in

20 Manfaat Makan Tomat Mentah yang Jarang Diketahui

Manfaat makan tomat mentah – Tomat adalah salah satu makanan yang sering dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Paling tidak, kita diminta mengkonsumsi tomat untuk menjaga kesehatan mata. Namun di luar itu, ternyata buah yang satu ini memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan.

Apalagi tomat sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau di supermarket. Selain itu, tomat juga termasuk makanan yang fleksibel, kamu bisa mengkonsumsinya dalam kondisi mentah atau dimasak terlebih dulu. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang manfaat makan tomat mentah bagi tubuh yang jarang diketahui. Simak baik-baik, ya.

Kandungan Nutrisi Tomat

Sebelum membahas manfaatnya, Grameds harus tahu seperti apa kandungan nutrisi dalam buah tomat. Melansir dari USDA Food Data Central, satu buah tomat mentah memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari:

  • 4 gr lemak
  • 6 gr protein
  • 32 kalori
  • 7 gr karbohidrat
  • 8% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) Vitamin A
  • 6% RAH Vitamin B1
  • 7% RAH Vitamin B3
  • 8% RAH Vitamin B6
  • 7% RAH Vitamin B9
  • 27% RAH Vitamin C
  • 6% RAH Vitamin E
  • 12% RAH Vitamin K
  • 12% RAH Tembaga
  • 9% RAH Kalium
  • 5% RAH Magnesium
  • 9% RAH Mangan
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Zinc
  • Kolin
  • Fosfor
  • Likopen
  • Phenolic
  • Zeaxanthin
  • Karotenoid

Dengan segudang nutrisi dan mineral dalam buah berwarna merah ini, sudah pasti ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi tomat mentah. Seperti yang dijelaskan oleh Hamidah Jauhary dalam bukunya yang berjudul Seri Apotek Dapur: Sehat Tanpa Obat Dengan Tomat. Dalam buku ini Hamidah menjelaskan tentang manfaat dan hal-hal penting yang berkaitan dengan buah tomat, terutama kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan.

 

Manfaat Makan Tomat Mentah Setiap Hari

Pixabay.com

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat makan tomat mentah setiap hari yang akan kamu dapatkan adalah terhindar dari penyakit jantung yang menjadi penyebab kematian paling umum di dunia. Menurut sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal U.S. National Library of Medicine, kadar likopen serta beta-karoten yang rendah di dalam darah, berpotensi meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

Mengonsumsi tomat mentah setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, melawan peradangan, serta stres oksidatif. Selain itu, lapisan dalam pembuluh darah juga akan mendapatkan perlindungan, sehingga menurunkan resiko pembekuan darah.

2. Mencegah kanker

Tomat merupakan sumber antioksidan dan Vitamin C yang sangat baik. Dua kandungan ini dapat mengurangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker. Menurut sebuah studi dalam Jurnal Molecular Cancer Research, asupan beta-karoten yang tinggi dapat mencegah perkembangan tumor pada kanker prostat.

Tak hanya itu, kandungan likopen dalam tomat juga bisa membantu mencegah kanker prostat. Apalagi tomat mampu memenuhi 80% likopen daripada makanan lainnya. Sebuah studi yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa beta-karoten mampu menurunkan resiko kanker usus besar.

3. Sumber vitamin yang baik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tomat merupakan sumber vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Di dalamnya terdapat banyak kandungan vitamin, seperti:

  • Vitamin C
  • Vitamin K yang bermanfaat untuk tulang
  • Vitamin A yang akan mendukung kesehatan kulit, penglihatan, dan juga kekebalan tubuh
  • Kalium yang menjadi nutrisi utama untuk fungsi jantung, tekanan darah, konstraksi otot, serta menjaga keseimbangan cairan yang sehat

4. Meningkatkan penglihatan kita

Tomat adalah buah yang kaya akan kandungan lutein, beta-karoten, dan likopen. Ketiganya merupakan antioksidan kuat yang terbukti dapat melindungi mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh cahaya, degenerasi makula terkait usia (AMD), dan perkembangan katarak.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Studi Age-Related Eye Disease Study (AREDS) yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa individu yang mengkonsumsi tomat dengan kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin yang tinggi, mengalami penurunan resiko AMD neovaskular sebesar 35%.

5. Menjaga tekanan darah

Manfaat makan tomat mentah setiap hari yang terakhir adalah menjaga tekanan darah. Manfaat ini didapatkan karena tomat memiliki natrium yang rendah sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap sehat.

Selain itu, asupan kalium yang tinggi serta natrium yang rendah juga dapat membantu menurunkan resiko kematian sebesar 20% dari semua penyebab yang ada. Temukan manfaat lain dari buah tomat dalam buku Tomat si Bulat Bergizi yang disusun oleh Wahyu Kusumo & Rafeila Reggie, Rafeila Reggie.

 

 

Manfaat Makan Tomat Mentah Untuk Wajah

Pixabay.com

1. Menyamarkan pori-pori dan mencegah jerawat

Mengonsumsi tomat mentah juga ternyata baik untuk wajah, lho Grameds. Manfaat yang pertama adalah menyamarkan pori-pori serta mencegah jerawat. Terutama jika kamu mempunyai kulit wajah yang berminyak.

Sebab, kulit wajah yang berminyak biasanya memiliki pori-pori wajah yang besar dan memicu munculnya jerawat di wajah. Akibatnya, kepercayaan diri pun menurun karena pori-pori wajah yang besar lebih mudah terlihat, bahkan saat kamu menggunakan make up.

Kamu memang tidak bisa mengubah ukuran pori-pori wajah, namun kamu masih bisa menyamarkannya dengan rutin mengkonsumsi tomat mentah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker tomat untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang menyumbat, sehingga pori-pori tampak lebih kecil.

2. Mencerahkan wajah

Siapapun pasti akan merasa kesal ketika wajahnya kusam dan tidak cerah. Apalagi bagi mereka yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, wajah kusam dan tidak cerah dapat menurunkan rasa percaya diri.

Salah satu manfaat makan tomat mentah adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Selain itu, kamu juga bisa menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah dengan memakai masker tomat dan lemon.

Tomat dan lemon mempunyai sifat pencerah kulit alami dan bisa membantu meratakan warna kulit, meringankan bekas jerawat, serta hiperpigmentasi. Lemon juga mempunyai sifat antibakteri yang dapat menghalau kuman di kulit wajah.

3. Memperlambat penuaan wajah

Manfaat makan tomat mentah yang selanjutnya adalah untuk memperlambat penuaan wajah. Khasiat yang satu ini diperoleh dari kandungan antioksidan serta likopen pada tomat.

Antioksidan dapat membantu mencegah kerusakan kolagen di kulit wajah. Sementara likopen mampu membantu mencegah perubahan warna kulit, mencegah muncul kerutan, garis-garis halus, dan memperhalus tekstur wajah.

4. Menangkal komedo

Selain jerawat, komedo juga sering menjadi pengganggu yang sangat menyebalkan. Terlebih, jika kamu sering memakai make up untuk bekerja atau beraktivitas sehari-hari.

Bedak atau foundation yang menempel pada komedo akan terlihat seperti duri landak sehingga menurunkan rasa percaya diri. Dengan mengonsumsi tomat mentah secara rutin dan memakai masker tomat, kamu dapat mengatasi komedo hitam yang membandel.

Agar lebih mudah dan murah, Grameds bisa belajar menanam tomat di rumah dengan media pot dengan panduan dari Yati Supriati Dan Firmansyah D. Siregar dalam buku Bertanam Tomat Di Pot Ed Revisi. Buku ini mengupas tuntas keunggulan bertanam tomat di pot, pemilihan dan penyemaian benih, penanaman bibit di pot, perawatan, hingga pemanenan.

 

Manfaat Makan Tomat Mentah Untuk Diet

Tomat adalah salah satu buah yang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Khasiat ini didapatkan karena tomat termasuk makanan kaya nutrisi yang rendah kalori. Nah, berikut ini beberapa manfaat makan tomat mentah untuk kamu yang sedang menjalankan diet:

1. Meningkatkan metabolisme

Tomat mentah yang diolah menjadi jus dapat membantu meningkatkan metabolisme lipid. Di samping itu, kandungan asam amino dalam tomat juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

2. Rendah kalori dan karbohidrat

Manfaat tomat mentah untuk diet yang selanjutnya adalah menjadi sumber nutrisi penting yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin, protein, serat, dan mineral. Tak hanya itu, jumlah kalori yang rendah dalam tomat juga tidak akan menimbulkan penumpukan kalori saat kamu mengkonsumsinya sesuai aturan.

Kemudian, tomat memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Jadi menambahkan satu atau dua buah tomat dalam pola makan sehari-harimu dipercaya akan membantu menurunkan berat badan.

3. Melancarkan pencernaan

Berat badan bisa bertambah karena banyak hal, salah satunya adalah kesulitan mencerna makanan alias sembelit. Nah, mengonsumsi tomat mentah akan membantu Grameds mempunyai pencernaan yang lancar dan sehat.

Kandungan serat dalam tomat akan mendukung bakteri baik di dalam usus dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga mendukung program diet menjadi lebih sehat lagi.

4. Indeks glikemik rendah

Tomat adalah salah satu buah dengan indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik sendiri merupakan indikator yang dapat menunjukkan seberapa cepat makanan bisa meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi nilainya, maka semakin besar juga pengaruhnya pada peningkatan kadar gula darah.

Standar nilai makanan yang termasuk ke dalam kategori indeks glikemik yang rendah adalah 55. Tomat mempunyai nilai glikemik sebesar 38. Dengan kata lain, makan tomat mentah dipercaya dapat membantu mengurangi lonjakan kadar gula dalam darah.

Manfaat Makan Tomat Mentah Untuk Kulit

Pixabay.com

1. Melindungi kulit dari kanker

Pancaran sinar matahari yang langsung menyentuh kulit dalam menjadi penyebab sel kanker kulit yang ganas. Karena itu, Grameds sebaiknya mengkonsumsi tomat mentah untuk mencegah hal tersebut karena kandungan likopen dalam tomat dapat membantu melawan sel kanker kulit.

2. Mengurangi resiko luka bakar karena paparan sinar matahari

Meskipun tomat bukan pengganti tabir surya, tetapi ternyata mengkonsumsi tomat mentah dapat membantu mengurangi resiko luka bakar karena paparan sinar matahari. Dengan begitu, kamu akan lebih jarang terkena paparan radiasi UV. Namun kamu juga tetap harus memakai tabir surya dengan SPF 30 atau yang lebih tinggi untuk meningkatkan perlindungan pada kulit.

3. Membantu mempercepat memulihkan luka akibat cedera

Satu gelas tomat mentah mengandung kurang lebih 30 gr asam L-askorbat. Senyawa ini sering dipakai dalam berbagai produk skincare yang digunakan untuk meningkatkan perkembangan jaringan ikat baru dan mempercepat pemulihan luka.

4. Membantu mengurangi resiko gangguan kulit

Manfaat makan tomat mentah yang selanjutnya adalah membantu mengurangi resiko gangguan pada kulit. Khasiat ini didapatkan dari kandungan nutrisi dalam tomat yang sifatnya menenangkan kulit, seperti:

  • Likopen
  • Lutein
  • Beta-karoten
  • Asam L-askorbat
  • Vitamin E

5. Membantu pembentukan kolagen pada kulit

Tak hanya mempercepat pemulihan luka, asam L-askorbat yang ada pada tomat juga dapat membantu dalam pembentukan kolagen pada kulit. Ketika jumlah kolagen yang terbentuk semakin banyak, fleksibilitas kulit akan semakin berkembang dan membuat kulit jadi lebih kencang.

6. Membantu menghilangkan sel kulit mati

Manfaat makan tomat mentah untuk kulit yang satu ini didapatkan dari kandungan protein dalam tomat. Protein diketahui dapat membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga kulit kamu menjadi lebih sehat dan tampak muda.

7. Membantu mencerahkan kulit

Kulit yang kering dan kusam akan menimbulkan berbagai gangguan, seperti gatal-gatal, pecah-pecah, atau yang lainnya. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan produk skincare yang dijual di pasaran dan mengkonsumsi tomat mentah secara rutin.

Sebab, tomat adalah sumber kalium yang mampu membantu melembabkan kulit kering sehingga kulit menjadi lebih cerah.

 

Bahaya Makan Tomat Mentah Secara Berlebihan

Tomat mentah memang aman untuk dikonsumsi, akan tetapi kamu harus membatasi jumlahnya. Sebab, mengkonsumsi tomat mentah secara berlebihan justru akan menimbulkan efek samping bagi kesehatanmu. Terutama jika kamu memiliki maag dan masalah perut lainnya, sedang mengkonsumsi obat penurun tekanan darah, dan menderita gangguan perdarahan.

Kandungan likopen pada tomat dapat memperburuk kondisi gejala maag serta masalah perut lainnya. Selain itu, senyawa likopen juga berpotensi membuat tekanan darah menjadi rendah. Itulah mengapa, jika Grameds sedang mengkonsumsi obat penurun tekanan darah sebaiknya tidak memakan tomat mentah.

Tak hanya itu, likopen juga beresiko meningkatkan perdarahan karena itu jika kamu menderita gangguan perdarahan sebaiknya hindari mengkonsumsi tomat mentah secara berlebihan, ya.

Masih ada beberapa lagi bahaya mengkonsumsi tomat mentah secara berlebihan yang harus Grameds waspadai. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Menimbulkan reaksi alergi

Dalam tomat terdapat kandungan histamin yang bisa mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan ancaman dari luar. Nah, ketika kamu makan tomat mentah secara berlebihan, ada kemungkinan akan menimbulkan ruam serta menyebabkan reaksi alergi. Terutama jika Grameds termasuk orang yang rentan mengalami alergi.

2. Diare

Jika Grameds adalah penderita intoleransi tomat, sebaiknya hindari mengkonsumsi tomat mentah secara berlebihan. Sebab, menurut sebuah laporan ilmiah dari University of Minnesota, beberapa tomat mentah cukup rentan terkontaminasi bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan diare.

3. Acid reflux atau gejala asam lambung naik

Tomat termasuk buah yang mengandung banyak asam malat dan asam sitrat. Karena itu, jika dikonsumsi secara berlebih, terutama oleh penderita asam lambung, akan menyebabkan acid reflux atau gejala asam lambung naik.

Saat Grameds makan tomat mentah terlalu banyak, akan terjadi penumpukan asam malat dan asam sitrat di dalam perut sehingga lambung memproduksi asam terlalu banyak.

Jika volume asam lambung meningkat, dia akan naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala heartburn. Itulah sebabnya, penderita asam lambung maupun gangguan pencernaan akut yang lain lebih baik hindari makan tomat mentah berlebihan.

4. Nyeri sendi

Tomat adalah kelompok tanaman yang mengandung senyawa glikoalkaloid, terutama pada tomat hijau. Senyawa glikoalkaloid diketahui dapat memperparah kondisi peradangan yang kemudian menimbulkan nyeri sendi. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

5. Batu ginjal

Bahaya makan tomat mentah secara berlebihan yang berikutnya adalah memicu pembentukan batu ginjal di dalam tubuh. Pasalnya tomat memiliki kandungan kalsium dan asam oksalat yang tinggi, sehingga tubuh tidak bisa memecah nutrisi yang masuk dalam jumlah banyak.

Dengan demikian, akan terjadi penumpukan nutrisi tambahan di dalam tubuh dan memicu pembentukan batu ginjal. Oleh sebab itu, jika kamu menderita gangguan ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi tomat dan olahannya terlalu banyak.

6. Masalah pada kandung kemih

Menurut sebuah studi dalam Journal of Nutrition, terlalu banyak makan tomat mentah dapat menimbulkan masalah pada kandung kemih. Diantaranya seperti iritasi kandung kemih dan inkontinensia urine.

Studi tersebut juga menemukan bahwa tomat, buah-buahan dengan kandungan asam, dan makanan yang mengandung Vitamin C beresiko memperburuk gejala kandung kemih.

7. Lycopenodermia

Di atas disebutkan bahwa kandungan senyawa likopen dalam tomat dapat meningkatkan kesehatan jantung serta melindungi tubuh dari serangan kanker kardiovaskular.

Namun, perlu Grameds ketahui, jika kamu terlalu banyak makan tomat mentah, asupan senyawa likopen yang banyak ke dalam tubuh justru akan menimbulkan perubahan warna kulit menjadi oranye tua atau lycopenodermia.

Meskipun lycopenodermia tidak terlalu mengancam kesehatan tubuh, namun bahaya makan tomat mentah yang satu ini akan mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Maka dari itu, sebaiknya Grameds tidak mengkonsumsi tomat mentah lebih dari 75 miligram setiap harinya.

Demikian pembahasan tentang manfaat makan tomat merah. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu. Jika ingin mencari buku tentang kesehatan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang Oktaviana Putra

 

Rujukan:

  • https://nakita.grid.id/read/022848075/pasti-banyak-orang-tidak-sadar-makan-tomat-mentah-malah-bikin-tubuh-alami-perubahan-ini?page=all
  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-tomat
  • https://nakita.grid.id/read/023466045/7-manfaat-makan-tomat-mentah-untuk-kulit-juga-cara-mengaplikasikannya-coba-sekarang?page=all
  • https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-tomat-untuk-diet-dan-cara-terbaik-mengonsumsinya
  • https://www.sehatq.com/artikel/bahaya-makan-tomat-mentah-secara-berlebihan-ini-jangan-diremehkan


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah