in

Daftar Anggota Band Stinky dan Beberapa List Lagu Hitsnya

Anggota band stinky – Stinky merupakan grup musik asal Indonesia yang terbentuk pada tahun 1995. Sebelum diberi nama Stinky, band ini sebelumnya memiliki nama Peace Slugi pada tahun 1992 hingga 1995 dan baru mengganti namanya menjadi Stinky secara resmi pada 2 Februari tahun 1995.

Formasi awal dari band Stinky adalah Andre Taulany sebagai vokalis, Irwan Batara sebagai bass, Edy Darmawan sebagai drummer, Ndhank S Hartono sebagai gitaris dan Nano Helman sebagai gitaris. Akan tetapi, Andre Taulany sebagai vokalis utama hengkang dari grup pada tahun 2007 dan kembali pada tahun 2013, lalu hengkang lagi di tahun 2018.

Setelah Andre Taulany, vokalis band Stinky terus berubah dari Ai Zaldyan di tahun 2007, lalu digantikan oleh Dona Amelia di tahun 2012. Saat ini, anggota band Stinky mengalami beberapa perubahan, siapa saja anggota band Stinky yang masih bertahan? Simak daftarnya dalam artikel ini.

Sejarah Band Stinky

Sumber: G-news

Stinky dibentuk pada tahun 1995 dengan merilis album debutnya yang berjudul sama seperti dengan nama band yaitu Stinky album, album debut tersebut kemudian memiliki hit single yang paling fenomenal bahkan hingga kini berjudul Mungkinkah yang rilis pada tahun 1997.

Setelah album debut tersebut, lalu Stinky kembali merilis album JTD dengan hit single lainnya berjudul Jangan Tutup Dirimu dan Cinta Suci yang rilis di tahun 1998. Selama aktif berkarier, Stinky telah berhasil merilis 8 album di luar album kompilasi dari The Best of Stinky di tahun 2012 dan Love Song of Stinky di tahun 2005.

Album mereka yang ke 8 berjudul Pecinta Sejati dirilis pada 19 Mei tahun 2007. Andre Taulany adalah vokalis utama dalam band Stinky, akan tetapi memutuskan untuk keluar dari band pada tahun 2007.

Setelah Andre Taulany keluar di tahun 2007, band ini memiliki anggota Irwan sebagai Bass, Ndhank sebagai gitaris, Edy sebagai drummers, Ari Zaldyan sebagai vokalis, Bayu sebagai gitaris dan Rangga sebagai keyboardist, setelah itu Stinky kembali meluncurkan single berjudul Aku Hanya Manusia yang rilis di tahun 2010.

Di tahun 2012, Stinky band kembali meluncurkan album kompilasi berjudul The Best of Stinky dengan menggandeng Dona Amelia sebagai vokalis band yang masuk menggantikan Ari.

Lalu di awal tahun 2013, band Stinky kembali merilis lagu daur ulang yang berjudul Saat Ku Pergi dan Mungkinkah 2 dengan suara perempuan untuk mengenang kembali lagu yang sebelumnya berhasil mendongkrak popularitas dari band Stinky.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Dona Amelia lahir di Banten pada 25 Januari 1986 yang dipilih menjadi vokalis Stinky dan ia mengatakan, bahwa Andre Taulany telah ia anggap seperti kakaknya sendiri. Dona pun merasa optimis pada saat itu dan Stinky bisa tampil dengan lebih ceria, lebih girly, lebih upbeat dan bahkan sedikit dengan irama dance.

Lalu, pada pertengahan tahun 2013, Andre Taulany mengungkapkan pada wartawan di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan bahwa dirinya kembali menjadi salah satu anggota dari band Stinky, akan tetapi bukan menjadi anggota tetap melainkan menjadi anggota pendukung dalam sebuah proyek reuni atau disebut dengan proyek kangen-kangenan oleh Andre Taulany.

Dalam kesempatan tersebut pula, Andre Taulany menegaskan bahwa band Stinky tidak bubar, hanya saja vokalis dari band Stinky yang sebelumnya memutuskan untuk keluar. Dengan proyek reuni, band Stinky kemudian merilis sebuah single dengan judul Sumpah Mati di akhir tahun 2013 dan kembali mendaur ulang lagu Mungkinkah di tahun 2016.

Setelah beberapa saat band Stinky tidak memiliki vokalis utama, pada April tahun 2018 band Stinky kembali menggandeng vokalis baru yaitu Prattyoda Bhayangkara atau dikenal pula dengan Yoda Idol yang sebelumnya pernah menjadi kontestan terbaik ketiga atau spekta tiga besar dari Indonesia Idol pada tahun 2012.

Yoda kemudian menjadi vokalis terbaru dari Stinky dan band ini kembali meluncurkan sebuah single terbaru berjudul Kepastian Dirimu, Aku dan Dia, Sesuatu di Balik Hujan pada tahun 2018.

Anggota Band Stinky

Sumber: IDN Times

Berikut list anggota band Stinky dari tahun ke tahun.

  • Anggota Sekarang

  • Prattyoda Bhayangkara Birawida sebagai vokalis bergabung dari tahun 2018 hingga sekarang.
  • Ndank S Hartanto berperan sebagai gitaris utama bergabung dengan grup Stinky dari tahun 1992 hingga sekarang.
  • Nano Helman berperan sebagai gitaris ritme bergabung dengan band Stinky di tahun 1992, kemudian memutuskan untuk keluar di tahun 2007 dan kembali bergabung di tahun 2013 hingga sekarang.
  • Irwan Batara sebagai bassist, bergabung dengan band Stinky di tahun 1992 hingga sekarang.
  • Edy Darmawan berperan sebagai seorang drummer dan bergabung dengan band Stinky dari tahun 1992 hingga sekarang.

  • Mantan Anggota

  • Andre Taulany berperan sebagai vokalis utama, bergabung pada tahun 1992 dan memutuskan keluar dari band pada tahun 2007, kembali bergabung dengan band Stinky pada tahun 2013 dalam proyek reuni dan keluar kembali di tahun 2018.
  • Ari Zaldyan berperan sebagai vokalis dan bergabung dengan band Stinky pada tahun 2012 dan memutuskan keluar di tahun 2012.
  • Dona Amelia bergabung dengan band di tahun 2012 dan keluar pada tahun 2013, berperan sebagai vokalis utama menggantikan Ari Zaldyan.
  • Bayu berperan sebagai gitaris, bergabung dengan band pada tahun 2007 dan memutuskan untuk keluar di tahun 2013.
  • Rangga bergabung dengan band pada tahun 2007 dan memutuskan keluar di tahun 2013 memiliki peran sebagai keyboardist.
  • Anggota Tambahan

  • Kiki bergabung dengan band Stinky pada tahun 2013 hingga sekarang dan memiliki peran sebagai keyboardist.

Profil Vokalis Stinky

Berikut profil dari para vokalis anggota band Stinky.

1. Andre Taulany

Kompas.com

Andreas Taulany Haumahu lahir pada 17 September 1974, ia adalah seorang aktor, musisi, pembawa acara, konten kreator dan komedian dari Indonesia, ia keturunan Ambon, Maluku dan Batak dan mantan anggota serta vokalis utama dari Stinky, selain itu ia juga adalah ketua klub motor “The Prediksi”.

Ia mengawali kariernya di dunia entertainment sebagai vokalis utama dari band Stinky. Ketika menjadi vokalis utama, ia lebih dikenal dengan nama Andre Stinky. Bersama dengan Iwan, Nanno, Edy, Ndank, mereka merilis 8 album.

Album terbaru dari band Stinky berjudul Pecinta Sejati yang dirilis pada 19 Mei tahun 2007 dan berhasil meraih penjualan hingga 1 juta kopi melalui lagu hits mereka berjudul Mungkinkan dan single berjudul Jangan Tutup Dirimu.

Andre Taulany kemudian memutuskan keluar dari band Stinky yang telah membesarkan namanya dan mencoba untuk memiliki karier solo, lagu hits yang sempat ia rilis berjudul “Cintailah Istanaku” yang menjadi OST dari sebuah sinetron berjudul Akulah Arjuna.

Selain berkarier dengan menyanyi dan bermusik, Andre juga mencoba dunia akting dengan bermain peran di beberapa judul film seperti Kiamat Sudah Dekat (2003), Cerita Cinta (2001).

Tentu saja nama Andre Taulany di Indonesia juga dikenal sebagai salah satu komedian tenar Indonesia. Bersama dengan Sule dan cast lain dalam acara Ini Talkshow, Andre sempat berperan sebagai impersonator yang cukup handal.

Bersama dengan Stinky, Andre Taulany sempat merilis beberapa single lagu hits berjudul Stinky (1997), JTD (1998), Rindu Untuk Dia (1999), Permata Hati (2001), Stinky 5 (2003), Langkah Terbaik (2004), Album Tujuh di tahun 2005, Pecinta Sejati (2007).

Selain bersama Stinky, Andre juga sempat merilis beberapa lagu dalam karier solonya, seperti Andre (2000), Cintailah Istanaku (2005), Sayangku (2015), Ayah (2020), Bulan (2021).

2. Dona Amelia

Wikipedia

Dona Amelia lahir pada 25 Januari 1986, ia adalah seorang aktris, pembawa acara dan penyanyi. Dona menjadi vokalis dari band Stinky pada tahun 2012 kemudian memutuskan hengkang di tahun 2013.

Selama kariernya, Dona Amelia sempat menyabet beberapa penghargaan seperti juara satu dari Charlie’s Angels Trinity Optima SCTV tahun 2010 dan Panasonic Global Award. Hingga saat ini, Dona Amelia masih terus berkarier di dunia entertainment terutama sebagai host atau pembawa acara dari program infotainment seperti Silet.

3. Prattyoda Bhayangkara

wikipedia

Lahir pada 9 Februari 1987 Prattyoda Bhayangkara atau lebih dikenal dengan nama Yoda adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu. Ia adalah juara ketiga dari ajang pencari bakat menyanyi di Indonesia yaitu Indonesian Idol pada musim ketujuh di tahun 2012.

Yoda adalah anak ketiga dari 4 bersaudara. Pada 11 Februari 2017 Yoda melangsungkan pernikahan dengan Natasya Soraya, dengan pernikahan tersebut Yoda dikaruniai dua anak bernama Merona Sang Prattyoda dan Maharaja Istvan Bhayangkara.

Di tahun 2010-an Yoda mengawali karier musiknya dengan lebih serius dengan bergabung bersama Today Band dan merilis satu buah album berjudul Raising From Sadness.

Nama Yoda mulai dikenal dan melambung usai ia mengikuti ajang pencarian bakat di Indonesia Idol yang disiarkan di RCTI pada tahun 2012. Dengan mengikuti Indonesia Idol tersebut, Yoda berhasil meraih juara ketiga.

Pasca kemenangannya di Indonesia Idol, Yoda kembali bermusik dan merilis dua buah single dengan judul Kasih Jangan Kau Pergi dan Cinta Tak Berpihak. Lalu sejak tahun 2015, Yoda memutuskan untuk berkarier secara independen.

Pada sekitar tahun 2020, Yoda mendirikan sebuah perusahaan label rekaman dengan nama Yudasmara Music bersama dengan sahabatnya yaitu Ardiansyah Yudasmara, Prada Satria dan Tovan Aldino, label rekaman tersebut kemudian merilis dua single solo Yoda berjudul Its Over dan Mad King.

Di bulan April tahun 2018, Yoda digandeng untuk menjadi vokalis utama dari band Stinky. Ketika ditanyai tentang perasaannya, Yoda mengaku bangga karena telah mengidolakan band Stinky sejak ia kecil dan ia ingin meneruskan semangat band Stinky.

Daftar 7 Lagu Hits dari Band Stinky 

Sumber: Wikipedia

Band Stinky cukup terkenal terutama di kalangan generasi tahun 90-an. Band Stinky telah berkarier selama kurang lebih 25 tahun di dunia musik tanah air serta merilis album sebanyak 8 buah.

Sama dengan band yang lainnya, Stinky juga mengalami masa naik dan turunnya, band ini sempat vakum hingga berganti-ganti personel. Salah satu pergantian personel dari band Stinky adalah ketika Andre Taulany sebagai vokalis utama dan wajah dari band ini mengundurkan diri di tahun 2007 karena memilih untuk melanjutkan solo karier dan menjadi komedian dan host.

Setelah Andre Taulany hengkang, nama Stinky mungkin memang jarang terdengar, akan tetapi lagu-lagu lamanya terutama lagu hitsnya masih terus dinyanyikan dan sering diputar di radio atau bahkan televisi. Berikut 7 daftar lagu hits dari band Stinky.

1. Mungkinkah (1997)

Ketika pertama kali merilis album, nama Stinky langsung melambung berkat single hitsnya berjudul Mungkinkah. Penggalan lirik dari single Mungkinkah yang cukup terkenal adalah “Mungkinkah, kita kan slalu bersama, walau terbentang jarak antara kita…”

Single berjudul Mungkinkah ini bisa dibilang menjadi signature sing atau bahkan masterpiece dalam 25 tahun karier band Stinky. Selain sebagai lagu utama dalam album debutnya yang berjudul Stinky, lagu Mungkinkah adalah lagu yang membuat nama Stinky menjadi terkenal dan bahkan dielukan oleh para fans dan penikmat musik di Indonesia hingga saat ini.

Bahkan sang vokalis utama yaitu Andre Taulany pun sering kali diminta untuk kembali menyanyikan lagu Mungkinkah untuk para penggemarnya, meskipun sebenarnya ia sudah tak lagi menjadi anggota band tersebut.

Apabila Grameds suka menyaksikan acara Ini Talkshow, maka tak jarang dalam acara tersebut Andre Taulany yang berperan sebagai host kembali menyanyikan penggalan lagu Mungkinkah tersebut.

2. Jangan Tutup Dirimu (1998)

Selain single dengan judul Mungkinkah, Stinky juga memiliki beberapa lagu hits lain yang berjudul Jangan Tutup Dirimu atau disingkat menjadi JTD, single ini rilis pada tahun 2018 dengan album kedua Stinky.

Penggalan lirik dari lagu Jangan Tutup Dirimu yang cukup terkenal adalah, “Biarkan ku mencoba menjadi milikmu jangan tutup dirimu, salahkah diri ini yang mencintaimu jangan tutup dirimu…”

Setelah sukses dengan album pertamanya, album kedua ini juga mengikuti kesuksesan dari album Stinky dan lagu Jangan Tutup Dirimu menjadi lagu hits yang sering dimainkan di radio.

3. Cinta Suci (1998)

Dirimu satu yang kumau, takkan lagi ada selain dirimu, cinta suci hanyalah untukmu, dengarlah kasih kaulah dambaanku…” itulah penggalan lirik lagu Cinta Suci yang rilis pada tahun 1998.

Lagu ini merupakan salah satu lagu hits dari band Stinky yang ada dalam album berjudul JTD. Selain Mungkinkah, lagu Cinta Suci juga masih hits dan didengarkan hingga sekarang.

4. Rindu untuk Dia (1999)

Setelah sukses dengan album pertama dan keduanya dan bahkan memiliki beberapa lagu hits sekaligus setelah debut, band Stinky pun kembali merilis album ketiga dengan judul Rindu untuk Dia di awal tahun 1999.

Lagu andalan dari album ini berjudul Rindu untuk Dia dan langsung menjadi lagu hits usai dirilis. Ketika pertama kali rilis, lagu Rindu untuk Dia bahkan mengalahkan popularitas dari lagu Mungkinkah.

Berikut penggalan lirik lagunya, “Angin bawalah rinduku, kepadanya walau hanya dalam anganku dan hiasi mimpinya, semoga selalu ingatku dalam hatimu…”

5. Seperti Janji Kita (2001)

Usai merilis album ketiganya, Stinky sempat vakum selama dua tahun. Lalu kembali di tahun 2001 dengan album berjudul Permata Hati, lagu utama dalam album tersebut adalah Seperti Janji Kita. Dalam album ini, Andre Taulany sudah tidak bergabung dengan Stinky dan ia merilis album solonya sendiri.

Itulah penjelasan terkait daftar anggota band Stinky dan beberapa lagu hitsnya. Bagi Grameds yang ingin membuka cakrawala dan menambah pengetahuan, Grameds bisa membaca buku original dan berkualitas yang tersedia di gramedia.com

Sebagai #SahabatTanpaBatas gramedia.com menyediakan berbagai macam buku untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan

  • https://www.idntimes.com/hype/throwback/fasrinisyah-suryaningtyas/memorable-7-lagu-lawas-stinky-yang-susah-dilupakan-sampai-sekarang-c1c2?page=all
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Stinky
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Prattyoda_Bhayangkara
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Dona_Amelia
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Andre_Taulany

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda A

Saya menyadari jika menulis ternyata bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus membawa hal positif dalam kehidupan ini. Dari berbagai macam tema yang suka, salah satunya adalah tema musik.