in

Inilah Arti Mimpi Ibu Meninggal Versi Umum, Tidak Perlu Khawatir!

Kinitrupti/Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International.

Arti Mimpi Ibu Meninggal – Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi di dunia nyata dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming (fenomena ketika seseorang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi). Ketika seseorang mengalami mimpi demikian, dia akan menyadari sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, bahkan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya atau mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Adapun ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut dengan oneirologi. Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, yaitu ketika aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun.

Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik hingga sekitar 20–30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekadar produk dari aktivasi otak.

Sebagian orang percaya mimpi tak lebih dari sekadar bunga tidur tanpa arti khusus. Namun, banyak pula yang meyakini mimpi sebagai firasat terjadinya peristiwa pada masa mendatang, entah itu baik maupun buruk.

Islam pun beranggapan demikian. Mimpi yang baik berasal dari Allah SWT, sedangkan mimpi yang buruk berasal dari setan. Sebagaimana yang termaktub dalam hadis berikut.

Ar-ru’ya (mimpi kebaikan) berasal dari Allah SWT, sedangkan al-hulmu (mimpi buruk) berasal dari setan” (H.R. Muslim).

Mimpi Menurut Ajaran Islam

Menafsir mimpi bukanlah suatu hal klenik atau tabu. Upaya menafsir mimpi juga pernah dilakukan oleh seluruh anak Adam, tak terkecuali Nabi Yusuf As, dia adalah nabi yang terkenal sebagai penakwil mimpi. Menurut ajaran Islam, mimpi digunakan untuk mengukur kadar kejujuran seseorang. Semakin jujur seseorang ketika terjaga, semakin benar pula mimpi dalam tidurnya. Hal ini didasarkan kepada sabda Nabi Muhammad Saw.

Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada tiga, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah SWT, mimpi yang buruk yang berasal dari setan, dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri. Apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci, hendaklah dia bangun salat dan tidak menceritakannya kepada orang lain (H.R. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim).

Muhammad Ibn Sirin pernah menulis sebuah kitab yang berjudul Tafsir al-Ahlam, kitab yang memuat tentang kumpulan mimpi-mimpi dan cara memahaminya. Dia menyebut bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam. Pertama, mimpi benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena telah jelas tergambar dalam mimpi. Kedua, mimpi yang membutuhkan penafsiran karena mengandung hikmah dan makna lain di luar yang dilihat dalam mimpi.

Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan di sisi lain dalam kitabnya yang berjudul Qawaid Tafsir al-Ahlam mengklasifikasikan mimpi menjadi empat bagian. Pertama, mimpi yang terpuji dari segi lahir dan batin. Kedua, mimpi yang terpuji dari segi lahir, tetapi tercela dari segi batin (maksudnya secara lahir mimpi tersebut tampak baik, tetapi arti dari mimpi tersebut sebenarnya adalah buruk). Ketiga, mimpi yang secara lahir tampak buruk, tetapi secara batin diartikan sebagai mimpi yang terpuji. Keempat, mimpi yang tercela dari segi lahir maupun batin (Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan, Qawaid Tafsir al-Ahlam, juz 1, hlm. 138).

Arti Mimpi Ibu Meninggal Menurut Perspektif Umum

Mimpi tersebut lebih baik tidak direpon dengan kecemasan yang berlebihan. Ini dikarenakan tidak selamanya mimpi ibu meninggal membawa kabar yang buruk.

Ibu mempunyai peran yang begitu penting dalam kehidupan anak-anaknya. Rasa kasih dan sayang yang dicurahkan oleh seorang ibu memang tidak dapat digantikan oleh siapa saja. Kita akan merasakan kenyamanan yang luar biasa besar, sehingga wajar jika ada seorang anak yang merasa sangat sedih, terpukul, dan kehilangan ketika ibunya meninggal dunia.

Ketika sang ibu masih hidup dan membayangkannya meninggal pun rasanya sudah tidak kuat. Meski begitu, kejadian tersebut bisa terjadi di dunia mimpi. Mungkin saja di antara sahabat Grameds ada yang pernah mengalaminya dan merasa khawatir dengan kondisi sang ibu setelah mimpi itu hadir.

Ya, semua orang tidak mengetahui arti mimpi ibu meninggal, apakah mimpi itu bermakna benar-benar buruk atau sebaliknya menjadi pertanda baik. Namun, akan lebih baik jika sahabat Grameds tidak langsung khawatir secara berlebih jika mengalami mimpi itu. Kamu bisa mengecek kondisi ibu kalian masing-masing untuk memastikan kabarnya saat ini.

Nah, berikut adalah beberapa arti mimpi ibu meninggal sebagaimana dirangkum oleh redaksi Gramedia.com.

1. Takut Kehilangan Seseorang

Apa yang sahabat Grameds pikirkan ketika memimpikan sang ibu meninggal dunia? Kalian pasti pertama kali akan merasa cemas, apalagi bagi kalian yang tinggal berjauhan dengan ibu, mungkin akan langsung menghubungi dan menanyakan kabarnya. Jika hal ini terjadi dalam mimpi sahabat Grameds, ini menandakan jika kamu sedang dilanda rasa takut, terlebih jika dalam mimpi itu sang ibu yang meninggal sudah berada di dalam peti mati, artinya kamu takut kehilangan seseorang yang berharga. Orang itu bisa saja ayah, saudara, sahabat, pasangan, dan sebagainya.

2. Rindu kepada Ibu yang Sudah Meninggal

Saat mengalami mimpi ibu meninggal, hal ini tentu menyisakan rasa khawatir dan sedih. Ada ketakutan jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi kepada sang ibu. Namun, bagi sahabat Grameds yang ibunya sudah meninggal dunia, arti mimpi ibu meninggal menandakan adanya kerinduan kepada ibu.

Mengingat bahwa ibu adalah sosok yang penyayang dan peduli kepada anak-anaknya. Perhatian ibu tetaplah masih terasa, meskipun sang anak sudah tumbuh dewasa. Jadi, saat ibu sudah tidak ada dunia, rasa kehilangan yang besar itu pun sudah pasti ada.

3. Kemungkinan Mengalami Kerugian

Sahabat Grameds sebaiknya berhati-hati jika memperoleh mimpi ibu meninggal. Ini dikarenakan salah satu arti mimpi ini adalah pertanda datangnya keburukan. Orang yang memimpikannya akan mendalami kerugian dari sisi materi. Kerugian itu bisa terjadi ketika menjalankan bisnis, belanja yang boros, pencurian, dan sebagainya. Nah, meninggalnya seorang ibu adalah bentuk kehilangan. Mimpi ini pun dikaitkan dengan hilangnya sesuatu dalam hidup seseorang, yaitu berupa harta atau materi.

4. Adanya Penyesalan

Ada banyak sekali penafsiran tentang arti mimpi ibu meninggal. Salah satunya adalah adanya penyesalan dalam diri seseorang yang memimpikannya. Penyesal itu tidak hanya tertuju pada sang ibu saja, tetapi bisa juga kepada orang lain.

Jadi, setelah kamu mengalami mimpi ini, akan lebih baik jika kamu merenung sejenak. Coba ingat kembali hal apa yang sudah kamu lewatkan dan sebisa mungkin ketika ingat adalah melakukannya. Jangan sampai karena kamu melewatkannya, yang ada nanti hanyalah penyesalan. Karena selama ini yang kita tahu, penyesalan biasa datang di akhir.

5. Mencoba Lari dari Masalah

Arti mimpi ibu meninggal tidak selalu menunjukkan jika sang ibu sedang mengalami sesuatu yang buruk. Namun, bisa diartikan bahwa orang yang memimpikannya sedang mencoba lari dari masalah. Hal ini tidak terlepas karena dalam kehidupan ada berbagai cobaan maupun masalah hidup yang menghadang.

Masalah itulah yang selanjutnya membuat seseorang berada di posisi yang sangat sulit dan ingin pergi dari masalah yang dihadapinya. Dia berharap dapat menemukan kehidupan yang lebih baik dan tenang.

6. Bangkit dari Masalah

Sahabat Grameds tidak perlu khawatir jika mendapatkan mimpi ibu meninggal dunia. Mimpi mimpi ibu meninggal juga bisa menjadi pertanda yang baik. Kamu akan bangkit dari masalah yang selama ini kamu hadapi, lebih tepatnya jika dalam mimpi ini sang ibu yang meninggal bangkit kembali.

Nah, masalah yang kamu hadapi selama ini akan segera teratasi. Namun, sahabat Grameds juga harus tetap berusaha untuk menemukan solusi yang tepat demi bisa keluar dari masalah tersebut secara baik. Jadi, usaha yang kalian lakukan tetap menentukan.

7. Orang Tua Panjang Umur

Ada yang perlu disyukuri dari arti mimpi ibu meninggal. Arti mimpi ini justru bertolak belakang karena menandakan bahwa orang tua akan mendapatkan umur yang panjang. Alangkah lebih baik setelah memimpikannya adalah berdoa untuk kedua orang tua agar mereka selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang.

8. Transformasi Diri

Ibu merupakan orang yang dapat membimbing kalian melalui semua fase kehidupan sebaik mungkin. Semua diajarkan oleh ibumu sejak kamu belajar berjalan saat bayi dulu hingga menjalani hubungan asmara dengan lawan jenis, bahkan ibu bisa diandalkan untuk membantu mengambil keputusan yang sangat sulit ketika kamu dewasa. Oleh karena itu, mimpi ibu meninggal dunia merupakan pertanda yang baik.

Menurut beberapa tafsir, mimpi tersebut merupakan simbol kedewasaan yang menunjukkan bahwa dirimu sudah tidak memerlukan bantuan dari ibumu lagi. Kamu sekarang adalah orang yang mampu mengambil keputusan sendiri dan menentukan hal yang baik atau buruk tanpa meminta saran dari ibumu.

Selain itu, kamu juga memiliki tanggung jawab atas semua tindakan dan pilihan yang kamu buat. Jadi, mulai sekarang pikirkan baik-baik setiap keputusan dan tindakanmu. Jangan sampai merugikan orang lain yang ada di sekitarmu.

9. Ancaman yang Datang

Ibu adalah seseorang yang dapat melindungi dan mengorbankan segala sesuatu agar kamu selalu bahagia serta terlindung dari masalah berat. Dia merupakan guardian angel yang akan berdiri paling depan untuk menjagamu dari semua ancaman yang membuatmu terluka.

Itulah yang menyebabkan mimpi ibu meninggal dunia bisa diartikan merupakan pertanda bahwa kamu sedang merasa sendirian, terisolasi, dan sangat rentan dengan bahaya. Kamu juga sedang merasa tidak aman dengan hidupmu sendiri dan merasa tidak ada orang lain yang akan melindungimu. Namun, kamu tidak perlu terpuruk dan merasa sedih. Jadilah manusia yang tangguh dan kuat melalui semua kesulitan!

10. Kamu Akan Menghadapi Situasi yang Sulit

Mimpi ibu meninggal juga dipercaya sebagai pertanda kurang baik, yaitu kamu akan menghadapi situasi yang sulit dalam kehidupanmu. Kesulitan ini cukup besar hingga kamu membutuhkan bantuan ibumu. Namun, kamu tidak perlu berkecil hati karena tidak ada yang salah dari hal ini.

Jadi, jika suatu saat nanti kamu menghadapi situasi yang sangat sulit, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada ibumu. Dia adalah orang pertama yang akan siap membantumu setiap saat.

11. Ajakan untuk Berintropeksi Diri dan Berbakti kepada Ibumu

Setiap mimpi yang berkaitan dengan kematian cenderung berhubungan dengan rasa penyesalan dan hati yang cemas. Jadi, mimpi ibu meninggal bisa juga diartikan sebagai sebuah ajakan untuk berintropeksi diri dan berbakti kepada ibumu.

 

Rekomendasi Buku dan Ebook Tentang Mimpi

1. Sejarah, Hikmah, dan Tabir Mimpi

2. 200 Quotes Pembingkai Mimpi

3. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi

Penyebab Mimpi Orang Tua Meninggal

Mimpi orang tua meninggal ternyata tidak selalu datang tanpa alasan. Mimpi itu sering muncul akibat emosi dan perasaan yang kamu rasakan tentang orang tua di rumah. Nah, berikut ini beberapa alasan di balik mimpi orang tua meninggal yang kamu alami.

1. Rindu

Jika orang tuamu masih sehat dan kamu bermimpi mereka meninggal, bisa jadi kamu sedang merindukan kehadiran mereka. Kamu benar-benar rindu kepada mereka hingga tidak bisa berhenti memikirkannya dan terbawa sampai ke mimpi, khususnya bagi kalian yang bekerja atau belajar di tempat yang jauh dari orang tua. Oleh karena itu, kalian sebaiknya langsung menghubungi mereka untuk mengobati rasa rindu tersebut. Kamu bisa video call atau mengobrol di telepon seharian saat libur tiba.

2. Takut Ditinggalkan

Alasan lainnya adalah kamu menyadari bahwa semua orang pasti akan menghadap sang Khalik suatu saat nanti, termasuk kedua orang tuamu. Kesadaran ini lantas berubah menjadi rasa takut ditinggalkan hingga membuat kamu cemas. Nah, perasaan takut ini yang menyebabkan kamu bermimpi orang tua meninggal dunia. Dengan kata lain, kamu harus bisa menenangkan diri dan mengontrol rasa takut tersebut.

3. Menyesal

Mimpi orang tua meninggal juga bisa dipicu oleh perasaan menyesal yang kuat. Apa pun alasannya, orang tua adalah orang terdekatmu. Ketika kalian melakukan kesalahan yang besar, kamu pasti akan merasa menyesal. Perasaan penyesalan itu akan menghantuimu jika dibiarkan terus, bahkan ketika kalian tertidur. Kalian sebaiknya segera meminta maaf untuk semua kesalahan yang pernah dilakukan.

4. Cemas

Sebenarnya, tidak ada satu pun orang yang dapat menjamin mimpi buruk yang dialami akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat. Jadi, kamu tidak perlu takut secara berlebihan. Sebaliknya, mimpi orang tua meninggal justru bisa menandakan bahwa kamu sedang merasa cemas berlebihan.

Jadi, sebaiknya coba diingat dengan baik-baik apakah kamu sedang mengalami kesulitan yang membuatmu cemas akhir-akhir ini? Jika iya, segeralah cari jalan keluar untuk mengatasi kesulitan tersebut agar kamu terbebas dari mimpi-mimpi yang buruk.

5. Ajakan untuk Mempersiapkan Diri

Kemungkinan penyebab yang terakhir mimpi orang tua meninggal, yaitu respon alam bawah sadar agar kalian mempersiapkan diri ketika benar-benar kehilangan orang tuamu. Bisa jadi sebelumnya kalian sudah overthinking tentang kepergian mereka dan terbawa ke alam mimpi. Untuk meresponnya, sebaiknya hargai setiap detik yang kamu lalui bersama kedua orang tuamu.

Rujukan

BACA JUGA:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien