in

8 Manfaat Infused Water Lemon Yang Sehat untuk Tubuh

Manfaat infused water lemon – Dikenal banyak mengandung sumber vitamin C dan mineral, lemon memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi. Selain itu, lemon memiliki banyak kegunaan lain seperti untuk kecantikan, kebersihan, kesehatan, aroma, dan masih banyak lagi.

Jeruk lemon merupakan buah yang berasal dari tanaman Citrus limon. Buah ini memiliki bentuk bulat yang agak memanjang. Lemon memiliki kulit warna kuning cerah ketika matang dan kulitnya cukup tebal.

Buah lemon memiliki warna daging yang kuning pucat, dengan aromanya yang segar dan khas. Lemon memiliki rasa yang sangat asam sehingga hanya segelintir orang yang memang sangat menyukai rasa asam yang bisa memakan buah lemon utuh tanpa campuran apapun.

Aroma citrus yang terhirup memberikan efek rasa positif dari orang yang menciumnya. Aroma lemon sering dijadikan sebagai essential oils yang akan mengeluarkan uap melalui mesin diffuser.

Kandungan dari Buah Lemon

RichardJohn/Pixabay.com

Lemon memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut daftar kandungan yang ada dalam jeruk lemon dilansir dari Food Data (Central Departemen Pertanian Amerika Serikat:

  1. 89% Air
  2. 2,8 g Serat
  3. 0,3 g Lemak
  4. 2,5 g Gula
  5. 16 mg Fosfor
  6. 0,03 mg Mangan
  7. 8 mg Magnesium
  8. 29 kal Kalori
  9. 9,3 g Karbohidrat
  10. 0,06 mg Seng
  11. 0,04 microgram Selenium.
  12. 0,04 mg Tembaga
  13. 138 mg Kalium
  14. 1,1 g Protein
  15. 1 microgram Vitamin A
  16. 0,04 mg Vitamin B1 (Tiamin)
  17. 0,02 mg Vitamin B2 (Riboflavin)
  18. 0.01 mg Vitamin B3 (Niasin)
  19. 53 mg Vitamin C
  20. 0,15 miligram Vitamin E
  21. 0,019 miligram Vitamin B5 (Asam pantotenat)
  22. 0,08 miligram Vitamin B6 (Piridoksin)
  23. 5,1 miligram Kolin
  24. 11 mikrogram Vitamin B9 (Folat)
  25. 26 miligram Kalsium
  26. 0,6 miligram Zat besi
  27. 2 miligram Sodium

Dari berbagai kandungan tersebut, bisa kita lihat betapa banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu, karena gabungan dari kandungan ini juga, lemon memiliki khasiat untuk mengobati permasalahan yang ada didalam perut.

Jeruk lemon bisa ditemukan dimana saja seperti di supermarket dan di pasar. Lemon yang baik memiliki tekstur kulit yang kokoh dan tidak berkerut, sehingga tandanya lemon tersebut masih fresh dan layak untuk dikonsumsi.

Jika lemon yang kamu miliki sudah mengalami tanda-tanda tidak segar, manfaatkan saja lemon untuk menjadi alternatif membersihkan noda di tempat cuci piring, di wastafel, dan di berbagai permukaan besi yang memiliki noda kerak dari air.

Caranya mudah, kalian bisa memberikan baking soda pada lemon yang sudah kamu kupas, dan gosokkan pada permukaan yang ingin kamu bersihkan.

Bisa juga dengan memeras sari buah lemon, dicampur dengan baking soda dan dituangkan ke wadah yang bisa menyemprot air. Kemudian, bersihkan seperti biasa.

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

Bisa juga kalian manfaatkan untuk membuat masker wajah, karena lemon dinilai dapat mengangkat sel kulit mati wajah karena mengandung acid yang bisa membuang sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Selain itu, dapat meredakan jerawat karena memiliki anti inflamasi.

Caranya mudah, kalian bisa memotong buah lemon dan langsung mengusapkannya ke wajah yang sudah bersih. Setelah itu didiamkan selama 10-15 menit, dan bilas dengan air bersih.

Nah, jeruk lemon yang masih segar alangkah baiknya kita konsumsi karena segala vitamin dan kandungan yang ada masih terjaga dan fresh.

Kita bisa mengkonsumsi jeruk lemon dengan cara memeras airnya dan dituang menjadi dressing salad, atau dituang di atas daging salmon untuk menghilangkan bau amis, dituang di atas masakan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kita bisa mengakali agar kita menemukan keseruan dalam mengkonsumsi air putih, lemon bisa menjadi salah satu rekomendasi topping yang bisa dimasukkan ke dalam air minuman kita.

Wah, terdengar segar sekali ya? Apalagi jika diminum dengan es batu di siang hari. Ternyata, air yang ditambahkan dengan potongan buah ada nama sebutannya, lho Grameds!

Apa Itu Infused Water?

Air yang diberi potongan buah, dan dibiarkan beberapa jam agar sari-sari buahnya menyatu dengan air tersebut disebut juga dengan infused water. Yup, diibaratkan sebagai air yang diinfus dengan sari buah.

Infused water sendiri sebenarnya proses dalam memberikan rasa, atau warna alami ke dalam air putih yang memanfaatkan bahan alami seperti dari buah ataupun sayuran. Hal ini merupakan alternatif agar kita bisa lebih menikmati air putih dengan sedikit rasa dari buah yang kita celupkan ke air tersebut.

Infused water akan mengandung vitamin dan kandungan yang ada pada buah dan sayuran karena mereka direndam selama beberapa saat. Oleh karena itu meminum infused water dinilai bisa menyehatkan dan memberi beberapa manfaat yang akan diperoleh jika diminum rutin.

Minuman ini sempat populer dikalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang sedang menjalani proses penurunan berat badan. Ketika melakukan diet, minum air putih sebanyak 2 Liter perhari merupakan hal wajib jika ingin mendapatkan metabolisme tubuh yang sehat.

Dengan adanya infused water ini, bagi sebagian orang yang kurang menyukai minum air putih akan sangat terbantu karena ada sedikit rasa buah dan sayur di minumannya tersebut. Sehingga, mereka bisa minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan air putih tawar begitu saja.

Tidak hanya untuk yang berdiet, kalangan yang ingin melakukan detox tubuh dan sedang menjalani hidup sehat juga merasakan infused water ini sebagai variasi minuman yang bisa ditambahkan ke menu hidup sehat mereka. Infused water bisa diisi dengan bermacam-macam buah sesuai selera.

Umumnya, infused water diisi dengan air dan buah-buahan yang rasanya asam. Contoh buahnya yaitu seperti lemon, stroberi, kiwi, apel dan jeruk.

Tidak disarankan buah yang mudah hancur seperti pisang, alpukat, pepaya, mangga dan lain lain. Sayuran yang biasa dipakai juga yang bersifat menyegarkan seperti timun, dan daun mint. Bagi Grameds yang ingin tahu lebih banyak tentang infused water, maka bisa membaca buku Keajaiban Air & Buah Jadi Satu: Infused Water, Mendapatkan Air Yang Bervitamin.

 

Yang paling sering menjadi topping utama sebagai infused water adalah infused water lemon. Karena rasanya yang segar, dan dengan dicampurkan ke air putih akan mengurangi rasa asamnya sehingga lebih bisa dinikmati.

Banyak orang mengatakan bahwa mengkonsumsi air lemon itu bisa menyehatkan tubuh. Namun, masih sedikit penelitian ilmiah melakukan penelitian manfaat dari air lemon dengan lemon yang dicampur air (infused water lemon) ini. Kebanyakan, mereka meneliti manfaat tersebut secara terpisah (manfaat air lemon dan manfaat air putih itu sendiri).

Jadi, apa sih manfaat minuman ini jika dikonsumsi? Yuk, intip manfaat infused water lemon dibawah ini:

Manfaat Infused Water Lemon

kirahoffmann/Pixabay.com

Untuk kalian yang sedang mencari alternatif menyenangkan dalam hidup sehat yang ingin membatasi minuman berkarbonasi, gula dan berwarna, infused water lemon bisa menjadi jawaban bagi Anda.

Selain rasanya segar, bahan-bahan yang dipakai juga menyehatkan dan alami sehingga akan bermanfaat bagi tubuh. Terlebih, kalian bisa mendapatkan vitamin dan kandungan lain yang terdapat dalam lemon juga.

Simak manfaat infused water lemon bagi tubuh pada uraian di bawah ini:

1. Dapat Melancarkan Proses Pencernaan

Minum air yang cukup berguna untuk memenuhi asupan cairan tubuh agar pencernaan kita bisa menjadi lancar. Ditambahkan dengan sari buah lemon, lemon mengandung zat polifenol yang melancarkan pencernaan.

Minuman ini bisa menjadi alternatif untuk melengkapi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan. Selain itu, dengan terpenuhinya cairan tubuh, sistem pencernaan kita dapat berjalan lebih optimal dan membuang racun di tubuh.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Minuman ini akan menjadi pilihan tepat bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan, Grameds. Maka dari itu, jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka ada baiknya konsumsi infused water lemon ini secara rutin.

Dengan melakukan diet sehat, tentunya efek ke tubuh kita akan lebih baik dalam jangka panjang. Infused water lemon ini tidak hanya sehat, tapi juga masih bisa dinikmati, segar dan juga enak. Terlebih jika kalian menambahkan variasi rasa dalam minuman ini.

Infused water lemon juga mengandung serat yang bisa membantu kalian dalam menurunkan berat badan. Kalian bisa mengisi rasa lapas kalian yang berlebih dengan minum infused water lemon.

Infused water lemon akan bekerja lebih efektif ketika diminum di pagi hari saat bangun tidur, dan saat sebelum tidur. Dengan demikian, proses penurunan berat badan bisa lebih efektif, karena metabolisme tubuh lebih lancar dan pencernaan jadi terjaga.

Bicara tentang food combining, rasanya memang sangat luas. Dengan mengetahuinya, maka kita akan menemukan komposisi gizi yang pas yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu ingin mencari tahu lebih banyak tentang food combining, maka bisa membaca buku Food Combining A Healthy Life : Sehat, Mudah, Menyenangkan.

 

3. Dapat Mempersehat Kulit 

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari infused lemon water adalah efeknya bagi kesehatan kulit. Kandungan antioksidan alami yang terkandung dalam lemon dan air mineral berfungsi untuk melindungi dan lawan efek penuaan.

Lemon juga bisa membantu mengurangi bintik hitam di kulit yang diakibatkan produksi melanin. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang bisa mencerahkan kulit jika dikonsumsi dan diaplikasikan secara langsung ke kulit.

Selain itu, campuran dari vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam lemon juga bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga kulit bisa terlihat lebih awet muda karena lebih lembab.

Rutin konsumsi infused water lemon juga akan membantu kulit kita tampak cerah dan bercahaya. Diselingi dengan skincare yang tepat juga ya, Grameds!

4. Tinggi Kandungan Vitamin C 

Buah lemon dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi bahkan disebut sebagai salah satu sumbernya. Vitamin C berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, vitamin C juga bisa untuk mencegah kita terkena flu maupun demam. Infused water lemon memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa menyehatkan tulang, gigi, dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Vitamin C sangat diperlukan terutama di masa-masa pandemi ini agar kita bisa terlindung dari paparan virus. Imunitas tubuh yang kuat akan menghalangi kita dari virus-virus penyakit. Oleh karena itu, penting untuk menjaga imun tubuh supaya selalu sehat dan fit.

Vitamin C juga berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian dan akan sangat baik bagi penderita defisiensi zat besi mengkonsumsi vitamin C. Kalian bisa mendapatkan kandungan vitamin C melalui infused water lemon ini.

5. Dapat Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Asam sitrat yang terkandung dalam lemon, otomatis akan larut dalam air yang kita buat ini. Organ ginjal memiliki peran penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring cairan dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi infused lemon water, cairan tubuh yang masuk ke dalam tubuh merupakan cairan baik yang penuh vitamin, sehingga akan menjaga kesehatan ginjal kita.

Selain itu, dengan meminum infused lemon water secara rutin kita akan menjaga siklus pembuangan kotoran dalam tubuh (detoksifikasi) lebih lancar, dan tekanan darah dalam tubuh jadi lebih stabil.

Ginjal yang bermasalah akan berkaitan dengan batu ginjal, yang diakibatkan oleh bekas kotoran dari kandungan kalsium oksalat dan juga asam urat, mengkristalisasi. Hal ini terjadi karena proses detoksifikasi tubuh tidak berjalan lancar.

Untuk mencegah kristalisasi ini, infused lemon water bisa menjadi solusi untuk dikonsumsi secara rutin agar terhindar dari kekurangan cairan. Selain itu, infused water lemon mengandung banyak vitamin yang akan menyehatkan sistem kerja ginjal kita.

6. Mendukung Proses Detoksifikasi

Selain melancarkan pencernaan, infused water lemon juga bermanfaat untuk membantu tubuh kita melakukan detoksifikasi atau dimengerti sebagai proses pembuangan zat racun tubuh, yang jika dibiarkan terlalu lama akan menjadi racun yang berbahaya.

Proses detoksifikasi ini nantinya akan mendorong fungsi kerja ginjal, liver (organ hati) dan juga sistem pencernaan kita yang lainnya supaya membuang kotoran sisa makanan yang kita konsumsi. Kandungan asam sitrat yang terkandung dalam lemon akan meningkatkan efektivitas enzim sehingga fungsi kerja hati dapat terangsang ketika proses detoksifikasi.

7. Dapat Meningkatkan Stamina Tubuh

Infused water lemon jika diminum setiap pagi akan mendorong stamina tubuh kita menjadi lebih fit dan bersemangat. Efeknya yang membuat mood lebih happy akan membuat kita memulai hari dengan semangat.

Selain itu, infused lemon water juga meningkatkan energi kita untuk melawan rasa lelah. Tubuh kita akan terasa lebih ringan, dan terhindar dari rasa kelelahan.

 

8. Dapat Menjaga Kadar pH Darah

Infused lemon water merupakan campuran dari air dan lemon, yang berfungsi untuk mengatur kadar pH darah dalam tubuh, atau disebut juga tingkat keasaman. Buah lemon merupakan buah yang memiliki kadar asam yang tinggi.

Kandungan asam sitrat yang terkandung dalam infused water lemon akan membantu tubuh mempertahankan pH-nya dalam jumlah yang ideal. Selain itu, karena efeknya bisa mencegah penambahan berat badan berlebih, maka bisa mencegah resiko dari itu penyakit jantung atau permasalahan pada jantung.

Tentunya segala manfaat diatas akan diperoleh jika kita tidak terlalu mengkonsumsi secara berlebih ya Grameds. Apapun yang berlebih, efeknya akan menjadi tidak baik bagi tubuh.

Kita sudah membahas mengenai sederet kandungan yang ada dalam lemon dan manfaat dari infused water lemon. Dalam jumlah yang tepat, kita bisa manfaatkan buah ini untuk mendukung tubuh kita supaya lebih sehat dan fit.

Yuk, di tahun 2023 kita terapkan pola hidup sehat dimulai dengan membuat minuman infused water lemon di rumah. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke yang lainnya dan cek Gramedia.com untuk buku-buku menarik lainnya.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Alicia

Rujukan:

  • https://www.honestdocs.id/manfaat-infused-water-lemon
  • https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-infused-water-lemon-untuk-pencernaan
  • https://kesehatan.kontan.co.id/news/tak-disangka-inilah-7-manfaat-infused-water-lemon-untuk-kesehatan?page=all
  • https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-infused-water-lemon
  • https://katadata.co.id/iftitah/berita/6177bf9c31055/7-manfaat-lemon-untuk-kesehatan-berdasarkan-penelitian


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah