in

Kenali 9 Merek Gitar Terbaik Ini Bisa Kalian Jadikan Pilihan

Merek gitar terbaik – Gitar menjadi salah satu alat musik yang sampai saat ini terbilang banyak digunakan. Bahkan orang yang memiliki hobi bermusik dengan gitar juga tergolong banyak. Hal tersebut juga bisa menjadi sebuah bukti jika gitar merupakan alat musik yang begitu populer di kalangan masyarakat.

Kepopuleran alat musik gitar tak bisa lepas dari manfaat yang diberikan kepada para pemainnya. Mulai dari hanya sekedar hobi hingga mereka yang memutuskan mendapatkan penghasilan dari memainkan gitar juga banyak mendapatkan manfaat.

Gitar akustik menjadi jenis alat musik gitar yang kerap dijadikan pilihan untuk berlatih pertama kali terlebih dahulu. Meski begitu, ketika mereka sudah mulai handal, mereka akan berpindah menggunakan gitar elektrik.

Selain dari segi harga yang terbilang cukup beragam, suara yang dihasilkan ketika dimainkan bisa dibilang adalah adalah beberapa alasan kenapa banyak orang menjadikan gitar sebagai alat musik favorit mereka.

Meski begitu memilih gitar tak bisa dilakukan secara sembarangan lho. Pasalnya ada beberapa pertimbangan khusus yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli suatu gitar.

Nah, di dalam artikel ini ada tips mudah memilih alat musik gitar lengkap dengan rekomendasi merek gitar terbaik. Tentunya kalian yang ingin membeli gitar wajib banget nih membaca ulasan yang ada di dalam artikel ini agar tak salah dalam memilih gitar yang diinginkan.

Tips Memilih Gitar

Merek Gitar Terbaik (9)pixabay

Mendapatkan gitar dengan kualitas terbaik adalah impian bagi semua orang khususnya bagi mereka yang memang begitu suka memainkan alat musik gitar walaupun di dunia ini ada banyak sekali jenis dan merek gitar.

Namun, tak semua gitar bisa menjadikan para penggunanya merasa nyaman ketika memainkannya lho. Oleh karena itu, penting bagi mereka yang ingin membeli alat musik gitar untuk mengetahui beberapa tips yang diperlukan.

Dengan memahami beberapa tips dalam memilih gitar, maka kalian menjadi lebih mudah dalam mendapatkan gitar sesuai dengan keinginan yang tentunya berkualitas terbaik. Nah, di bawah ini ada berapa penjelasan mengenai tips memilih merek gitar terbaik yang bisa kalian lakukan.

1. Pilih Gitar Dengan Ukuran Yang Sesuai

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan memilih gitar sesuai dengan ukurannya. Ukuran dari gitar sebenarnya terbilang ada banyak dan tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kenyamanan setiap orang.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Meski begitu, perlu diketahui juga jika ukuran gitar yang pas dan cocok dengan setiap pemainnya,  maka akan memberikan pengaruh terhadap rasa nyaman ketika memainkannya juga. Ketika kenyamanan sudah didapatkan, tentunya proses belajar memainkan gitar juga akan semakin mudah.

Setidaknya ada empat tipe ukuran gitar yang bisa kalian sesuaikan dengan keinginan pribadi. Beberapa ukuran gitar tersebut adalah sebagai berikut ini.

 Haris Hoeda Kumpulan Lagu Pop Hits

a. Tipe Dreadnought

Dreadnought adalah salah satu tipe gitar akustik pertama yang bisa kalian jadikan pilihan. Dimana dreadnought merupakan tipe gitar yang paling standar dibandingkan dengan tipe lainnya. Meski begitu, tipe dreadnought bisa membantu kalian untuk memainkan segala jenis musik.

Bahkan, gitar tipe dreadnought adalah salah satu jenis yang seimbang untuk digunakan pada nada tinggi maupun rendah. Tentunya gitar tipe dreadnought begitu cocok kalian gunakan jika memang belum begitu tahu jenis musik apa yang akan dimainkan dengan gitar tersebut.

Karakteristik dari gitar jenis dreadnought biasanya memiliki bagian leher hingga bodi yang cukup besar hingga bagi kalian yang berbadan kecil akan sedikit susah untuk menggunakannya.

b. Tipe Flok

Berikutnya, ada juga gitar dengan tipe folk. Dibandingkan dengan tipe sebelumnya, gitar dengan jenis folk ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi n mereka yang memiliki tubuh kecil ketika memainkan gitar jenis folk.

Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh gitar tipe folk adalah mampu menghasilkan jenis suara high pitched yang sangat bagus. Selain itu, gitar jenis folk juga bisa digunakan untuk memainkan melodi gitar.

c. Tipe Jumbo

Selanjutnya, ada gitar dengan tipe jumbo yang tentunya memiliki karakteristik ukuran besar. Tak hanya dari bagian bodi gitar saja yang lebih besar dari tipe lainnya, tetapi bentuk dari badan gitar tipe jumbo juga akan terlihat lebih membulat.

Meskipun begitu, gitar dengan tipe jumbo bisa memberikan suara petikan yang cukup keras yang sebanding dengan ukurannya. Namun, bagi wanita dengan ukuran tubuh kecil akan terlalu sulit memainkan tipe gitar ini karena faktor ukuran bodinya yang terbilang cukup besar dibandingkan dengan jenis gitar lainnya.

d. Tipe Mini

Terakhir, ada gitar dengan tipe mini. Seperti dengan namanya, gitar ini juga akan memiliki ukuran kecil. Bahkan ketika dibandingkan dengan gitar tipe flok, gitar tipe mini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Tentunya, dengan karakteristik tersebut menjadikan gitar tipe mini akan cocok digunakan oleh mereka yang memiliki ukuran tubuh kecil.

Perlu diketahui juga jika gitar tipe mini juga memiliki senar gitar yang tak terlalu kencang. Tentunya hal tersebut akan menjadikan lebih mudah untuk dimainkan. Meski begitu, dalam penggunaannya biasanya tuning gitar tipe mini mudah sekali mengalami perubahan. Oleh karena itu, kalian juga wajib untuk rajin melakukan penyeteman gitar tersebut.

Gugun Gunawan, Gugun Gunawan Chord lagu-lagu Sweet Memories

2. Ketahui Karakteristik Material Bagian Top Atau Neck

Setelah kalian mengetahui ukuran gitar yang cocok dengan tubuh serta kenyamanan dalam menggunakannya. Tips berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengetahui jenis material yang digunakan pada bagian top atau neck.

Perlu diketahui juga jika karakter suara yang dihasilkan oleh gitar juga dipengaruhi oleh adanya perbedaan material yang digunakan. Sampai saat in,  ada beberapa material yang digunakan untuk pembuatan bagian top atau neck.

Agar kalian juga semakin tahu, berikut adalah penjelasan akan beberapa material yang digunakan untuk pembuatan bagian neck atau top gitar.

a. Kayu Mahoni

Material pertama yang kerap digunakan untuk membuat bagian top atau neck pada gitar adalah kayu mahoni. Dimana kayu mahoni memiliki beberapa keunggulan yang tak dimiliki oleh material lainya. Mulai dari harga yang lebih terjangkau, daya tahan yang begitu kuat, mudah dibentuk hingga mampu menghasilkan suara yang lembut, stabil dan begitu dalam.

b. Kayu Spruce

Spruce juga menjadi salah satu material yang kerap digunakan dalam pembuatan bagian neck maupun top pada gitar. Biasanya, gitar yang dibuat dari bahan material kayu spruce akan terlihat lebih pucat. Meski begitu, suara yang dihasilkan oleh gitar dengan bahan baku spruce terbilang cukup halus meskipun tidak begitu bright.

c. Kayu Nato

Kayu nato mampu menghasilkan treble yang begitu khas. Tak heran jika saat ini kayu nato masih kerap digunakan untuk membuat bagian top maupun neck pada gitar.

d. Kayu Maple

Karakteristik dari material kayu maple ketika digunakan untuk membuat bagian-bagian pada gitar adalah resonansi nadanya yang begitu bagus. Oleh karena ini kayu maple masih tetap jadi andalan untuk digunakan dalam proses pembuatan bagian top maupun neck gitar.

 Tim Redaksi Super Lengkap Kumpulan Terbaik Lagu Wajib Nasional & Daerah

3. Ketahui Jenis Senar Yang Digunakan Pada Gitar

Setelah kalian mengetahui material yang digunakan dalam pembuatan bagian top maupun neck pada gitar. Tips memilih gitar berikutnya adalah kalian juga bisa memperhatikan bagian senar gitar yang digunakan.

Secara umum, jenis senar gitar akan dibagi menjadi dua jenis seperti senar nilon dan senar baja. Kedua jenis senar tersebut tentunya memiliki karakteristiknya sendiri. Agar kalian semakin paham apa saja perbedaan keduanya, berikut adalah penjelasannya.

a. Senar Baja

Senar baja tentunya juga akan terbuat dari bahan baku baja. Senar baja sendiri memiliki beberapa karakteristik seperti anti karat. Sedangkan untuk range frekuensi dari senar baja terbilang cukup panjang.

Karena hal tersebutlah senar baja mampu menghasilkan suara yang lebih tajam ketika dimainkan. Bahkan pada beberapa genre musik tertentu sangat cocok untuk gitar yang menggunakan senar bajar.;

b. Senar Nilon

Senar nilon biasanya dapat menghasilkan suara yang begitu khas seperti lebih lembut dan lebih hangat. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang menggunakan senar jenis nilon ketika memainkan musik dengan genre klasik atau folk.

4. Harga Yang Ditawarkan

Sampai saat ini, harga gitar yang ditawarkan di pasaran begitu fleksibel. Tentunya kalian juga tahu jika gitar dengan kualitas terbaik akan memberikan penawaran harga yang sebanding. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan gitar dengan kualitas terbaik sangat memungkinkan kalian akan mengeluarkan dana yang cukup besar.

Meskipun begitu, ketika kalian lebih jeli dalam proses pemilihan gitar, bisa jadi kalian akan menemukan gitar dengan karakteristik yang mumpuni dan mampu menghasilkan suara terbaik namun tetap dalam harga yang sangat terjangkau.

Tentunya dalam hal ini kalian perlu mengulik gitar yang akan dipilih sebelum melakukan pembelians secara resmi.

5. Tak Ada Salahnya Untuk Mencoba

Sebelum memutuskan untuk membeli gitar yang akan dipilih. Tak ada salahnya, jika kalian ingin mencobanya terlebih dahulu. Rasakan bagaimana suara yang dihasilkan oleh gitar tersebut ketika kalian mencobanya.

Jika memang sudah merasakan kenyaman ketika memainkannya, maka kalian bisa banget nih tanpa ragu untuk membeli gitar tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih gitar dengan kualitas terbaik. Dengan beberapa tips di atas, tentunya kalian akan semakin mudah mendapatkan gitar sesuai dengan keinginan.

Rekomendasi Merek Gitar Terbaik

Setelah mengetahui apa saja tips yang diperlukan dalam memilih gitar. Berikutnya kalian bisa membaca ulasan mengenai rekomendasi merek gitar terbaik yang bisa dijadikan pilihan nih.

Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi merek gitar terbaik yang tentunya dengan harga yang bervariatif pula.

1. Yamaha FG800

Merek Gitar Terbaik (9)shopee.co.id

Yamaha FG800 menjadi salah satu merek gitar yang bisa kalian jadikan pilihan. Jenis gitar akustik ini bisa kalian bawa pulang dengan harga sekitar Rp2 jutaan saja. Tak jarang para pemula menggunakan gitar Yamaha FG800 sebagai pilihan terbaik mereka.

Gitar Yamaha FG800 memberikan banyak fitur menarik. Mulai dari scalloped yang bisa meningkatkan suara low end serta bahan kayu solid spruce yang biasanya kerap ditemukan pada instrument high end.

Lalu, untuk harga dari gitar Yamaha FG800 adalah sekitar Rp2 jutaan.

2. Martin LX1E

Merek Gitar Terbaik (9)galerimusikindonesia.com

Martin LX1E adalah salah satu merek gitar akustik yang memiliki karakteristik bentuk ukuran kecil namun tetap tawarkan segudang daya tarik tersendiri. Karena Martin LX1E memiliki ukuran yang kecil tentunya sangat cocok digunakan untuk menemani perjalanan jauh kalian lho.

Meski ukuran gitar Martin LX1E kecil namun dari segi kualitas tak perlu diragukan lagi. Pasalnya preamp gitar akustik fishman sonitone bisa memungkinkan sebuah gitar agar bisa dihubungkan ke ampli.

Dapatkan gitar Martin LX1E dengan penawaran harga sekitar Rp8 jutaan.

3. Taylor GS Mini

Merek Gitar Terbaik (9)galerimusikindonesia.com

Taylor GS Mini secara mudahnya adalah versi ringkas dari gitar akustik Tylor Grand Symphony. Dimana untuk segi ukuran yang terlihat kecil akan menjadikannya sangat ideal untuk digunakan traveling.

Apalagi jika ditambahkan dengan pickup ES2 yang mendukung peningkatan kualitas suara ketika dihubungkan ke ampli. Sedangkan untuk harga dari gitar Taylor GS Mini terbilang cukup tinggi yaitu berada di harga Rp16 jutaan.

4. Fender Newporter

Merek Gitar Terbaik (9)fender.com

Gitar merek Fender Newporter memberikan konstruksi yang begitu kokoh dengan keberadaan kayu solid spruce pada bagian atasnya. Sedangkan untuk bagian samping menggunakan material kayu mahoni dan bagian samping gitar Fender Newporter bisa memberikan nada punchy, warm dan juga midrange.

Sampai saat ini, tak bisa dipungkiri jika merek gitar Fender Newporter selalu bisa menawarkan kenyamanan bagi setiap penggunanya. Fender Newporter menggunakan neck C shape yang biasanya juga kerap digunakan pada gitar listrik besutan Fender lainnya.

Gitar Fender Newporter dibandrol dengan kisaran harga Rp7 jutaan.

5. Yamaha SLG200S

Merek Gitar Terbaik (9)id.yamaha.com

Yamaha SLG200S merupakan salah satu merek gitar akustik yang bisa kalian gunakan untuk melatih skill gitar secara mandiri. Yamaha SLG200S ternyata hampir tidak mengeluarkan gitar sama sekali. Oleh karena itu berlatih dengan menggunakan gitar Yamaha SLG200S tidak akan mengganggu orang disekitar kalian.

Selain itu, suara akustik dengan kualitas studio dan efek mewah akan kalian dengarkan ketika disambungkan ke headphone pada gitar. Apalagi jika kalian menyambungkan gitar Yamaha SLG200S dengan ampli gitar akustik tanpa perlu merasa khawatir adanya gangguan feedback.

Jika kalian ingin membawa pulang gitar ini, maka kisaran harga yang ditawarkannya adalah sekitar Rp7 jutaan.

6. Yamaha JR1

Merek Gitar Terbaik (9)nuansamusik.com

Yamaha JR1 menjadi salah satu rekomendasi merek gitar terbaik yang berikutnya. Bisa dibilang gitar Yamaha JR1 adalah versi kecil dari seri FG. Meski ukurannya tergolong kecil, namun Yamaha JR1 bisa memberikan kualitas terbaik.mulai dari hasil suara yang nyaring hingga daya tahan yang cukup kuat ditawarkan oleh gitar Yamaha JR1.

Lalu, untuk harga yang ditawarkan oleh gitar Yamaha JR1 terbilang cukup terjangkau karena berada di angka Rp9 ratusan ribu saja.

7. Fender CD60E

Merek Gitar Terbaik (9)productnation.com

Fender CD60E hadir dengan desain body dreadnought single cutaway. Gitar Fender CD60E menawarkan kualitas suara yang bagus yang juga dilengkapi dengan on board active preamp dan built in tuner. Tak heran, jika gitar Fender CD60E saat ini menjadi salah satu gitar favorit banyak orang. Gitar ini memiliki penawaran harga sekitar Rp5 jutaan saja.

8. Taylor Swift Baby Taylor

Merek Gitar Terbaik (9)galerimusikindonesia.com

Gitar Taylor Swift Baby Taylor ternyata memiliki desain yang ramping dengan ukuran ¾ dari tipe dreadnought. Bagian neck dari gitar Taylor Swift Baby Taylor memiliki ukuran sekitar 1-1-1/16 inch yang bisa menjadikannya bisa dimainkan oleh semua orang.

Bahkan, gitar Taylor Swift Baby Taylor juga begitu cocok bagi kalian yang memang menjadi penggemar penyanyi Taylor Swift. Pada bagian gitar ada cetakan desain pola pohon anggur, tiga kata love dan tanda tangan dari penyanyi Taylor Swift.

Lalu untuk harga yang ditawarkan oleh gitar Taylor Swift Baby Taylor adalah sekitar Rp8 jutaan saja.

Nah, itulah beberapa rekomendasi merek gitar terbaik yang bisa kalian jadikan pilihan. Sebagai catatan jika harga di atas hanyalah perkiraan. Harga bisa berubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi, kamu akan membeli gitar merek apa?

Jika ingin mencari buku tentang musik, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Sumber:

https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/merek-gitar-akustik-terbaik/#Merk_Gitar_Akustik_Terbaik

https://www.gramedia.com/best-seller/merek-gitar-terbaik/

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rosyda Nur Fauziyah

Saya adalah Rosyda Nur Fauziyah dan biasa dipanggil Rosyda. Menulis adalah bagian dari aktivitas saya, karena menulis menjadi salah satu hal yang menarik. Sesuai dengan latar pendidikan saya, tema yang saya suka seputar ekonomi dan manajemen.

Kontak media sosial Linkedin saya Rosyda Nur Fauziyah