in

Daftar Hewan Setia Dengan Manusia dan Pasangannya, Apa Saja Ya?

Istockphoto/ Ozgurcankaya

Hewan Paling Setia – Grameds, mungkin telah terbiasa untuk mengasosiasikan suatu hewan ke dalam suatu sifat. Salah satu yang paling populer ialah hewan buaya yang diasosiasikan dengan sifat tak setia. Hal tersebut tentunya telah umum diketahui oleh mayoritas orang Indonesia.

hewan setia
CREDIT: HOLGER LEUE/GETTY

Akan tetapi, faktanya, buaya merupakan salah satu hewan yang paling setia di dunia, lho! Bila Grameds belum tahu, Grameds harus mencari tahu jawabannya dalam artikel berikut ini.

Hewan yang Paling Setia pada Manusia

Sepanjang peradaban, manusia selalu melakukan upaya untuk memanfaatkan alam dengan tujuan supaya dapat menunjang kehidupannya. Termasuk menjinakkan hewan, baik dengan tujuan untuk dipelihara maupun dikonsumsi. Sebagai peliharaan, hewan mempunyai tingkat kesetiaannya masing-masing terhadap manusia. Berikut sejumlah hewan peliharann yang paling setia terhadap manusia:

1. Anjing

hewan setia
Mikhail Vasilyev/Unsplash

Kesetiaan anjing kepada pemiliknya sudah tak perlu diragukan lagi. Hewan ini patut dijuluki sebagai hewan peliharaan yang paling setia terhadap manusia. Sehingga akan sangat wajar, bila tidak sedikit orang yang menjadikan mereka sebagai hewan kesayangan. Lantas, bagaimana anjing dapat sangat setia terhadap manusia? Kesetiaan anjing terbentuk karena adanya hubungan timbal balik. Semakin baik pemilik anjing memperlakukan mereka, maka akan semakin setia pula anjing tersebut terhadap pemiliknya.

Saking setianya, bahkan anjing memiliki kemampuan untuk bisa mengenali aroma dari pemiliknya dengan sangat baik. Eksperimen yang dilakukan olrh Science Direct pada tahun 2005 menunjukkan bahwa anjing sangat bereaksi kuat terhadap aroma dari tuannnya. Bagian otak anjing yang merangsang sinyal positif dan kebahagiaan akan dengan segera bereaksi ketika ia mencium aroma dari pemiliknya.

Kisah anjing setia yang paling populer adalah anjing dari Jepang yang bernama Hachiko. Hachik? lahir pada 10 November 1923 dan meninggal pada 8 Maret 1935.

hewan setia
Photo: Joyce Lam

Hachiko adalah anjing Jepang ras Akita. Anjing ini dikenang karena ia memiliki kesetiaan yang luar biasa kepada tuannya, Hidesabur? Ueno, untuk siapa ia terus menunggu hingga lebih dari sembilan tahun pasca kematian Ueno.

Hachik? lahir di sebuah peternakan yang dekat dari kota ?date, Akita Prefecture. Pada tahun 1924, Hidesabur? Ueno yang merupakan seorang profesor di Universitas Kekaisaran Tokyo, membawa Hachikp untuk tinggal di Shibuya, Tokyo, untuk dijadikan sebagai hewan peliharaannya. Hachik? selalu bertemu Ueno di Stasiun Shibuya setiap hari pasca perjalanan pulang.

Hal tersebut terus berlanjut hingga 21 Mei 1925, saat Ueno meninggal karena terjadi pendarahan otak ketika tengah bekerja. Sejak hari itu hingga kematiannya pada 8 Maret 1935, Hachik? selalu kembali ke Stasiun Shibuya setiap harinya dengan tujuan untuk menunggu Ueno pulang dari kerja.

Selama hidupnya, anjing tersebut diangkat dalam budaya Jepang sebagai contoh dari kesetiaan dan rasa sayang. Hingga pasca kematiannya, Hachiko terus selalu dikenang dalam budaya populer di seluruh dunia, melalui patung, film, buku, serta penampilannya di berbagai media. Hachik? dalam bahasa Jepang dikena; sebagai ch?ken Hachik? (?????) “Hachik? anjing setia”, hachi berarti “delapan” dan -k? yang berasal dari sufiks yang digunakan untuk adipati Tiongkok kuno

2. Kucing

hewan setia
PIXABAY/MAJA CVETOJEVIC

Kebanyakan orang mempunyai kucing di rumah mereka sebagai peliharaan. Walau tingkat kesetiaan kucing tidak sepadan dengan anjing, bila dirawat dengan baik, jarang ada kucing yang meninggalkan rumah dari pemiliknya. Penelitian yang dilakukan oleh Oregon State University menunjukkan bahwa kehadiran dari pemilik menjadikan kucing merasa aman serta tenang. Perilaku ini biasa disebut dengan secure attachment.

Kucing secara umum akan menunjukkan rasa cintanya kepada pemiliknya dengan cara membawakan “hadiah” bagi pemeliharanya. Hadiah tersebut umumnya berupa hal yang mereka suka misalnya tikus, burung kecil, atau kadal.

3. Lumba-Lumba

tweentribune.com

Meski hidup di air, lumba-lumba termasuk dalam kategori hewan mamalia. Seperti kebanyakan mamalia yang lainnya, lumba-lumba mempunyai emosi. Lumba-lumba yang dipelihara, dilatih, dan kerap berinteraksi dengan manusia misalnya, mereka dapat mengenali serta menunjukkan kesetiaannya pada sang pelatih.

Dikutip dari laman a-z-animals.com, orang-orang sudah lama mengagumi lumba-lumba. Dalam mitos Yunani, mereka kerap membantu manusia serta dianggap sebagai pertanda keberuntungan.

4. Reptil

PHOTOGRAPH BY ROY TOFT, NAT GEO IMAGE COLLECTION

Beberapa hewan reptil yang dijadikan sebagai peliharaan cenderung mempunyai kesetiaan pada pemiliknya. Contoh dari kasus ini ialah bearded dragons atau yang juga dikenal dengan naga berjanggut. Kadal yang memiliki sifat ramah ini dilaporkan kerap menghabiskan waktu berjam-jam nongkrong di bahu dari pemiliknya. Selain naga berjanggut, reptil lain yang juga memiliki kesetiaan pada manusia ialah tokek, iguana, dan ular.

5. Kelinci

https://www.humanesociety.org/

Selain kucing dan anjing, hewan berbulu yang jinak dan menggemaskan lainnya, yaitu kelinci. Mengutip dari lama a-z-animals.com, kelinci bahkan mampu mengenali nama yang diberikan kepada mereka, sama halnya dengan anjing maupun kucing. Kelinci sudah menjadi hewan peliharaan sejak tahun 1800-an. Umumnya kelinci merupakan hewan yang setia pada pemiliknya.

6. Kuda

Wikipedia

Kuda termasuk dalam salah satu hewan yang paling setia terhadap manusia. Hewan ini sudah dijinakkan manusia sejak sekitar 4000 sebelum Masehi. Hingga hari ini, banyak orang memanfaatkan kuda untuk transportasi atau bahkan bersaing dalam kompetisi untuk menunjukkan keterampilan dan kegagahan mereka. Kuda mempunyai hubungan dengan pemiliknya dan mampu merasakan suasana hati dari pemiliknya tersebut.

Hewan yang Paling Setia Pada Pasangannya

Kesetiaan dalam hewan ini dapat dikatakan cukup unik karena dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa mengasosiasikan hewan dengan perilaku kawin serta berganti pasangan dengan bebas. Nah, selain buaya, kira-kira hewan apa yang memiliki tingkat  kesetiaan tinggi, ya? Apakah Grameds dapat menebaknya? Langsung kita bahas, yuk, Grameds!

1. Buaya

https://www.humanesociety.org/

Grameds pasti sudah tidak asing lagi dengan ucapan, “dasar buaya darat!” sebagai makian pada orang yang bersikap tidak setia. Meski demikian, ternyata 70% buaya hanya akan memilih pasangan yang sama pada musim kawin meskipun buaya tersebut bisa saja memperoleh pasangan baru.

Bahkan, reptilia amfibi ini hanya akan melakukan kawin sebanyak satu kali dalam satu musim kawin sebagai bentuk rasa setianya.

2. Angsa

Pinterest

Angsa kerap dijadikan sebagai bentuk hiasan dalam kamar hotel ketika bulan madu. Bukan tanpa alasan, ternyata unggas yang satu ini adalah salah satu jenis hewan paling setia.

Hewan yang senang untuk saling mengaitkan lehernya ini akan selalu bersama dengan pasangan yang sama hingga pasangannya mati dan tak tertarik untuk mencari pengganti lainnya. Adapun hal khusus yang menjadikan angsa “berpaling” dari pasangannya ialah saat pasangannya tidak dapat melakukan kegiatan reproduksi.

3. Merpati

Pinterest

Tidak mengherankan bila hewan yang satu ini dijadikan sebagai simbol kasih sayang serta kesetiaan. Pasalnya, merpati hanya akan mencari pasangan hidup satu kali dalam seumur hidupnya, lho! Unggas ini juga akan setia terhadap pasangannya hingga salah satu dari mereka mati.

Tidak hanya setia, pasangan merpati juga dikenal sebagai pasangan hyang romantis. Mereka akan membangun sarang bersama, menetaskan telur di sana, serta membagi tugas dalam mengurus anak-anaknya.

4. Kupu-Kupu

Pinterest

Serangga yang memiliki sayap cantik yang satu ini ternyata merupakan hewan yang setia. Salah satu faktor dari kesetiaan kupu-kupu ialah jangka hidup dari kupu-kupu yang terbilang sangat pendek.

Walau begitu, kupu-kupu betina akan mengatupkan sayap bila ada kupu-kupu jantan yang bukan pasangannya hendak mendekat. Hal ini adalah simbol penolakan kupu-kupu untuk berpasangan. Dengan umurnya yang pendek, kupu-kupu umumnya hanya akan kawin sebanyak satu kali dalam seumur hidupnya.

5. Serigala

Pinterest

Di balik tampilannya sebagai hewan buas, serigala justru adlah salah satu hewan yang memiliki sikap paling setia, lho! Cara hidupnya yang berkelompok menjadikan mereka selalui setia terhadap satu dengan yang lainnya hingga salah satu dari mereka mati.

Tidak hanya setia, serigala juga rela berkorban nyawa demi pasangan dan anaknya.

6. Siamang

https://www.honoluluzoo.org/

Jenis hewan yang satu ini ditemukan setia kepada pasangannya walaupun ditemukan beberapa anomali pada beberapa pasangan. Kesetiaan dari siamang terjadi karena mereka hidup bersama dan bekerja sama dengan pasangan dengan tujuan untuk membantu keberlangsungan hidup siamang.

7. Rayap

hewan setia
https://www.terminix.com/

Mungkin serangga perusak yang satu ini tak begitu tampak keromantisan serta kesetiaannya, tetapi kisah setianya tetap tak bisa diabaikan. Seperti semut, rayap merupakan jenis serangga yang mempunyai ratu dalam koloninya dengan fungsi untuk berkembang biak.

Meski begitu, tak sama seperti ratu semut yang bisa kawin hingga beberapa kali sebelum ia mati, ratu rayap hanya akan kawin dengan satu rayap jantan dalam seumur hidupnya.

8. Burung Hantu

hewan setia
https://mustsharenews.com/

Tidak disangka, ternyata burung hantu juga adalah salah satu spesies unggas yang setia terhadap pasangannya. Mereka akan selalu hidup berdampingan, tidak hanya pada saat musim kawin, tetapi setiap saat. Bahkan jika mereka memang harus pindah ke tempat yang baru, mereka juga akan tetap melakukannya bersama-sama.

Pasangan burung hantu akan bekerja sama untuk membesarkan serta melindungi anak-anaknya.

9. Burung Parkit

hewan setia
Pinterest

Hewan unggas yang satu ini sangat membutuhkan teman dalam kehidupannya karena merupakan salah satu hewan sosial yang hidup dengan cara berkelompok. Hal ini pula lah yang menjadikan burung parkit setia terhadap pasangannya.

Layaknya cinta pada pandangan pertama, setelah berkenalan, burung parkit tidak akan meninggalkan pasangannya. Bila pasangannya mati, burung parkit yang ditinggalkan akan merasakan kesedihan dan menolak untuk makan, Bahkan beberapa burung parkit peliharaan pernah dilaporkan mengalami gangguan kecemasan setelah ditinggal mati pasangannya.

10. Berang-Berang

hewan setia
Pinterest

Tidak hanya setia, hewan mamalia menggemaskan yang satu ini hidup dengan cara membangun keluarga yang manis. Setiap anggota keluarganya kompak untuk bertahan hidup dengan bersama-sama.

Pada saat tidur siang, berang-berang akan saling berpegangan tangan dengan pasangannya supaya tidak kehilangan pasangannya. Hal tersebut dilakukan karena berang-berang kerap melakukan tidur siang di sungai yang mengalir sehingga terdapat kemungkinan untuk terbawa arus.

11. Pinguin

hewan setia
iStock

Hewan yang identik memiliki habitat di negara dengan iklim dingin ini, ternyata merupakan salah satu hewan paling setia. Pada saat musim panas tiba, mereka akan pulang ke tempat asalnya untuk bertemu dengan pasangannya.

Setelah menemui pasangannya tersebut, mereka akan bersama-sama kembali ke tempat pertama kali mereka membentuk sarang. Faktanya, penguin akan menjadi sangat agresif ketika melihat pasangannya dirayu oleh penguin lain, lho!

12. Pomacanthus Paru, Ikan Bidadari Perancis

hewan setia
https://steemit.com/

Ikan laut yang satu ini memang merupakan hewan yang setia terhadap pasangannya. Mereka akan hidup selamanya bersama dengan pasangannya walaupun mereka cenderung tidak peduli dengan telurnya yang telahh menetas.

Mereka juga akan saling melindungi satu sama lain dari serangan ikan-ikan predator. Walaupun berada di dalam sebuah tangki ikan sekali pun, ikan laut ini akan tetap menerapkan sifat protektif serta peran teritorialnya.

13. Elang

hewan setia
https://mom.com/

Burung elang dengan jenis Haliaeetus leucocephalus, dikenal akan kesetiaan seumur hidupnya dengan pasangan. Konon, elang jenis ini akan selalu setia dengan pasangannya dan hanya bisa terpisahkan bila pasangannya mengalami impotensi. Mereka akan membuat sarang dengan bersama-bersama serta merawat anak dengan bergantian.

Nah, kini Grameds sudah tahu apa saja hewan-hewan yang paling setia. Apakah Grameds mampu setia seperti hewan-hewan yang telah dije;askan sebelumnya, Grameds? Tentunya harus mampu, ya!

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien