuai kesuksesan apabila mampu menjalankan tanggung jawab dengan baik. Menurut para ahli tafsir mimpi, kesuksesan tersebut akan dikaitkan dengan harta dan kekayaan bagi seseorang.

4. Mimpi Mandi

Selanjutnya adalah arti mimpi mandi, sobat penasaran dengan arti mimpi mandi? Memimpikan diri sendiri sedang mandi merupakan sebuah isyarat baik bagi kamu. Mimpi sedang mandi tersebut jika ditafsirkan menandakan dosa-dosa dan kesalahan yang kamu perbuat akan dimaafkan orang lain.

Tentu saja dengan catatan bahwa kamu harus bertobat terlebih dahulu dan meminta maaf kepada seseorang yang pernah kamu lukai. Jadi, coba ingat-ingat apakah kamu sudah meminta maaf dengan orang yang pernah kamu perlakukan jahat?

5. Mimpi Digigit Ular

Berikutnya arti mimpi digigit ular. Meskipun ular dilambangkan sebagai sosok pembunuh, ternyata mimpi digigit ular bisa menandakan keberuntungan. Konon, kamu akan segera menyelesaikan masalah-masalah dan ketakutan dalam hidupmu.

Namun, mimpi ini hanya berlaku untuk mereka yang hanya bermimpi ular secara umum. Dengan kata lain, tidak ada detail khusus seperti berapa banyak ular, waktu dan lokasi kejadian dalam mimpi, dan lain-lain.

6. Mimpi Digigit Anjing

Masih pada tema yang mirip, yakni arti mimpi digigit anjing. Banyak orang yang bilang memang mimpi digigit anjing membawa makna yang kurang bagus. Artinya, kamu akan berhadapan dengan suatu masalah di kemudian hari.

Berbagai konflik dengan kerabat dan orang-orang terdekat bisa menghampirimu karena berbagai macam penyebab. Misalnya, saja karena masalah hutang atau masalah keuangan lainnya. Selain itu, bisa juga masalah yang timbul karena adanya pengkhianatan dari orang-orang yang kamu beri kepercayaan.

Jadi, kalau kamu tidak ingin terbebani oleh masalah, pandai-pandailah dalam menyikapi segala persoalan agar tidak menimbulkan konflik.

7. Mimpi Gigi Copot

Mitos yang beredar dari arti mimpi gigi copot adalah adalah mimpi sebagai pertanda akan ada seseorang yang meninggal. Namun, para ahli ternyata punya interpretasi yang berbeda terkait makna dari mimpi ini.

Dilansir dari Mental Floss, Wallace menilai bahwa mimpi ini memiliki arti bahwa seseorang yang memimpikannya sedang mengalami sesuatu yang membuat dia kehilangan rasa percaya diri. Sementara itu, Grant memiliki pendapat bahwa mimpi gigi copot menandakan pertanda buruk karena mewakili sebuah hubungan yang terputus. Ada Pula yang mengatakan bahwa tafsiran mimpi itu menandakan seseorang sedang pesimis dalam mengharapkan sesuatu.

8. Mimpi Melihat Orang Meninggal

Beralih pada arti mimpi orang meninggal, Arti mimpi melihat orang yang meninggal ini mempunyai banyak tafsir. Di antaranya adalah mimpi melihat anak yang meninggal. yang artinya sebagai orang tua kamu harus bersiap-siap kehilangan mereka karena sudah bisa hidup sendiri layaknya orang dewasa.

Lain halnya, dengan mimpi meninggal tapi itu adalah kamu sendiri. Mimpi ini merupakan peringatan untuk lebih baik memperhatikan diri sendiri dan akhiri kebiasaan buruk serta mulai lebih giat dengan kebiasaan sehat yang baik untuk tubuh.

9. Mimpi Melahirkan Bayi Laki-Laki

Selanjutnya, arti mimpi melahirkan bayi laki-laki. Arti mimpi melahirkan bayi laki-laki adalah pertanda kamu akan mendapat keberuntungan dan kebaikan, baik dalam lingkungan keluarga atau pekerjaan. Ini bisa jadi motivasi untuk kamu melanjutkan hari-hari kamu. Jangan terlalu suka mengeluh, nikmati setiap apa yang kamu dapatkan. Berjuanglah untuk mendapatkan hasil yang baik.

10. Mimpi Melahirkan Bayi Perempuan

Arti mimpi melahirkan anak perempuan adalah kamu bisa mendapatkan kemuliaan, sanjungan, mendapat harta warisan atau mendapat rezeki. Jika kamu bermimpi melahirkan anak perempuan yang sehat maka arti mimpinya adalah sudah saatnya kamu menerima hasil dari kerja kerasmu selama ini. Orang yang gigih dalam bekerja memang pantas menerima keuntungan dari perilakunya. Apa yang ditanam maka itulah yang akan ia petik.

11. Mimpi Menggendong Bayi

Arti Mimpi
detikbayi.id

Berikutnya arti mimpi menggendong bayi, baik perempuan atau laki-laki. Contohnya bila kamu bermimpi menggendong bayi laki-laki itu berarti ditandai dengan mendapat banyak sekali rezeki dari segala penjuru yang tidak disangka-sangka. Rezeki yang didapatkan bisa berupa uang, waktu yang bermanfaat bahkan anak yang pintar dan lucu.

Jangan lupa untuk tetap mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan bersedekah. Dengan begitu, rezeki dan berkah pun akan terus mengalir.

12. Mimpi Buang Air Besar

Kemudian, arti mimpi buang air besar menandakan bahwa kesedihan yang sedang kamu alami. Dalam hal ini, kesedihan yang dimaksud, seperti kamu merasa tidak bahagia dengan kehidupan yang sedang kamu jalani sekarang. Bisa disebabkan oleh perasaan tidak puas dengan kehidupan pribadimu, adanya perasaan tidak puas dan hilangnya kepercayaan diri di dalam hidupmu. Terlalu peduli dengan perkataan orang lain, sehingga membuat hidupmu terasa kurang santai karena terbelenggu dengan perkataan orang lain.

13. Mimpi Mencukur Rambutnya Sendiri

Selanjutnya, bermimpi memotong rambut sendiri sampai potongan pendek memiliki pertanda yang baik, lho. Menurut primbon Jawa, arti mimpi potong rambut sampai pendek melambangkan keberuntungan. Keberuntungan yang kamu dapatkan akan datang secara tiba-tiba.

14. Mimpi Dikejar-Kejar

Dilansir dari laman Independent, mimpi ini diartikan oleh Wallace sebagai suatu masalah atau rintangan yang dialami seseorang, tetapi orang tersebut tidak tahu cara menghadapinya. Jika kamu mengalaminya, disarankan untuk tidak ragu menghadapinya karena bisa saja hal tersebut memberikan peluang untuk membantumu mengejar ambisimu.

15. Mimpi Terbang

Selanjutnya, arti mimpi terbang, arti mimpi ini berbeda dari mimpi terjatuh, Wallace mengartikan mimpi terbang sebagai suatu keberhasilan. Jika kamu mengalami mimpi ini, bisa saja kamu telah menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan dan sukses melaluinya tanpa kamu sadari.

16. Mimpi Jatuh

Menurut Wallace, mimpi ini menandakan bahwa kamu sedang terlalu serius dan menaruh terlalu banyak perhatian terhadap suatu hal. Jadi, disarankan supaya kamu bisa lebih rileks dan santai.

Sementara itu, menurut ahli lain seperti Lauri Loewenberg, mengatakan bahwa mimpi terjatuh umumnya dialami oleh mereka yang sedang dalam tekanan atau masalah, sehingga secara tidak langsung mempengaruhi alam bawah sadar untuk terus waspada.

17. Mimpi Telanjang

Berikut ini merupakan salah satu mimpi yang bisa bikin orang merasa malu banget, yaitu mimpi telanjang. Beberapa ilmuwan sepakat mengartikan mimpi ini sebagai gambaran rasa gugup yang lagi kamu alami. Hasil penelitian Wallace juga menunjukkan bahwa rata-rata orang yang mengalami mimpi ini baru saja memperoleh pekerjaan, naik jabatan, atau akan berhadapan dengan banyak orang yang bikin mereka gugup.

Arti Mimpi

Itulah beberapa arti mimpi yang dapat kamu jadikan sebagai referensi mengenai tafsirannya. Namun tidak untuk diyakini betul, karena mimpi bersifat misterius.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Grameds. Kamu juga dapat membaca buku-buku terkait arti mimpi, primbon jawa dan lengkap penjelasannya, atau buku-buku lainnya di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Mochamad Aris Yusuf

BACA JUGA:

  1. 16 Arti Mimpi Menikah dan Sebab Kejadian Tersebut
  2. 15 Arti Mimpi Gigi Copot, Pertanda Baik atau Buruk?
  3. 10 Arti Mimpi Melihat Ular Menurut Islam
  4. Mimpi Membunuh Ular, Pertanda Apa? Berikut Penjelasannya 
  5. Daftar Best Seller Buku Tafsir Mimpi 2022 di Gramedia


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda