in

Profil Guyon Waton! Grup Band Asal Kulon Progo Pelantun Lagu Bahasa Jawa Menyayat Hati

Profil Guyon Waton – Di dunia ini ada banyak sekali musisi dengan kemampuan terbaik dan di Indonesia sendiri sebenarnya juga banyak musisi lokal yang memiliki kualitas terbaiknya. Salah satunya adalah Guyon Waton yang tentunya sampai saat ini masih terus menunjukkan eksistensi terbaik di hadapan penggemarnya.

Guyon Waton adalah grup band yang berasal dari daerah Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Meskipun ada beberapa lagu Guyon Waton yang menggunakan bahasa Jawa. Namun tetap para penikmat musik selalu bisa memberikan setiap karya terbaik yang dibawakan oleh Guyon Waton.

Bagi masyarakat Indonesia khususnya daerah Jawa mungkin sudah tidak asing dengan Guyon Waton karena memang lagunya kerap menjadi trending di berbagai macam platform media musik. Meski begitu, sebagian besar hanya tahu nama grup Guyon Waton ataupun  judul dan lirik lagunya saja.

Beberapa orang belum begitu tahu profil Guyon Waton. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan seputar profil biodata dari grup Guyon Waton agar kalian semakin tahu lebih dalam tentang grup band tersebut.

Asal Nama Guyon Waton

spotify

Hal pertama yang akan kita bahas adalah tentang asal nama dari grup band Guyon Waton. Di mana dalam bahasa Jawa, kata Guyon memiliki arti bercanda dan untuk kata Waton memiliki arti asal-asalan.

Meski begitu artinya, namun ternyata bukan hal tersebut yang menjadi asal muasal nama grup band Guyon Waton. Penjelasan sang vokalis bernama Bagus dalam podcast Denny Caknan terkait dengan nama Guyon Waton ternyata diambil dari sbeuah akun Twitter.

Sebenarnya, nama akun Twitter dengan nama @guyonwaton sudah ada sejak tahun 2011. Meski begitu, ternyata akun @guyonwaton di Twitter tersebut adalah akun receh yang membahas hal-hal lucu hingga quote-quote dalam bahasa Jawa.

Perlu diketahui juga jika pemilik akun Twitter tersebut juga turut andil dalam membantu menyukseskan lagu yang dinyanyikan Bagus yang pada awalnya masih bersama dengan Arief. Baru setelah itu nama Guyon Waton menjadi nama band milik Bagus dan Arief.

Kisah Awal Terbentuknya Guyon Waton

Sebelum setenar dan seberhasil saat ini, Guyon Waton bukanlah sebuah band yang direncanakan terlebih dahulu. Dari penjelasan Bagus dan Arief, Guyon Waton  berawal dari perkumpulan beberapa remaja desa yang setiap malam berkumpul di depan warung bakso dan selalu bernyanyi bersama.

Dijelaskan jika tidak untuk membentuk sebuah grup band bahkan hingga masuk ke dalam dapur rekaman. Awalnya kegiatan menyanyi tersebut diabadikan melalui rekaman ponsel, yang mana selanjutnya rekaman tersebut dimasukkan ke media sosial sebagai bentuk dokumentasi pribadi.

Namun, lambat laun banyak orang mulai memberikan masukan agar dokumentasi tersebut dimasukkan atau diunggah ke platform streaming video musik seperti youtube. Awalnya, Guyon Waton menjadikan lagu dari Almarhum Didi Kempot untuk menjadi andalan mereka.

Dari hal tersebutlah, lama-kelamaan Guyon Waton mulai booming dengan keunikan mereka ketika membawakan lagu dangdut dengan menggunakan bahasa Jawa yang juga didukung dengan konsep akustik.

Personil Guyon Waton

kuyou.id

Membahas Guyon Waton rasanya tak lengkap jika tidak menjelaskan tentang profil setiap personilnya. Guyon Waton sendiri terdiri dari 7 orang personil di atas panggung. Namun dibalik kesuksesan di atas panggung Guyon Waton juga memiliki crew di balik panggungnya.

7 personil dari Guyon Waton tersebut adalah seperti Faisal Bagus Ibrahim (Vocal), Ahmad Arifin (Guitar), Hieronimus Ferry Widiyatmoko (Melody), Ndika Rismaya Pelma Arga (Ukulele), Ahmad Susilo Jati (Ketipung), Yuli Hamdani (Bass), Fauzan Jadid (Penggembira). Sedangkan untuk profil Guyon Waton dari setiap personilnya adalah sebagai berikut.

1. Faisal Bagus Ibrahim (Vocal)

Faisal Bagus Ibrahim atau yang lebih kerap dipanggil dengan nama Bagus atau nama sebutan lain Bagol adalah vokalis dari grup band Guyon Waton. Suara khas dari Faisal Bagus Ibrahim menjadikan banyak para penggemar mengidolakannya.

Meski Guyon Waton berasal dari Kulon Progo, namun siapa sangka jika Faisal Bagus Ibrahim sebagai vokalisnya tidak berasal dari daerah tersebut. Pasalnya, Faisal Bagus Ibrahim berasal dari Purworejo Jawa Tengah,

2. Ahmad Arifin (Guitar)

Berikutnya, ada bagian gitar yang dipegang oleh Ahmad Arifin atau yang kerap dipanggil dengan nama Arickpin atau Ripen. Ahmad Arifin sendiri cukup populer di kalangan penggemarnya karena memiliki sifat lucu serta kebolehannya dalam memainkan gitar yang tak boleh dipandang sebelah mata.

Sebelum menjadi terkenal sampai saat ini, rumah Ahmad Arifin menjadi tempat bagi Guyon Waton untuk melakukan cover-cover lagu. Sedangkan untuk saat ini proses rekaman dari Guyon Waton juga dilakukan di rumah Ahmad Arifin. Bahkan proses mixing dan mastering juga dilakukan di area yang sama.

3. Hieronimus Ferry Widiyatmoko (Melody)

Meskipun Hieronimus Ferry Widiyatmoko tidak begitu mencolok seperti dua personil sebelumnya. Namun keberadaan dari Hieronimus Ferry Widiyatmoko yang mengisi posisi melodi menjadikan setiap lagu Guyon Waton selalu bisa tampak sempurna.

4. Ndika Rismaya Pelma Arga (Ukulele)

Ndika Rismaya Pelma Arga atau yang kerap dipanggil dengan nama Arga aini adalah pemin ukulele di grup band Guyon Waton. Ndika Rismaya Pelma Arga juga menjadi salah satu pemain dari Guyon Waton yang begitu populer namanya bagi para penggemarnya.

5. Ahmad Susilo Jati (Ketipung)

Ahmad Susilo Jati atau yang kerap dipanggil dengan nama Andreas maupun Gembil adalah penabuh ketipung pada grup band Guyon Waton. Adanya sentuhan ketipung yang dibawakan oleh Ahmad Susilo Jati menjadikan lagu Guyon Waton selalu enak untuk didendangkan.

6. Yuli Hamdani (Bass)

Yuli Hamdani atau biasa dipanggil dengan sebutan mas Zhul adalah salah satu personil Guyon Waton yang berada di posisi bas.

7. Fauzan Jadid (Penggembira)

Fauzan Jadid mungkin menjadi salah satu personil dari Guyon Waton yang jarang terlihat di layar kaca. Meski begitu, siapa sangka jika Fauzan Jadid juga menjadi salah satu pentolan penting yang ada di grup band Guyon Waton.

Beberapa lagu seperti Ora Masalah dan Takkan Kembali juga merupakan lagu ciptaan dari Fauzan Jadid. Selain itu, Fauzan Jadid juga memiliki jiwa lucu yang menjadikan Guyon Waton semakin hidup lagi.

Lagu Populer Guyon Waton

Layaknya dengan musisi lainnya, Guyon Waton juga memiliki lagu-lagu andalan mereka. Bahkan, beberapa lagu dari Guyon Waton juga pernah menjadi trending di berbagai macam platform musik ternama.

Meski pada dasarnya lagu-lagu Guyon Waton menggunakan bahasa Jawa, tetapi bukan berarti lagu Guyon Waton tidak bisa dinikmati oleh semua orang. Justru menggunakan bahasa daerah menjadikan banyak kalangan menyukai setiap karya yang dibawakan oleh Guyon Waton.

Guyon Waton sendiri tak hanya menyanyikan lagu mereka sendiri, tetapi beberapa kali Guyon Waton juga melakukan kolaborasi dengan berbagai macam musisi hebat lainnya. Bahkan mungkin kalian pernah mendengar lagu-lagu kolaborasi antara Guyon Waton dengan musisi lainnya.

Di sisi lain, lagu-lagu Guyon Waton juga memberikan makna tersendiri. Seakan-akan lagu yang mereka bawakan selalu bisa menjadi gambaran umum yang pernah dirasakan oleh semua orang khususnya para kaum remaja.

Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi lagu Guyon Waton yang begitu populer. Apa saja lagu tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Korban Janji

Jika bicara tentang lagu populer dari Guyon Waton, tentunya yang terlintas dalam pikiran kita yang pertama adalah lagu dengan judul Korban Janji. Ya, lagu Korban Janji yang dibawakan oleh Guyon Waton memang begitu populer.

Korban Janji sendiri adalah lagu yang menceritakan tentang seseorang yang sedang dalam posisi sayang-sayangnya dengan kekasihnya. Akan tetapi, bukan bahagia yang ia dapatkan melainkan ditinggalkan sang kekasih.

Di mana kekasihnya tersebut lebih memilih orang lain dibandingkan dengan dirinya yang memiliki segenap rasa sayang. Dalam lagu ini, Guyon Waton berhasil memberikan lirik sesuai dengan realita percintaan anak zaman sekarang.

Tak bisa dimungkiri jika lagu Korban Janji memiliki lirik lagu yang begitu ngena banget bagi beberapa orang yang mungkin memiliki jalan takdir seperti apa yang digambarkan dalam lagu tersebut. Tak heran jika lagu Korban Janji yang dibawakan oleh Guyon Waton selalu bisa jadi populer bagi semua kalangan.

Lagu Korban Janji sendiri dirilis pada tahun 2018 dan diciptakan oleh Andry Priyatna yang akhirnya dibawakan dan dipopulerkan oleh Guyon Waton.

Lirik lagu Korban Janji – Guyon Waton.

(Intro) C D G..

C D G..

C          D           G

Tanpo welas kowe lungo biyen kae

Em      Am       D          G

Ra ono mesakne aku sitik wae

C           D

Ngaboti tresno anyarmu

Bm          Em

Lalu kau tinggalkan aku

Am         D         G

Tersakiti sendiri di malam itu..

C           D          G

Kowe lungo pas aku sayang sayange

Em       Am          D           G

Tanpo pamit kowe ngadoh ngono wae

C           D

Aku ra ngerti salahku

Bm         Em

Dan kau campakkan diriku

Am       D         G

Bersanding dengan kekasih barumu..

(Chorus)

C            D

Abot.. Tak trimo

Bm            Em

Kanti ikhlas legowo

Am         D       G

Sing tak arep kowe ra disio-sio

C          D

Ben cukup mung aku

Bm             Em

Korban janji manismu

Am              D         G

Udan bledek kang dadi saksiku

(Interlude) C D Bm Em Am D G

C D Bm Em Am D G

C           D          G

Kowe lungo pas aku sayang sayange

Em       Am          D           G

Tanpo pamit kowe ngadoh ngono wae

C           D

Aku ra ngerti salahku

Bm         Em

Dan kau campakkan diriku

Am       D         G

Bersanding dengan kekasih barumu..

(Chorus)

C            D

Abot.. Tak trimo

Bm            Em

Kanti ikhlas legowo

Am         D       G

Sing tak arep kowe ra disio-sio

C          D

Ben cukup mung aku

Bm             Em

Korban janji manismu

Am              D         G  E

Udan bledek kang dadi saksiku..

(Chorus) (Overtone)

D            E

Abot.. Tak trimo

C#m           F#m

Kanti ikhlas legowo

Bm         E       A

Sing tak arep kowe ra disio-sio

D          E

Ben cukup mung aku

C#m            F#m

Korban janji manismu

D               E         A

Udan bledek kang dadi saksiku..

Bm              E         F#m

Udan bledek kang dadi saksiku..

D           E               A   A

Udan bledek.. Kang dadi saksiku..

2. Penak Konco

Guyon Waton berkolaborasi dengan Om Wawes membawakan lagu Penak Konco. Menariknya dalam lagu ini ada sentuhan akustik yang tetap dengan menggunakan koplo. Lagu ini secara mudahnya menceritakan tentang seseorang yang memiliki rasa cinta kepada pasangannya dengan begitu besar namun pasangannya tidak memberikan hal yang sama.

Lirik lagu Penak Konco – Guyon Waton ft Om Wawes

Intro : Am..G..F..Em..F-G

Am..G..F..-Am G..C..

C    G/B      Am

Bedo ranemu dalane

A      Dm               G

Karo kowe aku raono bahagiane

-F      Em          A

Timbang gelo mung disio-dio

Dm

Rasah digawe dowo crito iki

G                   C

Tresno rabakal iso nyawiji..

C     G/B             Am

Abot kesel sing ngrasakke

A      Dm                   G

Karo kowe anane ming rame wae

-F   Em          A

Soyo ajur polahmu soyo ngawur

Dm

Mikir awakmu dewe karepmu dewe

G                    C

Tanpo kelingan janji awale..

(#)

Am           G

Pancen iki dudu jodone

F            C  -G/B

Rasah di peksakke

Am              Em

Kabeh iki wes ono dalanae

F                 G

Percoyo wae Gusti mboten nate sare..

Reff :

C        G

Kowe ratau ngerteni

Am          Em

Roso iki kepati-pati

F              C

Tibo butuh kowe nggoleki

Dm         G

Aku piye kowe ra peduli..

C            G

Ra perlu ngomogke tresno

Am            Em

Yen kui mung nggawe loro

F         C

Ra perlu dolanan roso

Dm         G      C   G

Awak dewe penak konco..

Musik : Dm..G..Em..Am..

F..G..C…

(#)

Am           G

Pancen iki dudu jodone

F            C  -G/B

Rasah di peksakke

Am              Em

Kabeh iki wes ono dalanae

F                 G

Percoyo wae Gusti mboten nate sare..

Reff :

C        G

Kowe ratau ngerteni

Am          Em

Roso iki kepati-pati

F              C

Tibo butuh kowe nggoleki

Dm         G

Aku piye kowe ra peduli..

C            G

Ra perlu ngomogke tresno

Am            Em

Yen kui mung nggawe loro

F         C

Ra perlu dolanan roso

Dm         G      Am  G

Awak dewe penak konco…

F

Hooooo…

Am          G      F   G

Awak dewe penak konco..

Am           G

Pancen iki dudu jodone

F      G     C

Rasah di peksakke..

3. Lungaku

Selanjutnya, ada lagu Guyon Waton dengan judul Lungaku. Lagu ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang begitu cinta kepada seorang perempuan. Namun, perempuan itu memilih laki-laki lain dibandingkan dengan dirinya. Di mana wanita tersebut memilih laki-laki yang lebih kaya dari si cowok yang memiliki rasa cinta kepadanya.

Lirik lagu Lungaku – Guyon Waton

(Intro) F  C  F  C G F G

C   Em         Am

Ademe angin wengi

G          F    Em         Dm G

Ra mampu nambani panase neng ati

C      Em          Am

Atiku mbok gawe loro

G         F      Em          Dm G

Amergo kuciwo tresnoku mbok paro

E                   Am       G

Ora nyongko kowe tego tenan..

F          Dm            G

Nglarani aku sing njogo tenanan

(Chorus)

C     G          Am

Sampai nanti ku memilih pergi

Em           F

Pasti kelak kau mengerti

Em             Dm         G

Besar cinta yang telah ku beri

C          G

Tak sampai hati untuk rela

Am             Em

Karena cinta yang tlah ada

F           Em

Kau hancurkan dengan tega

Dm        G           C  G

Dan berbagi hati dengan dia..

C        Em          Am

Pancene aku sing kleru

G         F    Em      Dm G

Ra iso ngerteni karepe atimu..

C       Em          Am

Nasibe wong ora nduwe

G            F       Em       Dm G

Onone mung ngalah lan disepelekke..

E                   Am       G

Ora nyongko kowe tego tenan..

F          Dm            G

Nglarani aku sing njogo tenanan

(Chorus)

C     G          Am

Sampai nanti ku memilih pergi

Em           F

Pasti kelak kau mengerti

Em             Dm         G

Besar cinta yang telah ku beri

C          G

Tak sampai hati untuk rela

Am             Em

Karena cinta yang tlah ada

F           Em

Kau hancurkan dengan tega

Dm        G           C  G

Dan berbagi hati dengan dia..

(Interlude) Am Em F C G

Am Em F G C G

C        Em          Am

Pancene aku sing kleru

G         F    C       G

Ra iso ngerteni karepe atimu..

C       Em          Am

Nasibe wong ora nduwe

G            F       C        Dm G

Onone mung ngalah lan disepelekke..

(Chorus)

C     G          Am

Sampai nanti ku memilih pergi

Em           F

Pasti kelak kau mengerti

Em             Dm         G

Besar cinta yang telah ku beri

C          G

Tak sampai hati untuk rela

Am             Em

Karena cinta yang tlah ada

F           Em

Kau hancurkan dengan tega

Dm        G           C  A

Dan berbagi hati dengan dia..

D      F#m        Bm

Aku lungo.. Ora mergo tego

F#m            G            F#m

Nanging aku wes njogo lan wes upoyo

Em       A

Ben ra sio sio..

D          F#m

Meski akhire koyo ngene

Bm          F#m

Aku milih mlaku dewe

G          F#m

Mugo bener pilihanku

Em           A       D     Bm

Wes ikhlas lan lilakno lungaku

Em           A       D     Bm

Wes ikhlas lan lilakno lungaku

Em           A            G  Gm D

Wes ikhlas lan lilakno.. Lungaku..

Nah, itulah ulasan mengenai profil Guyon Waton yang bisa kalian baca selengkapnya di atas. Selain itu, dalam penjelasan di atas ada rekomendasi lagu Guyon Waton yang bisa kalian jadikan teman sepanjang hari.

Jika kamu ingin mencari buku tentang musik, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Sumber:

https://slemanseo.blogspot.com/2020/03/profil-dan-biodata-personil-guyon-waton.html

https://jogja.idntimes.com/hype/entertainment/dyar-ayu/profil-guyon-waton-c1c2?page=all

6 Lagu Guyon Waton Terbaik Yang Paling Booming

https://lirik-az.blogspot.com/2019/05/guyon-waton-lirik-lagu-dan-album.html

catatan: cek plagiarism hanya pada narasi, bagian lirik lagu dan cord tidak dilakukan cek plagiarism. 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy