in

Mengulas Sejarah, Jenis-Jenis, dan Harga Gitar di Nusantara

unsplash.com

Harga Gitar di Nusantara – Gitar sudah menjadi alat musik yang populer dan ada di segala kalangan. Rasanya tidak ada seorang pun yang tidak mengetahui alat musik ini. Beragam harga gitar di Nusantara bisa kita temui karena alat musik ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang.

Artikel kali ini akan mengulas harga gitar di Nusantara juga sejarah gitar dan beberapa jenis gitar yang bisa menambah pengetahuan kita. Yuk, baca ulasannya sampai habis!

Sejarah Gitar

Gitar adalah alat musik petik yang mungkin lahir di Spanyol pada awal abad ke-16 dan merupakan keturunan dari guitarra latina, alat musik abad pertengahan dengan badan meruncing dan empat senar. Gitar awal lebih sempit dan lebih dalam dari gitar modern, dan pinggangnya kurang terlihat. Ini terkait erat dengan vihuela, instrumen berbentuk gitar yang dimainkan di Spanyol, bukan kecapi.

Gitar awal memiliki empat senar yang membentang dari kotak pasak seperti biola ke jembatan tegangan yang melekat pada papan suara atau berry. Dukungan tarikan langsung dari senar. Ada earcup bulat di perut, sering dihiasi dengan ukiran rosewood. Gitar abad ke-16 dengan nada C-F-A-D, empat lute pusat dan penyetelan Vihuela

Dari abad ke-16 hingga abad ke-19, beberapa perubahan dilakukan pada instrumen tersebut. Senar kelima ditambahkan sebelum tahun 1600. Senar keenam ditambahkan pada akhir abad ke-18. Sebelum tahun 1800, gitar umumnya disetel ke E-A-D-G-B-E. Kotak pasak seperti biola diganti pada abad ke-16 dengan kotak pasak datar dan sedikit reflektif dengan pasak penyesuaian belakang.

Pada abad ke-19, sekrup logam diganti dengan pin penyetel. Fret knotted awal digantikan oleh fret gading atau logam bawaan pada abad ke-18. Fretboard awalnya datar dan diikat ke perut gitar, dengan beberapa fret logam atau gading ditempatkan langsung di perut. Pada abad ke-19, fretboard diangkat sedikit di atas perut dan diperpanjang ke tepi earcup.

Pada abad ke-19, tubuh gitar berubah dan suaranya meningkat. Ini adalah papan suara yang sangat tipis, yang membuatnya lebih lebar dan rata. Secara internal, palang yang memperkuat papan suara telah digantikan oleh palang radial yang memanjang di bawah lubang suara. Sebelumnya ditempelkan pada balok kayu, neck gitar berbentuk seperti braket atau sepatu yang menjulur ke badan dan direkatkan ke belakang. Ini semakin meningkatkan stabilitas senar terhadap tarikan.

Variasi pada gitar abad ke-19 termasuk 12-string atau 2-kursus Harana Meksiko dan charango Amerika Selatan. Keduanya adalah gitar kecil 5-kursus. Gitar tipe kecapi sangat populer di abad ke-19. Bentuk lain dari gitar termasuk gitar metalik yang dimainkan pada pilihan musik folk dan populer.

Pada abad ke-20, Andres Segovia mempopulerkan gitar sebagai instrumen, dan komposer seperti Heitor Villa Lobos dan Manuel De Falla menulis karya skala penuh. Gitar banyak digunakan dalam musik folk dan populer di banyak negara.

Dalam ansambel jazz, gitar adalah bagian dari ritme dan terkadang dimainkan sebagai instrumen solo. Dalam musik populer, gitar biasanya diperkuat, dan ansambel dapat mencakup beberapa instrumen, gitar “lead” untuk solo, gitar lain untuk ritme, dan gitar “bass” untuk memainkan garis bass.

Harga Gitar di Nusantara Berdasarkan Jenisnya

Ada banyak jenis gitar di pasaran yang memiliki rasa dan suara yang berbeda saat dimainkan. Jenis gitar yang Grameds cari tergantung pada jenis musik yang ingin kamu mainkan, jenis suara yang ingin kamu dapatkan dari gitarmu, dan tampilan serta nuansa favorit kamu.

Memilih jenis gitar yang salah untuk gaya musik kamu bisa jadi membuat kamu sulit mempelajarinya dan pasti akan terdengar tidak sesuai dengan selera musikmu.

Oleh karena alasan ini, selanjutnya akan dijelaskan jenis-jenis gitar di pasaran yang memungkinkan kamu untuk memutuskan jenis mana yang akan cocok untuk anda beli tergantung pada level permainanmu. Berikut adalah jenis-jenis gitar lengkap dengan harga gitar di Nusantara.

1. Gitar Klasik (Acoustic Nylon Strings)

Harga Gitar di Nusantara

Jenis gitar yang pertama adalah gitar klasik. Karena gitar klasik menggunakan senar nilon, gitar ini juga dikenal sebagai gitar akustik senar nilon. Dengan jenis gitar akustik ini, Grameds tidak perlu mencolokkannya saat memainkannya.

Grameds bisa mengetahui apakah gitarmu adalah gitar klasik dengan melihat senar pada gitar. Kamu dapat melihat bahwa 6 senar terbuat dari logam. Empat senar dibungkus dalam satu kawat, dan dua senar terakhir adalah satu kawat. Gitar di sebelah kiri adalah gitar klasik. Tiga dari senar jelas nilon dan tiga lainnya adalah nilon pembungkus kawat. 6 senar pada gitar klasik terbuat dari nilon, tetapi 3 senar terbawah dibungkus dengan kawat, hanya menyisakan 3 senar nilon.

Jenis gitar ini adalah pilihan terbaik untuk memainkan musik klasik. Selain musik klasik, gitar klasik digunakan dalam berbagai gaya musik, termasuk folk, flamenco, pop dan jazz.

Gitar klasik menghasilkan nada lembut berkat senar nilon. Anda dapat menarik senar dengan keras untuk menghasilkan suara yang lebih keras, tetapi suara secara keseluruhan lebih lembut daripada jenis gitar lainnya.

Rata-rata harga untuk gitar klasik di pasaran untuk tahun 2022 sekitar Rp. 1 juta sampai Rp. 2 juta untuk kualitas yang standarnya.

2. Gitar Akustik Senar Baja

Harga Gitar di Nusantara

Jenis gitar yang kedua adalah gitar akustik senar baja. Ada dua jenis gitar akustik, yaitu klasik dan senar baja. Gitar klasik menggunakan senar nilon (seperti dijelaskan di atas), dan gitar senar baja menggunakan senar baja.

Travel Guitar adalah jenis gitar senar baja yang populer, cocok untuk gitaris dengan tangan kecil. Tipe tubuh gitar yang paling populer adalah “Dreadnought”, tetapi tipe tubuh yang tepat tergantung pada tingkat kenyamanan kamu. Gitar akustik senar baja memiliki nada yang lebih cerah daripada gitar klasik. Nada cerah ini populer di kalangan folk, country, blues, pop, rock, dan bluegrass.

Rata-rata harga untuk gitar akustik senar baja di pasaran untuk tahun 2022 sekitar 200.000 sampai 1 jutaan untuk kualitas yang standarnya.

3. Gitar akustik elektrik

Harga Gitar di Nusantara

Jenis gitar yang ketiga adalah gitar elektroakustik. Gitar “listrik akustik” atau “akustik listrik” adalah gitar akustik yang dapat dihubungkan ke amplifier atau mixer. Jenis gitar ini sangat mirip dengan gitar akustik biasa, kecuali dua fitur tambahan. Gitar Denki Onkyo memiliki jack yang dapat dicolokkan, volume, EQ, pemasangan baterai, dan sering kali dilengkapi tuner.

Gitar ini bisa disambungkan ke listrik kapan saja. Gitar ini juga masih dapat dimainkan sebagai gitar akustik biasa jika kabel listriknya tidak terpasang. Grameds dapat membeli gitar klasik sebagai gitar elektroakustik atau gitar steelstring sebagai elektroakustik.

Rata-rata harga untuk gitar akustik elektrik di pasaran untuk tahun 2022 sekitar 400.000 sampai 1 jutaan untuk kualitas yang standarnya.

Harga Gitar di Nusantara

4. Gitar Hollow Body & Semi Hollow

Harga Gitar di Nusantara

Jenis gitar yang keempat adalah gitar hollow body dan semi hollow. Ini merupakan jenis gitar listrik. Perbedaan antara bodi berlubang dan gitar semi berlubang dapat dilihat pada rongga internal bodi gitar.

Gitar semi-hollow biasanya memiliki balok yang melewati bodi di bawah pickup dan bridge seperti yang dijelaskan di atas. Gitar tubuh berongga tidak memiliki bilah ini. Gitar bodi berongga sangat rentan terhadap umpan balik dan tidak berfungsi dengan baik dengan pickup dan ampli berdaya tinggi.

Memainkan salah satu gitar ini secara nirkabel menghasilkan nada seperti gitar akustik. Saat Grameds menyambungkan gitar semi-hollow, kamu akan mendengar di suatu tempat antara gitar listrik biasa dan gitar akustik. Nadanya lebih elektrik daripada akustik, tetapi kamu dapat mendengar kualitas akustiknya.

Nada halus dan memiliki suara unik yang tidak dapat didengar pada gitar listrik solid-body. Gitar tubuh berongga populer pada 1930-an dan 1950-an, dan kemudian gitar semi-berongga menjadi populer ketika ampli tersedia untuk gitaris. Blues lama, jazz, rock and roll awal, rockabilly, dan gaya serupa biasanya menggunakan gitar semi-hollow.

Rata-rata harga untuk gitar body hollow dan semi hollow di pasaran untuk tahun 2022 sekitar 1 juta sampai 5 juta untuk kualitas yang standarnya.

5. Gitar listrik

Harga Gitar di Nusantara

Jenis gitar yang kelima adalah gitar elektrik. Gitar elektrik adalah jenis gitar serbaguna dengan berbagai bentuk dan ukuran. Jenis perangkat keras yang digunakan dalam gitar listrik sangat bervariasi dari gitar ke gitar.

Semua gitar akustik terdengar sama, tetapi gitar listrik menawarkan berbagai pilihan timbre. Anda bahkan bisa mendapatkan gitar listrik dengan pickup piezo yang membuat suara gitar seperti gitar akustik.

Gitar listrik digunakan di hampir semua genre musik. Jenis gitar ini sangat ideal untuk berbagai gaya musik, termasuk rock, metal, blues dan punk. Sulit membayangkan band heavy metal atau rock bermain tanpa gitar listrik.

Rata-rata harga untuk gitar listrik di pasaran untuk tahun 2022 sekitar 1 juta sampai 2 juta untuk kualitas yang standarnya

6. Gitar Resonator

Harga Gitar di Nusantara
Wikipedia

Jenis gitar yang keenam adalah gitar resonator. Resonator adalah jenis gitar yang jarang kamu lihat. Gitar ini pada dasarnya adalah gitar akustik dengan diafragma logam, bukan lubang suara biasa. Kerucut logam ini membantu gitar beresonansi dan memproyeksikan suara yang dimainkan. Hasilnya adalah suara yang sangat keras dan jernih.

Resonator umumnya digunakan dalam musik bluegrass, country, Hawaii, blues, dan jazz. Ada model yang berbeda dengan berbagai jenis diafragma yang lebih cocok untuk gaya musik yang berbeda. Banyak gitaris resonator menggunakan slide, tetapi kamu dapat memainkan resonator seperti gitar biasa.

Rata-rata harga untuk gitar resonator di pasaran untuk tahun 2022 sekitar 3 juta sampai 5 juta untuk kualitas yang standarnya.

7. Gitar 12 senar

Harga Gitar di Nusantara
Zagerguitar.com

Jenis alat gitar yang ketujuh adalah gitar 12 senar. Gitar 12 senar tersedia dalam versi akustik atau elektrik dan sangat mirip dengan gitar 6 senar biasa. Gitar 12 senar sangat populer di tahun 60-70-an dan masih digunakan sampai sekarang. Gitar 12 senar memiliki suara yang sangat khas. Setelah kamu mempelajarinya, gitar ini akan membantu mengeluarkan lagu apa pun yang dimainkannya.

Gitar 12 senar ini membutuhkan banyak tekanan jari untuk mencapai nada yang tepat. Grameds harus menekan cukup keras sehingga kedua senar menyentuh fret di bawah setiap jari. Dengan demikian, gitar ini lebih sulit dimainkan daripada gitar 6 senar biasa.

Jika Grameds ingin belajar memainkan gitar 12 senar, mulailah dengan gitar 6 senar biasa (akustik atau elektrik). Setelah kamu bisa mengembangkan kekuatan jari-jari, kamu dapat mulai memainkan gitar 12 senar.

Rata-rata harga untuk gitar listrik di pasaran untuk tahun 2022 sekitar 1 juta sampai 2 juta untuk kualitas yang standarnya.

8. Gitar Elektrik Extended Range

Jenis gitar berikut ini adalah gitar elektrik extended range. Gitar ini sudah ada sejak lama, namun baru populer di tahun 90-an. Saat ini, Grameds dapat menemukan berbagai macam gitar 7-, 8-, dan 9-string (terutama listrik) dari berbagai merek. Jangkauan gitar elektrik yang diperluas memberikan kebebasan kepada gitaris untuk memainkan apa saja yang dapat dimainkan pada gitar 6 senar biasa, memainkan bass yang bisa serendah gitar bass.

Secara teknis, kamu dapat memainkan gaya musik apa pun pada jangkauan gitar elektrik yang lebih luas. Jangkauan gitar elektrik yang diperluas hanya menggunakan senar tambahan, sehingga kamu dapat memainkan apa saja yang biasanya dimainkan pada gitar 6 senar. Namun, jangkauan gitar listrik yang diperluas biasanya hanya digunakan oleh gitaris yang memainkan usik gaya berat atau gaya teknis seperti logam progresif.

Rata-rata harga untuk gitar Elektrik Extended Range di pasaran untuk tahun 2022 sekitar 1 juta sampai 2 juta untuk kualitas yang standarnya.

9. Gitar bass

Harga Gitar di Nusantara
Pexels.com

Jenis gitar lainnya adalah gitar bass. Ada banyak jenis gitar bass, termasuk akustik, elektro-akustik, solid, semi solid, headless, 4-string, 5-string, 6-string, dan 8-string.

Rata-rata harga untuk gitar bass di pasaran untuk tahun 2022 sekitar 1 jutaan untuk kualitas yang standarnya.

10. Gitar Lap Steel

Harga Gitar di Nusantara
Tonetopics

Jenis gitar yang terakhir adalah Gitar Lap Steel. Gitar baja-bungkus, baja-pedal, dan baja-Hawaii adalah instrumen menarik yang mirip dengan gitar biasa, tetapi cara memainkannya sangat berbeda. Gitar ini dimainkan secara merata di pangkuan kamu atau di soundbar atau slide.

Perubahan halus di antara not memberikan instrumen ini suara yang unik. Grameds bisa mendapatkan nada yang mirip dengan gitar biasa, tetapi tidak persis sama.

Rata-rata harga untuk gitar lap steel di pasaran untuk tahun 2022 sekitar 3 jutaan atau lebih untuk kualitas yang standarnya.

Harga Gitar di Nusantara

Demikian ulasan mengenai harga gitar di Nusantara juga sejarah dan jenis-jenis gitar yang harus kamu ketahui. Beberapa jenis gitar dan buku-buku terkait gitar dan alat musik lain bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Arizal Muhammad Valevi

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda