in

Rekomendasi Lagu Bahasa Inggris Yang Mudah Dijadikan Media Belajar Vocabulary

Lagu bahasa Inggris yang mudah – Bahasa Inggris adalah bahasa internasional sampai saat ini. Dalam mempelajari bahasa Inggris juga terbilang ada banyak cara. Bahkan, menggunakan lagu bahasa Inggris juga bisa membantu kalian memiliki kosakata dalam bahasa Inggris yang cukup banyak.

Sebab, setiap lagu bahasa Inggris selalu memiliki kosa kata yang mungkin sebelumnya belum pernah kalian ketahui. Nah, dalam artikel ini ada rekomendasi lagu bahasa Inggris yang mudah untuk dinyanyikan sekaligus bisa menjadi metode belajar untuk memperkaya kosa kata bahasa Inggris. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Musik

Sebelum membahas terkait dengan rekomendasi lagu bahasa Inggris yang mudah untuk dipelajari. Hal pertama yang akan kita lakukan adalah mempelajari apa saja tips mudah belajar bahasa Inggris dengan bantuan lagu.

Ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan ketika mendengarkan lagu bahasa Inggris untuk belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi. Nah, agar kalian tak penasaran, berikut adalah tips belajar bahasa Inggris dengan bantuan lagu.

  • Gunakan Headphone

Agar proses belajar bahasa Inggris dengan bantuan musik lebih maksimal lagi, maka kalian bisa mencoba menggunakan headphone atau sejenisnya. Penggunaan headphone tidak hanya mencegah terjadinya mispersepsi lirik saja, tetapi menggunakan headphone atau alat bantu dengan lainnya bisa membantu kalian untuk mendengarkan artikulasi lagu yang dinyanyikan.

Hal ini tak hanya akan menjadikan kalian terhibur saja. Namun, kalian juga akan semakin mudah dalam mempelajari bagaimana pronounciation dari penyanyi lagu tersebut.

  • Ikut Bernyanyi Bersama Lagu Yang Didengarkan

Salah satu cara dalam meningkatkan kemampuan speaking adalah dengan menyanyikan lagu bahasa Inggris. Kalian bisa belajar dengan bantuan video karaoke agar bisa lebih menikmati setiap alunan musik yang ada.

  • Perhatikan Gerak Bibir Penyanyi Lagu Tersebut

Tak hanya dengan cara mendengarkan lagu saja, tetapi kalian juga bisa mencoba untuk meningkatkan kemampuan pronunciation atau pelafalan kosa kata dengan menirukan bagaimana seorang penyanyi dalam membawakan lagu bahasa Inggris. Kalian hanya perlu memperhatikan bagaimana penyanyi tersebut menggerakkan lidah dan bibirnya. Menariknya, metode ini cukup ampuh dalam mempelajari bahasa Inggris.

  • Lakukan Pengulangan Pada Lirik Yang Sulit

Dari sekian banyaknya lagu bahasa Inggris, ada juga lho yang memiliki lirik penuh akan metafora. Selain itu, ada juga lagu bahasa Inggris yang memiliki pelafalan sulit bahkan terlalu cepat seperti lagu Rap God dari Eminem.

Meski begitu, siapa sangka jika lirik lagu bahasa Inggris yang sulit untuk dipahami justru akan membantu kalian untuk bisa meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris dengan lebih cepat. Dalam hal ini,kalian hanya perlu untuk memutar ulang lagu tersebut hingga mampu menghafalkan setiap lirik yang ada.

  • Ucapkan Lirik Lagu Secara Normal

Terakhir adalah dengan mencoba mengucapkan lirik dari lagu yang didengarkan secara normal. Sebab tidak mungkin kalian diminta berbicara bahasa Inggris dengan model bernyanyi.

Oleh karena itu, coba ucapkan kosa kata yang ada di dalam lirik tersebut secara biasa layaknya sedang melakukan percakapan sehari-hari atau seperti sedang membaca buku. Dengan begitu, logat pembicaraan akan bisa lebih terasah lagi.

Rekomendasi Lagu Bahasa Inggris Yang Mudah Untuk Dinyanyikan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika dalam belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan lagu berbahasa Inggris. Meski tak semua lagu bahasa Inggris memiliki lirik yang mudah untuk dipelajari pola ucapan maupun arti setiap kosa katanya, tetapi sebenarnya dari sekian banyak lagu pastinya ada lagu bahasa Inggris yang mudah untuk dinyanyikan.

Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi lagu bahasa Inggris yang mudah untuk dinyanyikan sekaligus menjadi salah satu metode memperkaya kosa kata dan belajar bahasa Inggris.

1. Taylor Swift- Begin Again

Lagu yang pertama adalah Begin Again yang dibawakan oleh Taylor Swift. Tak bisa dimungkiri jika hampir semua lagu milik Taylor Swift sangat cocok untuk belajar bahasa Inggris. Dimana setiap lirik lagu Taylor Swift memang banyak menggunakan bahasa sehari-hari serta memiliki alur cerita yang mudah untuk dipahami meskipun hanya dengan mendengarkannya saja.

Hal ini juga berlaku pada lagu Taylor Swift dengan judul Begin Again. Cobalah untuk mendengarkan lagu tersebut dan baca setiap lirik yang ada. Pastinya kalian akan langsung tahu apa yang ada di dalam lagu tersebut.

Dari lirik lagunya saja, Begin Again milik Taylor Swift memang mudah untuk diketahui alur ceritanya. Jika dalam kondisi sekali dengar saja kalian sudah tahu jalan cerita lagu Begin Again milik Taylor Swift, maka kemampuan listening kalian sudah mulai baik.

2. I Know I’m not The Only One – Sam Smith

Lagu bahasa Inggris yang mudah untuk dinyanyikan adalah milik Sam Smith dengan judul I Know I’m not The Only One. Dimana lagu ini cocok banget buat kalian yang memang sedang belajar bahasa Inggris khususnya belajar grammar Perfect Tense.

Coba cermati setiap lirik yang ada di dalam lagu I Know I’m not The Only One. Pastinya kalian akan banyak menemukan penggunaan grammar Perfect Tense, misalnya seperti kalimat “i’ve had” dan “you’ve done”.

3. I’ll Be Right Here Waiting For You – Bryan Adams

Setiap lagu bahasa Inggris memiliki tempo yang berbeda-beda. Di mana  ada lagu yang memang memiliki tempo cepat dan tempo lambat. Nah, lagu Bryan Adams dengan judul i’ll Be Right Here Waiting For You memiliki tempo lambat dan tentunya bisa kalian jadikan sebagai media untuk belajar bahasa Inggris.

Tak jarang juga lagu i’ll Be Right Here Waiting For You kerap digunakan sebagai metode pembelajaran di bimbel bahasa Inggris untuk menguji kemampuan listening peserta didiknya.

Oleh karena itu, sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin menguji kemampuan listening untuk menggunakan lagu i’ll Be Right Here Waiting For You. Cobalah untuk mendengarkan kata demi kata dan tulis ulang semua lirik yang telah kalian dengarkan.

Berikutnya cobalah untuk membedah tense yang ada di dalam lirik lagu tersebut.

4. My Love- Westlife

Rekomendasi lagu bahasa Inggris yang mudah untuk dinyanyikan adalah lagu dari Westlife seperti My Love. Selain memiliki lirik yang puisi, lagu My Love milik Westlife juga sangat easy listening. Bahkan lagu My Love juga menggunakan bahasa keseharian dalam setiap lirik yang ada, sehingga memudahkan kalian untuk mempelajarinya.

5. Say You Won’t Let Go – James Athur

Jika saat ini kalian masih memiliki kemampuan yang kurang dalam past tense bahasa Inggris, maka tips yang bisa kalian lakukan adalah memperbanyak perbendaharaan kosa kata dalam past tense terutama pada kata kerja tak beraturan atau irregular verb.

Lagu romantis milik James Arthur dengan judul Say You Won’t Let Go bisa menjadi salah satu rekomendasi lagu yang cocok kalian gunakan untuk belajar past tense.

Pasalnya, dalam lirik lagu Say You Won’t Let Go, kalian akan lebih mudah menemukan kalimat dalam bentuk lampau. Misalnya seperti kata met, made, held, knew yang juga menjadi salah satu contoh dari irregular verb.

6. Something Just Like This- The Chainsmokers & Coldplay

Tak bisa dimungkiri jika lagu Something Just Like This yang dibawakan oleh The Chainsmokers & Coldplay memang menjadi popular sejak awal rilis hingga saat ini. Di mana lagu Something Just Like This memang memiliki ragam kata metafora, tetapi tetap menggunakan bahasa sehari-hari.

Hal ini juga menjadikan Something Just Like This lebih mudah dinyanyikan banyak orang. Selain itu dalam lagu Something Just Like This yang dibawakan oleh The Chainsmokers & Coldplay memang memiliki banyak vocabulary yang berhubungan dengan dunia dongeng. Misalnya adalah seperti kata myth, legend, testament, atau eclipse.

Tentunya hal tersebut akan menjadikan perbendaharaan kata kalian akan sangat terbantu dengan lagu Something Just Like This.

7. Shape of You- Ed Sheeran

Berikutnya, ada lagu Shape of You dari Ed Sheeran. Ed Sheeran sendiri berasal dari negara Inggris yang tentunya akan menggunakan pelafalan aksen British. Jika kalian memang ingin lebih mudah menguasai aksen British, maka kalian bisa mencoba mendengarkan lagu milik Ed Sheeran. Misalnya seperti lagu Shape of You.

Di mana pada lagu Shape of You memiliki banyak kosa kata yang mungkin saja belum pernah kalian dengar. Misalnya seperti kata jukebox yang merupakan alat pemutar musik. Meski saat ini tidak banyak digunakan, tetapi kita sendiri secara umum pernah tahu penggunaan kata jukebox.

Atau bisa juga kjata shot yang memiliki arti berbeda tergantung dari situasi yang ada. Dalam lirik Shape of You, kata shot lebih mengarah pada minuman beralkohol walau hanya dikonsumsi sekali teguk saja.

8. When Will My Life Begin – Tangled

Film animasi Disney juga memiliki berbagai macam jenis lagu yang digunakan. Bahkan, beberapa lagu dalam film Disney seperti Tangled juga bisa dijadikan media belajar bahasa Inggris.

Tangled tak hanya menyediakan alur cerita yang unik saja, tetapi Tangled juga terkenal akan koleksi lagu yang begitu indah. Misalnya adalah seperti lagu When Will My Life Begin.

Tentunya bagi kalian yang kerap menyaksikan film Disney tidak asing dengan judul lagu When Will My Life Begin. Di mana dalam film Tangled, lagu When Will My Life Begin dibawakan oleh Mandy Moore.

Dalam film tersebut, Mandy Moore juga menjadi pengisi suara Rapunzel. Mandy Moore juga mampu mengucapkan pronunciation dengan begitu jelas. Hal ini akan menjadikan kalian lebih mudah dalam mendengarkan lagu When Will My Life Begin.

9. Secret Love Song – Little Mix ft. Jason Derulo

Jika kalian ingin mendalami bahasa Inggris dengan lebih baik lagi, maka kalian bisa mencoba menggunakan lagu Secret Love Song yang dibawakan oleh Little Mix ft. Jason Derulo.

Bahkan, ketika mendengarkan lagu Secret Love Song diperlukan pemahaman yang cukup ekstra. Hal ini karena dalam lagu Secret Love Song ada beberapa lirik yang memiliki arti ganda.

Misalnya adalah kata I wish that could be like that. Di mana kata that pada bagian pertama memiliki arti bahwa. Sedangkan untuk kata that di bagian akhir kalimat tersebut memiliki arti itu.

Dari situ saja sudah terlihat bagaimana usaha yang diperlukan untuk membedah setiap lirik dari lagu Secret Love Song. Oleh karena itu ,lagu Secret Love Song sangat cocok kalian jadikan sebagai media untuk belajar bahasa Inggris secara lebih dalam lagi.

10. Love Me Now- John Legend

Lagu Love Me Now miliki John Legend memang bisa membantu kalian untuk memperkaya perbendaharaan kosakata baru. Hal ini karena dalam lagu Love Me Now memiliki banyak repetisi atau pengulangan kata yang bisa semakin mempermudah kalian dalam proses pembelajaran. Bahkan, banyak juga jenis ungkapan yang kalian pelajari hanya dengan bermodalkan lagu Love Me Now.

Rekomendasi Lagu Romantis Bahasa Inggris

Setelah sebelumnya telah tahu apa saja lagu bahasa Inggris yang bisa dijadikan metode belajar bahasa Inggris. Berikutnya, kita akan membahas terkait dengan beberapa rekomendasi lagu bahasa Inggris dengan genre romance.

Saat ini, memang sudah banyak lagu romance dengan menggunakan bahasa Inggris. Nah, beberapa lagu yang ada di bawah ini selain romantis dan enak didengar tentunya juga bisa digunakan sebagai metode untuk belajar bahasa Inggris.

1. Can’t Help Falling in Love – Elvis Presley

Siapa sih yang tak kenal dengan Elvis Presley. Ya, ia termasuk ke dalam legenda dalam dunia musik. Salah satu karya milik Elvis Presley yang sampai saat ini tetap selalu dikenang bahkan masih terus popular adalah lagu Can’t Help Falling in Love.

Can’t Help Falling in Love memang berhasil menjadi salah satu lagu romantis terbaik sepanjang masa. Lagu Can’t Help Falling in Love sendiri menceritakan tentang keinginan seorang pria untuk selalu bisa bersama dengan wanita yang ia cintai selama ini.

2. Always – Bon Jovi

Lagu Always milik Bon Jovi memang selalu menarik perhatian para penikmatnya. Karakteristik suara tinggi dari Bon Jovi sukses menjadikan lagu Always selalu jadi pilihan banyak orang.

Lagu Always menceritakan tentang seorang laki-laki yang sedang patah hati karena ditinggalkan oleh sang kekasih. Meski begitu, laki-laki tersebut tetap akan mencintai wanita yang meninggalkan nya.

3. Fix You – Coldplay

Fix You milik Coldplay juga bisa menjadi salah satu pilihan lagu romantis yang berikutnya. Lagu Fix You sendiri memiliki makna yang cukup mendalam. Dalam lagu tersebut diceritakan tentang seseorang yang ingin mengubah kehidupan kekasihnya yang amat begitu gelap.

4. When You Say Nothing at All – Ronan Keating

When You Say Nothing at All awal rilis pada tahun 1999 pada album Notting Hill. Lagu When You Say Nothing at All dari Roan Keating susksen menjadi salah satu lagu romance sepanjang masa.

Lagu When You Say Nothing at All menggambarkan seorang pria yang ingin mengungkapkan rasa cintanya kepada seorang cewek karena terpesona oleh senyumannya.

5. Love Of My Life – Queen

Sampai saat ini, Queen menjadi salah satu band legendaris yang banyak dikenal setiap orang. Salah satu lagu yang melegenda milik Queen adalah Love Of My Life. Bahkan, Love Of My Life dinobatkan sebagai salah satu lagu ballad terbaik sepanjang masa.

Lagu Love Of My Life dirilis pada tahun 1975 dan diciptakan oleh Freddy Mercury sang vokalis. Love Of My Life menceritakan tentang kisah percintaan sang vokalis dengan sosok bernama Mary Austin di tahun 1970-an.

Dengan iringan piano yang dipadupadankan dengan suara merdu sang vokalis menjadikan lagu Love Of My Life selalu bisa menyayat hati pendengarnya. Tak heran jika lagu Love Of My Life selalu menjadi favorit banyak orang.

Nah, itulah beberapa rekomendasi lagu bahasa Inggris yang mudah untuk dijadikan metode belajar kosa kata bahasa Inggris. Banyak jalan menuju Roma, mungkin kalian pernah mendengar istilah tersebut.

Hal tersebut bisa diaplikasikan pada proses pembelajaran bahasa Inggris. Di mana kalian bisa menggunakan berbagai cara untuk belajar bahasa Inggris salah satunya dengan menggunakan lagu.

Jika ingin mencari buku tentang musik, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Catatan: plagiarsm hanya terdeteksi pada judul lagu

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy