in

10 Manfaat Lemon untuk Wajah, Dapat Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lemon untuk wajah dapat dijadikan opsi perawatan alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Buah lemon kini digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan berbagai produk kecantikan.

Grameds harus mulai menyetok lemon di dapur karena buah yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi wajah. Kandungan nutrisi pada lemon dinilai baik untuk merawat kulit wajah. Buah yang dikenal asam ini kaya akan vitamin C dan asam nitrat.

Lemon menjadi salah satu famili tanaman jeruk yang berbentuk lonjong dengan tonjolan pada bagian ujungnya. Lemon dengan nama latin Citrus limon cukup populer dalam industri kecantikan karena kerap digunakan pada pembuatan masker wajah.

Lemon yang termasuk ke dalam famili Rutaceae merupakan tanaman asli Asia yang pertama kali tumbuh di India, Burma Utara, dan China. Christopher Columbus diketahui membawa biji Citrus limon ke Hispaniola pada tahun 1493.

Kemudian lemon mulai dibudidayakan pada pertengahan abad ke-15. Seiring berjalannya waktu, lemon kian populer di Florida dan California pada abad ke-18. Bagian buah lemon yang kerap dimanfaatkan ialah kulit buah, daun, bunga, dan air perasannya.

Lemon tergolong sebagai tumbuhan perdu dengan dahan dan ranting yang cukup tinggi. Lemon diketahui dapat tumbuh dengan tinggi maksimal mencapai 3-6 meter. Kandungan nutrisi pada buah lemon diyakini ampuh untuk meredakan peradangan dan mencerahkan kulit wajah secara alami.

Ilustrasi Produk Kecantikan Berbahan Dasar Lemon (sumber: popbela.com)

Tak heran jika ekstrak lemon ada dalam setiap produk masker wajah, sabun pencuci muka, dan krim antipenuaan. Kemudian air perasan lemon yang segar cukup populer untuk mengatasi noda hitam di wajah dan merawat kulit berjerawat.

Toner berbahan dasar lemon juga baik untuk meminimalisasi kulit berminyak dan mengecilkan pori-pori yang besar. Lemon dengan sifat antioksidan dan antibakteri mampu mempercepat proses regenerasi sel, memperbaiki sel-sel kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Lemon memang bisa dijadikan alternatif alami untuk melakukan perawatan wajah tanpa bahan kimia. Sebenarnya apa saja kandungan buah lemon sehingga baik untuk wajah? Berikut ini penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat buah lemon bagi wajah yang perlu Grameds ketahui.

tombol beli buku

Kandungan Nutrisi Lemon

Sebagai salah satu tumbuhan perdu, lemon yang memiliki nama latin Citrus limon ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 gram buah lemon yang perlu Grameds ketahui.

  • 29 kalori energi
  • 9,3 gram karbohidrat
  • 89% air
  • 1,1 gram protein
  • 2,5 gram gula
  • 2,8 gram serat
  • 0,3 gram lemak
  • 53 miligram vitamin C
  • 0,15 miligram vitamin E
  • 26 miligram kalsium
  • 0,6 miligram zat besi
  • 8 miligram magnesium
  • 16 miligram fosfor
  • 138 miligram kalium
  • 5,1 miligram kolin

10 Manfaat Lemon untuk Wajah

1. Mencegah dan Mengatasi Penuaan Dini

Ilustrasi Penuaan Dini (sumber: hartonomall.com)

Lemon yang dikenal sebagai sumber vitamin C dapat menjadi opsi perawatan alami dalam mencegah menuaan dini. Lemon dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat menjadi antioksidan untuk membantu pembentukan kolagen.

Pembentukan kolagen akan membantu menangkal radikal bebas dan menjaga kulit tetap kencang sehingga terlihat awet muda. Lemon dipercaya efektif untuk mengatasi berbagai tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, kandungan nutrisi pada buah lemon dinilai ampuh untuk mengatasi flek hitam pada wajah. Grameds hanya perlu mengaplikasikan air perasan lemon ke daerah flek hitam yang mengganggu.

Air perasan lemon mengandung manfaat baik untuk membantu memutihkan wajah dan membuat wajah lebih bersih. Kemudian air perasan lemon akan membantu pengelupasan kulit untuk mengurangi pigmentasi.

2. Mengobati Jerawat

Manfaat lemon yang dijadikan opsi perawatan alami dapat membantu mengobati jerawat. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan buah lemon yang memiliki efek antibakteri dapat mengatasi jerawat membandel non inflamasi.

Kandungan nutrisi pada buah lemon juga dinilai ampuh untuk mengobati jerawat saat sindrom pramenstruasi. Penasaran bagaimana caranya? Grameds hanya perlu mengambil air perasan lemon yang telah dicampurkan sedikit air.

Setelah itu, aplikasikan campuran tersebut ke bagian wajah yang berjerawat menggunakan cotton bud. Diamkan selama 15 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bilas wajah menggunakan air bersih.

Kemudian Grameds juga bisa memanfaatkan buah yang satu ini untuk mengobati jerawat dengan cara meminum air perasan 1 lemon utuh yang dicampur 3 gelar air. Simpan air lemon tersebut untuk diminum sepanjang hari. Dengan begitu, air lemon akan bekerja mengatasi jerawat dari dalam tubuh.

3. Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Selain membantu mengobati jerawat, manfaat lemon juga baik untuk menyamarkan bekas jerawat. Kandungan AHA (alpha hydrocy acid) pada lemon bekerja efektif untuk membantu menyamarkan noda bekas jerawat.

Kemudian lemon yang mengandung asam sitrat memiliki sifat eksfolian untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan wajah. Dengan begitu, noda bekas jerawat akan tergantikan oleh sel kulit baru.

Lalu, bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mengusapkan lemon pada wajah untuk memudarkan bekas jerawat yang mengganggu. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan bilas wajah dengan air bersih. Lakukan ritual ini secara rutin untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

tombol beli buku

4. Mencerahkan Wajah

Sebagian besar orang tentu mendambakan kulit wajah yang cerah dan bersinar. Grameds bisa menggunakan buah lemon yang kaya akan vitamin C sebagai alternatif perawatan alami untuk mencerahkan wajah.

Memakai masker lemon dan mengonsumsi jus lemon secara rutin dapa membantu membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Lemon yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat bekerja efektif dalam mencerahkan kulit wajah dari waktu ke waktu.

Kandungan vitamin C pada buah lemon dikenal sebagai antioksidan yang baik untuk mendorong produksi kolagen dan menetralkan radikal bebas. Mencampurkan perasan lemon dengan air dapat membantu mencerahkan wajah secara alami.

Aplikasikan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Biarkan masker lemon bekerja efektif pada wajah dan bilas dengan air bersih. Kemudian kamu juga bisa menggunakan air perasan lemon dengan campuran madu sebagai masker wajah.

Oleskan air perasan lemon dengan madu pada wajah yang sudah dibersihkan, tunggu sekitar 15-20 menit, dan bilas menggunakan air hangat. Rutin melakukan ritual ini dipercaya efektif untuk membantu mencerahkan wajah secara permanen.

5. Menghilangkan Komedo

Ilustrasi Komedo Pada Wajah (sumber: hellosehat.com)

Setiap orang tentu mendambakan wajah yang sehat dan bersih. Komedo menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhkan banyak orang. Bintik kecil yang muncul di pori-pori kulit sebagai cikal bakal tumbuhnya jerawat disebut komedo.

Lemon dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menghilangkan komedo secara alami. Kandungan asam sitrat pada buah lemon dipercaya ampuh untuk mengangkat sisa-sisa sel kulit mati.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengaplikasikan air perasan lemon pada daerah wajah yang memiliki komedo. Oleskan air perasan lemon menggunakan cotton bud untuk menjaga kebersihan. Lakukan hal ini secara rutin untuk menghilangkan komedo secara maksimal.

6. Memutihkan Wajah

Selain membantu mengatasi wajah berminyak, lemon dapat dimanfaatkan untuk memutihkan wajah. Kandungan asam sitrat pada buah lemon dapat bekerja sebagai komponen pemutihan alami. Lemon dengan sifat pemutih di dalamya dapat membantu membersihkan dan mencerahkan kulit.

Penasaran bagaimana caranya? Grameds hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan air perasan lemon dan 3 sendok makan air putih. Aduk campuran tersebut secara merata dan aplikasikan pada seluruh wajah.

Diamkan selama 30 menit dan bilas wajah dengan air dingin. Grameds juga bisa menambahkan madu ke dalam campuran tersebut guna mengurangi iritasi kulit. Lakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam memutihkan wajah.

tombol beli buku

7. Melembapkan Wajah

Kandungan nutrisi pada buah lemon terbukti ampuh untuk membantu melembapkan wajah. Lemon atau Citrus limon yang hadir dengan sifat antibakteri dapat manjadi pelembap alami bagi wajah.

Grameds dapat memanfaatkan air perasan lemon sebagai masker untuk melembapkan wajah secara alami. Usapkan air perasan lemon menggunakan kapas sebagai zat penambah pada pelembap.

Kandungan kalium atau potasium pada lemon dinilai ampuh untuk meningkatkan kelembapan dan membuat kulit terasa lebih kenyal. Bahkan, senyawa kalium atau potasium pada lemon kerap digunakan dalam berbagai produk kosmetik.

Senyawa tersebut biasa digunakan dalam produk kosmetik seperti sabun cuci muka dan sunscreen. Buah lemon dengan senyawa kalium di dalamnya berfungsi untuk membantu menyesuaikan pH kulit agar lebih lembap dan terhidrasi.

8. Mengatasi Wajah Berminyak

Ilustrasi Wajah Berminyak (sumber: hellosehat.com)

Kulit berminyak dapat diartikan sebagai kondisi kelenjar sebasea pada kulit yang menghasilkan sebum berlebih. Kondisi tersebut kerap mengganggu penampilan dan membuatmu kurang percaya diri.

Kondisi kulit berminyak akan membuat wajah tampak kusam. Kandungan nutrisi pada buah lemon dipercaya efektif untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang mengganggu penampilan dan tampilan wajah.

Lemon dengan kandungan asam sitrat bekerja sebagai astringen untuk membantu mengatasi wajah berminyak. Grameds hanya perlu meneteskan air perasan lemon ke kapas dan usapkan pada wajah setelah mandi untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

9. Mengangkat Sel Kulit Mati

Buah lemon sebagai sumber vitamin C baik untuk kesehatan kulit wajah. Kulit lemon dipercaya ampuh sebagai eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Kulit lemon yang kaya akan antioksidan juga mampu melawan radikal bebas.

Grameds bisa membuat masker kulit lemon di rumah untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan tepung, susu dingin, dan bubuk kulit lemon untuk membersihkan dan mengeksfoliasi wajah.

10. Scrub Bibir

Selain berguna untuk mengangkat sel kulit mati, buah lemon dapat dipakai pada area bibir untuk membuat scrub bibir sendiri. Kandungan AHA pada jus lemon akan bekerja efektif sebagai eksfoliator kimia yang melonggarkan sel-sel kulit mati.

Campuran lemon dengan gula bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru pada bibir. Lemon yang dipadukan dengan gula dapat membuat permukaan bibirmu terasa lebih halus.

Caranya cukup mudah, Grameds hanya perlu memotong lemon menjadi dua bagian dan taburkan gula di bagian atasnya. Setelah itu, oleskan lemon pada bibir dengan gerakan memutar secara perlahan.

Kemudian diamkan selama 15 menit, bilas dengan air, dan lakukan ritual ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan bibir yang lebih halus. Namun, cara ini tidak disarankan untuk bibir yang sedang iritasi atau mengalami masalah.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Nah Grameds, itulah beberapa manfaat lemon yang baik untuk perawatan kulit wajah. Meski buah lemon memiliki segudang manfaat baik untuk wajah, Grameds tetap disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter demi mewaspadai adanya efek samping yang tidak diinginkan.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila