in ,

20 Macam Hiasan Akuarium: Ide Unik untuk Mempercantik Akuarium

Macam hiasan akuarium – Akuarium merupakan sebuah vivarium yang diambil dari bahasa Latin “viva” yang artinya kehidupan serta “arium” yang artinya sebuah tempat/wadah/ruang. Vivarium merupakan sebuah tempat yang dibuat dengan tujuan membuat habitat yang menyerupai ekosistemnya, hal ini termasuk untuk ekosistem darat maupun air.

Salah satu yang paling populer dari penggunaan vivarium atau akuarium adalah untuk memelihara ikan yang dari dulu hingga masa saat ini populer dan digemari banyak orang, baik dalam bentuk sangat besar yang biasa ada pada wisata akuarium.

Akuarium memiliki sejarah tersendiri juga, di mana pada zaman romawi kuno ikan menjadi hewan peliharaan pertama yang dimasukkan ke dalam kolam kecil yang berlokasi di bawah kamar tidur tamu. Kemudian adanya perkembangan pada teknologi kaca pada masa itu membuat salah satu dari dinding kolam diganti dengan bahan kaca yang dapat memberikan tingkat lebih tinggi untuk melihat pandangan kolam tersebut.

Hingga pada tahun 1369 kaisar dari Tiongkok yaitu kaisar Hóngw? mendirikan sebuah perusahaan yang mengembangkan produksi porselen yang bertujuan untuk menghasilkan tabung porselen yang menjadi tempat untuk memelihara ikan mas hias dan kemudian tabung tersebut berkembang menjadi bentuk mangkok bola.

Nah, seiring dengan perkembangan zaman, akuarium saat ini marak di pasaran dan mudah untuk dijangkau. Beragam macam hiasan akuarium dapat dipilih untuk memberikan nuansa habitat dari ekosistem ikan-ikan.

20 Macam Hiasan Akuarium

Berikut 20 macam hiasan akuarium yang bisa dipilih oleh Grameds untuk mempertimbangkan hiasan mana yang paling cocok untuk ikan peliharaan Grameds.

1. Hiasan Batu Fosil Pasir

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan batu fosil ini dapat dipilih Grameds karena dapat memberikan visual yang indah serta asri. Grameds dapat menatanya sesuai dengan keinginan dan selera. Nilai harga pada hiasan batu fosil ini juga terjangkau namun memiliki kualitas yang tinggi. Grameds dapat membeli batu fosil dengan mudah di toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko offline.

2. Hiasan Driftwood Artificial

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan macam hiasan akuarium driftwood artificial ini dapat dipilih Grameds karena memiliki karakteristik yang adem dan terlihat alami. Driftwood artificial memiliki fisik yang padat dan berat bobot yang kuat hingga tidak akan mengapung saat diisi oleh air dan juga hiasan berbahan kayu ini tidak mudah untuk membusuk.

Hiasan ini bisa Grameds temukan dengan banyak variasi dan bentuknya juga pada toko akuarium/ikan hias. Hiasan driftwood artifisial ini umumnya dapat ditemukan di alam bebas (sungai, danau, pantai, atau taman). Selain itu hiasan driftwood artifisial ini dapat Grameds pasang dengan selang yang bertujuan menyuplai oksigen ke dalam air. Oleh karena bentuk dari driftwood artifisial ini memiliki lubang, maka perlu menyembunyikannya agar tak terlihat dari luar akuarium.

3. Hiasan Batu Bahan Keramik

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan macam hiasan akuarium batu keramik ini dapat dipilih Grameds karena memiliki karakteristik yang bermanfaat memberikan antistres untuk para ikan karena dapat memberikan nuansa lingkungan dasar yang lebih solid dibandingkan permukaan kaca pada akuarium yang bersifat transparan dan mengkilap.

Pada batu keramik juga biasanya terdapat lubang untuk para ikan bersembunyi dan beristirahat. Grameds dapat menata batu-batu keramik ini pada dasar akuarium dengan teknik merata atau dikumpulkan pada salah satu sisi akuarium. Jenis batu keramik ini memiliki kualitas yang tinggi sehingga memiliki nilai harga yang cukup tinggi. Bebatuan keramik juga memiliki banyak ragam warna sehingga grameds bisa memilih sesuai dengan keinginan dan selera Grameds.

4. Hiasan Akuarium Aquascape

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan dengan tema aquascape atau pemandangan bawah laut ini dapat dipilih Grameds karena akan menjadi sangat mirip dengan habitat asli dari para ikan. Grameds dapat memberikan dekorasi bawah laut, seperti karang, anemon, miniatur, live rock, kapal laut, kerang, karang, dan lainnya.

Selain itu, melalui hiasan bertemakan aquascape ini Grameds juga bisa menanamkan tanaman air di dalam akuarium yang dapat berguna untuk para ikan bersembunyi. Hiasan akuarium bertemakan aquascape ini dapat memberikan visual yang indah untuk dilihat dan menambah estetika ruangan di rumah.

5. Hiasan Akuarium Akar Bonsai

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akar bonsai ini dapat dipilih Grameds karena memiliki karakteristik membuat lingkungan akuarium yang sehat karena akar bonsai dapat memperlambat pertumbuhan lumut. Dengan menggunakan hiasan akar bonsai pada akuarium, Grameds dapat memberikan visual akuarium yang natural, tenang, dan bersih.

Akar Bonsai berasa dari kayu jenis senggani yang memiliki bentuk bercabang serta ramping. Biasanya akar ini dapat ditemukan di alam bebas (tebing, gunung, lereng gunung, sungai, dan semak belukar).

6. Hiasan Akuarium Hutan Kecil di Bawah Air

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan hutan kecil di bawah air ini dapat dipilih Grameds karena memiliki karakteristik menggunakan bahan-bahan yang natural seperti tanaman pakis dan lumut Jawa. Hiasan dengan tema hutan kecil di bawah air juga tidak memerlukan perawatan yang intens dan biasanya bertahan untuk waktu yang lama juga. Selain penggunaan tanaman pakis dan lumut jawa, biasanya Grameds juga dapat memberikan tanaman-tanaman hias dari bahan plastik yang memiliki tone warna yang sama, yaitu hijau untuk memberikan visual yang memberikan kesan bervariasi serta lebih cantik dan natural.

7. Hiasan Akuarium Poster Background Akuarium

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan menggunakan poster cetak bertemakan akuarium ini dapat dipilih Grameds karena memiliki karakteristik mudah dan sangat terjangkau. Grameds tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika menggunakan hiasan poster. Selain itu, Grameds dapat bebas memilih variasi dari banyaknya pilihan yang ada sesuai dengan selera dan pilihan Grameds.

Hiasan poster bertemakan akuarium bisa Grameds dapatkan di toko akuarium juga ikan hias. Grameds juga bisa membuatnya sendiri dengan cara yang mudah yaitu mencari background yang sesuai pilihan kemudian mencetaknya, pastikan gambar serta jenis kertas yangdigunakan berkualitas agar memberikan visual yang real dan terkesan natural.

8. Hiasan Akuarium Rumah Buah

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan rumah buah ini dapat dipilih Grameds karena memiliki karakteristik yang unik dan memberikan kesan berwarna. Kebanyakan orang memilih tema dari kartun “Spongebob Squarepants” di mana lubang pada rumah-rumah karakter “Spongebob Squarepants” bisa menjadi tempat persembunyian ikan yang ingin menjelajah atau sekadar beristirahat.

Bahan dari rumah-rumahan tersebut biasanya menggunakan bahan resin yang tahan lama dan aman untuk para ikan. Grameds dapat mencari ornamen rumah-rumahan ini melalui toko online maupun offline akuarium atau ikan hias.

9. Hiasan Akuarium Pemandangan Gunung

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan pemandangan gunung dapat dipilih Grameds karena memiliki karakteristik dengan banyak lubang yang membentuk gua yang berguna untuk para ikan bersembunyi. Batu-batu dengan warna natural yang membentuk pegunungan ini berbahan resin yang tidak akan membusuk dan aman. Grameds dapat membeli ornamen pegunungan ini di toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko yang pastinya memiliki banyak variasi bentuk.

10. Hiasan Akuarium Rumput Air

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan rumput air ini dapat dipilih Grameds sebagai ide karena memiliki karakteristiknya yang simple tidak begitu memakan banyak ruangan akuarium serta dapat memberikan kesan fresh dan juga indah untuk dipandang.

Rumput air yang digunakan merupakan tanaman asli sehingga perlu Grameds jaga kebersihannya dengan mengganti air secara berkala. Grameds dapat membeli hiasan rumput air dengan banyak macam variasinya di toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko offline.

11. Hiasan Akuarium Rumah Hantu

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan rumah hantu ini dapat dipilih Grameds sebagai ide sebab hiasan ini memiliki karakteristik dengan nuansa horor dan menyeramka. Hiasan bertema horor ini cocok untuk para pecinta mistis yang juga ingin memiliki tema akuarium yang unik.

Grameds dapat membeli miniatur rumah kayu yang memiliki bahan kuat agar tidak membusuk atau dapat mempengaruhi kualitas air di dalam akuarium. Kamu juga bisa memberikan tambahan hiasan seperti rerumputan, bebatuan berwarna gelap, batu nisan, ayunan, dan lain-lainnya yang dapat memberikan kesan horror. Grameds dapat membeli miniatur-miniatur tersebut di toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko.

12. Hiasan Akuarium Hutan Misteri

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium hutan misteri ini dapat dipilih Grameds sebagai ide karena memiliki karakteristiknya yang unik dan juga menyeramkan karena dapat memberikan nuansa misteri serta aura yang dingin.

Hiasan ini sangat cocok untuk Grameds yang menyukai film horor dan misteri atau sekedar menyukai visual misteri dan menyeramkan. Grameds dapat mengatur hiasan-hiasan yang cocok seperti kayu yang memiliki warna gelap, bebatuan berwarna hitam.

Kamu juga bisa menyediakan lampu yang dapat diletakkan di atas akuarium yang dapat disetting warna remang sehingga dapat memberikan pemandangan yang gelap dan aura misteri juga keseraman saat dipandang. Grameds dapat membeli hiasan yang bervariasi ini di toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko.

13. Hiasan Akuarium 3D Konsep

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan rumput air ini dapat dipilih Grameds sebagai ide karena memiliki karakteristiknya yang simple, artistik dan estetik ketika dipandang. Namun karena terbilang masih jarang ditemukan di pasaran akuarium dengan hiasan 3D konsep bisa Grameds pesan pada toko akuarium atau toko khusus.

Biasanya hiasan dengan tema ini dibanderol dengan harga tinggi karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi pula untuk pembuatannya. Namun Grameds juga bisa membuat ini sendiri dengan menonton tutorial cara pembuatannya, pasti Grameds perlu memiliki ketelitian dalam membuatnya agar akuarium Grameds tidak terlihat berantakan atau gagal di akhirnya.

14. Hiasan Akuarium dari Bahan Apa Adanya

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan bahan apa adanya ini dapat dipilih Grameds sebagai ide karena memiliki karakteristiknya unik dengan menggunakan bahan-bahan dari peralatan yang ada di rumah. Grameds bisa memilih peralatan seperti cangkir atau mainan anak versi miniatur yang sekiranya cocok jika berada di dalam akuarium. Pastinya pilihan penggunaan bahan apa adanya ini tidak mengeluarkan biaya apapun karena melakukan pemanfaatan barang yang sudah tidak terpakai lagi.

15. Hiasan Akuarium Snow White

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan Snow White ini dapat dipilih Grameds sebagai ide karena memiliki karakteristiknya yang simple dan unik karena memiliki visual seperti salju. Grameds bisa menggunakan bebatuan serta tanaman dengan warna putih yang memberikan kesan salju pada akuarium. Grameds dapat membeli hiasan serba putih yang bervariasi bentuk-bentuknya pada toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko.

16. Hiasan Akuarium Batu Koral

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium dengan batu koral ini dapat dipilih Grameds sebagai ide karena memiliki karakteristik visual yang alami dan natural ketika dipandang. Batu koral memiliki ukuran bentuk yang bervariasi, mudah untuk didapatkan, serta harganya yang terjangkau.

Grameds dapat membeli batu koral yang bervariasi ukurannya mulai dari 3 hingga 5 cm dan dapat dengan mudah didapatkan pada toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko.

17. Hiasan Akuarium Lava Rock

Macam Hiasan Akuarium

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan lava rock ini dapat Grameds pilih sebagai ide karena memiliki karakteristik seperti pegunungan merapi. Lava rock yang berfungsi sebagai hiasan ini dapat menjaga ekosistem di akuarium. Bebatuan ini juga mengandung bakteri-bakteri baik yang dapat menjaga kualitas air dan mengubah menjadi nitrat yang tidak berbahaya.

Biasanya jika memilih tema lava rock sebagai hiasan, maka kamu perlu memilih rerumputan dan juga batu berpori agar memberikan kesan yang natural. Grameds dapat membeli lava rock di toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko.

18. Hiasan Akuarium Castle Sea

castle

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan castle sea ini dapat dipilih Grameds sebagai ide karena memiliki karakteristik yang unik dengan mengambil tema di zaman dahulu. Grameds juga dapat menambahkan ornamen tanaman serta bebatuan di dalam akuarium agar visualnya lebih natural dan real. Grameds dapat membeli miniatur castle sea dengan bentuk yang bervariasi ini di toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko.

19. Hiasan Akuarium Floral

hiasan akuarium floral

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan Floral ini dapat dipilih Grameds sebagai ide karena memiliki karakteristik yang cantik, asri, dan estetik, Grameds dapat menggunakan bunga plastik dengan beragam bentuk namun jangan berlebihan agar tetap terlihat simple.

Selain itu menambahkan ornamen lain seperti karang, koral, bebatuan, serta beberapa tanaman berwarna hijau akan membuat visual akuarium yang natural namun tetap terlihat cantik karena warna bunga yang mencolok dibandingkan warna dari oranamen lainnya. Grameds dapat membeli miniatur macam-macam bunga plastik serta bebatuan lainnya di toko akuarium maupun ikan hias via online maupun datang ke toko.

20. Hiasan Akuarium Bertingkat

Penggunaan hiasan akuarium bertemakan akuarium tingkat ini dapat dipilih Grameds sebagai ide karena memiliki karakteristik yang modern dan juga estetik, di mana tingkatan pada akuarium ini memiliki teknik memasukan akuarium yang lebih tinggi dengan cara terbalik ke dalam akuarium yang memiliki ukuran besar dan kemudian membentuk tingkatan. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya tekanan tinggi di dalamnya.

Demikian ulasan tentang 20 ide menghias akuarium, semogga ulasan ini dapat menjadi referensi yang dapat membantu Grameds. Banyaknya ornamen yang sudah dipaparkan di atas tentunya dapat menambah pengetahuan mengenai macam-macam hiasan yang dapat diletakan di dalam akuarium, ya, Grameds!

Rekomendasi Buku Terkait Akuarium

1. Aquascape : Pesona Taman Dalam Akuarium

https://www.gramedia.com/products/aquascape-pesona-taman-dalam-akuarium?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/aquascape-pesona-taman-dalam-akuarium?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

2. Buku Pintar: Akuarium Air Tawar

https://www.gramedia.com/products/buku-pintar-akuarium-air-tawar?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/buku-pintar-akuarium-air-tawar?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Science is Fun 1 – Best Friend ku di Dunia Akuarium

https://www.gramedia.com/products/conf-science-is-fun-1-best-friend-ku-di-dunia-akuarium?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-science-is-fun-1-best-friend-ku-di-dunia-akuarium?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jika Grameds ingin mengenal lebih dalam tentang macam hiasan akuarium dan merawat akuarium, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan inproduk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Chelsea

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi