in

Inilah Arti Mimpi Bertemu dengan Pocong

Kembangraps/Creative Commons Attribution 3.0.

Arti Mimpi Bertemu dengan Pocong – Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi di dunia nyata dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming (fenomena ketika seseorang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi). Ketika seseorang mengalami mimpi demikian, dia akan menyadari sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, bahkan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya atau mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Adapun ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut dengan oneirologi. Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, yaitu ketika aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun.

Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik hingga sekitar 20–30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekadar produk dari aktivasi otak.

Sebagian orang percaya mimpi tak lebih dari sekadar bunga tidur tanpa arti khusus. Namun, banyak pula yang meyakini mimpi sebagai firasat terjadinya peristiwa pada masa mendatang, entah itu baik maupun buruk.

Islam pun beranggapan demikian. Mimpi yang baik berasal dari Allah SWT, sedangkan mimpi yang buruk berasal dari setan. Sebagaimana yang termaktub dalam hadis berikut.

Ar-ru’ya (mimpi kebaikan) berasal dari Allah SWT, sedangkan al-hulmu (mimpi buruk) berasal dari setan” (H.R. Muslim).

Mimpi Menurut Ajaran Islam

Menafsir mimpi bukanlah suatu hal klenik atau tabu. Upaya menafsir mimpi juga pernah dilakukan oleh seluruh anak Adam, tak terkecuali Nabi Yusuf As, dia adalah nabi yang terkenal sebagai penakwil mimpi. Menurut ajaran Islam, mimpi digunakan untuk mengukur kadar kejujuran seseorang. Semakin jujur seseorang ketika terjaga, semakin benar pula mimpi dalam tidurnya. Hal ini didasarkan kepada sabda Nabi Muhammad Saw.

Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada tiga, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah SWT, mimpi yang buruk yang berasal dari setan, dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri. Apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci, hendaklah dia bangun salat dan tidak menceritakannya kepada orang lain (H.R. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim).

Muhammad Ibn Sirin pernah menulis sebuah kitab yang berjudul Tafsir al-Ahlam, kitab yang memuat tentang kumpulan mimpi-mimpi dan cara memahaminya. Dia menyebut bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam. Pertama, mimpi benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena telah jelas tergambar dalam mimpi. Kedua, mimpi yang membutuhkan penafsiran karena mengandung hikmah dan makna lain di luar yang dilihat dalam mimpi.

Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan di sisi lain dalam kitabnya yang berjudul Qawaid Tafsir al-Ahlam mengklasifikasikan mimpi menjadi empat bagian. Pertama, mimpi yang terpuji dari segi lahir dan batin. Kedua, mimpi yang terpuji dari segi lahir, tetapi tercela dari segi batin (maksudnya secara lahir mimpi tersebut tampak baik, tetapi arti dari mimpi tersebut sebenarnya adalah buruk). Ketiga, mimpi yang secara lahir tampak buruk, tetapi secara batin diartikan sebagai mimpi yang terpuji. Keempat, mimpi yang tercela dari segi lahir maupun batin (Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan, Qawaid Tafsir al-Ahlam, juz 1, hlm. 138).

Arti Mimpi Bertemu dengan Pocong Meninggal Menurut Perspektif Umum

Ketika kalian bermimpi berjumpa atau melihat pocong, tentunya akan mengganggu tidur. Namun, ternyata ada pesan tersirat di balik mimpi ini. Mimpi tersebut lebih baik tidak direpon dengan kecemasan yang berlebihan. Ini dikarenakan tidak selamanya mimpi bertemu dengan pocong membawa kabar yang buruk.

Pocong adalah sejenis hantu yang berwujud manusia yang terbungkus kafan. Pocong merupakan sosok hantu yang konon merupakan arwah orang mati yang terperangkap dalam kafan mereka.

Menurut mitos yang beredar, jiwa seseorang yang sudah meninggal akan tinggal di bumi selama 40 hari setelah kematian. Jika ikatan kain kafannya tidak dilepaskan setelah 40 hari, tubuhnya dikatakan akan melompat keluar dari kubur untuk memperingatkan orang-orang bahwa jiwa mereka perlu dilepaskan. Setelah ikatan dilepaskan, jiwanya akan benar-benar meninggalkan bumi.

Wujud pocong memiliki wajah gosong dengan mata merah menyala. Versi lain menyatakan jika pocong berwajah “rata” dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan jika pocong merupakan bentuk “protes” dari seseorang yang telah meninggal, tetapi terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup.

Mitos mengenai pocong menyatakan jika bergerak melayang-layang, meskipun di film-film sering digambarkan bergerak melompat-lompat. Hal ini bisa dimaklumi karena pemeran pocong di film-film tidak bisa menggerakkan kakinya, sehingga berjalannya harus melompat-lompat. Keadaan itu juga yang memunculkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocong asli dan pocong palsu di masyarakat.

Kepercayaan tentang adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, khususnya masyarakat di Jawa dan Sumatra. Umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini, walaupun penggambarannya mengikuti tradisi Islam.

Tafsir Mimpi Umar Khayyam

tafsir mimpi umar khayyam - mimpi melihat pocong

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-umar-khayyam?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Pernahkah kalian bermimpi sampai terbangun dari tidur, tetapi tidak tahu maksud pesan yang ingin disampaikan untuk kehidupanmu? Jika iya, kitab klasik karya Umar Khayyam (1048–1131 M) ini mungkin bisa membantumu.

Ditulis sejak 1000 tahun yang lalu, buku yang terdiri atas 20 bab ini menjelaskan secara lengkap berbagi mimpi yang mungkin pernah atau akan kita alami. Umar Khayyam adalah ulama asal Persia yang selama ini lebih dikenal sebagai ilmuwan di bidang astronomi, matematika, dan sastra.

Salah satu karya termasyhurnya adalah Rubaiyat Umar Khayam. Namun demikian, tidak banyak yang tahu jika dia juga menulis buku tentang tafsir mimpi. Karyanya ini tentu saja sudah ditulis jauh sebelum kehadiran buku-buku soal mimpi di Barat, seperti karya Sigmund Freud berjudul The Interpretation of Dream pada abad ke 20.

Pesan penting buku ini, yaitu pada dasarnya mimpi kita sehari-hari bisa diinterpretasikan secara tepat, serta dapat membantu kita untuk mengambil berbagai keputusan penting dalam hidup kita sehari-hari.

Tafsir Mimpi Menurut Al Qur`an dan Sunah

tafsir mimpi - mimpi melihat pocong

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-menurut-al-quran-dan-sunnah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Tafsir mimpi berbeda dengan ramalan klenik. Namun, mimpi juga bisa berarti prediksi mengenai kehidupan masa depan, seperti halnya mimpi yang ditakwilkan oleh Nabi Yusuf As atas mimpi yang dialami oleh Raja Mesir. Nabi Yusuf As telah dianugerahi oleh Allah SWT kemampuan menakwilkan mimpi. Dua persoalan tentang mimpi tersebut telah diceritakan dalam Al-Qur’an. Begitu lengkapnya Islam membahas segala persoalan hidup, bahkan mimpi pun tak luput pembahasannya dalam agama Islam.

Sebagian orang pasti akan merasa terganggu serta kurang nyenyak tidur ketika mengalami mimpi buruk, apalagi jika kalian memimpikan hantu seperti pocong. Tentu saja hal ini akan membuatmu kaget. Tak jarang mimpi ini akan membuatmu terbangun karena ketakutan.

Saat terlelap dan bermimpi, tubuh kemudian akan meninggalkan pikiran alam bawah sadar serta rasionalitas. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan kalian ketika tidur akan bermimpi hal-hal yang dirasa tidak mungkin terjadi atau tak masuk akal.

Namun demikian, mimpi melihat pocong ini ternyata ada artinya. Secara umum, mimpi melihat pocong di liang kubur diartikan jika si pemimpi akan mengalami kesulitan dalam hidup yang bisa jadi disebabkan oleh perbuatannya sendiri. Namun, mimpi berbicara dengan pocong di liang kubur menjadi pertanda jika si pemimpi akan memperoleh keberuntungan, terutama dalam karier dan bisnisnya.

Lalu, apakah arti lain dari mimpi melihat pocong? Apakah suatu pertanda baik atau menjadi pertanda buruk? Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang arti mimpi bertemu dan melihat pocong.

Arti Mimpi Bertemu dan Melihat Pocong

1. Mimpi Melihat Pocong di Kuburan

Menurut primbon Jawa, mimpi bertemu pocong di kuburan merupakan pertanda bahwa kamu masih memiliki janji yang belum dilunasi kepada seseorang. Oleh karena itu, kamu coba untuk mengingat-ingat kembali apakah pernah berbuat janji kepada orang lain dan belum ditepati.

Selain itu, mimpi melihat pocong di kuburan juga dapat diartikan bahwa seseorang akan menagih janji. Jika kamu merasa tak memiliki janji kepada siapa pun, cobalah pastikan terlebih dahulu hal itu kepada keluarga maupun teman terdekat. Jika sudah pernah berjanji, jangan lupa untuk segera memenuhi janji yang sudah kamu buat.

2. Mimpi Melihat Pocong Hidup

Emosi yang tak tersalurkan dapat memicu mimpi buruk. Meski awalnya tampak seram, serta menyebabkan tidur menjadi tidak tenang, mimpi bertemu dengan pocong yang kembali hidup ternyata merupakan pertanda baik.

Menurut primbon Jawa, mimpi pocong yang kembali hidup memiliki arti bahwa berarti kamu akan segera mendapatkan kesuksesan, terutama dalam bisnis yang sedang kamu jalankan. Bentuk kesuksesan ini dapat berupa penjualan yang mengalami peningkatan, mendapatkan promosi jabatan, dan berhasil bekerja sama dengan seseorang atau beberapa pihak.

3. Mimpi Melihat Banyak Pocong

Ada beberapa orang yang pernah bermimpi melihat banyak pocong, tetapi hanya dapat diam saja. Jika kamu bermimpi seperti itu, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu sudah melakukan kesalahan besar dan fatal. Selain itu, kesalahan ini bisa memberikan dampak buruk bagi orang lain, walaupun kesalahan itu sepele.

Apakah kamu merasa pernah melakukan kesalahan, sehingga membuat orang lain merasa kesulitan atau merasa marah dan kecewa? Jika iya, segeralah meminta maaf dan introspeksi diri untuk tidak mengulanginya kembali.

4. Mimpi Dikejar Pocong

Mimpi melihat pocong kemudian dikejar oleh hantu tersebut pastinya akan sangat menyeramkan atau bahkan bisa membangunkan kamu dari tidur. Namun, tahukah kamu bahwa mimpi ini merupakan pertanda jika kamu akan akan mendapatkan rezeki yang melimpah? Selain itu, mimpi ini juga menjadi pertanda bahwa akan datang kebahagian kepada keluargamu.

5. Mimpi Melihat Pocong serta Bicara Dengannya

Apakah dalam mimpi itu kamu juga berdialog dengan si pocong? Jika iya, hal ini juga menjadi pertanda baik. Sebab, berbicara dengan pocong dapat diartikan sebagai firasat baik. Firasat yang dimaksud dalam hal ini adalah kondisi keuangan atau finansial kamu akan bertambah.

6. Mimpi Melihat Diri Sendiri Menjadi Pocong

Mimpi buruk juga dapat muncul karena dipicu oleh rasa tidak aman. Bagaimana jika kamu melihat diri sendiri menjadi pocong di dalam mimpi? Hal ini tentunya menyeramkan! Namun, mimpi melihat diri sendiri menjadi pocong ternyata berkaitan erat dengan nasihat kesuksesan seseorang. Selanjutnya, hal ini juga menjadi pengingat bahwa kerja keras dan doa yang sudah kamu lakukan akan ada balasannya.

Melansir dari laman Sleep, dijelaskan juga bahwa seseorang yang sering mimpi buruk dapat memiliki pesan tertentu, entah itu mimpi melihat pocong atau berbagai teror lainnya. Hal ini juga merupakan pertanda adanya kondisi psikologis atau kesehatan mental yang rentan dan bermasalah.

7. Mimpi Melihat Pocong Tersenyum

Tentunya sulit membayangkan melihat pocong tersenyum. Hal ini mungkin saja menjadi sesuatu yang menyeramkan dan tidak terduga. Namun, jika kamu mengalami mimpi ini, bisa menjadi pertanda bahwa kamu akan memiliki umur panjang dan memperoleh kesuksesan di kemudian hari.

8. Mimpi Melihat Pocong Bayi

Mimpi pocong dapat menjadi pertanda bahwa kamu sudah melakukan kesalahan besar yang bisa berdampak buruk kepada orang lain. Sementara itu, mimpi melihat pocong bayi berarti kamu sudah melakukan kesalahan sepele dan bisa memberikan dampak buruk untuk diri sendiri.

Jadi, cobalah untuk dapat mengingat-ingat apa kesalahan sepele yang pernah kamu lakukan? Secara tak sadar, ini bisa saja memicu musibah atau hari buruk yang akan terjadi di kemudian hari. Jadi, perbaiki kesalahan tersebut dan jadikan pembelajaran untuk menjadi lebih baik.

9. Mimpi Didatangi Pocong

Mimpi didatangi pocong bisa diartikan sebagai pertanda ketakutan serta kecemasan yang sedang kamu rasakan. Jadi, perbanyak berdoa serta ceritakanlah rasa takut, cemas, dan gelisah yang kamu alami kepada suami, teman, atau anggota keluarga lainnya. Hal ini dapat kamu lakukan agar perasaanmu menjadi lebih lega dan tidak merasa terbebani oleh rasa takut.

10. Mimpi Melihat Pocong Menyeramkan

Menurut ahli tafsir mimpi sekaligus penulis Night Vision: A Field Guide to Your Dreams, Theresa Cheung, bermimpi tentang hantu seram cenderung merujuk kepada urusan yang belum selesai dan perlu untuk segera ditangani karena itu akan terus menghantui kehidupan. Selain itu, Cheung juga mengatakan bahwa kamu perlu mengintrospeksi diri jika kamu bermimpi melihat pocong yang menyeramkan.

Penutup

Demikian pembahasan tentang arti mimpi melihat pocong. Percaya atau tidaknya terhadap arti mimpi melihat pocong ini dikembalikan lagi kepada pembaca.

Jika ingin mencari berbagai macam buku tentang mimpi atau tafsir mimpi, kalian bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar kalian memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rujukan

BACA JUGA:

Rekomendasi Buku dan Ebook

1. Sejarah, Hikmah, dan Tabir Mimpi

2. 200 Quotes Pembingkai Mimpi

3. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien