in

Kenali Jenis-Jenis Alat Musik dan Contohnya

Kenali Jenis Alat Musik dan Contohnya – Alat musik merupakan sebuah instrumen yang dibuat ataupun dimodifikasi dengan tujuan agar dapat menghasilkan suatu bunyi, dan musik. Akan tetapi, pada hakikatnya alat musik adalah segala sesuatu yang bisa menghasilkan suara, dan dikendalikan, serta diatur oleh para pemain yang memainkannya. Alat musik ini diperuntukkan bagi instrumen yang dengan sengaja membuatnya menjadi sedemikian rupa agar bisa menghasilkan sebuah musik.

Kini di Indonesia, alat musik telah tersebar keseluruhan wilayah, dan macam-macam pun sangatlah beraneka ragam. Mulai dari alat musik tradisional hingga alat musik musik modern ada di Indonesia. Pada umumnya, Jenis alat musik ini dikelompokkan menjadi berbagai kelompok. Diantaranya berdasarkan sumber bunyinya, cara memainkannya, sampai dengan fungsinya.

Dengan banyaknya alat musik yang ada, nama-namanya sangatlah berbeda-beda. Hal itu karena disesuaikan dengan daerah, dan juga kebudayaan masing-masing. terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memainkan alat musik supaya dapat menghasilkan suara atau bunyi yang indah. Terdiri dari alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan, digesek, dipetik, dan lain sebagainya. Nah, untuk mengetahui selengkapnya mengenai alat musik, dan contohnya mari simak pembahasan berikut ini.

Macam-macam Alat Musik

Indonesia kaya akan kebudayaan yang begitu banyak, dan sangat unik. Sehingga sangat sayang jika kamu tak mengetahui, dan mengenalnya. Ragam budaya yang ada menghasilkan sebuah kesenian yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Dengan salah satunya yaitu kesenian musik.

Alunan musik yang begitu merdu, dan enak untuk didengar berasal dari sebuah alat yang dibuat dengan sedemikian rupa agar bisa menghasilkan musik. Secara umum alat musik dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, diantaranya sebagai berikut:

1. Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik terbagi menjadi 5 (lima) jenis, diantaranya yaitu alat musik sentuh atau tekan, alat musik pukul, alat musik tiup, alat musik gesek, dan alat musik petik. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

a. Alat Musik Sentuh atau Tekan

Alat musik sentuh atau tekan adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara disentuh atau ditekan. Setelah kamu menyentuh atau menekan alat musik ini maka akan keluarlah sebuah irama suara yang timbul akibat sentuhan atau tekanan yang kamu lakukannya tersebut.

Pada biasanya, jenis alat musik tersebut mempunyai 2 (dua) jenis yakni alat musik sentuh atau tekan manusia, dan juga elektronik. Keduanya memiliki perbedaan, diantaranya yaitu terletak pada alat yang disentuh atau ditekan, dan efek suara yang muncul beraneka macam.

Umumnya alat musik tersebut dimainkan ketika ada sebuah acara besar maupun pertunjukan besar. Contoh dari jenis alat musik sentuh atau tekan ini yaitu Organ, Keyboard, Piano, dan lain sebagainya.

b. Alat Musik Pukul

Alat musik pukul adalah salah satu jenis alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Pada umumnya alat musik jenis tersebut dipukul dengan menggunakan tangan maupun benda lainnya sebagai penggantinya, misalnya tongkat atau stik.

Alat musik jenis ini biasanya cenderung tidak memiliki tangga nada, dan juga kunci yang spesifik. Nada yang dipakainya tersebut bersifat sebagai pelengkap. Pada umumnya, ketika pertunjukan dimulai alat musik ini dimainkan setelah iringan alat musik lainnya memperoleh nada yang sesuai. Hal itu supaya semua iringan dapat terdengar secara selaras.

Jenis alat musik pukul ini memiliki 2 (dua) macam yaitu alat musik pukul dengan menggunakan nada, dan juga tanpa menggunakan nada. Contoh alat musik pukul yang memakai nada seperti perangkat gamelan, arumba, kulintang, calung, bellira, vibraphone, xylophone, glockenspiel, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan contoh alat musik pukul tanpa menggunakan nada yaitu rebana, gendang, tamborin, ketipung, triangle, symbal, kastanyet, tympani, gong, drum set, pauken, dan lain sebagainya.

banner-promo-gramedia

c. Alat Musik Tiup

Alat musik tiup adalah salah satu jenis alat musik yang cara memainkannya dengan cara meniup. Jenis alat musik ini mempunyai lubang-lubang di setiap nada-nadanya menjadi suara. Sehingga alat musik tersebut bisa menghasilkan sebuah bunyi yang berbeda-beda.

Cara meniup alat musik ini tidak boleh sembarangan, sebab terdapat aturan, dan berbagai teknik supaya bisa mengeluarkan suara yang merdu. Adapun caranya yaitu dengan cara meniup tipis, sedang, dan juga sekuat tenaga. Contoh dari jenis alat musik tiup, diantaranya yakni tuba, harmonica, bason, seruling, recorder, flute, horn, pianika, clarinet, terompet, saksofon, dan masih banyak lagi lainnya.

d. Alat Musik Gesek

Alat musik gesek adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara menggesekkan senar pada alat musik tersebut. Pada biasanya, jenis alat musik gesek ini dipakai ketika ada sebuah pertunjukan teater, opera, Broadway, dan lain sebagainya.

Jenis alat musik gesek memiliki fungsi yang serupa dengan jenis alat musik pukul, yakni sebagai pelengkap. Cara memainkan alat musik ini tidak boleh sembarang digesek, sebab tersebut beberapa teknik-teknik khusus, dan juga perlunya untuk melibatkan perasaan hati ketika menggeseknya. Contoh jenis alat musik gesek, diantaranya yaitu cello, biola, viola, rebab, violin, kontrabas, dan lain sebagainya.

e. Alat Musik Petik

Alat musik petik adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara memetiknya. Jenis alat musik ini, umumnya dijadikan sebagai alat musik utama pada sebuah musik, atau lagu. Alat musik petik mempunyai peminat yang cukup banyak.

Banyak orang menyenangi alat musik jenis ini meskipun alat musik tersebut cukup sulit untuk dimainkan, dan dipahami nya. Tingkat kesulitan pada alat musik petik terletak pada kunci-kunci nadanya. Contoh dari jenis alat musik petik, yakni bas, clarinet, banjo, gitar, kecapi, ukulele, sasando, siter, mandolin, harpa dan lainnya.

tombol beli buku

2. Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik ini terbagi menjadi 5 (lima) jenis, diantaranya yaitu electrophone, aerophone, membranophone, idiophone, dan chordophone. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

a. Alat Musik Electrophone

Alat musik electrophone adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki sumber bunyi yang berasal dari rangkaian elektronika yang telah ada dalam sebuah alat musik. Contoh dari jenis alat musik electrophone, yaiti gitar elektrik, keyboard, bass elektrik, dan juga organ elektrik.

b. Alat Musik Aerophone

Alat musik aerophone adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki sumber bunyi yang berasal dari hembusan udara yang telah bergetar, sebab dari hasil tiupannya atau pompaannya. Contoh dari jenis alat musik ini, diantaranya yakni seruling, melodeon, flute, rekorder, clarinet, tuba, saxophone, dan juga horn.

Horn merupakan jenis alat musik yang bisa kamu gunakan dengan cara ditiup. Sementara itu, akordeon merupakan jenis alat musik yang dapat kamu pakai dengan cara memompanya.

c. Alat Musik Membranophone

Membranophone adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki sumber bunyi yang berasal dari getaran pada selaput tipis yang dibuat dari plastik atau kulit. Contoh dari jenis alat musik ini diantaranya yaitu bedug, tamborin, bongon, rebana, drum set, konga, ketipung, dan juga tympani.

d. Alat Musik Idiophone

banner-promo-gramedia

Idiophone adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki sumber bunyi yang berasal dari batangan kayu maupun logam. Apabila alat musik ini dipukul maka akan mengeluarkan suara yang begitu bagus, layaknya seperti alat musik calung, kulintang, bellyra, angklung, dan juga seerangkat gamelan.

e. Alat Musik Chordophone

Chordophone adalah salah satu jenis alat musik yang mempunyai sumber bunyi yang berasal dari sebuah rangkaian senar yang dipetik, ditekan, dan juga digesek. Jenis alat musik ini serupa dengan alat musik mandolin, gitar, siter, ukulele, harpa, banjo, viola, kecapi, biola, bas, cello, rebab, double bass, dan piano akustik.

3. Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik ini terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, diantaranya yaitu ritmis, harmonis, dan melodis. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

a. Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis merupakan salah satu jenis alat musik yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan sebuah ritme atau irama ketika dimainkannya. Jenis alat musik ini contohnya bongo, ketipung, drum set, konga, kendang, dan lain sebagainya.

b. Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis merupakan salah satu jenis alat musik yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan sebuah paduan nada ketika dimainkannya. Contoh dari jenis alat musik ini yaitu piano, organ, gitar, keyboard, dan lainnya.

c. Alat Musik Melodis

Alat musik harmonis merupakan salah satu jenis alat musik yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan sebuah melodi atau nada lagu. Jenis alat musik melodis contohnya pianika, seruling, terompet, saksofon, flute, rekorder, dan lain sebagainya.

Contoh Alat Musik dan Cara Memainkannya

Berikut ini merupakan beberapa contoh alat musik beserta cara memainkannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Alat Musik Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik yang ada di Indonesia yang dibuat dari bambu. Alat musik angklung dikenal masyarakat sebagai alat musik yang berasal dari daerah sunda atau tepatnya berada di Jawa Barat.

Alat musik ini mempunyai dua, tiga maupun empat bambu yang tersusun menjadi dua, tiga, dan juga empat nada. Cara memainkan angklung dilakukan dengan cara digoyangkan maupun digetarkan.

2. Alat Musik Kolintang

banner-promo-gramedia

Kolintang merupakan salah satu alat musik yang berasal dari wilayah Sulawesi Utara. Alat musik kolintang diperkenalkan pertama kali oleh masyarakat Minahasa.

Pada umumnya, alat musik ini dipakai sebagai pengiring upacara adat, nyanyian, pertunjukan tari, sampai dengan pertunjukan musik. Kolintang dibuat dari bahan kayu khusus yang kemudian disusun. Cara memainkan alat musik kolintang dilakukan dengan cara dipukul.

3. Alat Musik Gamelan

Gamelan merupakan salah satu alat musik yang kerap kali dijumpai di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mulai dari Bali, Lombok, Jawa, Madura, dan lainnya.

Gamelan adalah seperangkat instrumen yang dapat menghasilkan suara dari berbagai alat musik. Terdiri dari gendang, gambang, gong, dan lain sebagainya. Perpaduan alat musik tersebut mempunyai sistem nada yang non diatonis atau bisa menghasilkan suara yang merdu, dan indah manakala dimainkannya secara harmonis.

Cara memainkan gamelan perlu disesuaikan dengan bagiannya. Contohnya alat musik saron, gong, bonang, dan kenong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul. Sementara itu alat musik siter dimainkan dengan cara dipetik, dan kendang dimainkannya dengan cara dipukul memakai tangan.

4. Alat Musik Sasando

Alat musik sasando merupakan sebuah alat musik yang berasal dari wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) atau tepatnya berada di Pulau Rote. Sasando mempunyai bentuk yang cukup unik, dibandingkan dengan alat musik lainnya. Alat musik ini memiliki bentuk tabung panjang.

Sasando dibuat dari bahan kayu, bambu, senar string, paku penyangga, dan juga daun lontar. Cara memainkan alat musik ini dengan cara memakai kedua tangan kemudian dipetik senarnya.

5. Alat Musik Biola

Biola merupakan salah satu alat musik modern pertama yang berasal dari wilayah Asia Tengah. Bentuk alat musik ini mempunyai kesamaan dengan gitar, akan tetapi cara memainkannya dilakukan dengan cara digesek memakai sebuah kayu yang telah diberi senar.

6. Alat Musik Gitar Listrik

Serupa halnya dengan biola, gitar listrik juga merupakan salah satu alat musik modern. Alat musik ini seperti pada gitar pada biasanya, hanya saja suara yang dihasilkan dari alat musik ini dapat terdengar dengan lebih jelas sebab terdapat sebuah aliran listrik. Cara memainkan alat musik gitar listrik dengan cara dipetik sama halnya gitar pada umumnya.

7. Alat Musik Drum

Drum merupakan alat musik yang cukup terkenal dengan genre yaitu rock. Alat musik drum ini berasal dari daerah Tiongkok.

Pada dasarnya alat musik drum terdiri dari beberapa susunan alat perkusi yang dipukul sampai mengeluarkan berbagai suara atau bunyi yang terdengar dengan cukup lantang. Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan benda yang dinamakan stik.

8. Alat Musik Harpa

Harpa merupakan sebuah alat musik petik yang mempunyai nada yang cukup indah. Alat musik harpa tersebut berasal dari negara Mesir. Cara memainkan alat musik harpa dengan cara dipetik secara hati-hati karena alat musik ini memiliki ukuran yang cukup besar dan juga tinggi. Sehingga membuat para pemain alat musik ini merasa mudah lelah.

9. Alat Musik Harmonika

Harmonika merupakan alat musik modern yang memiliki bentuk panjang dan lubang yang cukup banyak. Lubang-lubang itu digunakan untuk menghasilkan sebuah nada yang merdu dan indah.

Alat musik harmonika berasal dari negara Tiongkok, dan tergolong sebagai alat musik aerofon. Cara memainkan alat musik ini dengan cara ditiup pada lubang-lubang yang ada.

10. Alat Musik Keyboard

Keyboard adalah salah satu jenis alat musik modern yang mempunyai suara, dan juga nada yang sangat istimewa ketika didengarkan di telinga. Serta membuat organ tubuh yaitu otak merasa menjadi tenang dan rileks. Alat musik keyboard dimainkan dengan cara ditekannya.

11. Alat Musik Piano

Piano adalah sebuah alat musik yang hampir serupa dengan keyboard, perbedaan dengan keyboard yaitu piano tidak bisa menghasilkan berbagai macam suara, misalnya gitar, drum, terompet, dan lainnya. Sedangkan keyboard dapat menghasilkan suara tersebut. Akan tetapi serupa halnya dengan keyboard, alat musik piano ini dimainkan dengan cara ditekannya supaya bisa menghasilkan sebuah musik yang menenangkan.

12. Alat Musik Terompet

Terompet adalah salah satu alat musik yang tergolong kedalam jenis aerofon atau cara memainkan dengan cara ditiup. Alat musik terompet juga mempunyai beberapa tombol yang akan menghasilkan sebuah nada yang berbeda-beda dengan lainnya.

13. Alat Musik Saksofon

Saksofon merupakan alat musik yang hampir serupa dengan terompet, hanya saja saksofon mempunyai lengkungan yang memfokuskan hasil suara keatas. Alat musik dibuat dengan menggunakan bahan logam sehingga tak heran jika alat musik memiliki berat yang cukup besar. Cara memainkan alat musik saksofon ini dilakukan dengan cara ditiup.

Baca juga:

Demikian beberapa penjelasan mengenai jenis alat musik, contoh alat musik, hingga cara memainkan alat musik. Semoga pembahasan diatas dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya agar dapat lebih mengenal alat musik.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah