in

10 Manfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Kristal – Apakah Grameds salah satu pecinta buah jambu krsital? Pernah mencobanya? Buah jambu kristal cukup populer di Indonesia karena buah yang satu ini dikenal dengan rasa manis dan renyah pada dagingnya.

Jambu kristal atau yang akrab disapa guava crystal merupakan jenis turunan dari jambu biji hasil perkawinan silang. Jambu kristal identik dengan jumlah biji yang sangat sedikit. Total bijinya diketahui hanya 3% dari berat buahnya.

Meski tergolong sebagai buah yang populer, masih ada sebagian orang yang tidak tahu tentang jambu kristal. Buah turunan jambu biji ini diketahui berasal dari Distrik Kao Shiung Taiwan pada tahun 1991.

Jambu kristal diketahui dapat berbuah dan berbunga sepanjang tahun. Secara morfologi, batang jambu kristal berkayu keras dan tidak mudah patah. Kemudian bunga jambu kristal tergolong sebagai bunga tunggal dengan kelopak berbentuk corong.

Jambu kristal merupakan tanaman tropis yang dapat tumbuh dengan intensitas curah hujan berkisar 1.000-2.000 mm per tahun. Budidaya jambu kristal di Indonesia tergolong cukup tinggi karena pemintaan pasar terus melonjak.

Bagi kamu pecinta jambu kristal pasti tahu bahwa varian jambu ini lebih mahal dibanding kawan-kawannya. Pulau Jawa menjadi sentra penanaman buah jambu kristal terbesar di Indonesia. Jambu kristal memiliki beragam manfaat di balik nilai ekonomi yang lebih tinggi itu.

Jambu kristal dengan teksturnya yang renyah menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan hingga mengobati sariawan. Penasaran apa saja kandungan nutrisi dan manfaat dari buah jambu kristal? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas.

Kandungan Nutrisi Jambu Kristal

Sebagai salah satu jenis jambu biji, jambu kristal yang memiliki nama latin Psidium guajava menyimpan banyak kandungan nutrisi. Berikut ini penjelasan tentang kandungan nutrisi dalam 100 gram jambu kristal bagi kesehatan tubuh yang perlu Grameds ketahui.

  • 82,8 gram air
  • 0,9 gram protein
  • 61 kalori energi
  • 0,3 gram lemak
  • 15,4 gram karbohidrat
  • 0,6 gram abu
  • 4,5 gram serat
  • 31 miligram kalsium
  • 41 miligram fosfor
  • 0,2 miligram zat besi
  • 20 miligram natrium
  • 103 miligram kalium
  • 0,04 miligram tembaga
  • 0,5 miligram zinc
  • 53 mikrogram beta karoten
  • 1,02 miligram vitamin B1
  • 0,06 miligram vitamin B2
  • 1,3 miligram niasin
  • 116 miligram vitamin C

tombol beli buku

10 Manfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kelancaran sistem pencernaan dipengaruhi oleh makanan dan aktivitas sehari-hari. Menyerap nutrisi dan menghilangkan limbah dari tubuh merupakan tugas utama bagi organ-organ pencernaan.

Jambu kristal dengan kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya efektif untuk membantu menjaga dan melancarkan sistem pencernaan. Khasiat tersebut datang dari kandungan serat alami pada buah jambu kristal.

Rutin mengonsumsi buah jambu kristal dinilai baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Dikutip dari laman Mayo Clinic, rutin mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat membantu menormalkan gerakan usus. Pergerakan organ usus menjadi lebih lancar saat serat harian tercukupi setiap harinya.

Dengan mengonsumsi jambu kristal, masalah pencernaan terkait dengan sembelit akan hilang. Jambu kristal yang tinggi serat dapat membantu memadatkan feses yang terlalu encer sehingga mampu mencegah dan mengobati diare.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi Mata yang Sehat (sumber: www.hemaviton.com)

Mata menjadi salah satu panca indra yang paling penting dan berperan besar dalam penglihatan. Grameds bisa melihat keindahan alam anugerah dari Tuhan yang patut disyukuri melalui mata sebagai panca indra.

Penting untuk menjaga kesehatan mata guna menghindari gangguan mata, seperti katarak, refraksi, hingga glaukoma. Untuk itu, kamu perlu menjaga dan merawat kesehatan mata dengan mengonsumsi buah-buahan.

Jambu kristal diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga mata agar tetap sehat. Kandungan vitamin A pada jambu kristal mampu menghindari berbagai gangguan mata, seperti silinder, rabun dekat, rabun jauh, dan rabun ayam.

3. Sumber Antioksidan

Senyawa yang berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh ialah antioksidan. Grameds bisa menemui beberapa buah-buahan yang dapat menjadi sumber antioksidan untuk tubuh.

Buah jambu kristal yang kaya akan antioksidan berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan pada jambu kristal atau guava crystal dipercaya mampu mencegah adanya radikal bebas.

Radikal bebas sendiri akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan karena dapat mempercepat penuaan dini terhadap kulit. Jika hal tersebut dibiarkan, maka efek mematikan seperti kanker ataupun penyakit kronis lainnya akan bermunculan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

tombol beli buku

4. Baik untuk Ibu Hamil

Buah merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Semua orang tentu dapat merasakan manfaat atau khasiat dari jambu kristal, termasuk ibu hamil.

Ibu hamil perlu menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh agar tetap terpenuhi dengan baik. Asam folat merupakan salah satu asupan yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil.

Buah yang mengandung nutrisi asam folat berperan penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Saat merencanakan kehamilan atau sedang menjalani masa kehamilan, Grameds dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat hingga akhir masa kandungan.

Jambu kristal yang termasuk dalam famili Mirtaceae mengandung sumber asam folat tinggi untuk ibu hamil. Wanita dalam kondisi mengandung membutuhkan asupan nutrisi yang mengandung asam folat tinggi untuk menghindari masalah cacat saraf ataupun cacat otak pada bayi.

5. Meredakan Flu dan Batuk

Ilustrasi Penyakit Flu (sumber: www.alodokter.com)

Meski bisa hilang dengan sendirinya, flu dan batuk jangka panjang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan flu dan batuk, mulai dari mengonsumsi obat herbal hingga buah-buahan.

Sebagian orang mungkin belum mengetahui manfaat jambu kristal yang satu ini. Kandungan nutrisi pada buah jambu kristal diketahui efektif untuk meredakan flu dan batuk yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Daun, kulit, dan daging buah jambu kristal mengandung senyawa flavonoid yang baik sebagai antibakteri. Jambu kristal yang memiliki kandungan antimikroba memegang peranan penting untuk melawan virus penyebab flu dan batuk.

Kemudian kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu kristal dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan mempercepat penyembuhan penyakit. Kondisi imun yang terjaga mampu melawan kehadiran virus pengganggu kesehatan tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung masih menyumbang angka kematian yang cukup besar di Indonesia. Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan memperbanyak konsumsi buah.

Kondisi jantung yang sehat merupakan impian semua orang. Hal tersebut tidak mengherankan karena jantung adalah organ tubuh yang berperan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Kandungan nutrisi buah jambu kristal bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung sebagai sistem organ tubuh yang sangat vital. Kandungan kalium dan serat yang tinggi dalam buah jambu kristal dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan nutrisi buah jambu kristal juga efektif untuk menurunkan kolestrol dan tekanan darah. Rutin mengonsumsi jambu kristal dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung menjadi lebih sehat.

tombol beli buku

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Setiap orang tentu mendambakan kondisi kulit yang sehat. Kandungan vitamin E buah jambu kristal dipercaya mampu untuk menjaga asupan nutrisi pada kulit. Kemudian jambu kristal yang memiliki sifat antioksidan dapat menjaga kebutuhan vitamin agar tercukupi dengan baik.

Kehadiran vitamin E pada buah jambu kristal berperan penting dalam pembentukan kolagen atau protein yang menjaga elastisitas kulit. Kandungan nutrisi yang tinggi dari buah jambu kristal juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Jambu kristal yang memiliki sifat antioksidan, mineral, dan vitamin mampu menjaga kelembapan dan mencegah penuaan. Selain itu, kandungan vitamin C pada jambu kristal juga dapat mengatasi masalah kulit berupa iritasi dan kemerahan.

6. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Penurunan Berat Badan (sumber: lifestyle.kompas.com)

Mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin dan serat secara rutin terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Mengonsumsi buah-buahan dapat menjadi alternatif alami dalam menurunkan berat badan.

Grameds yang berniat menurunkan berat badan dapat mengganti makan siang dengan satu atau dua buah jambu kristal untuk mengganjal perut hingga makan malam tiba. Jambu kristal yang kaya akan vitamin, serat, dan protein dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Jambu kristal sebagai buah pencuci mulut dapat dijadikan menu camilan sehat dalam program diet. Buah yang satu ini sangat cocok untuk Grameds yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan.

Jambu kristal diketahui mengandung kadar kalori rendah dengan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah jambu kristal setiap hari sebagai camilan diet sehat sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat diartikan sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Sistem kekebalan tubuh akan melindungi kamu dari serangan organisme atau kuman penyebab penyakit.

Ada berbagai langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya ialah mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.

Jambu kristal yang kaya akan vitamin C dapat dikonsumsi secara rutin untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan vitamin C pada jambu kristal bekerja efektif untuk melawan radikal bebas.

Selain itu, kandungan tersebut penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuh mampu menghadapi serangan infeksi dan siap melawan patogen penyebab penyakit

10. Mencegah dan Mengobati Sariawan

Grameds tentu sudah akrab dengan istilah penyakit sariawan, bukan? Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan yang menimbulkan rasa sakit, tidak nyaman, dan membuat nafsu makan hilang. Sariawan atau stomatitis aftosa merupakan luka pada mulut yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Sariawan yang timbul biasanya berbentuk oval atau bulat dengan warna putih kekuningan. Kemudian sariawan yang muncul akibat peradangan memiliki tepian berwarna merah dengan ukuran dan jumlah yang bervariasi.

Sariawan bisa pulih dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-2 minggu. Untuk mencegah dan mengobati sariawan ternyata tak harus menggunakan obat-obatan, lho Grameds. Mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin dan mineral dapat digunakan untuk mengobati sariawan agar cepat hilang

Selain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jambu kristal yang kaya akan vitamin C dapat dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati sariawan. Mengonsumsi jambu kristal secara rutin dapat memenuhi kebutuhan vitamin C yang bekerja mencegah dan mengobati sariawan.

Grameds, demikianlah ulasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat jambu kristal untuk kesehatan tubuh. Kini Grameds tidak perlu ragu untuk mengonsumsi jambu kristal demi merasakan manfaat jangka panjangnya.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila